Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Deretan 65 Lagu Terbaik dari Tahun 2000-an

Tentu saja lagu-lagu ini tetap nikmat untuk didengarkan.

Deretan 65 Lagu Terbaik dari Tahun 2000-an
Courtesy of Bazaar US

Tahun 2000-an diawali dengan era blog dan iPod, yang membuat industri musik menjadi kacau balau; tiba-tiba, tampaknya setiap sudut industri ini memiliki kesempatan untuk menjadi besar. 

BACA JUGA: Lima Lagu Paling Terkenal di Dunia

Yang terjadi kemudian adalah masa sepuluh tahun yang gemilang di mana rap dan hip-hop merebut kembali kesuksesan secara komersil, rock indie condong ke sisi pop-subversif, dan musik pop harus memikirkan kembali ketergantungannya pada boyband yang diproduksi secara massal.

Untuk merayakan awal tahun 2000-an dengan segala keluasannya, kami telah mengumpulkan beberapa lagu favorit kami pada era tersebut

Dimulai dari lagu-lagu Timbaland dan Pharrell yang berirama maju-mundur, hingga putri-putri pop Britney dan Christina, serta lagu-lagu indie yang terus beradaptasi, seperti Animal Collective dan The White Stripes, inilah lagu-lagu terbaik di tahun 2000-an.

"Love Sex Magic" oleh Ciara feat Justin Timberlake

Meskipun sang pencetak rekor ini memiliki banyak rekaman yang luar biasa di tahun 80-an, ini adalah puncak dari kebolehannya yang hanya ada satu kali dalam satu generasi pada dekade tersebut. Seksi, sangat menarik, dan sesuatu yang masih saya minta untuk diputar pada tahun 2023? Itu adalah sebuah karya klasik bagi saya!

"crushcrushcrush" oleh Paramore

Sudah 15 tahun sejak terobosan Paramore, Riot! dan album ini telah bertahan melewati ujian waktu. Meskipun banyak single dan b-side yang berkesan telah mempertahankan slot dalam rotasi kabel AUX kami, tidak ada yang begitu berkesan seperti "crushcrushcrush," yang suara dan produksinya telah membuat kebangkitan di antara generasi pop yang lebih muda saat ini.

"D.A.N.C.E." oleh Justice

Saya menjadi DJ untuk acara dansa Sadie Hawkins di SMP saya pada tahun 2008, dan sebagian besar memutar album self-titled Justice dan Beyonce, dan saya merasa dibenarkan untuk melakukannya! "D.A.N.C.E." selalu diputar pada tahun 2007 dan masih terus diputar sampai sekarang.

"Behind These Hazel Eyes" oleh Kelly Clarkson

Ada suatu waktu dalam sejarah musik pop Amerika ketika Kelly Clarkson benar-benar ada di mana-mana. Setelah kemenangannya yang bersejarah dan menentukan di American Idol, ia merilis sukses demi sukses. Namun, tidak ada yang dapat mengaktifkan saya setelah dua dekade seperti "Behind These Hazel Eyes."

"Don’t Stop the Music" oleh Rihanna

"Don't Stop the Music" secara mengejutkan merupakan lagu yang sangat tepat bagi Rihanna, karena lagu ini menjadi seruan utama para penggemarnya setelah merilis album studio terbarunya, Anti. 

Sebelum Fenty atau Navy berusaha mengajaknya kembali ke studio, Rihanna telah menguasai tahun 2000-an dengan tangan besi. Anda benar-benar harus berada di sana untuk memahami kekuatannya pada dekade itu!

"He Wasn’t Man Enough" oleh Toni Braxton

"He Wasn't Man Enough" dari Toni Braxton adalah sebuah karya yang cemerlang. Alih-alih meratapi seorang pria yang telah berpisah, lagu ini merupakan sebuah pernyataan: "Ia tidak cukup jantan untukku!" Diproduksi oleh Darkchild yang legendaris, "He Wasn't Man Enough" lebih dari sekadar lagu kebangsaan; ini adalah teks feminis.

"Rollout (My Business)" oleh Ludacris

Sebelum Fast & Furious membawanya ke layar lebar, Ludacris adalah salah satu rapper paling berpengaruh di generasinya. Semua yang disentuhnya berubah menjadi emas pada masa itu, mulai dari "What's Your Pleasure" hingga "Southern Hospitality." Namun, "Rollout" pada tahun 2001 adalah yang paling melambangkan pengaruhnya terhadap mode dan budaya pop. Efek bobblehead itu sangat legendaris!

"Someone to Call My Lover" oleh Janet Jackson

Pada tahun 2001, karier Janet telah berlangsung selama tiga dekade dan tujuh album. Ia berada di puncak permainan dan puncak kariernya, dan masih belum berencana untuk berhenti. 

"All For You," hasil kolaborasi panjangnya dengan duo produser-penulis legendaris Jimmy Jam dan Terry Lewis, menunjukkan bahwa Janet dapat terus berinovasi dengan suaranya di tengah-tengah kerumunan talenta-talenta pop baru.

"Untouched" oleh The Veronicas

Saya yakin sebagian besar orang akan mengharapkan "Untouched" untuk masuk ke dalam daftar ini, dan mereka akan benar dalam asumsi tersebut. 

Sebuah lagu klasik yang sangat dipuja, sulit untuk membayangkan masa ketika lagu ini menjadi lagu yang paling banyak ditiru dalam musik rock dan pop. Ketika kegemaran Y2K akhirnya berlalu ke alam baka, saya akan mencari ekstensi ekor rakun dan poni samping serta bagian senar dalam lagu-lagu pop.

"Damaged" oleh Danity Kane

Ada remaja yang mendekati usia kuliah yang lahir setelah Making the Band 3: Danity Kane tayang perdana pada tahun 2005. Setelah gagal meluncurkan proyek serupa pada iterasi sebelumnya, Diddy kembali dengan pembalasan yang kejam dengan Danity Kane. Meskipun drama segera menyelimuti sang maestro musik dan grupnya, "Damaged" tetap menjadi lagu yang paling berkesan di era reality show MTV.

"I Decided" oleh Solange

Saya terkejut ketika mengetahui bahwa setelah A Seat At the Table, sebagian besar orang tidak mengingat lagu klasik Solange yang membengkokkan genre pada tahun 2008, Sol-Angel and the Hadley St. Dreams. Saya sempat berdebat apakah akan memasukkan "I Decided" atau "T.O.N.Y." ke dalam daftar ini, dan akan ada perdebatan untuk memasukkan keduanya. Namun, "I Decided" adalah sebuah pertunjukan awal dari kecenderungan sonik dan politik Solange. Album yang sangat bagus!

"I Hate This Part" oleh The Pussycat Dolls

Balada mengalami evolusi sonik pada tahun-tahun awal, dan "I Hate This Part" dari The Pussycat Dolls adalah contoh klasik dari perkembangan ini. Meskipun grup ini sebagian besar merupakan kedok untuk kehebatan vokal Nicole Scherzinger, namun siapa yang peduli? Lagu ini masih sangat keras.

"Itty Bitty Piggy" oleh Nicki Minaj

Apakah ada mixtape rap yang lebih banyak dikutip daripada Beam Me Up Scotty dari Nicki Minaj? Saya cukup percaya diri untuk mengatakan tidak. Maaf sayang, tapi tidak ada yang berada di jalannya! Menemukan lagu ini pada tahun 2009 terasa seperti sebuah wahyu. Dari lagu-lagu awalnya, sudah terlihat jelas bahwa gelombang bakat akan segera menghantam industri musik. Setelah "Itty Bitty Piggy," tidak ada lagi yang sama.

"Paparazzi" oleh Lady Gaga

Anda adalah seorang anak gay di daerah pedesaan Amerika dan Anda menonton MTV VMA 2009 tanpa menyadari bahwa hidup dan selera Anda akan berubah selamanya. Lady Gaga menyerbu panggung dengan pakaian putih, dan di akhir acara, ia bergelantungan di atas kerumunan penonton, berlumuran darah. Saya masih belum pulih.

"Lady Marmalade" oleh Christina Aguilera, Lil’ Kim, Mya, Pink

Apa yang bisa dikatakan tentang Lady Marmalade yang belum pernah dikatakan sebelumnya? Ini adalah salah satu kolaborasi paling berkesan dalam sejarah musik rap dan pop wanita, dan lagu pemberdayaan wanita klasik pada masanya. Sebenarnya, ralat. Lagu ini masih merupakan lagu klasik tentang pemberdayaan wanita. Hey sisters, soul sisters! Lebih baik ambil adonan itu, sisters! 

“Back To Black” oleh Amy Winehouse

Awal tahun 2000-an tidak memberikan Amy apa yang layak ia dapatkan. Saat ia berjuang melawan kecanduan, ia menjadi wajah dari kegilaan tabloid di awal tahun 2000-an, membuat single pertamanya "Rehab" menjadi pelesetan yang mudah bagi para pemalas yang malas. 

Tentu saja, masih banyak lagi yang bisa dikatakan. Amy adalah seorang sarjana jazz dan mungkin salah satu penyanyi-penulis lagu terbaik pada dekade ini. Ia memiliki kemampuan bawaan untuk menulis tentang patah hati dan keputusasaan yang tak kenal menyerah dengan cara yang hanya sedikit orang yang bisa menandinginya. 

"Back To Black" adalah salah satu karya terbaiknya, sebuah lagu yang menyengat tentang kekasih yang dirugikan dan melankolis berikutnya melalui produksi retro funk khas Mark Ronson.

“Jesus Walks” oleh Kanye West

Untuk semua pembicaraan tentang "kejeniusan" yang mengelilingi (dan diabadikan oleh) Kanye, "Jesus Walks" adalah salah satu dari segelintir lagu yang membuat klaim tersebut tampak lebih nyata daripada konyol. 

Lagu ini merupakan sukses besar pertama dari rapper asal Chicago ini dan sangat politis jika dibandingkan dengan lagu-lagu hit MTV lainnya pada masa itu, dimana Kanye mempertanyakan posisi budaya kulit hitam, kapitalisme, dan agama di Amerika.

“Paper Planes” oleh MIA

"Paper Planes" membuat seluruh negara membuat senjata jari dan bernyanyi dengan riang mengikuti lagu tentang menipu dan merampok. Lagu ini melambungkan rapper kelahiran Sri Lanka, MIA, ke dalam ketenaran dengan cepat, dan lebih dari satu dekade kemudian, ia masih membuat kehebohan.

“The Seed 2.0” oleh The Roots

The Roots tetap menjadi salah satu band yang paling underrated di abad ke-21. "The Seed 2.0" adalah salah satu kesuksesan komersial terbesar mereka. Ini adalah perpaduan sempurna antara funk, R&B, dan rap, dan tentu saja, sebuah janji untuk menamai anak pertama mereka "Rock-N-Roll."

“All The Things She Said” oleh t.A.T.u

t.A.T.u. berjalan sehingga hyper pop bisa berlari. Duo Rusia ini memanipulasi media dengan berpura-pura menjadi pasangan queer dalam video mereka, dan yang paling terkenal adalah saat mereka bermesraan saat tampil di MTV VMA 2003. Sementara mereka menarik perhatian semua orang, pasangan ini mengeluarkan beberapa single pop yang dekaden, luas, dan samar-samar elektronik, termasuk "All The Things She Said."

“American Idiot” oleh Green Day

"American Idiot" adalah lagu headbanger yang menonjol dari album magnum opus Green Day tahun 2004 dengan judul yang sama. Album opera rock ini membuka pintu bagi banyak musik pop punk setelahnya, membuktikan bahwa kehebatan punk Billie Joe masih memiliki daya tarik.

“Weird Fishes” oleh Radiohead

Terjebak di antara irama trip-hop yang penuh semangat dan kebisingan industri, suara Thom Yorke mampu menembus kebisingan tersebut. Seperti menonton kecelakaan mobil yang melaju lambat, Radiohead melucuti dan menghipnotis, dan tidak pernah lugas.

“Clint Eastwood” oleh Gorillaz

Di balik selubung karakter animasi, Gorillaz telah melukiskan dunia surealis musik tanpa genre selama lebih dari dua puluh tahun. Menyemburkan karya-karya fantastis bersama kolaborator seperti Elton John, Madonna, dan Snoop Dogg, sulit untuk membayangkan saat-saat di mana grup ini tidak menjadi salah satu penyeimbang musik terbesar. 

Namun ketika mereka muncul, mereka masuk dengan single "Clint Eastwood" yang sangat aneh, yang mencakup rap kedap udara dan percakapan antara banyak suara di dalam kepala narator.

“99 Problems” oleh Jay-Z

Hanya ada sedikit lagu yang telah mengurapi sebuah frasa ke dalam leksikon budaya seperti yang dilakukan oleh "99 Problems". Jay-Z menulis tentang kesengsaraan menjadi seorang perayu wanita dan permainan rap tidak pernah sama lagi sejak saat itu.

“Untitled” oleh D'angelo

Pada tahun 2000-an, D'Angelo dengan enggan menjadi simbol seks, muncul sebagai wajah tampan dari gelombang baru neo-soul dan R&B, di antara artis sezamannya seperti Lauryn Hill dan Jill Scott. 

Single terbesarnya "Untitled" sering kali diingat hanya karena video musiknya yang bertelanjang dada, namun secara keseluruhan, lagu ini merupakan salah satu pernyataan D'Angelo yang paling jitu tentang akarnya dalam musik soul. Lagu ini perlahan-lahan terurai dengan sendirinya selama tujuh menit, saat D'Angelo memimpin dengan panduan yang tak ada bandingannya.

“Toxic” oleh Britney Spears

Britney Spears telah menjalani banyak kehidupan. Mulai dari bertahan dalam bingkai putri pop yang mencekik dan bersih, hingga menemukan kebebasan sebagai wanita dewasa yang bebas secara seksual, dan semua momen goyah di antaranya, setiap langkah dalam karier ikonik Britney telah dijalani di depan kita. "Toxic" berada di persimpangan dari banyak sisinya, saat vokal khasnya yang ringan dan lembut berbenturan dengan biola yang tak terduga dan falsetto yang sangat tinggi.

“Rock the Boat” oleh Aaliyah

Dalam kariernya yang terlalu singkat, Aaliyah memberi kita materi yang luar biasa. "Rock the Boat" adalah salah satu karya terbaiknya: sebuah lagu bernuansa matahari dan berangin untuk bercinta yang membuat eufemisme yang jelas terasa nyaman dan alami dengan pesona Aaliyah yang tak terbantahkan.

“Lose Control” oleh Missy Elliott featuring Ciara dan Fat Man Scoop

"Lose Control" mengemas keunggulannya dari semua sisi. Ketidakpastian Missy Elliott, teriakan hypeman Fat Man Scoop, dan hook halus Ciara entah bagaimana berpadu sempurna untuk menghasilkan lagu dansa yang melelehkan pikiran.

“Drop It Like It’s Hot” oleh Snoop Dogg featuring Pharrell

Pada suatu titik di awal tahun 2000-an, irama hip-hop merangkul aspek yang hampir eksperimental, seperti Timbaland dan Pharrell yang memasukkan beatboxing, hidrolika, dan suara tangisan bayi ke dalam katalog mereka. "Drop It Like It's Hot" mengikutinya, dibuat dengan lidah yang menjulur dan suara falsetto yang memanjang, "Snoooooop!" Dipasangkan dengan tarian yang mudah diikuti, "Drop It Like It's Hot" adalah lagu yang benar-benar klasik.

“Fighter” oleh Christina Aguilera

Christina Aguilera, yang menghabiskan masa praremaja sebagai sosok yang menonjol di Mickey Mouse Clubhouse, bersama bintang-bintang seperti Britney dan Ryan Gosling, mengalami masa-masa awal karier yang membatasi yang membuatnya menghasilkan lagu-lagu pop bubblegum, seperti "Genie in a Bottle", sebelum akhirnya benar-benar meraih kesuksesan. 

Pada tahun 2002, Christina mengubah citra dirinya sebagai wanita yang sepenuhnya bebas dengan Stripped, sebuah rekaman yang didedikasikan untuk Christina yang baru, seorang wanita muda yang lebih berani... dan sedikit lebih kotor. "Fighter" merayakan kebebasan barunya dan mengakui kekuatan dalam belajar dari masa lalu: "Karena jika bukan karena semua penyiksaan Anda / saya tidak akan tahu bagaimana menjadi seperti ini sekarang," nyanyinya.

“We Belong Together” oleh Mariah Carey

Pada tahun 90-an, Mariah Carey adalah seorang gadis yang sedang naik daun. Ia adalah seorang vocal killer berwajah segar, bermata rusa betina, menghiasi hook setiap lagu rap yang cukup cerdas dan mengejutkan negara dengan register yang begitu luas sehingga hampir tidak masuk akal. Namun pada tahun 2000-an, Mariah adalah ikon bersertifikat, seorang wanita dewasa yang tahu nilainya dan meminta apa yang menjadi haknya. Hal ini membuat "We Belong Together" menjadi sebuah penampilan yang lebih penting lagi, karena Mariah sedikit menanggalkan dirinya, menawarkan momen kerentanan yang tak terduga dan seperti malaikat.

“Bootylicious” oleh Destiny’s Child

Tanpa harmoni yang sempurna dan kepercayaan diri yang tajam dan meyakinkan, mungkin akan sulit untuk menjual kata seperti bootylicious atau membuat pernyataan seperti, "Saya rasa Anda belum siap dengan jelly ini," terdengar sangat mengerikan. Namun dengan sampel Stevie Nicks yang tepat waktu dan ad-libs yang menjerit-jerit seperti Prince, Beyonce, Kelly Rowland, dan Michelle Williams mampu melakukannya.

“Maps” oleh Yeah, Yeah, Yeahs

"Maps" adalah lagu yang menghantui, sebuah lagu dahsyat yang bertahan di alam bawah sadar setelah lagu ini selesai. Karen O, ratu kelahiran kembali post-punk di awal tahun 80-an, melantunkan bait pertama sebelum akhirnya menyerah pada gelombang kerentanan, mengulangi permohonan ikonik tersebut (yang diabadikan hampir 12 tahun kemudian dalam lagu "Hold Up" milik Beyonce): "Tunggu, mereka tidak mencintaimu seperti aku mencintaimu." Di antara suara drum yang kencang dan suara gitar elektrik di bawahnya, "Maps" menangkap keputusasaan dan kemarahan yang muncul akibat cinta bertepuk sebelah tangan, namun tetap menghormati kekuatan yang terpelihara dalam kepemilikan emosional Karen.

“My Boo” oleh Alicia Keys dan Usher

Cinta di halaman sekolah akan selalu terasa berbeda. "My Boo" adalah lagu cinta monyet resmi yang berpusat pada ciuman pertama dan rayuan di taman bermain, dan tempat khusus yang menyimpan kenangan itu.

“Hot in Herre” oleh Nelly

Sementara Gen Z mungkin lebih akrab dengan lagu Nelly yang terkenal dengan "Buss It" di TikTok, tetapi "Hot in Herre" memiliki kehidupannya sendiri di awal tahun 2000-an. Dengan hook yang hampir secara komikal langsung dan puitis, percakapan puitis dan menyakitkan di antara teman-teman tentang ukuran bokong, Nelly menawarkan solusi sederhana untuk masalah yang sudah sangat umum dan terlalu panas di klub: Lepaskan semua pakaian Anda.

“My Girls” oleh Animal Collective

Merriweather Post Pavilion dari Animal Collective mendefinisikan ulang gagasan musik indie komersial. Sebagai magnum opus tidak resmi mereka, album ini memperkuat suara mereka yang sudah tidak terdengar ke tingkat yang belum pernah terdengar sebelumnya, sekaligus mengantarkan melodi yang lebih pop dan mudah didekati yang belum pernah ada di proyek-proyek sebelumnya. Melalui trek vokal yang berlapis-lapis, permainan drum tangan, dan instrumental yang meliuk-liuk, "My Girls" adalah lagu yang bisa dinyanyikan bersama dengan lirik yang berfokus pada kesenangan hidup yang sederhana: "Saya tidak bermaksud untuk terlihat seperti peduli dengan hal-hal material ... Saya hanya ingin empat dinding dan lempengan batu bata untuk anak-anak perempuan saya."

“Me, Myself, and I” oleh Beyoncé

Untuk semua lagu-lagu pemberdayaan dan lagu-lagu dansa berenergi tinggi dari Beyonce, ada sisi lain dari dirinya yang lebih langka yang hadir dalam lagu-lagu seperti "Me, Myself, and I." Seorang wanita yang sangat tenang dalam menghadapi perselingkuhan, Beyonce membuktikan ketenangannya melalui vokal yang pendiam dan bisikan malaikat tentang aktualisasi diri saat ia berjanji pada dirinya sendiri untuk melindungi hatinya di masa depan.

“Someday” oleh The Strokes

Dengan gaya bicara khasnya yang mengantuk, Julian Casablancas dari The Strokes bekerja melalui serangkaian janji-janji singkat, pernyataan yang meragukan, dan kiasan-kiasan. Menghindari romantisme yang tinggi, "Someday" memanjakan diri dengan realistisnya sebuah hubungan yang menyenangkan, tanpa menawarkan janji jangka panjang. Ini adalah rangkuman yang indah dari daya tarik The Strokes: rock and roll yang jujur dan lugas tanpa embel-embel tambahan, hanya kenyataan yang menawan.

“What You Waiting For” oleh Gwen Stefani

"What You Waiting For" merupakan langkah eksplosif Gwen Stefani menuju jalurnya sendiri. Lagu pembuka dari album solo pertama mantan vokalis No Doubt ini adalah sebuah lagu pop elektronik yang ramping dan mendesak.

“Cry Me a River” oleh Justin Timberlake

Semua yang disentuh Timbaland adalah emas. Di awal tahun 2000-an, tidak ada lagu yang tidak dapat dibuat oleh Timbaland menjadi panas, dan di suatu tempat di antara lagu-lagu tersebut, Justin Timberlake menjadi salah satu kendaraan yang paling efektif. Dengan bantuan Scott Storch pada liriknya, "Cry Me a River" adalah sebuah lagu yang tak lekang oleh waktu dan kejam tentang konsekuensi dari perzinahan.

“I Bet You Look Good on the Dancefloor” oleh Arctic Monkeys

Sebelum Alex Turner merapikan rambutnya dan membersihkan suara Arctic Monkeys menjadi lebih licin, ada lagu "I Bet You Look Good on the Dancefloor" pada tahun 2006. Didorong oleh permainan drum Matt Helders yang sangat garang, lagu ini adalah lagu kebangsaan yang sangat bersemangat untuk para pemuda yang mengisi setiap celah dan celah dengan kotoran dan kebisingan, saat Alex dengan mabuknya "bermain mata" dengan seseorang yang sedang menggoda di bar.

“My Happy Ending” oleh Avril Lavigne

Estetika Avril Lavigne menjanjikan suara yang jauh lebih keras daripada kehebatannya sebagai superstar pop. Namun Avril tidak berhutang apa pun pada kita, dan ini adalah fakta yang tidak bisa kita lupakan, karena ia berkostum sebagai gadis punk yang cerewet dengan dasi merah muda dan rambut sebatas pinggang untuk sebagian besar di awal tahun 2000-an. "My Happy Ending" adalah penampilan terbaik Avril, saat ia mengata-ngatai mantan dan "teman-teman bodohnya" dalam sebuah lagu balada yang menghentak.

“Young Folks” oleh Peter Bjorn dan John

Courtesy of Bazaar US

"Young Folks" adalah lagu yang aneh dan sederhana, menempatkan melodinya di belakang sebuah hook kecil yang manis. Sifatnya yang sederhana dan menawan memungkinkan untuk interpretasi dan sampel baru dari orang-orang seperti Kanye West, James Blake, dan bahkan Halsey.

“Love” oleh Keyshia Cole

"Love" dari Keyshia Cole adalah penampilan vokal yang tak lekang oleh waktu, tetapi Anda tidak perlu memiliki pipa untuk bernyanyi bersama. Dari ruang bawah tanah karaoke hingga lantai bar yang lengket, "Love" adalah lagu kebangsaan yang tak terbantahkan, karena setiap wanita, pria, dan anak-anak tampaknya dapat merasakan jatuh cinta dengan pasangan yang tidak tersedia.

“Always on Time” oleh Ja Rule featuring Ashanti

Ja Rule dan Ashanti adalah Sonny dan Cher di tahun 2000-an, atau Marvin dan Tammi. Dengan hampir 10 kolaborasi di antara mereka, gaya rap New York yang kasar dari Ja Rule setara dengan anggur berkualitas ketika dipasangkan dengan vokal seksi Ashanti yang halus. "Always on Time" menyisipkan antara Ja yang berteriak tentang "cinta larut malam" dan Ashanti yang bersumpah untuk menjadi lebih baik dalam menjawab telepon.

“I Just Wanna Love U (Give It 2 Me)” oleh Jay-Z featuring Pharrell

"Give It to Me Baby" dari Rick James adalah lagu yang sangat populer di tahun 80-an, menjadikannya lagu yang sempurna untuk Jay-Z dan Pharrell di puncak panggung himbo mereka. Dengan ratapan yang sangat menawan dari Pharrell di bagian reff, "I Just Wanna Love You" menjadi salah satu yang terbaik dari beberapa kolaborasi antara keduanya.

“Can’t Get You Out of My Head” oleh Kylie Minogue

"Can't Get You Out of My Head" sesuai dengan judulnya: lagu dansa yang asyik dan berirama disko yang seakan-akan menancapkan dirinya ke dalam relung-relung alam bawah sadar. Kylie Minogue memilih saat-saat yang tepat untuk menarik diri secara vokal, memilih vibrato yang lembut dan tenang, membuat momen-momen intensitasnya semakin terasa.

“Ms. Jackson” oleh OutKast

Dalam "Ms. Jackson," Big Boi dan André 3000 mengemban tugas berat untuk meminta maaf kepada para ibu tunggal di mana pun atas nama para ayah yang tidak ada di tempat lain, saat mereka dengan hati-hati membahas penderitaan cinta anak muda yang tidak dipikirkan dengan matang dan konsekuensinya. 

Dengan irama yang terdengar meliuk-liuk seiring berjalannya lagu, André 3000 menyuarakan sentimen lembut yang masih belum tersentuh oleh hip-hop, dengan menambahkan gonggongan anjing ala Beach Boys di tengah-tengah penyebutan "cinta monyet" dan permintaan maaf.

“Chasing Pavements” oleh Adele

Memukau dan memukau, "Chasing Pavements" adalah pintu masuk utama pertama Adele ke dalam kontinum budaya pop. Hanya seorang remaja pada saat itu, kedalaman emosional dan jangkauan vokalnya yang melonjak jauh melampaui usianya, dan memikat kita semua.

“No Letting Go” oleh Wayne Wonder

Jika kita ingin lebih spesifik, "No Letting Go" adalah sebuah balada. Dibanjiri dengan gaya produksi dancehall tradisional yang penuh semangat, pernyataan cinta Wayne Wonder yang tulus ("sangat istimewa, sungguh dan sungguh") tampak mengalir keluar dari dirinya, namun untuk semua romantisme yang memanjakan diri, Wayne masih membiarkan irama musiknya tetap mengguncang sehingga masih ada ruang untuk menggoyangkan bokongnya.

“Electric Feel” oleh MGMT

"Electric Feel" dari MGMT adalah kekuatan yang ada di mana-mana ketika dirilis pada tahun 2007. Lagu ini menawarkan era baru dari musik pop rock psikedelik dan synth-heavy yang kembali ke era psikedelik di tahun 60-an, namun sambutan yang diterima membuktikan bahwa band ini telah melakukan sesuatu dengan kebangkitan groove mereka.

“In Da Club” oleh 50 Cent

Di antara lagu tentang hampir ditembak mati dan lagu tentang terus menerus teler, terdapat kesuksesan komersial terbesar 50 Cent. "In Da Club" adalah persilangan 50 Cent dari ikon rap yang dicintai menjadi nama besar, dan meskipun radio masih harus menyunting penawaran narkoba dan pembicaraan tentang senjata, lagu ini menjadi bukti bahwa "rap gangster" di tahun 90-an bukanlah subkultur yang akan punah dalam waktu dekat.

“Confessions Pt. 2” oleh Usher

Mengatakan bahwa Usher bersalah adalah pernyataan yang meremehkan. Pria ini membuat seluruh album yang didedikasikan untuk perselingkuhannya, sebuah kisah yang memilukan tentang perselingkuhan yang tak henti-hentinya dan kemudian dengan ceroboh berjuang untuk mendapatkan kembali pasangannya, dan entah bagaimana... itu berhasil. Salahkan saja vokalnya yang tak tertandingi, narasinya yang luar biasa, atau perutnya yang six-pack yang terlihat di seluruh dunia, tapi "Confessions Pt. 2" dari Usher tetap menjadi salah satu lagu terbaik R&B modern, sebuah lagu yang sangat disukai meskipun subjeknya tidak dapat disangkal memiliki banyak kekurangan.

“So Sick” oleh Ne-Yo

"So Sick" adalah lagu putus cinta yang ditujukan untuk momen yang sangat spesifik dalam proses penyembuhan. Ini adalah lagu yang meratapi tahap melankolis ketika tampaknya tidak ada lagi yang bisa ditangisi, tetapi entah bagaimana masih ada banyak kesedihan yang memanjakan diri sendiri yang tersisa. "Saya sangat muak dengan lagu-lagu cinta / Begitu sedih dan lambat / Jadi mengapa saya tidak bisa mematikan radio?" Ne-Yo bertanya, sebelum menyerah pada fantasi tentang apa yang seharusnya terjadi.

“New Slang” oleh The Shins

Di tengah gempuran pop punk, rap, dan pop pabrikan, kehadiran The Shins di awal tahun 2000-an terasa seperti angin segar yang secara tidak sengaja menghirup udara segar. "New Slang" adalah lagu yang menonjol dari album mereka di tahun 2001, Oh, Inverted World, sebuah lagu pop yang lembut dengan senandung lembut dan petikan gitar yang lebih lembut.

“Hips Don't Lie” oleh Shakira feat. Wyclef Jean

"Hips Don't Lie" merupakan perpaduan antara terompet dan pinggul dengan hook yang sangat menarik, berkat putaran terompet yang tak terlupakan dan perpaduan sempurna antara Wyclef Jean dari Fugees dan ikon Kolombia, Shakira. 

Meskipun lagu ini awalnya ditulis untuk memicu kebangkitan Fugees, Wyclef harus mengubahnya dengan cepat, menambahkan Shakira sebagai penulis dan produser, membuat latar belakang lagu ini hampir sama menariknya dengan lagu itu sendiri.

“Hey Ma” oleh Cam'ron featuring Juelz Santana, Freekey Zekey, dan Toya

"Hey Ma" adalah lagu klasik Cam. Rapper asal New York ini menampilkan pertunjukan yang sangat genit, hanya untuk mengajak teman-temannya, termasuk bayi Juelz Santana, untuk ikut serta dan mengeluarkan permainan terbaik mereka bersamanya.

“Leave (Get Out)” oleh JoJo

Jojo baru berusia 13 tahun saat "Leave Get Out" mencapai puncak tangga lagu Billboard. Untuk seseorang yang baru berusia belasan tahun, bintang pop beraliran R&B ini berhasil menangkap kemarahan dari sebuah hubungan yang tidak sehat, dengan menyatakan, "Kamu hanya membuang-buang waktu." Kesuksesan lagu ini melambungkannya ke dalam ketenaran yang memang pantas.

“Fell in Love with a Girl” oleh The White Stripes

"Fell in Love with a Girl" adalah single berdenyut dan mengguncang kepala dari The White Stripes yang muncul di saat band ini masih belum sepenuhnya mendapatkan plakat Hall of Fame mereka di musik rock indie. Permainan drum Meg White yang tajam dan lugas sangat pas dengan ratapan Jack White, saat ia memohon untuk dibebaskan dari pikirannya yang telah dikuasai oleh cinta yang baru.

“Grindin’” oleh Clipse

Pada awal tahun 2000-an, setiap beat yang dapat dimainkan dengan menggebrak meja makan siang memiliki peluang untuk meraih kesuksesan komersial. Tapi "Grindin" tidak hanya berhasil karena irama Neptunus yang tak terbantahkan, tapi juga bersinar karena bait-bait yang menggetarkan dari No Malice dan Pusha T, yang secara meyakinkan meminta maaf atas kesombongan yang baru ditemukannya: "Maafkan saya jika kekayaan saya membuat saya menjadi sombong."

“Crazy” oleh Gnarls Barkley

Elsewhere dari Danger Mouse dan CeeLo Green adalah sebuah rekaman yang tidak terikat yang membahas dan merayakan momen kegilaan, dengan interpolasi antara funk retro dan disko yang kental dengan pop. "Crazy" menjadi lagu yang ada di mana-mana di musim panas (dan akhirnya menjadi lagu terbaik tahun ini) berkat penampilan vokal CeeLo, saat ia menyamar sebagai orang gila yang sadar akan kegilaannya.

“Family Affair” oleh Mary J. Blige

Mary J. Blige adalah mercusuar harapan, sebuah kisah sukses yang penuh dongeng yang mencakup kisah perjuangan menuju kekayaan dan kemenangan atas tragedi. Untuk semua yang telah dilaluinya, saat-saat kebahagiaan Mary tampak lebih terasa. "Family Affair" mengundang kita untuk menari bersamanya saat ia berlayar di atas irama Dr. Dre, meninggalkan kita dengan sebuah permintaan yang ikonik: "Tidak perlu ada kebencian, berteriaklah dalam tarian ini."

“I Write Sins Not Tragedies” oleh Panic! at the Disco

Setiap era memiliki versi musik remaja yang berbeda. Pada pertengahan tahun 2000-an, musik ini merupakan cabang emo pop punk yang sangat online. "I Write Sins Not Tragedies" entah bagaimana berhasil masuk ke arus utama, menjadi lagu yang sukses di mana-mana dan tak terduga. Dan lagu ini masih menjadi favorit penggemar di tempat karaoke dan bar kampus di seluruh negeri.

“All Falls Down” oleh Kanye West

Terlepas dari goyahnya warisan politiknya di tahun 2021, lagu "All Falls Down" dari Kanye West pada tahun 2004 adalah potret sosial politik yang selalu hijau. Ditulis bersama oleh The Ms. Lauryn Hill, lagu ini merupakan perspektif dua orang tentang penderitaan konsumerisme dan status sebagai orang kulit hitam Amerika, yang terombang-ambing antara sudut pandang pria dan wanita. "Kita bisa membeli jalan keluar dari penjara, tapi kita tidak bisa membeli kebebasan," sindir Kanye.

“Like Glue” oleh Sean Paul

Di suatu tempat di awal tahun 2000-an, dancehall masuk ke Amerika Serikat, diantar oleh duta besar tidak resminya, Sean Paul. "Like Glue" tetap menjadi salah satu momen paling cemerlang, karena ia memberikan tiga menit penuh sinar matahari.

BACA JUGA:
22 Lagu Bernuansa Sedih Yang Bisa Membuat Anda Menangis Tersedu
19 Lagu Romantis Tentang Cinta untuk Pesta Pernikahan!

(Penulis: Natalie Maher dan Joan Summers; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of Bazaar US)