Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cara Agar Sarung Tangan Opera Cocok Anda Pakai Setiap Saat

Apapun jenisnya, aksesori ini sangat bagus untuk memperbarui lemari Anda.

Cara Agar Sarung Tangan Opera Cocok Anda Pakai Setiap Saat
Courtesy of BAZAAR UK

Sejak pandemi, banyak sekali artikel yang berfokus pada mode. Memang benar, selama 12 bulan terakhir, kita semua merangkul segala hal dengan antusiasme dan komitmen yang biasanya hanya digunakan selama musim pesta.

Baca juga: Pameran Retrospektif Gucci Garden Archetypes Hadir di Kota Sydney

Kini kami telah kembali ke glamor sebagai cara untuk menjauhi masa-masa lockdowns, dengan busana yang menawan, penuh warna, dan heels yang berkilau. Saat ini kami telah memasuki musim dingin yang sesungguhnya, saatnya untuk kembali mengevaluasi. Kami masih menginginkan penampilan yang berenergi, dan meningkatkan mood, tetapi tetap dengan kemilau yang memesona. Untuk itu Anda bisa menyematkan opera gloves di sana.

Ya, mereka sudah terkenal di catwalk selama bertahun-tahun, mulai dari Halpern, Versace hingga Dior, dan juga di penampilan red carpet (Sydney Sweeney, Rihanna, dan Dua Lipa), tetapi yang benar-benar patut diperhatikan adalah betapa hangatnya sambutan dari Gen Z. Sebagaimana opera gloves dahulu hanya dikenakan oleh masyarakat kelas atas hingga acara elitis, namun kini menjadi favorit di TikTok – istilah #operagloves hingga saat ini telah ditonton lebih dari tiga juta kali.

Desainer Irlandia Paula Rowan melaporkan bahwa mereknya telah mengalami peningkatan 20 persen dalam elbow-length styles dari tahun ke tahun, setelah Lady Gaga mengenakannya selama tur dunia tahun 2022 dan di House of Gucci tahun 2021. Meskipun masih identik dengan glamor Hollywood yang kuno, opera gloves sekarang tidak lagi dipandang seperti itu. Pengambilan Autumn/Winter 2022 adalah tentang glamor.

“Opera gloves tidak akan pernah hilang,” ucap Erin Gunn, stylist senior Farfetch. “Yang berubah adalah cara kami memakainya; sekarang jauh lebih menyenangkan. Kami melihat influencer dan selebriti memakainya di red carpet atau bahkan dengan dengan santai. Tidak lagi harus sarung tangan satin yang dikenakan dengan evening gown- Dua Lipa hanya mengenakan versi tipis dengan perhiasan menumpuk di atasnya dan Rihanna telah berkali-kali memilih tren ini dalam variasi sheer, lace, hingga leather.

Yang berubah adalah cara kami memakainya; sekarang jauh lebih menyenangkan

Audrey Hepburn di Breakfast at Tiffany’s

Sydney Sweeney di premier Euphoria Januari 2022

Imajinasi ulang dari aksesori ini sangatlah melimpah. Dengan Dior yang memiliki lebih banyak biker edge, di Maison Margiela mereka memiliki warna yang sama dengan Marigold dan Versace yang lebih seksi. Ini seperti membawa ‘mereka’ ke dunia yang berbeda dan lebih segar.

Stylist selebriti, Holly White, baru-baru ini menampilkan opera gloves ketika mendandani kliennya Jessica Brown Findlay yang mengenakan gaya lateks hitam dengan gaun Maison Rabih Kayrouz di Festival Film Venesia, sementara baru-baru ini Milly Alcock memadukan sepasang renda dengan sheer mini dress yang memesona untuk pemotretan promo.

Jessica Brown Findlay di Venice Film Festival September 2022

“Ada sesuatu yang begitu elegan tentang opera gloves, itu menambah elemen pada tampilan yang benar-benar memukau,” jelasnya. “Dengan Jessica Brown Findlay, sarung tangan seperti membawa sesuatu ke level 'festival film'. Kontras kain juga menambahkan elemen ekstra - dengan pakaian hitam, variasi pada kain dapat memberikan dampak lebih.

Detail kecil itulah yang benar-benar akan menjadikannya menawan. Opera gloves akan menonjolkan bagian tubuh wanita yang biasanya diabaikan – yaitu lengan. “Sarung tangan selalu menjadi bagian dari estetika Cult Gaia.” ucap desainer Jasmin Larian Hekmat. “Di sana, semua yang kami lakukan adalah untuk menonjolkan pesona perempuan. Lengan adalah bagian yang sangat indah dari tubuh wanita dan merupakan suatu kehormatan untuk merayakannya.”

Lengan adalah bagian yang sangat indah dari tubuh wanita

Bagian dari daya tarik opera gloves seolah seperti membuat perbedaan besar. Mereka tidak akan menghabiskan banyak ruang di lemari pakaian Anda dan mereka memiliki kualitas abadi. Konsultan merek fashion mewah dan content creator Anna Vitiello telah lama terpikat dengan sarung tangan jenis ini.

“Saya selalu terpesona dengan mereka sebagai aksesori fashion – dengan wanita yang mengenakannya di usia dua puluh hingga daya tarik seks mereka di tahun 80-an, dan cara mereka memengaruhi perasaan Anda,” tambahnya. “Mereka memberikan keanggunan melebihi perhiasan lainnya. Mengenakan opera gloves adalah pernyataan nyata pada gaya Anda dan ada sesuatu yang sangat kuat tentang itu. Namun, pada akhirnya, saya suka menambahkan sentuhan drama seperti ini.

Anna Vitiello di Milan Fashion Week September 2022

Koleksi Anna Vitiello sangat beragam – gaya klasik hitam sepanjang siku yang ia kenakan ala Audrey Hepburn, versi kulit warna oranye yang dikenakan ke Milan Fashion Week atau iterasi renda yang dipasangkan dengan jas atau jaket.

“Sejak kita keluar dari pandemi, banyak busana yang secara konsisten mencoba menjadi satu – seperti lebih banyak bulu, lebih banyak payet, dan lebih banyak warna – tetapi pada akhirnya, semuanya hanya akan menjadi terlalu berlebihan,” pungkasnya. “Jadi, kami mencari untuk menemukan kesan ‘drama’ di tempat lain. Dan sarung tangan memberi inspirasi dari yang kita butuhkan.

Tamu McPherson di Milan Fashion Week September 2021
Mereka adalah item klasik yang praktis, seperti kaus putih, atau jeans

Ya, sarung tangan opera memiliki kesan elegan, tetapi juga mudah dipakai sehari-hari. Pilihan satin atau lateks mungkin paling cocok untuk malam hari (walaupun sebenarnya tidak ada aturan di sini), tetapi versi kulit menjadi yang berguna dan hangat. “Sarung tangan kulit panjang dengan mantel musim dingin adalah sesuatu yang sangat cantik,” ucap Holly.

"Mereka adalah item klasik yang praktis, seperti kaus putih, atau jeans." Erin Gunn setuju: “Saat kita memasuki musim dingin, mereka tampak cantik dipadu dengan mantel yang besar. Mereka bermain dengan proporsi dan merampingkan keseluruhan pakaian. Saya akan merekomendasikan untuk menggunakan versi kulit.

Warna hitam adalah cara termudah untuk mencoba tren tetapi warna cerah benar-benar dapat berdampak pada tampilan sederhana. Saya juga berpikir sarung tangan tipis rasanya bisa dikenakan dengan boxy jacket dan jeans untuk malam di local wine bar adalah cara yang sangat menyenangkan.

Caroline Daur di Milan Fashion Week September 2022

Untungnya, sarung tangan opera tersedia di semua range harga. Jika Anda ingin tampil mewah, maka Simone Rocha, Valentino dan Dries Van Noten menawarkan campuran versi bertatahkan mutiara, renda, dan kulit, tetapi kolaborasi Wolford dengan Mugler menawarkan opsi kelas menengah yang seksi.

Anthropology melakukan iterasi hitam satin serbaguna, sementara Anda dapat menemukan sarung tangan kulit klasik sepanjang siku di & Other Stories. Anna Vitiello memiliki banyak sarung tangan kulit Italia Sermoneta, tetapi juga merekomendasikan label Denmark Rhanders. Namun hal pertama yang perlu diingat, bahwa kecocokan adalah segalanya. 

“Jika ukurannya salah – jari atau pergelangan tangan bisa menjadi terlalu besar atau terlalu kecil,” ia memperingatkan. “Sarung tangan oranye dengan tampilan serba hitam atau sarung tangan metalik untuk sehari-hari, tetapi Anda tidak akan pernah rugi jika memasangkannya dengan warna yang pas karena hanya menambahkan sentuhan yang memukau”

Bagi mereka yang masih merasa terintimidasi oleh kemewahan opera gloves, anggaplah sarung tangan itu lebih sebagai alat gaya yang dapat disesuaikan untuk Anda jika membutuhkan kesan anggun. “Ini adalah cara termudah untuk menghidupkan kembali tren opera gloves” tambah Anna. 

Baca juga: 

Katie Holmes Memberi Inspirasi Dalam Cara Layering di Musim Gugur

Dedikasi Khusus Kepada Tekstur di Koleksi Dior Couture Musim Gugur/Dingin 2022

(Penulis: Ella Alexander; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Diah Pithaloka; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)