Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

22 Film Terbaik Bergenre 'Psychological Thriller'

Dari Get Out to Uncut Gems hingga The Invisible Man.

22 Film Terbaik Bergenre 'Psychological Thriller'
Courtesy of BAZAAR US

Beberapa film hanya membuat Anda terganggu, dan setelah itu Anda tidak bisa berhenti memikirkannya selama berhari-hari.

Selain membuat otak Anda bekerja, thriller psikologis biasanya merupakan film yang penuh dengan lika-liku yang tak terduga. Dari kisah mantan kekasih yang berubah menjadi pria yang tak terlihat, hingga pembunuh berantai yang tidak mungkin untuk dihindari, genre thriller benar-benar memiliki sesuatu untuk menarik minat semua orang. Berikut adalah daftar terbaik yang dapat Anda tonton sekarang.

Baca juga: 10 Drama & Film Korea yang Rencananya akan Tayang Pada Oktober 2022

'The Invisible Man' (2020)

Setelah melarikan diri dari hubungan yang kasar, Cecilia (Elisabeth Moss) menemukan bahwa mantan pacarnya bunuh diri dan meninggalkan tanah miliknya. Hanya ada satu warisan, dan Cecila harus tetap waras. Tak lama, ia mulai curiga bahwa dirinya sedang dikuntit oleh sang mantan, dan entah bagaimana ia memiliki kemampuan untuk menjadi tidak terlihat. Terinspirasi oleh novel klasik HG Wells, The Invisible Man adalah sebuah film dan cerita mendalam dari pelecehan emosional dan fisik, dengan peran yang luar biasa dari Elisabeth.

'The Girl on the Train' (2016)

Berdasarkan buku terlaris oleh Paula Hawkins, The Girl on the Train dibintangi oleh Emily Blunt sebagai Rachel, seorang wanita alkoholik yang trauma dengan perceraian. Setiap hari ia menaiki kereta komuter, meski telah kehilangan pekerjaan, Rachel masih terpaku pada mantan suaminya yang telah menikah lagi. Namun, suatu hari ia terbangun dengan berlumuran darah, dirinya diterjunkan ke dalam cerita penuh misteri yang sangat ingin ia pecahkan.

'Nocturnal Animals' (2016)

Amy Adams, Jake Gyllenhaal, dan Aaron Taylor-Johnson adalah beberapa nama yang membintangi Nocturnal Animals, film fitur kedua sang desainer. Amy berperan sebagai Susan, pemilik galeri seni, yang menerima manuskrip buku baru mantan suaminya, yang tampaknya terinspirasi oleh hubungan mereka. Nocturnal Animals secara visual sangat menyeramkan dan menegangkan, dimainkan oleh beberapa bakat akting terbaik Hollywood.

'Uncut Gems' (2019)

Apakah Anda menyukai atau membenci Adam Sandler, tidak mungkin untuk menyangkal bahwa penampilannya di Uncut Gems cukup legendaris. Disutradarai oleh Safdie bersaudara, Adam memerankan Howard, pemilik toko perhiasan yang memiliki hutang judi yang serius. Ketika ia mendapatkan opal langka, ia pikir dirinya akhirnya bisa melunasi hutang rentenir, yang merupakan saudara iparnya. Sayangnya, kehidupan Howard justru semakin memburuk, dan ini adalah film thriller yang tak henti-hentinya mendebarkan sampai akhir.

'Gone Girl' (2014)

Ben Affleck berperan sebagai Nick Dunne, seorang pria yang istrinya, Amy (Rosamund Pike) hilang secara misterius. Perilaku aneh Nick selama mencari istrinya tidaklah membantu, begitu pula perburuan harta karun yang diselenggarakan untuk ulang tahun pernikahan mereka. Neil Patrick Harris membuat penampilan yang sangat mengejutkan dalam adaptasi apik David Fincher dari buku populer Gillian Flynn.

'Us' (2019)

Film kedua Jordan Peele mungkin berada cukup nyaman dalam kategori horor, tetapi juga dikatakan sebagai film thriller psikologis yang akan membuat Anda berpikir lama setelah menontonnya. Setelah pertemuan traumatis di sebuah taman hiburan, Adelaide (Lupita Nyong'o) kembali ke pantai, tempat dimana semuanya dimulai. Liburan dipersingkat, ketika sekelompok doppelgänger dengan niat membunuh datang menyerbu rumah mereka.

'American Psycho' (2000)

Studio menginginkan Leonardo DiCaprio untuk menjadi peran utama, tetapi sulit membayangkan orang lain selain Christian Bale memerankan Patrick Bateman. Adaptasi Mary Harron dari novel Bret Easton Ellis adalah mahakarya berlatar tahun 80-an tentang seorang banker di New York, yang juga seorang pembunuh berantai. Selain melakukan serangkaian pembunuhan, Patrick sangat spesifik tentang kartu namanya. Sekuel tahun 2002 yang dibintangi Mila Kunis sama sekali tidak ada hubungannya, tetapi tetap merupakan tontonan yang menyenangkan.

'Black Swan' (2010)

Black Swan dibintangi oleh Natalie Portman dan Mila Kunis sebagai penari balet yang bersaing untuk peran utama dalam produksi Swan lake Tchaikovsky. Tekanan intens memaksa Nina (Natalie) untuk mendorong dirinya melampaui batasnya untuk mendapatkan peran. Namun, obsesi Nina terhadap kesempurnaan membuatnya kehilangan kontrol pada kenyataan dan menjadi gila.

'Zodiac' (2007)

Jake Gyllenhaal, Mark Ruffalo, dan Robert Downey Jr. ikut membintangi Zodiac karya David Fincher, sebuah adaptasi kejahatan sejati tentang pembunuh Zodiac dalam kehidupan nyata. Sepanjang akhir tahun 60-an, serangkaian pembunuhan brutal terjadi di San Francisco Bay Area. Pembunuh itu kemudian mengirim surat dan sandi ke polisi juga surat kabar lokal, bersama dengan pakaian penuh berdarah, yang mengisyaratkan identitasnya. Zodiac 2007 mengeksplorasi perburuan mengerikan untuk salah satu pembunuh paling terkenal di Amerika.

'Shadow of a Doubt' (1943)

Polisi sedang mencari "Merry Widow Murderer" ketika Charlie mengetahui paman kesayangannya, Charles, akan berkunjung untuk menetap. Charles membawa hadiah untuk seluruh keluarga, termasuk sebuah cincin yang menampilkan beberapa inisial acak, dan tampaknya ia juga mendapat cukup banyak uang. Disutradarai oleh Alfred Hitchcock, Shadow of a Doubt adalah film thriller menegangkan yang dipenuhi oleh paranoid, yang dianggap oleh sutradara sebagai karya terbaiknya.

'Se7en' (1995)

Brad Pitt dan Morgan Freeman berperan sebagai sepasang detektif yang bekerja sama untuk menyelidiki seorang pembunuh berantai yang terinspirasi oleh Seven Deadly Sins. Sementara Detektif Somerset dari Freeman telah memasuki masa pensiun, sedangkan Detektif Mills milik Brad Pitt masih termasuk baru di kota, ia baru saja pindah bersama istrinya (diperankan oleh Gwyneth Paltrow). Terlepas dari perbedaan mereka, Mills dan Somerset menemukan diri mereka di tengah perlombaan yang mengerikan dalam melawan waktu.

'Get Out' (2017)

Debut sutradara Jordan Peele adalah film thriller psikologis yang menegangkan dan menakutkan, menampilkan Chris (Daniel Kaluuya), seorang fotografer kulit hitam yang mengunjungi keluarga pacarnya yang sangat putih untuk pertama kalinya. Setelah Chris setuju untuk sesi hipnoterapi dalam membantunya berhenti merokok, ia secara tidak sengaja mengetahui apa itu Sunken Place, dan mulai memahami mengapa Armitage memiliki begitu banyak orang yang rasis.

'Parasite' (2019)

Film thriller Korea Selatan karya Bong Joon Ho menarik banyak perhatian internasional setelah dirilis, membawa pulang empat piala Oscar. Parasite fokus pada keluarga Kim, sebuah keluarga yang berjuang untuk membayar tagihan mereka, ketika kesempatan yang luar biasa, muncul dengan sendirinya. Meskipun tidak memiliki kualifikasi yang dibutuhkan, keluarga Kim menyusup ke rumah keluarga yang sangat kaya. Namun, mereka justru mengancam untuk menghancurkan segalanya.

'Cold in July' (2014)

Michael C. Hall yang selalu luar biasa, di sini berperan sebagai pria yang ditarik ke underworld yang berbahaya. Setelah menembak seorang penyusup, Richard (Michael) menjadi sasaran ayah korban, tetapi film thriller ini dikemas dengan liku-liku, dan kasus kesalahan identitas. Tahun '80-an adalah nuansa tambahan, jadi berharaplah untuk kaset video dan lampu neon yang berlimpah.

'The Neon Demon' (2016)

Disutradarai oleh Nicolas Winding Refn dari Drive, The Neon Demon adalah eksplorasi visual yang menakjubkan dari dunia mode, dengan arus gaib. Elle Fanning berperan sebagai model bercita-cita tinggi, yang mana kedatangannya di Los Angeles sangat mengganggu persaingan. Dipuji karena masa muda dan kecantikannya, ia terpaksa menghadapi rasa iri yang mengamuk, sambil melawan para predator pria dalam industri ini. 

'Martha Marcy May Marlene' (2011)

Martha Marcy May Marlene membantu memperkenalkan Elizabeth Olsen sebagai kekuatan yang harus diperhitungkan. Elizabeth memerankan Martha, seorang wanita muda yang baru saja melarikan diri dari sekte di pegunungan Catskill, dalam film thriller yang menegangkan ini. Saat kembali ke rumah, ia menjadi sangat paranoid, dan selamanya dihantui oleh jangkauan menyeluruh dari pemimpin sekte, Patrick (John Hawkes).

'Emergency' (2022)

Apa yang dimulai sebagai pesta kampus yang menyenangkan dengan cepat berubah menjadi mimpi buruk. Sean dan Kunle akan menjadi pria kulit hitam pertama yang menyelesaikan apa yang disebut "Tur Legendaris", menghadirkan tujuh pesta persaudaraan dalam satu malam, ketika mereka menemukan seorang wanita kulit putih pingsan di ruang tamu mereka, mereka memutuskan dan berpikir bahwa terlalu berisiko untuk memanggil polisi, mereka berusaha membawa wanita itu ke rumah sakit, tanpa menyadari bahwa saudara perempuannya sedang mengejar mereka. Film thriller ini menyeimbangkan momen komedi dengan kenyataan pahit menjadi orang kulit hitam di kampus, dan di dunia.

'Run' (2020)

Chloe (Kiera Allen), seorang remaja cacat yang menjalani homeschooling, sedang bersiap untuk berangkat kuliah. Namun, ibunya yang sombong (Sarah Paulson), telah mengendalikan seluruh aspek kehidupan Chloe. Perlahan mulai menyadari bahwa hidupnya bukanlah miliknya, Chloe menjadi curiga terhadap pengaruh ibunya pada kehidupan dan tubuhnya, Chloe menemukan fakta mengerikan tentang kenyataan mengapa ia dibesarkan.

'Rear Window' (1954)

Jimmy Stewart dan Grace Kelly membintangi Film thriller klasik Alfred Hitchcock tentang seorang fotografer yang percaya bahwa dirinya menyaksikan pembunuhan dari jendelanya. Setelah kakinya patah, Jeff (Jimmy) dipaksa untuk beristirahat di rumah, yang berarti ia memiliki terlalu banyak waktu di tangannya. Dengan kamera dan teropongnya, Jeff mulai mengawasi tetangganya dengan ketat, dan menjadi detektif dalam prosesnya.

'Hard Candy' (2005)

Patrick Wilson memerankan Jeff, seorang fotografer berusia 32 tahun yang bertemu dengan Hayley (Elliot Page) yang berusia 14 tahun secara online. Ia meyakinkan remaja itu untuk kembali ke rumahnya, kemudian mereka berdua minum koktail, dan Jeff mengeluarkan kameranya. Namun, fotografer itu dengan cepat jatuh pingsan. Sebut saja ini eksplorasi awal dari bahaya internet dan predator yang mengintai di luar sana.

'Master' (2022)

Regina Hall berperan sebagai Gail Bishop, master kulit hitam pertama dari universitas elit New England. Kisahnya diceritakan bersamaan dengan seorang siswa kulit hitam yang bergulat dengan siswa kulit putih dan cara ia diperlakukan oleh teman-temannya. Digabungkan dengan desas-desus tentang sihir dan kamar asrama berhantu, Master adalah film thriller yang penuh dengan scene mengejutkan dan komentar sosial yang memberatkan.

'Fresh' (2022)

Daisy Edgar-Jones berperan sebagai Noa, seorang wanita muda yang muak dengan internet dating, ketika ia bertemu dengan seorang dokter seksi bernama Steve (Sebastian Stan) di sebuah toko kelontong. Noa setuju untuk pergi pada akhir pekan, tetapi perjalanan itu sama sekali tidak romantis. Ternyata, Steve haus akan daging manusia, dan liburan Noa akan menjadi jauh lebih buruk.

Baca juga:

30 Daftar Film Terseksi Sepanjang Masa

Intip 55 Film Orisinal Netflix Terbaik!

(Penulis: Amy Mackelden; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Diah Pithaloka; Foto: Courtesy of BAZAAR US)