Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Stella McCartney Dorong Lebih Banyak Regulasi di Industri Mode

Sang perancang meminta pemerintah untuk turun tangan membantu mengurangi jejak karbon oleh fashion.

Stella McCartney Dorong Lebih Banyak Regulasi di Industri Mode
Courtesy of Bazaar UK

Jarang bagi pemilik bisnis untuk meminta lebih banyak peraturan dalam industri mereka sendiri, tetapi inilah yang dilakukan Stella McCartney. Perancang itu, dengan kata-katanya sendiri, "memohon" pemerintah di seluruh dunia untuk berbuat lebih banyak untuk mengatur bagaimana perusahaan mode dijalankan untuk mencoba mengurangi dampak dramatis industri di planet ini.

Baca juga: Stella McCartney Merilis Manifesto Tentang Fashion yang Sustainable

Saat ini, industri fashion menyumbang sekitar 10 persen dari emisi gas rumah kaca global tahunan. Untuk mengubah ini, Stella menginginkan pasar fast-fashion dan luxury-fashion untuk sepenuhnya mengubah cara mereka berfungsi, dan untuk bahan baru yang lebih berkelanjutan untuk dirangkul dalam skala yang jauh lebih besar.

"Saya di sini hari ini karena saya memohon agar kebijakan diterapkan untuk industri mode," kata Stella dalam sebuah wawancara dengan majalah Forbes, di mana ia mempresentasikan pameran, The Future of Fashion: An innovation conversation with Stella McCartney di Glasgow sebagai bagian dari konferensi iklim PBB COP26.

Courtesy of Bazaar UK

Bagian dalam pameran adalah pameran bahan baru dan berkelanjutan yang baru-baru ini dikembangkan, termasuk kulit yang terbuat dari jamur dan nilon regenerasi yang terbuat dari plastik laut.

Perancang juga berbicara tentang bagaimana ia berharap untuk menjadi contoh bagi bisnis mode lainnya dalam mengurangi output mereka dan menciptakan produk dengan cara yang lebih berkelanjutan, yang tetap akan menghasilkan keuntungan bagi mereka.

"Merek fast-fashion jelas perlu mengurangi apa yang mereka produksi," katanya. "Saya ingin menunjukkan kepada industri saya bahwa Anda dapat memiliki model bisnis dalam bekerja dengan cara yang lebih bersih dan berkelanjutan. Anda tidak perlu membunuh dan tidak harus menebang hutan, dan Anda dapat tetap memiliki pekerjaan yang "seksi", baik tas yang dirancang, tahan lama, dan indah. Saya di sini untuk menunjukkan bahwa Anda masih dapat menghasilkan uang."

Stella mempresentasikan visinya tentang masa depan mode kepada sejumlah nama besar, termasuk Pangeran Charles dan Leonardo DiCaprio, dan akan terus menyebarkan beritanya saat pameran berjalan. Ia juga telah meluncurkan petisi untuk melarang penggunaan kulit dan bulu binatang, yang dapat Anda ketahui lebih lanjut di sini.

Courtesy of Bazaar UK

Baca juga:

Bagaimana Cara Agar Sustainable Fashion Menjadi Terjangkau?

11 Model Tas Belanja atau Kantung Belanja Stylish Sebagai Bentuk Dukungan Bebas Plastik

Sustainable Fashion, Mungkinkah Mimpi Besar Ini Tercapai?

(Penulis: Amy De Klerk; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Gracia Sharon; Foto: Courtesy of Bazaar UK)