Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

8 Rekomendasi Aplikasi Mood Tracker untuk Mental Anda

Keberadaan mental Anda akan berterima kasih di akhir tahun nanti.

8 Rekomendasi Aplikasi Mood Tracker untuk Mental Anda
Layout by Nuraini Saraswati

Dalam era yang terus berkembang ini, memahami menjadi kunci utama bagi kesehatan mental yang optimal. Di tengah kepadatan informasi dan dinamika kehidupan modern, penting bagi kita untuk memahami dan merawat kesejahteraan mental dengan lebih baik.

BACA JUGA: Apakah Anda Memiliki Mental-Health Imposter Syndrome?

Di sinilah pentingnya aplikasi mood tracker muncul sebagai solusi yang cerdas dan inovatif. Dengan menggunakan teknologi canggih, aplikasi ini memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk memahami pola emosional mereka, menemukan pola-pola yang mungkin terlewatkan, serta membantu dalam membangun kesadaran diri yang lebih mendalam.

Mari jelajahi bagaimana aplikasi mood tracker tidak hanya menjadi sekadar alat, tetapi juga teman setia dalam perjalanan menuju kesehatan mental yang lebih baik. Dan tenang saja, semua aplikasi yang disebutkan tersedia di Appstore dan Google Playstore!

1. Moodfit: Mental Health Fitness

Courtesy of Moodfit

Aplikasi ini memenangkan Best Overall Mental Health App selama tiga tahun berturut-turut, dimulai dari 2020 hingga 2022. Ini semua berkat kelengkapan fitur yang disediakan aplikasi ini. 

Di dalamnya dirancang daily goals, yang mencakupi olahraga, bersyukur, bernapas, hingga hal-hal seperti CBT (terapi kognitif), asesmen terkait kesehatan mental seperti PHQ-9 untuk depresi dan GAD-7 untuk kecemasan. Selain itu, Moodfit menyediakan fitur custom variables, dalam artian lain Anda dapat menambahkan faktor lain yang ingin Anda lacak, misalnya caffeine intake. 

2. DailyBean - Simplest Journal

Courtesy of DailyBean

Sesuai dengan tagline-nya, aplikasi yang satu ini mengedepankan penggunaan yang simpel. Ditambah lagi, dengan berbagai animasi kacang hijau yang menggemaskan, mampu membuat pengalaman Anda dalam melacak mood menjadi kian atraktif. 

DailyBean menyediakan kalender bulanan. Anda bisa mengecek kondisi mood setiap bulannya. Di dalam daily bean terdapat lima jenis mood, yang dibedakan dengan warna. Ada pula statistik bagi Anda yang ingin melihat naik turun kondisi mood Anda. 

Simpelnya, aplikasi ini menjadikannya pilihan paling tepat bagi siapa pun yang baru ingin memulai perjalanan melacak mood. 

3. Daylio Journal - Daily Diary

Courtesy of Daylio

Tidak hanya melacak mood, di aplikasi ini Anda juga dapat melacak aktivitas yang dilakukan pada hari itu. Serupa seperi aplikasi sebelumnya, Daylio membagi mood menjadi lima jenis, dan membedakannya berdasarkan warna. 

Anda juga dapat melihat naik-turun mood, secara tahunan maupun bulanan. Dalam bentuk kalender, statistik maupun diagram. Selain itu, aplikasi ini menyediakan layanan diary, dan pendataan keseluruhan yang sistematis.

Daylio juga menjadi rekomendasi dari salah satu bintang Cover Digital Bazaar beberapa saat lalu, Ariel Tatum.

4. Moodistory - Mood Tracker

Courtesy of Moodistory

Kelebihan aplikasi ini ialah ia mengedepankan kerahasiaan pengguna. Semua data Anda hanya disimpan di gawai Anda, tidak di server mereka. Tak hanya itu aplikasi ini juga menyediakan PDF-Export, dimana Anda bisa mencetak semua data Anda.

Serta satu lagi kelebihannya, aplikasi ini tidak memerlukan pendaftaran! Anda dapat langsung menggunakannya saat itu juga!

5. iMoodJournal - Mood Diary

Courtesy of IMoodjournal

Aplikasi ini memiliki sistem yang sedikit berbeda daripada aplikasi sebelumnya. iMoodJournal menyediakan 10 jenis mood, dan menggunakan hashtag sistem untuk menghubungkan koneksi antara mood, dan pengalaman pengguna. Ditambah lagi, Anda bisa melihat visualisasi mood di peta. 

6. Mood-Log

Courtesy of Moodlog

Aplikasi dengan pilihan mood yang paling lengkap serta paling banyak, dilengkapi pula kartun wajah yang menggambarkan mood yang bersangkutan. Anda juga dapat menulis diary singkat tentang hari Anda. Selayaknya aplikasi sebelumnya, Mood-Log menyediakan diagram, dan statistik mengenai mood Anda.

7. Moodnotes - Mood Tracker

Courtesy of Moodnote

Lagi-lagi aplikasi mood tracker merangkap daily journalling. Moodnotes, menyediakan keduanya, tak sebatas dalam bentuk teks, Anda juga dapat mengunggah foto di dalamnya.

Aplikasi ini juga menyediakan artikel self-awareness yang ditulis oleh para ahli kesehatan mental. Yang dapat membantu Anda menyadari pola mood maupun berpikir yang tidak sehat, dan menghindarinya. 

8. Reflectly - Journal & AI Diary

Courtesy of Reflectly

Bagi Anda yang ingin mencoba kebiasaan journaling, namun bingung mulai dari mana, aplikasi menyediakan solusi untuk Anda. Melalui reminder, dan petunjuk yang mudah diikuti, aplikasi ini mendorong Anda untuk membentuk gaya hidup yang lebih sehat serta penuh kesadaran. 

Aplikasi ini juga memberikan pertanyaan dengan bantuan kecerdasan buatan (AI), yang dibentuk berdasarkan isi diari Anda. Memberikan Anda kesempatan untuk merefleksikan kembali apa saja yang sudah Anda lalui. 

BACA JUGA:
Menurut Penelitian & Kata Ahli, Ini 7 Manfaat Menari untuk Kesehatan Fisik Dan Mental Anda
Inilah 6 Alasan Mengapa Decluttering Barang Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental!

(Foto: Courtesy of Reflectly, Moodnote, Moodlog, IMoodjournal, Moodistory, Daylio, DailyBean, Moodfit; Layout: Courtesy of Nuraini Saraswati)