Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Alasan Mengapa Anda Harus Segera Menonton Drama Korea Start-Up!

Masih ragu untuk mulai mengikuti perjalanan Dal Mi dan Do San dalam meraih impian mereka?

10 Alasan Mengapa Anda Harus Segera Menonton Drama Korea Start-Up!
(Foto: Courtesy of TvN)

Sebagai salah satu pencinta drama Korea, saya cukup terkejut ketika pertama kali melihat daftar drama Korea baru yang akan tayang selama bulan Oktober silam. Sederet aktor dan aktris papan atas seolah berbondong-bondong melakukan comeback di waktu yang hampir bersamaan.

Sebut saja drama Tailed of The Nine Tailed yang berhasil memboyong Lee Dong Wook dan aktor Kim Bum yang seperti kita ketahui telah cukup lama vakum (tepatnya 4 tahun) dari industri hiburan Korea atau drama Do Do Sol Sol La La Sol yang menjadi debut Kim Jae Wook (aktor muda yang secara perlahan kariernya menanjak naik berkat sederet drama yang ia bintangi) duduk dalam kursi pemeran pria utama. 

Hal ini pun sempat membuat saya kebingungan, judul drama apa yang harus saya ikuti terlebih dahulu? Kira-kira dari antara banyaknya judul drama yang dibintangi oleh sederet artis papan Korea yang mana yang akan memiliki jalan cerita menarik dan tidak hanya sekadar menyuguhkan drama Korea tanpa pesan moral yang dapat dipetik.

Akhirnya saya pun menjatuhkan pilihan pada drama yang dibintangi oleh dua artis muda Korea, Bae Suzy dan Nam Joo Hyuk yang kariernya secara konsisten terus menanjak.

Dan dapat dipastikan saya tidak menyesal dengan keputusan saya memilih drama ini sebagai drama yang saya ikuti tiap minggunya. Mengapa? Simak 10 alasan mengapa Anda harus menonton drama Start-Up di bawah ini!

1. Diperankan oleh sederet artis papan atas Korea Selatan

(Foto: Courtesy of Instagram @tvndrama.official)
(Foto: Courtesy of Instagram @tvndrama.official)

Tidak hanya berhasil memboyong sederet artis-artis muda papan atas Korea seperti Bae Suzy, Nam Joo Hyuk, dan Kim Sun Ho. Drama Start-Up juga didukung oleh para artis senior yang tak hebat dan memiliki rekam jejak yang tak perlu diragukan lagi. Sebut saja seperti nama artis kawakan Kim Hae Sook (Hospital Playlist, Pinocchio) yang berperan sebagai Choi Won Deok, nenek dari Dal Mi (diperankan oleh Suzy), kemudian juga ada Kim Won Hae (While You Were Sleeping, Chocolate, Strong Woman Do Bong Soon), dan ayah Dal Mi yang diperankan oleh Kim Joo Hun (Joo Hun sendiri menjadi salah satu artis tersibuk sepanjang tahun 2020 karena telah membintangi empat judul drama Korea yang semuanya tergolong sukses).

(Kim Joo Hun, Kim Hae Sook, Kim Won Hae)

2. Sederet artis cilik pemeran karakter utama juga turut mencuri perhatian


Jika sebuah drama berhasil menghadirkan sederet aktor dan artis dewasa dengan karier cemerlang rasanya merupakan hal yang sudah biasa. Tapi ketika sebuah proyek drama berhasil menghadirkan deretan artis cilik yang telah diidolakan sejak belia tampaknya dapat menjadi tambahan alasan lain bukan untuk segera menonton drama ini? Ya, mendapuk sederet aktor cilik seperti Nam Da Reun (memerankan karakter Han Ji Pyeong muda), Kim Kang Hoon  (memerankan karakter Nam Do San muda), dan Heo Jung Eun (memerankan karakter Seo Dal Mi muda). Mereka-mereka ini adalah beberapa artis cilik yang kerap menghiasi layar kaca kita dengan memerankan karakter utama versi muda. 

3. Kolaborasi antara salah satu sutradara dan penulis naskah paling diperhitungkan di Korea Selatan


Sebenarnya, drama Start-Up bukanlah kolaborasi pertama antara sutradara Oh Choong Hwan (sosok di balik drama My Love From Another Star dan Hotel Del Luna) dan penulis naskah Park Hye Ryun (penulis naskah drama Dream High dan Pinocchio).

Kedua sosok ini sebelumnya sudah pernah bertemu dan berkolaborasi dalam drama While You Were Sleeping yang tayang pada tahun 2017 silam dan juga dibintangi oleh Suzy bersama dengan Lee Jong Suk. Jadi wajar bukan chemistry antar keduanya dalam menggarap sebuah drama tak perlu diragukan lagi?

4. Menampilkan potret kehidupan dunia kerja masa kini

(Foto: Courtesy of Instagram @skawngur)
(Foto: Courtesy of Instagram @skawngur)

Berbeda dengan tema cerita drama Korea lainnya yang sama-sama sedang tayang, Start-Up menampilkan potret kehidupan dunia kerja terutama bagi para kaum muda yang bekerja di sebuah perusahaan rintisan atau start-up.

Tidak hanya itu saja, drama Start-Up turut menyuguhkan bagaimana para karakter menghadapi dan melewati tantangan yang mungkin mereka temukan ketika merintis sebuah usaha baru. Dan bagaimana kerja anggota tim menjadi kunci menuju kesuksesan.

5. Dilengkapi dengan intrik-intrik romansa

(Foto: Courtesy of Instagram @tvndrama.official)
(Foto: Courtesy of Instagram @tvndrama.official)

Tentu akan menjadi membosankan bukan jika sebuah drama tanpa intrik-intrik romansa? Sutradara Oh dan penulis Park pun telah mengantisipasinya. Selain mengangkat kisah mengenai seluk-beluk dunia perusahaan start-up, kisah cinta antar para pemainnya juga dapat Anda nikmati. Terutama kisah cinta segitiga yang melibatkan Dal Mi (Suzy), Do San (Nam Joo Hyuk), dan Han Ji Pyeong (Kim Sun Ho).

6. Para artis sangat menjiwai karakter yang mereka perankan

(Foto: Courtesy of Instagram @tvndrama.official)
(Foto: Courtesy of Instagram @tvndrama.official)

Mengulik dan mendalami karakter yang diperankan oleh para artis memang telah menjadi kewajiban para artis demi menjiwai karakter yang mereka perankan. Oleh sebab itu berbagai hal pun dilakukan para artis untuk menampilkan performa terbaik mereka. Contohnya seperti Suzy, demi memerankan karakter Dal Mi yang merupakan seorang CEO dari sebuah perusahaan start-up, ia pun mewawancarai seorang CEO start-up muda juga demi mengetahui cara pandang para CEO muda di dunia nyata.

(Foto: Courtesy of Instagram @tvndrama.official)
(Foto: Courtesy of Instagram @tvndrama.official)

Berbeda dengan Suzy yang mencari inspirasi dari luar, Nam Joo Hyuk yang memerankan karakter Do San yang merupakan seorang jenius di bidang matematika justru mengaku bahwa dirinya lebih banyak bercermin pada diri sendiri.

“Saat saya mempelajari karakter yang saya perankan, saya juga memiliki kesempatan untuk melihat kembali ke masa lalu saya dan melihat ke depan untuk masa depan saya. Saya benar-benar mengidentifikasi banyak hal dengan karakter Nam Do San. Dan untuk membenamkan diri dalam karakter Do San, saya benar-benar melihat ke dalam diri saya sendiri. Hal ini memberi saya gambaran tentang bagaimana mempersiapkan, terutama dalam hal tampilan visual. Sebenarnya karakter Nam Do San tidak terlalu sulit bagi saya untuk dilakoni, karena tanpa saya sadari menjadi seorang kutu buku adalah bagian dari diri saya sendiri. Sehingga ini bukan tantangan yang mustahil bagi saya untuk melakukannya. Dalam benak saya, saya berpikir tentang bagaimana memerankan seorang kutu buku. Tetapi kemudian saya menyadari bahwa saya adalah seorang kutu buku! Sama seperti Do San, terkadang saat saya gugup, saya juga akan gemetar. Jadi saya menggunakan sifat itu untuk menggambarkan karakter saya dengan baik," ungkap aktor yang baru saja merilis drama mini rilisan Netflix berjudul The School Nurse Files bersama Jung Yu Mi. 

7. Gapai cita-cita dan impian!

(Foto: Courtesy of Instagram @tvndrama.official)
(Foto: Courtesy of Instagram @tvndrama.official)

Tidak hanya mengangkat kisah tentang kehidupan dunia perusahaan start-up, drama yang secara konsisten terus meraup rating tinggi selama penayangannya ini juga nyatanya mengajarkan kita untuk pantang menyerah dalam menggapai cita-cita dan impian. Rintangan tentu pasti akan menghampiri, namun dengan tekad yang besar dan dukungan dari orang-orang terkasih, semua rintangan pasti dapat dilalui!

8. Didukung oleh original soundtrack yang dinyanyikan oleh penyanyi top Korea Selatan


Tidak hanya menghadirkan ide cerita yang tergolong cukup segar dan jajaran pemain bertabur bintang, bisa dikatakan pengisi lagu untuk soundtrack drama yang tayang tiap hari Sabtu dan Minggu ini juga bertabur bintang! Mulai dari Red Velvet, Jung Seung Hwan, Davichi, hingga Ailee berpartisipasi dalam soundtrack untuk drama Start-Up. Bahkan yang lebih spesial lagi, dikabarkan Suzy yang merupakan mantan member Miss A juga akan turut menyumbangkan suaranya untuk OST dramanya. 

9. Penampilan stylish para karakter utama

(Foto: Courtesy of IMDb)
(Foto: Courtesy of IMDb)

Belakangan, tren yang menampilkan para aktor dan aktris utama sebuah drama mengenakan atribut serta busana rancangan label mode kenamaan dunia memang sedang banyak diterapkan oleh tim produksi. Hal yang sama juga dilakukan oleh drama Start-Up. Sepanjang kisah, kita dapat melihat penampilan menawan dan stylish dari setiap karakter yang setidaknya akan memanjakan mata kita. 

10. Yeo Jin Goo menjadi cameo di drama ini?!

Walaupun hanya terdengar suaranya saja ketika dirinya berperan sebagai Artificial Intelligence (AI) Jang Young Sil, namun setidaknya ini sudah berhasil membuat kita tersenyum bukan? Mengingat sebelumnya Jin Goo berperan sebagai Koo Chan Sung di drama Hotel Del Luna garapan sutradara  Oh Choong Hwan. Selanjutnya kira-kira siapa ya yang akan melakukan cameo? Apakah IU akan memberikan penampilan kejutan?

Setelah membaca 10 alasan mengapa drama Start-Up layak untuk Anda tonton, siapkah Anda untuk memulai perjalanan bersama Dal Mi dan Do San dalam petualangan mereka menggapai kesuksesan?

Baca juga:

Dinilai Tak Realistis dengan Karakter, Ini Deretan Tas Mewah yang Dipakai Bae Suzy di Start-Up

Simak 7 Drama Korea yang akan Tayang di Bulan Oktober!

(Foto:Courtesy of IMDb, Instagram @tvndrama.official, @skawngur)