Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cara Memulai Perencanaan Keuangan Pribadi untuk Jangka Panjang

Bingung dengan perencanaan keuangan diri untuk masa depan? Bazaar membaginya ke dalam poin yang mudah Anda pahami.

Cara Memulai Perencanaan Keuangan Pribadi untuk Jangka Panjang

Pernahkah Anda merasa bahwa gaji di akhir bulan lewat begitu saja dalam akun rekening di bank? Tenang saja karena Anda tidak sendirian, Bazaar yakin hampir semua pernah mengalaminya. 

 

Di tengah ancaman gejolak ekonomi yang tidak menentu, kita semua diharuskan mengerti lebih jauh tentang cara pengelolaan keuangan yang baik. Kita harus cukup pintar menempatkan keuangan untuk pengeluaran yang tepat demi jaminan hidup di masa yang akan datang. 

 

Pengelolaan keuangan penting agar seseorang mampu mencapai tujuan hidupnya secara terencana. Persiapan ini sering kali memerlukan waktu yang tidak sebentar. Oleh sebab itu Anda harus belajar untuk mulai memahami kondisi keuangan pribadi saat ini, agar tujuan keuangan Anda tercapai di kemudian hari.

 

Bazaar membagi tahap perencanaan keuangan pribadi dalam poin berikut ini: 

 

MENYIAPKAN ANGGARAN BULANAN DALAM TABUNGAN

Catat pengeluaran Anda dalam satu bulan dan buat menjadi daftar lengkap dengan judul pengeluaran beserta nominalnya. Dengan demikian, Anda dapat memonitor dana besar yang harus dikeluarkan tiap bulannya dan memikirkan solusi untuk mengatasinya jika diperlukan. Dana tabungan ini menjadi akun yang dapat Anda gunakan dengan mudah untuk bertransaksi tiap hari. 

 

MEMBANGUN DANA DARURAT

Dana darurat adalah dana yang dapat membantu Anda saat berada dalam keadaan genting. Jumlah nominal dana darurat minimal berjumlah 3 kali dari total pengeluaran per bulan (lebih baik jika Anda dapat menyiapkan lebih dari itu). Nominalnya akan berbeda-beda bagi tiap orang, demikian pula jika Anda sudah berkeluarga.

 

MENGALOKASIKAN DANA INVESTASI

Bazaar menyarankan Anda untuk mengalokasikan sejumlah uang untuk tujuan investasi. Proses untuk investasi menjadi semakin baik apabila Anda memulainya sejak awal, terutama jika dilakukan dengan penyesuaian profil risiko maupun tujuan finansial masing-masing. Adanya diversifikasi investasi untuk keamanan juga bisa menjadi penentu kesuksesan hasil akhir investasi. Dalam investasi, Anda dapat memilih sejumlah instrumen yang sesuai untuk hasil keuntungan dan profil risiko mulai dari deposito, obligasi, reksa dana, hingga saham dapat menjadi pilihan Anda untuk berinvestasi. Investasi properti juga dapat menjadi jenis investasi jangka panjang yang menjanjikan.

 

MENYIAPKAN DANA KEBUTUHAN KHUSUS DI MASA DEPAN

Dalam hidup tentu Anda tak jarang mempunyai rencana untuk melakukan pembelian dengan harga yang tidak murah. Konsumsi barang dan hal lain seperti cicilan rumah, gadget, dana pendidikan anak, hingga kendaraan tentu akan menyita jumlah besar dalam tabungan. Anda dapat mempersiapkannya sejak jauh hari dengan menempatkan sejumlah pendapatan dalam instrumen tertentu yang sesuai dengan periode atau jangka waktu pencairannya. Bunga yang dihasilkan dari alokasi dana tersebut dapat mencapai tujuan Anda dengan lebih mudah dan optimal. 

 

DANA PENSIUN

Yang terakhir tidak kalah pentingnya adalah menyiapkan dana pensiun untuk kebutuhan hari tua Anda. Strategi dalam menyusun portofolio dana pensiun ini berbeda-beda bagi tiap orang. Ada yang menempatkannya dalam gabungan beberapa jenis reksa dana, ada juga yang menempatkannya dalam gabungan instrumen reksa dana dan saham, hingga variasi lainnya. Besar nominalnya pun berbeda-beda tergantung pada kebutuhan Anda di hari tua nanti. Karena kondisi perusahaan tempat Anda bekerja pun beragam, ada baiknya Anda tidak menggantungkan uang pesangon pensiun Anda pada perusahaan. Dengan mempersiapkan dana pensiun, memutus mata rantai sandwich generation akan semakin mudah terwujud. Kelak, Anda dapat menuai hasil manisnya di hari tua nanti.  

 

MEMULAI PERENCANAAN KEUANGAN SEJAK DINI

Dari beberapa poin yang sudah Bazaar sebutkan di atas, tentu beberapa dari Anda masih ada yang bingung untuk tahu harus mulai dari mana. Salah satu solusinya adalah dengan menjadi nasabah prioritas di bank, seperti Bank BRI. 

 

Anda dapat menikmati layanan terbaik sebagai nasabah prioritas apabila bergabung bersama BRI Private yang mempunyai berbagai keunggulan. Untuk mengakomodasi kebutuhan nasabahnya, BRI Private menyediakan berbagai informasi pasar yang update untuk keperluan investasi, gaya hidup, dan solusi keuangan personal. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah merencanakan financial planning, investment advisory, pension plan, estate planning, hingga tax management sebagai kebutuhan. Private Banker BRI yang berpengalaman dan tersertifikasi akan membantu untuk memberi saran kepada Anda tentang cara mengambil keputusan yang sesuai untuk masa depan keuangan Anda.

BRI Private

Anda juga dapat memperoleh beberapa keuntungan lain dengan menjadi nasabah BRI Private. Dengan Travel Privilege, Anda dapat menikmati Joumpa Airport VIP Service dan executive lounge yang dapat digunakan saat bepergian via udara. Lifestyle Privilege memberikan Anda Infinite and World Access Credit Card dengan annual fee gratis. Anda juga dapat menikmati airport pickup dengan fasilitas premium dari Golden Bird. Dalam Concierge Services, Anda dapat memesan servis delivery bunga, bingkisan, hingga kue untuk keluarga atau kerabat yang merayakan kesempatan istimewa. 

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai BRI Private, klik disini

Created by Harper's Bazaar Indonesia for BRI Private.

Foto: Courtesy of sorapop@123rf, BRI Private