Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Macam-Macam Bentuk Mata Orang Indonesia

Bersama dengan tiga sosok dengan mata yang indah, Bazaar menilik lebih jauh tentang makna dari sepasang mata yang menawan.

Macam-Macam Bentuk Mata Orang Indonesia
Dian Sastrowardoyo - Dok. Bazaar

Ketika membahas soal mata, ada banyak ragam warna serta tipe yang hadir di dunia ini. Tetapi, ketika membahas bentuk mata orang Indonesia, pasti setiap setiap individu memiliki gambarannya masing-masing.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Krim Mata menurut Bazaar

Bazaar berusaha menilik lebih jauh terkait hal tersebut melalui tiga bintang Tanah Air yang memiliki mata yang menawan, Dian Sastrowardoyo, Velove Vexia, dan Luna Maya. 

What is your definition of beautiful eyes?

Begitulah pertanyaan pertama yang dilontarkan Bazaar kepada ketiga sosok tersebut. 

Dian menjawab dengan tenang, "Definisi mata indah untuk saya adalah mata yang berbicara indah tanpa perlu banyak beban dari riasan." Jawaban ini diberikannya lantaran ia kerap menggunakan riasan berlebihan di mata, yang tak disangka dapat menyakiti matanya. 

Sedangkan bagi Luna dan Velove, mata yang indah ialah mata yang mampu memancarkan keindahan jiwa seorang individu. Bagi mereka, mata yang indah itu selayaknya mulut, dapat berbicara dengan sendirinya. 

Sepertinya semuanya setuju, mata yang indah tidak terletak pada jenis bentuk maupun warna. Melainkan pada tatapan yang diberikan sang pemilik mata tersebut.

Lantas, apakah mereka memiliki bentuk mata yang sama?

Tentu saja tidak. Dian sendiri memiliki mata berbentuk almond-shaped, sedangkan Velove mempunyai mata yang cenderung lebih bulat. 

Menariknya lagi, eyelid Velove tidak begitu besar dan deep. Sehingga bentuk matanya dapat berubah-ubah berdasarkan riasan yang ia kenakan. Jika menggunakan eyeshadow yang terang, matanya akan cenderung oriental, sedangkan warna gelap, matanya akan terlihat lebih besar dan strong. 

Pada Luna Maya yang memiliki darah campuran, ia memiliki mata yang sedikit berbeda daripada orang Indonesia pada umumnya. Tepatnya, matanya berwarna hazel. 

Luna Maya - Dok. Bazaar

Dengan bertambahnya usia, apakah terdapat perubahan pada mata mereka?

Dian mengungkapkan bahwa dalam lima tahun terakhir ini, ia mulai menyadari perubahan pada matanya. Terutama, timbulnya eyebags. Kemudian Luna sendiri, kerutan-kerutan halus mulai muncul di sekitar matanya. 

Suprisingly, Velove belum menemukan perubahan signifikan pada matanya. Lalu apa rahasianya? Ia selalu menggunakan eye cream secara rutin sejak ia berumur 20 tahun.

Bagaimana rutinitas kecantikan mata mereka?

Bagi Dian, krim malam, serum serta eye oil ialah penyelamatnya dalam merawat area mata. Dian juga rutin melakukan perawatan laser di klinik setiap tahunnya. Selain mata, ia juga berikan perawatan lebih pada bulu matanya, dengan menggunakan teknik microneedling. 

Lain halnya dengan Luna Maya, ia lebih memilih perawatan melalui gaya hidup, dan mengonsumsi minuman bergizi. Ia yakin dengan banyak minum air putih, serta tidur yang cukup dapat membantu mendapatkan kondisi mata yang senantiasa prima. Ditambah juga, Luna merekomendasikan untuk meminum jus wortel. Ia sendiri sudah meminumnya sejak kecil dan ini merupakan caranya untuk merawat mata.

Pada Velove, ia menyarankan pembersihan maksimal pada area mata selepas mengenakan riasan. Dengan menaruh kapas yang sudah diberikan makeup remover pada mata selama beberapa detik. Melalui cara ini, produk pembersih akan lebih meresap ke bagian mata sehingga lebih mudah menghapusnya. 

Velove Vexia - Dok. Bazaar

Terakhir, sebuah amanat penting dari Dian Sastrowardoyo

"Biasakan diri Anda untuk tidak menggunakan softlens berwarna and get comfortable with your own eye color. You will look fine without it!"

BACA JUGA:
Samarkan Lingkaran Hitam & Garis Halus dengan Serum Mata dari Clarins
https://harpersbazaar.co.id/articles/read/3/2023/18722/rekomendasi-20-penjepit-bulu-mata-terbaik-untuk-semua-bentuk-mata

Artikel orisinal ini muncul di Harper's Bazaar Indonesia September 2020, Fashion Issue. Ditulis oleh Danes Wara, dan disunting oleh Angel Lawas.