Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Kapankah Waktu Terbaik untuk Lakukan Olahraga Lari?

Terdengar mudah dan murah, ternyata olahraga lari juga punya waktu terbaiknya sendiri! Kapankah itu?

Kapankah Waktu Terbaik untuk Lakukan Olahraga Lari?
Courtesy of Pexels/Nathan Cowley

Olahraga lari merupakan olahraga yang sedang digandrungi belakangan ini. Bukan hanya karena FOMO ingin ikut ragam event marathon bahkan sampai ke luar negeri, namun olahraga lari memang paling mudah dan murah untuk bisa dilakukan oleh siapa saja, dari usia berapa saja, dan dari kalangan mana saja. Sama hal nya seperti olahraga jalan kaki, olahraga lari yang sesungguhnya tidak memerlukan alat bantu khusus selain sepatu lari yang mumpuni tentunya. Lebih dari pada itu, Anda hanya tinggal keluar rumah lalu berlari sesuai pace dan kemampuan fisik. Atau jika Anda memilih untuk melakukan olahraga lari di atas treadmill, tentu bisa juga. Tanpa harus keluar rumah dan sambil menonton tayangan favorit di televisi, tab, atau laptop, Anda tetap bisa berolahraga dengan benar. Lalu kemudian pertanyaannya, kapan sih sebenarnya waktu paling tepat untuk melakukannya? Apakah pagi, sore, atau justru malam? Adakah efek tertentu jika olahraga lari dilakukan pada waktu yang salah atau tak sesuai? Berikut ulasan lengkap yang mungkin bisa membantu Anda dalam menentukan waktu terrbaik untuk olahraga lari.

Waktu yang baik?

Menentukan waktu terbaik untuk olahraga lari bisa sangat bergantung pada preferensi pribadi, gaya hidup, hingga tujuan kebugaran Anda sendiri. Jika Anda bekerja pada pagi hari, maka mungkin Anda baru bisa melakukan olahraga lari sekitar satu jam sebelum berangkat ke kantor, selepas pulang kerja, atau setelah makan malam. Namun jika Anda baru mulai bekerja sore hari, Maka mungkin Anda lebih memilih melakukan olahraga lari saat malam hari sepulang kerja atau bahkan kala pagi sebelum matahari terbit. Ya, banyak sekarang orang yang berolahraga dini hari atau menjelang pagi di gym-gym 24 jam yang sudah banyak tersedia.  Oleh sebab itu, berikut adalah beberapa waktu yang paling umum dipertimbangkan orang untuk melakukan olahraga lari dan manfaat dari waktu masing-masing:

Pagi Hari

Courtesy of Pexels/Ben Jessop

Keuntungan:
1. Udara masih segar dan bersih

2. Dapat sinar matahari pagi sebagai sumber vitamin D alami

3. Endorfin dan adrenalin yang mengalir melalui tubuh Anda setelah lari dapat membuat Anda bangun! Hal ini sekaligus dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Mood pun jadi baik dan aura positif akan hadir dalam diri Anda sehingga bisa menjalani hari dengan perasaan yang gembira.

4. Tubuh akan terasa lebih bugar dan pikiran jadi lebih fresh


Pertimbangan utama:

1. Tubuh Anda mungkin masih kaku setelah tidur. Jadi pastikan untuk melakukan pemanasan yang baik dulu sebelum berolahraga lari.

2. Biasanya Anda justru malah jadi lelah dan mengantuk sehingga ketika sampai di tempat kerja, yang ingin Anda lakukan hanya tidur dan bersantai karena sudah terlanjur loyo.

3. Bangun lebih awal dari biasanya akan sangat sulit bagi sebagian orang.


Sore atau Malam Hari

Courtesy of Pexels/Michael Foster

Keuntungan: 
1. Suhu tubuh biasanya lebih tinggi pada sore dan malam hari. Hal ini dikatakan dapat meningkatkan kinerja dan mengurangi risiko cedera pada pelaku olahraga lari.

2. Melakukan olahraga lari di penghujung hari bisa jadi cara yang bagus untuk Anda melepas stres dan ketegangan dari aktivitas kerja harian atau setelah menghadapi macet yang panjang di perjalanan pulang.

3. Anda mungkin memiliki lebih banyak waktu luang setelah bekerja atau sekolah untuk menjalani rutinitas lari yang lebih panjang.

4. Udara lebih nyaman karena tidak terlalu panas seperti siang hari.


Pertimbangan:
1. Terkadang rencana lari di sore atau malam hari bisa terganggu oleh komitmen lain atau kelelahan yang luar biasa.

2. Berlari saat gelap bisa berbahaya jika tidak dilakukan di tempat yang aman dan cukup terang.


Siang Hari

Courtesy of Pexels/Tirachard Kumtanom


Keuntungan:
1. Pada beberapa tempat, suhu di siang hari bisa lebih stabil, terutama di musim semi dan gugur.
Berlari di siang hari bisa menjadi cara yang efektif untuk mengatasi stres dan meningkatkan produktivitas Anda.

2. Dapat menjadi mood booster jika Anda harus kembali bekerja di kantor.


Pertimbangan:

1. Di musim panas, suhu siang hari bisa terlalu panas untuk lari, yang bisa menyebabkan dehidrasi atau kelelahan.

2. Aktivitas lain atau pekerjaan mungkin mengganggu rencana olahraga lari siang hari.


Tip

Courtesy Pexels/Gustavo Fring

1. Hidrasi: Pastikan Anda tetap terhidrasi dengan baik sebelum dan setelah lari, terutama jika Anda berlari di siang hari atau di cuaca panas.
2. Nutrisi: Konsumsi makanan yang tepat sebelum lari untuk memberikan energi yang cukup dan mencegah kelelahan.
3. Pemanasan dan Pendinginan: Selalu lakukan pemanasan sebelum lari dan pendinginan setelah lari untuk mencegah cedera.


Pada akhirnya, waktu terbaik untuk lari adalah ketika Anda merasa paling nyaman dan mampu melakukannya secara konsisten. Cobalah berbagai waktu untuk melihat mana yang paling sesuai dengan rutinitas harian Anda. Just keep going!