Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

5 Tips Penting untuk Mendapat Pasangan Hidup yang Tepat untuk Anda

Pasangan hidup tidak dapat dipilih secara asal, tetapi perlu melalui berbagai macam pertimbangan. Simaklah 5 tips berikut agar Anda mampu menemukan pasangan hidup yang tepat.

Memilih pasangan hidup adalah suatu hal serius yang perlu melalui banyak pertimbangan. Memang betul bahwa “Jodoh ada di tangan tuhan.” Namun, bukan berarti kita boleh berdiam diri saja sembari menunggu jodoh atau pasangan hidup kita datang menghampiri. 
 
Hanya menunggu bukanlah hal yang tepat, terlebih jika Anda menginginkan pasangan hidup yang terbaik untuk diri Anda. Jika memang ingin bertemu dan mendapatkan pasangan hidup yang tepat, Anda harus bertindak. Bertindak yang dimaksud tidak hanya terbatas pada datang mencari dan menghampiri sosok tersebut, tetapi juga apa yang perlu Anda pahami, kenali, dan persiapkan.  
 
Beberapa waktu lalu, Bazaar melangsungkan Bazaar Instagram Live bersama Zola Yoana, seorang certified matchmaker. Dalam perbincangan tersebut, Zola berbagi tips mengenai cara menemukan dan mendapatkan pasangan hidup yang tepat. 
 
 

Bazaar IG Live bersama Zola Yoana / Foto: Courtesy of Instagram @bazaarindonesia

 
Merangkum dari apa disampaikan oleh Zola, berikut adalah 5 tips yang perlu Anda cermati jika ingin menemukan pasangan yang tepat. 
 
 
1. Be picky!

Terdapat anggapan bahwa tidak baik untuk memiliki sifat pemilih jika sedang mencari pasangan karena dianggap hanya akan mempersulit situasi. Namun, jika Anda memang benar-benar ingin bertemu seseorang yang cocok dengan diri Anda dan ingin merasa nyaman untuk hidup bersamanya, sifat tersebut sangatlah diperlukan. Contohnya adalah membuat standar untuk pasangan. Anda harus tahu standar yang Anda inginkan pada pasangan dan mencari orang yang sesuai dengan standar tersebut. 
 
“Mencari jodoh itu sama halnya dengan mencari pekerjaan. Anda perlu untuk memiliki sifat picky atau pilih-pilih. Anda harus mengetahui standar yang Anda inginkan terlebih dahulu,” ungkap Zola Yoana.  
 
 
Jika Anda keluar dari standar tersebut hanya karena ingin menemukan pasangan secara cepat, bisa jadi Anda merasa nyaman bersama dengannya hanya dalam beberapa bulan, tetapi setelah itu berpisah. Karena, sosok yang Anda pilih tidak sesuai dengan standar Anda, tidak sesuai dengan yang Anda inginkan. Sifat tersebutlah yang akan membantu Anda untuk menemukan sosok yang terbaik.
 
2. Self-love adalah sebuah kewajiban

Terkadang, hal yang satu ini sering sekali diremehkan. Padahal, self-love adalah salah satu langkah awal yang perlu Anda lakukan agar mapu menemukan sosok pasangan yang tepat. Anda harus bisa mencintai dan menghargai diri sendiri. Jika belum mampu mencintai diri sendiri, bagaimana Anda bisa mencintai orang lain?  Penerapan dari self-love sangatlah beragam, mulai dari menerima kelemahan Anda, menghargai diri sendiri, percaya diri, menjaga kesehatan tubuh maupun mental, pahami dan kenali diri Anda, dan lain-lain. 
 
Self-love-nya harus ada dahulu. Semuanya, seperti satu paket yang menyeluruh”, kata love expert yang satu ini.
 
3. Jangan biarkan lingkungan memengaruhi Anda

Mencari sosok yang tepat adalah yang sesuai dengan keinginan Anda, bukan keinginan orang lain. Acuhkanlah pandangan dan persepi orang lain jika tidak sesuai atau bertentangan dengan diri Anda. Jangan sampai hal yang Anda putuskan adalah hasil pengaruh dari lingkungan Anda, bukan yang benar-benar Anda inginkan atau sukai. 
 
Menurut Zola, hal tersebut sangatlah penting. Karena, yang menjalani hidup Anda adalah diri Anda sendiri, bukan orang-orang yang mencoba memengaruhi pandangan Anda. 
 
“Lupakanlah opini atau pendapat orang lain. Ini adalah hidup Anda sendiri,” ujar Zola.
 
 
4. Pahami nilai dan pandangan Anda

Memahami pandangan dan nilai yang Anda pegang dapat dikatakan sebagai bagian dari self-love. Dengan memahami hal tersebut, Anda akan lebih mengenal diri sendiri. Dengan begitu, akan menjadi lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui sosok pasangan seperti apa yang Anda inginkan dan sosok seperti apa yang cocok dengan karakter Anda. Dengan melakukan langkah yang satu ini, Anda dapat menghindari beberapa permasalahan yang muncul dalam sebuah hubungan. 
 
“Setiap orang memiliki prinsip dan nilai yang berbeda. Itu preferensi, sebenarnya. Jadi, hal itu balik ke pribadi masing-masing,” jelas wanita yang juga berprofesi sebagai pelatih kencan ini. 
 
 
5. Jangan lupa untuk berusaha

Seperti yang sebelumnya telah dijelaskan, dalam mencari pasangan yang tepat, Anda perlu bertindak dan berusaha. Anda tidak akan menemukan sosok yang tepat jika hanya berdiam diri tanpa usaha sedikitpun. 
 
“Kalau mau mencari pasangan atau life partner harus ada usahanya. Enggak bisa kalau enggak ada usaha dan hanya di rumah tiba-tiba datang dari langit (pasangannya). Jadi, tetap harus ada usahanya,” ucap Zola.  
 
Zola setuju bahwa mencari pasangan yang tepat bukanlah hal yang mudah dan cepat. Memang perlu ada proses yang dijalankan dan usaha yang dikeluarkan. Namun, beberapa orang sudah menyerah terlebih dahulu sebelum memulainya.
 
“Sebagian orang terkadang suka mengeluh lelah dan hanya ingin yang cepat dan instan. Ketika berbicara mengenai cinta, tidak ada hal yang instan. Pasti ada prosesnya, seperti harus mengenal satu sama lain terlebih dahulu. 
 
Mungkin terdengar melelahkan, tetapi usaha ini Anda keluarkan demi menemukan pasangan hidup, yang umumnya dijadikan sebagai teman hidup dalam jangka waktu panjang. Jika diburu-buru, risiko akan ketidakcocokan dapat menjadi besar.
 
“Karena kita kan ingin memilih pasangan hidup. Kalau berbicara mengenai pasangan hidup, memang harus sesuatu yang serius dan bisa mengarah ke pernikahan. Kemudian, jika berbicara mengenai pernikahan, berarti kita berbicara mengenai once in a lifetime,” jelas Zola. 
 
(Penulis: Fatimah Mardiyah; Foto: Dmytro [email protected], Courtesy of Instagram)