Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Penobatan Raja Charles Akan Jatuh Pada Hari Ulang Tahun Archie

Mempelajari semua detail tentang peristiwa bersejarah itu.

Penobatan Raja Charles Akan Jatuh Pada Hari Ulang Tahun Archie
Courtesy of BAZAAR US

Raja Charles III akan dinobatkan pada tahun depan, dan Istana Buckingham telah merilis semua detail tentang upacara tersebut. Namun, satu hal yang tidak mereka perhatikan adalah bahwa peristiwa bersejarah itu jatuh pada hari ulang tahun salah satu cucu raja.

Baca juga: Kate Middleton Merilis Pesan Video Pertamanya Sejak Menjadi Putri Wales

Archie Harrison Mountbatten-Windsor, putra dari Pangeran Harry dan Duchess Meghan, lahir pada 6 Mei 2019. Penobatan raja akan diadakan pada 6 Mei 2023, hari dimana Archie genap berusia empat tahun.

Namun setelah mereka tidak lagi bekerja sebagai bangsawan, masih belum jelas apakah Harry dan Meghan akan menghadiri acara tersebut untuk mendukung Raja Charles. Dan juga masih belum pasti tanggal yang dipilih sebagai hari penobatan Raja Charles, akan tetapi itu akan dilaksanakan delapan bulan setelah kematian Ratu Elizabeth II, pada 8 September 2022. 

Keluarga Sussex baru-baru ini bersatu kembali dengan keluarga kerajaan Inggris untuk upacara perihal kematian Ratu, seperti penjagaan dan pemakaman kenegaraan. Meghan juga menghentikan podcast-nya, Archetypes, selama masa berkabung, sebagai tanda penghormatan kepada mendiang Ratu. 

Dalam sebuah pernyataan yang dibagikan dengan media, termasuk BAZAAR.com, seorang juru bicara mengkonfirmasi bahwa upacara penobatan Raja Charles akan diadakan di Westminster Abbey London dan melihat Raja dimahkotai bersama istrinya, Camilla, Queen Consort.

Acara ini akan lebih sederhana daripada penobatan sebelumnya. Yaitu penobatan Ratu Elizabeth II tahun 1953, upacara tiga jam itu menghabiskan dana publik Inggris sebesar £1,57 juta (sekitar 21 miliar rupiah) pada hari itu. Seorang juru bicara mengatakan kepada BAZAAR bahwa sementara penobatan Charles akan mempertahankan elemen inti keagamaan, sama seperti yang lain. Sebelum itu, upacara akan lebih ringan, tidak terlalu menonjolkan kemegahan dan kemewahan, dalam upaya untuk mengenali "semangat zaman kita."

"Penobatan akan mencerminkan peran raja hari ini dan juga masa depan, sementara berakar pada tradisi lama dan arak-arakan," ucap juru bicara itu, menambahkan bahwa kali ini akan ada penekanan untuk menekan biaya dan tampil "tidak terlalu banyak bicara"  

Termasuk juga pada perubahan pakaian Raja Charles yang sedikit lebih simple daripada Raja-Raja terdahulu, mengurangi durasi upacara menjadi hanya satu jam, dan membuang beberapa elemen yang memakan waktu dan boros, seperti penyajian batangan emas.

Baca juga:

Pangeran Harry Bergabung dengan Selebriti dalam Gugatan Privasi Terhadap Sebuah Penerbit

Meghan Markle dan Pangeran Harry Bergandengan Tangan dalam Potret Baru yang Manis

(Penulis: Rosa Sanchez; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Diah Pithaloka; Foto: Courtesy of BAZAAR US)