Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Seperti Apa Ciri Support System yang Baik?

Sadarkah Anda kalau dukungan dari orang-orang terdekat merupakan satu hal yang penting?

Seperti Apa Ciri Support System yang Baik?
Hadi Cahyono untuk Harper's Bazaar Indonesia

Seseorang yang berada disamping Anda dalam keadaan apapun, baik senang ataupun susah. Seperti itulah support system.

Anggap saja mereka adalah orang pertama yang Anda hubungi ketika membutuhkan saran, solusi, atau bahkan insight baru. Dengan begitu, paling tidak Anda tahu apa yang harus dilakukan.

Baca juga: 10 Lagu Persahabatan untuk Dinikmati Bersama Sahabat Anda

Courtesy of Instagram @therealdisastr

Dilansir dari jurnal Rook, D. W. (1985), seorang psikolog yang menegaskan bahwa support system adalah bagian dari fungsi ikatan sosial yang menggambarkan kualitas dari hubungan antara individu, pertemanan, persahabatan, maupun percintaan. Selain itu, hubungan ini juga merupakan aspek yang bisa memberikan kepuasan emosional dalam kehidupan manusia.

Ingatkah Anda dengan geng pertemanan Cinta, Karmen, Milly, Alya, dan Maura dari film Ada Apa Dengan Cinta? dan Ada Apa Dengan Cinta 2?. Pertemanan mereka memang berawal dari proyek film, namun hingga kini kelima perempuan tersebut masih memiliki hubungan yang erat.

Gigi Hadid dan Bella Hadid berjalan bersama di runway

Memiliki support system yang baik dapat memotivasi Anda untuk membangun perilaku dan membuat pilihan yang positif, namun jika support system yang Anda miliki tidak mendorong Anda untuk melakukan hal-hal tersebut, pada akhirnya Anda akan merasa kesulitan dalam meraih kesuksesan. Begitu juga sebaliknya. 

Persahabatan Jennifer Aniston dan Reese Witherspoon

Terbilang cukup penting untuk memiliki support system yang "sefrekuensi" atau satu frekuensi, hal tersebut juga akan menjadi nilai positif bagi kita. Seperti yang telah dibahas pada Harper’s BAZAAR Indonesia sebelumnya. Jika Anda mempunyai visi dan misi, tujuan, serta pola pikir yang sama dalam membangun dan menjalani suatu hubungan, itulah yang sebenarnya yang dimaksud dengan “sefrekuensi”. 

CIRI-CIRI SUPPORT SYSTEM YANG BAIK

Lantas bagaimana ciri-ciri support system yang masuk dalam kategori baik? Simak di bawah!

1. Mendengarkan pendapat dan cerita Anda

Pada dasarnya, ketika suara atau cerita kita didengarkan oleh seseorang, tentunya akan menimbulkan perasaan baik yang membuat kita merasa lebih dihargai. Terlepas dari senang maupun susah, yang kita butuhkan adalah tempat bercerita.

Anda akan merasa lebih nyaman dengan bercerita dan berkeluh kesah kepada seseorang, dibanding hanya memendam emosi serta perasaan. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih tenang, bukan?

2. Menghargai satu sama lain

Ketika memiliki support system yang bisa menghargai diri kita sepenuhnya, rasanya tidak ada hal lain yang lebih baik di dunia ini. Salah satu contohnya adalah mereka akan memberikan ruang dan mendedikasikan waktunya untuk Anda. 

Hal ini juga dapat memberikan dampak kreatif bagi masing-masing individu karena support system yang baik adalah saling membuka jalan ke arah yang lebih maju.

3. Saling menambah rasa percaya

Dengan memberi kepercayaan kepada Anda, tanpa disadari ini akan membentuk jalinan kasih yang lebih kuat. Rasa percaya merupakan awal dari respect. 

Selain itu manfaat dari memberikan rasa percaya pada support system adalah mampu menumbuhkan kepercayaan diri yang maksimal. 

4. Saling membantu saat kesulitan

Support system yang Anda miliki juga bisa dianggap sebagai partner yang bertugas untuk saling membantu. Semangat yang diberikan dari mereka setidaknya dapat membuat Anda merasa tidak sendirian. Begitu juga sebaliknya.

'Deadlock' dirasakan semua orang, dan kadang berdampak domino kepada hal-hal lain. Support system yang baik sudah pasti mampu merilis kebuntuan-kebuntuan itu.

5. Terbuka dan jujur

Keterbukaan menjadi hal yang mendasar dari setiap hubungan, baik dalam pertemanan, keluarga, dan juga asmara. Dengan sikap ini, Anda akan lebih mudah untuk menyelesaikan masalah dan menjadikannya sebagai pembelajaran bersama, dengan support system Anda.

Dengan saling terbuka dan bicara apa adanya, otomatis membuat segala hal jadi lebih transparan. Sehingga melahirkan solusi bagi setiap problematika. 

Putri Kate dan Pangeran William

Support system yang hadir dari pasangan juga tak kalah pentingnya, Bekerja samalah dengan pasangan Anda, agar bisa menjadi pendukung yang baik dan sehat bagi satu sama lain. Kunci utama yang Anda perlukan adalah saling memberi dan menerima. Perlakukan pasangan Anda sebagaimana Anda juga ingin diperlakukan olehnya.

Jadi, setelah mengetahui arti dan ciri support system yang baik, apakah Anda sudah memilikinya untuk menjalani hidup dan kesehatan mental yang lebih baik? Jangan lupa, mereka yang menjadi support system kita tentunya harus dihargai dengan baik.

Berikut adalah versi dari support system favorit Bazaar!

Courtesy of Instagram @kimkardashian

Courtesy of BAZAAR US

Courtesy of Instagram @friends
Portofolio ini:
Keseluruhan busana dan sepatu: Sebastian Gunawan
Fotografer: Hadi Cahyono
Editor Fashion: Michael Pondaag
Model: Drielle (Wynn Models) Nala, Victoria (Merry Models)
Makeup & hair: W2 Salon
Retoucher: Raghamanyu Herlambang
Asisten Stylist: Bella Konstantin

Baca juga:

Mengetahui Arti Sefrekuensi dari Gen-Z, dan Kapan Kata itu Digunakan

Kisah Persahabatan Jennifer Aniston dan Reese Witherspoon

(Penulis: Diah Pithaloka; Foto: Courtesy of Bazaar UK, Bazaar US Instagram @therealdisastr @kimkardashian @friends)