Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Filler Pipi

Cheek filler biasa digunakan untuk mengembalikan volume pada kontur wajah.

Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Filler Pipi
Courtesy of BAZAAR UK

Sejalan dengan naik turunnya prosedur injeksi, dermal filler semakin banyak digunakan pada daerah pipi untuk tujuan estetika. Apakah dengan tujuan menyeimbangkan bentuk, meremajakan kulit, atau membuat penampilan yang lebih berkontur.

Baca juga: Apakah Anda memiliki “Filler Fatigue”?

Untuk memahami berbagai manfaat, serta potensi risikonya, kami berbicara dengan Dr. Ashwin Soni, seorang ahli bedah plastik dan rekonstruktif sekaligus pendiri dan pemilik dari The Soni Clinic, yang mana ia melakukan prosedur cheek filler serta perawatan non-bedah dan bedah lainnya. 

Di sini ia menjelaskan cara kerja cheek filler, seperti apa rasanya, dan apa yang diharapkan sebelum dan sesudah Anda menjalani operasi.

Apa saja manfaat dari cheek filler?

“Manfaat dari cheek filler adalah untuk menciptakan kontur alami dari tulang pipi, terkadang hal tersebut memudar seiring bertambahnya usia, dan di lain hal, ini juga bertujuan untuk menambahkan sedikit kontur ketika pasien tidak terlalu memiliki tulang pipi. Manfaat lain dari cheek filler adalah untuk mengembalikan volume pipi, baik karena proses penuaan alami atau secara genetik."

Siapa yang cocok untuk melakukan cheek filler?

"Kandidat yang baik adalah seseorang yang tidak memiliki tulang pipi yang menonjol, jadi Anda dapat menggunakan cheek filler untuk memberikan kontur alami. Dari pengalaman pasien saya yang telah melakukan cheek filler, dibutuhkan make-up lebih setelah prosedur untuk mendapatkan tampilan pipi yang berkontur. Indikasi lain yang baik untuk melakukan cheek filler adalah jika seseorang kekurangan volume di bagian tengah pipi.”

Siapa saja yang tidak disarankan untuk melakukan cheek filler?

"Pasien yang memiliki tulang pipi menonjol, dan mereka yang memiliki volume pipi, karena pipi mereka akan berisiko terlihat seperti tidak wajar atau berlebihan. Poin penting lainnya, yang saya dengar dari sekian banyak pasien adalah beberapa dari mereka memiliki garis senyum yang terlalu dalam. Namun melihat dari pengalaman, Anda harus pergi ke ahli yang dapat langsung menargetkan garis senyum tersebut, bukan lakukan cheek filler pada pasien yang tidak terlalu membutuhkan volume di area pipinya."

Bagaimana seharusnya penggunaan cheek filler bagi masing-masing orang?

"Jumlah yang digunakan dan penempatan akan bervariasi dan ini benar-benar tergantung pada area mana yang perlu dirawat, dan apa tujuan estetika pasien itu sendiri. Saya memiliki pasien yang berusia di atas 60 tahun, beliau menginginkan lebih banyak volume di bagian tengah karena pipi mereka telah rata seiring bertambahnya usia, dan sedikit kontur.

Saya juga memiliki pasien lebih muda yang memiliki volume pipi yang baik secara terpusat tetapi memiliki kontur yang kurang dari tulang pipi mereka. Bagi saya, itu sangat tergantung pada orangnya, dan itu adalah sesuatu yang kami diskusikan secara detail pada saat konsultasi. Dan saya beradaptasi untuk memberi mereka hasil yang sejalan dengan tujuan mereka.

"Saya sering melihat cheek filler disuntikkan terlalu tinggi atau terlalu rendah oleh ahli bedah lain, yang mana itu hanya membuat semuanya terlihat sangat tidak wajar."

Apa yang harus Anda cari dari seorang praktisi saat mempertimbangkan cheek filler?

"Kunci untuk mencapai hasil alami adalah provider yang Anda pilih, tekniknya, dan kualitas produk yang mereka suntikkan. Faktor terpenting lain adalah memilih provider yang tepat. Mereka harus memiliki pengetahuan ahli tentang anatomi, dan memiliki pengalaman yang signifikan – di sini, pastikan bahwa mereka adalah provider yang terdaftar, misalnya seorang dokter di Inggris akan terdaftar di General Medical Council dan Anda dapat memastikan bahwa mereka memiliki lisensi.

Baca juga review tentang mereka dan lihatlah foto before and after mereka. Jika Anda mengenal seseorang yang sudah pernah dirawat olehnya, pikirkan apakah Anda akan senang mendapatkan hasil seperti itu. 

"Pastikan juga bahwa mereka menggunakan filler dengan kualitas terbaik yang tidak mengganggu pergerakan wajah, dan tidak akan memengaruhi otot Anda saat Anda tersenyum atau pun cemberut. Filler dengan kualitas yang buruk dapat menyebabkan gumpalan, dan mungkin tidak akan terlihat alami pada wajah Anda."

Courtesy of Instagram @thesoniclinic

Melihat wajah secara holistik, perawatan apa yang bisa dikombinasikan dengan cheek filler?

"Hal ini tergantung pada tujuan pasien, tetapi ada perawatan tertentu yang dapat melengkapi cheek filler. Salah satu area, yang telah disebutkan adalah nasolabial dan marionette. Saya sering melihat pasien yang baru saja mendapatkan cheek filler dari provider lain, namun terkadang hanya akan membuat garis-garis itu terlihat lebih menonjol jika tidak ditangani secara efektif. 

"Cheek filler juga dapat menciptakan lekukan di bawah mata pada pasien tertentu dan dapat dikombinasikan dengan tear trough filler untuk memperbaiki area bawah mata pasien dengan cukup baik. 

Skin boosters–seperti Profhilo– adalah perawatan populer lainnya yang dapat membantu kualitas kulit, elastisitas, hidrasi kulit, dan kilau kulit secara keseluruhan. Produk ini bekerja dengan sangat baik di semua area wajah, dan di sekitar area pipi. Mereka dikemas dengan vitamin, mineral, asam hialuronat, antioksidan, dan asam amino."

Apa saja yang termasuk dalam prosedur cheek filler?

"Saya biasa memulai prosedur dengan membersihkan area perawatan. Selanjutnya saya mengoleskan numbing cream yang bekerja cepat setelah dibiarkan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit. Saya kemudian mengoleskan kompres es ke area yang akan saya suntik, dan memulai prosedur. Teknik ini menggunakan jarum dan kanula, yang pada dasarnya adalah jarum tumpul yang panjang, tetapi tidak tajam. Ini dapat membantu menambah volume di area tertentu. Prosedurnya akan memakan waktu total sekitar 20 menit."

Bagaimana rasanya memiliki cheek filler?

“Dalam praktiknya, saya melakukan banyak hal untuk meminimalkan rasa sakit, seperti mengoleskan krim anestesi lokal yang bekerja untuk mematikan rasa pada area yang kami rawat, dan menggunakan kompres es pada area yang akan saya suntik.

Plus, ada anestesi lokal di filler itu sendiri. Karena itulah dalam praktik saya,  belum ada yang mengatakan bahwa itu menyakitkan, tetapi ada beberapa titik di mana pasien merasakan tekanan. Sebagian besar pasien menggambarkan sensasi yang sedikit aneh ketika saya membentuk tulang pipi, tetapi tetap nyaman. Sebagian besar pasien mengatakan bahwa mereka sangat terkejut karena tidak sakit seperti yang dibayangkan.

Bagaimana Anda mempersiapkan diri untuk melakukan cheek filler

"Saran saya sebelum melakukan filler adalah berbicara dengan provider Anda jika memang Anda sedang mengonsumsi obat atau suplemen apa pun. Jika Anda termasuk mudah memar, saya sarankan Anda minum tablet arnica dua hingga tiga hari sebelum dan sesudah Anda melakukan filler."

Berapa lama hasilnya akan bertahan?

"Dalam praktik saya, mengingat kualitas filler yang saya gunakan, hasilnya rata-rata bertahan antara 12 dan 18 bulan.”

Apa saja risiko yang bisa terjadi ketika melakukan cheek filler?

"Risiko yang umum adalah memar ringan, sedikit rasa tidak nyaman (sementara), dan beberapa pembengkakan ringan pasca-prosedur. 

Risiko serius dapat mencakup perdarahan, oklusi vaskular (yaitu ketika filler dapat disuntikkan ke dalam pembuluh darah, dan dapat menyebabkan area kulit atau jaringan kehilangan suplai darahnya – ini adalah keadaan darurat dan filler harus segera dilarutkan, migrasi filler. Pastikan bahwa provider Anda menggunakan filler berbasis asam hialuronat.

"Pastikan bahwa klinik Anda memberi Anda nomor yang dapat Anda hubungi siang atau malam jika ada masalah. 

“Penting untuk dicatat bahwa prosedur ini tidak dapat digunakan kepada wanita hamil atau menyusui."

Saran dari Anda setelah pasien melakukan cheek filler?

"Saya menyarankan pasien saya untuk menghindari latihan intensif selama lima hari setelah prosedur, untuk meminimalkan kemungkinan filler bergeser. Dan saya juga menyarankan agar pasien tidak memijat wajah di bagian filler selama beberapa hari, sampai Anda berkunjung ke provider untuk kontrol selanjutnya.

Berapa biaya untuk cheek filler

"Prosedur cheek filler dalam praktik saya berkisar seharga £800 (sekitar Rp 13.000.000 rupiah)” 

Baca juga:

Profile Balancing: Perawatan yang Mampu Menyeimbangkan Proporsi Wajah

Ada Cara Baru Di Klinik untuk Membuat Bibir Atas Lebih Tebal, Bagaimana?

(Penulis: Bridget March; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Diah Pithaloka; Foto: Courtesy of BAZAAR UK, Instagram @thesoniclinic)