Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Rekomendasi Film Indonesia Tentang Persahabatan yang Wajib Anda Tonton

Berikut 15 daftar film tentang persahabatan favorit Bazaar!

Rekomendasi Film Indonesia Tentang Persahabatan yang Wajib Anda Tonton
Courtesy of IMDb

Dalam keberagaman sinema Indonesia, film-film yang mengangkat tema persahabatan menjadi bagian penting yang tidak hanya menghibur tetapi juga menyampaikan nilai-nilai dan dinamika hubungan persahabatan.

BACA JUGA: 20 Film Aksi Komedi Terbaik yang Wajib Anda Tonton!

Berikut, Bazaar akan membahas beberapa film tanah air yang menggambarkan kehangatan persahabatan dengan beragam cerita yang menginspirasi. Simak di bawah!

5 CM (2012)

Courtesy of IMDb

Film ini mengisahkan tentang 5 sahabat dekat yang diperankan oleh Herjunot Ali, Raline Shah, Fedi Nuril, Pevita Pearce, Denny Sumargo, dan Igor Saykoji. Dalam kisahnya, mereka berkomitmen untuk menjalani perjalanan mendaki Gunung Semeru sebagai bentuk penghormatan terhadap janji persahabatan yang telah terjalin di antara mereka.

Perjalanan mendaki gunung tersebut menjadi simbol keteguhan persahabatan yang diuji oleh berbagai rintangan dan ujian kehidupan. Film ini menggambarkan bagaimana kebersamaan dan kepercayaan satu sama lain menjadi kunci dalam menghadapi setiap tantangan. 

 Mencuri Raden Saleh (2022)

Courtesy of IMDb

Film yang dibintangi oleh Angga Yunanda, Iqbaal Ramadhan, Aghniny Haque, Rachel Amanda, Ari Irham, sekaligus Umay Shahab ini mengisahkan tentang mereka yang terlibat dalam permainan mantan presiden yang ingin mencuri lukisan legendaris karya seorang maestro, Raden Saleh.

Namun, kejadian tersebut mengancam persahabatan dan keselamatan mereka. Dalam menghadapi situasi ini, para karakter di film mencari berbagai cara untuk menemukan jalan keluar dari konflik yang mereka hadapi. 

Laskar Pelangi (2008)

Courtesy of IMDb

Film yang disutradarai Riri Riza ini diadaptasi dari buku Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Mengisahkan tentang persahabatan sekelompok anak di pulau terpencil Belitong.

Mereka membentuk kelompok yang disebut "Laskar Pelangi" untuk melawan kemiskinan dan menumbuhkan harapan agar dapat mencapai impian mereka di tengah kegiatan pertanian dan penambangan timah.

Refrain (2013) 

Courtesy of IMDb

Film yang dibintangi oleh Afgansyah Reza dan Maudy Ayunda ini mengisahkan tentang persahabatan dua sahabat yang diuji oleh berbagai peristiwa, mulai dari dinamika sekolah hingga liku-liku kehidupan cinta yang penuh emosi. Meski awalnya penuh kerinduan dan tantangan, perjalanan mereka membawa mereka pada pemahaman mendalam akan arti sejati dari persahabatan.

Namun, seiring berjalannya waktu, dalam kompleksitas hubungan mereka, akhirnya mereka mulai menyadari perasaan sejati yang selama ini terpendam di dalam hati mereka. 

Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang (2023)

Courtesy of IMDb

Disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko, film ini menjadi film persahabatan favorit tahun ini. Film ini mengisahkan perjuangan hidup di negeri orang.

Mengisahkan tentang seorang Aurora yang bertemu Jem, seorang seniman asal Indonesia. Awalnya, kehidupan Aurora penuh kasih dan semangat, tetapi ketika Jem memaksa Aurora meninggalkan kuliah dan mimpi-mimpinya, semuanya berubah. Dalam kesulitannya, siapa yang kian membantu anak tengah dari tiga bersaudara ini? Jelas dua sahabatnya.  

Bebas (2019)

Courtesy of IMDb

Film ini merupakan film yang diadaptasi dari film Korea Selatan berjudul ‘Sunny’. Mengisahkan tentang kelompok sahabat yang terdiri dari lima perempuan dan satu laki-laki yang mengalami suatu peristiwa tragis yang memaksa mereka berpisah.

Hingga 23 tahun kemudian, tak sengaja dua dari persahabatan ini berpapasan di rumah sakit. Ia berharap bisa melihat kelima temannya sekali lagi untuk terakhir kalinya.

#TemanTapiMenikah (2018) 

Courtesy of IMDb

Berdasarkan kisah nyata, film yang teradaptasi dari novel ini mengisahkan tetang 12 tahun persahabatan Ayudia dan Ditto yang telah menjalin persahabatan yang erat.

Tetapi, sepanjang persahabatan tersebut, Ditto menyimpan perasaan cintanya pada Ayudia secara rahasia. Namun, pada suatu hari, akhirnya mereka menikah. Kabar pernikahan ini menimpulkan kehebohan saat banyak orang mengetahui hubungan mereka diawali dengan persahabatan.

Negeri 5 Menara (2012)

Courtesy of IMDb

Film ini mengisahkan tentang enam sahabat di pondok pesantren yang sering berkumpul di sekitar menara masjid.

Mereka akhirnya membuat sebuah janji di bawah menara bahwa suatu hari nanti, mereka akan pergi ke tempat-tempat yang selama ini menjadi impian mereka. Janji itu menjadi suatu komitmen yang mengikat, membawa harapan untuk mewujudkan impian-impian mereka di masa depan.

Ali & Ratu Ratu Queens (2021)

Courtesy of IMDb

Film ini menceritakan tentang seorang remaja yang setelah kematian ayahnya, memulai perjalanan ke kota New York untuk mencari ibunya.

Tanpa disangka, ia menemukan cinta melalui petualangan di kota besar tersebut, ia tidak hanya menemukan ibunya, tetapi juga menyadari makna pentingnya keterhubungan dengan orang-orang di sekitarnya.

Belok Kanan Barcelona (2018)

Courtesy of IMDb

Film yang dibintangi oleh Deva Mahenra, Mikha Tambayong, Morgan Oey, dan Anggika Bölsterli ini sangat menarik karena mengisahkan tentang empat sahabat yang telah bersama sejak SMA.

Tetapi, ketika salah satu dari mereka akan menikah ketiganya harus mengungkapkan perasaan masing-masing sebelum terlambat.

Mengejar Matahari (2004)

Courtesy of IMDb

Film yang mengisahkan tentang empat orang sahabat yang tinggal di sebuah daerah kumuh di Jakarta dari mereka kecil, di mana ikatan persahabatan mereka diuji seiring dengan pertumbuhan mereka menuju dewasa.

Mereka berbagi suatu ritual yang disebut "Mengejar Matahari," di mana mereka berlomba melalui daerah kumuh, secara simbolis mengejar masa depan mereka. Yang membuatnya lebih menarik adalah jika Anda pernah mendengar lagu "Mengejar Matahari" yang dinyanyikan oleh Ari Lasso, lagu itu berasal dari film ini.

Realita Cinta dan Rock n Roll (2006)

Courtesy of IMDb

Film ini menceritakan tentang dua sahabat yang tidak suka sekolah dan gemar bermain musik. Mereka menjalani hidup dengan impian untuk mencapai cita-cita mereka sebagai musisi rock'n roll.

Ipang adalah anak seorang dosen dan memiliki adik laki-laki. Sementara Nugi adalah anak tunggal yang tinggal dengan ibunya. Kabarnya, ayahnya pergi ke Amerika sejak ia kecil dan tidak pernah sekali pun mengunjunginya. Keduanya sering bolos sekolah hanya untuk bersenang-senang atau bermain di toko rekaman.

Jomblo (2006)

Courtesy of IMDb

Film ini mengisahkan tentang empat sahabat dekat dengan gaya hidup kocak mereka di kampus.

Sampai pada saat mereka bertemu dengan seorang gadis yang  mengajarkan mereka tentang cinta dan pengkhianatan, sampai pada akhirnya kehidupan mereka tidak akan pernah sama lagi.

Catatan Akhir Sekolah (2005)

Courtesy of IMDb

Film yang mengisahkan tentang perjalanan menakjubkan tiga siswa yang memulai petualangan pembuatan film dokumenter singkat.

Mereka akan membuat film dokumenter yang menjadi suatu bentuk penghormatan perpisahan yang mengharukan untuk setiap detail dan momen yang telah melibatkan mereka selama masa-masa indah di SMA. Mereka menciptakan karya yang menjadi simbol kenangan tak terlupakan yang akan mereka simpan sepanjang hidup.

Negeri Van Oranje (2015)

Courtesy of IMDb

Film yang menceritakan tentang lima sahabat, yang awalnya berasal dari luar negeri, memulai perjalanan studi mereka di Belanda.

Tetapi, di tengah tantangan keuangan dan berbagai rintangan, mereka menemukan bahwa persahabatan mereka bukan hanya sekadar perjalanan, tetapi juga sebuah petualangan berharga yang melampaui nilai materi. Setiap kisah dan pengalaman yang mereka bagi menjadi bagian tak terpisahkan dari ikatan persahabatan yang menguat seiring waktu.

BACA JUGA:

16 Rekomendasi Film Genre Horor Indonesia yang Wajib Ditonton

40 Rekomendasi Film Keluarga yang Tidak Menimbulkan Perdebatan

(Penulis: Riza Arya; Foto: Courtesy of IMDb)