Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Profile Balancing: Perawatan yang Mampu Menyeimbangkan Proporsi Wajah

Bazaar bertanya langsung pada ahlinya untuk menjelaskan tentang prosedur yang bertujuan untuk menyempurnakan proporsi wajah Anda menggunakan metode filler.

Profile Balancing: Perawatan yang Mampu Menyeimbangkan Proporsi Wajah

Prosedur kosmetik non-invasif telah meroket selama setahun terakhir ini, dan sementara botoks masih menduduki urutan teratas prosedur kosmetik non-bedah paling populer di seluruh dunia dengan lebih dari 6,2 juta prosedur dilakukan pada tahun 2021, prosedur "profile balancing"  juga telah meningkat peminatnya. Meningkatnya permintaan untuk penyeimbangan proporsi wajah (menggunakan filler) dapat dikaitkan dengan fakta bahwa perawatannya dapat dilakukan dalam kurun waktu yang sama dengan jam istirahat makan siang, tetapi menjanjikan hasil yang menyaingi prosedur pembedahan.

Baca juga: Memang Kenapa Kalau Bersahabat dengan Filler dan Botoks?

Untuk itu, Bazaar pun berbicara dengan praktisi estetika terkemuka dr. Raj Acquilla untuk mengetahui semua yang perlu Anda ketahui tentang perawatan kosmetik yang satu ini.

APA ITU PROFILE BALANCING?

Profiloplasti atau yang biasa disebut sebagai penyeimbangan paras wajah adalah perawatan kosmetik yang bertujuan untuk menyeimbangkan dan mengoptimalkan penampilan wajah seseorang dengan mengubah proporsi wajah melalui penggunaan filler. Alih-alih mengubah fitur wajah tertentu, perawatan ini menghasilkan tampilan yang menyeluruh pada profil Anda dengan mempertimbangkan proporsi hidung, dahi, pipi, bibir, dagu, hingga garis rahang. "Ini dilakukan untuk mengoptimalkan profil lateral berdasarkan cembung, proyeksi, sudut, rasio, dan proporsi," jelas dr. Raj. "Semua titik akhir ini didasarkan pada cita-cita estetika wajah geometris," paparnya.

JENIS FILLER APA YANG DIGUNAKAN UNTUK PROFILE BALANCING?

Pandemi menimbulkan masalah baru ketika berbicara tentang jenis filler tertentu, yang bereaksi buruk dengan vaksin pada beberapa individu dan menyebabkan pembengkakan. Untuk itu, dr. Raj mengaku lebih suka menggunakan Belotero, yang sifatnya mudah dibentuk, lembut, dan memungkinkan dirinya untuk membentuknya lagi di bawah kulit setelah disuntikkan. "Filler yang lebih lembut harus digunakan di area dahi dan bibir, sedangkan produk yang lebih terstruktur lebih baik digunakan pada area hidung, pipi, dagu, serta garis rahang," katanya.

SIAPA YANG COCOK UNTUK MELAKUKAN PERAWATAN PROFILE BALANCING?

Karena sifat penyeimbang proporsi wajah sepenuhnya individual, ini dapat bekerja untuk siapa saja yang ingin meningkatkan kekuatan profil wajah mereka atau meningkatkan fitur individu agar sesuai dengan yang diharapkan, karena praktisi akan bekerja secara harmonis untuk menyeimbangkan bagian wajah lainnya.

BERAPA LAMA PROFILE BALANCING DAPAT BERTAHAN?

Menurut dr. Raj, Anda dapat mengharapkan untuk melihat hasilnya selama 12-18 bulan.

MENGAPA PROFILE BALANCING MENJADI PERAWATAN YANG POPULER?

Sementara perawatan profile balancing mulai meningkat popularitasnya sebelum pandemi, peningkatan kesadaran tentang bagaimana kita dipersepsikan melalui selfie dan panggilan video kemungkinan telah menyebabkan permintaan untuk perawatan meningkat secara substansial. "Kami dulu paling sering menangani kasus untuk memperbaiki wajah bagian depan dan samping tetapi karena peningkatan kesadaran yang disebabkan karena media sosial sekarang area lateral jugasama pentingnya," kata dr. Raj.

Di mana kita akhirnya kembali ke rutinitas kehidupan nyata yang memprioritaskan akses dan kemudahan, sifat mulus dari prosedur adalah alasan lain orang menyukai perawatan ini. "Tidak diperlukan anestesi saat menggunakan teknik terbaru ini," imbuhnya, "jarum tertipis tersedia untuk digunakan dan lidokain diintegrasikan ke dalam gel".

BERAPA DOWNTIME YANG DIBUTUHKAN UNTUK PROFIL BALANCING?

Daya tarik lain dari profile balancing adalah waktu downtine yang minimal. Janji temu biasanya akan memakan waktu sekitar 30 menit (tidak termasuk konsultasi, yang harus mendalam untuk mencapai hasil yang Anda inginkan) dengan hasil yang langsung dapat terlihat. Melakukan perawatan dengan praktisi yang terampil seharusnya tidak akan ada efek pembengkakan dan memar yang akan terlihat.

Seperti halnya prosedur kosmetik lainnya, hanya temui dokter yang berkualitas dan bereputasi baik, dan mintalah untuk melihat contoh portofolio mereka sebelum memutuskan apakah mereka adalah orang yang tepat untuk membantu mewujudkan penampilan impian Anda.

Baca juga:

7 Kecanggihan Teknologi yang Mampu "Menyesuaikan" Badan Anda Tanpa Downtime

Ada Cara Baru Di Klinik untuk Membuat Bibir Atas Lebih Tebal, Bagaimana?

(Penulis: Hannah Thompson; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)