Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Art Jakarta Kembali Lagi Tahun Ini, Namun Digelar Secara Virtual

Perhelatan seni terbesar di Indonesia tahun ini kembali dalam bentuk online bertajuk Oppo Art Jakarta Virtual 2020. Anda siap ikut serta?

Art Jakarta Kembali Lagi Tahun Ini, Namun Digelar Secara Virtual

Oppo Art Jakarta Virtual 2020 adalah pameran bersama di ruang virtual sebagai cara untuk menjaga optimisme pekerja dan karya seni rupa di tengah pembatasan fisik seperti sekarang ini. Tahun ini, Art Jakarta menggunakan teknologi digital dan internet untuk tetap dapat berkomunikasi, memperkuat jaringan, serta tetap menikmati karya seni rupa dengan cara berbeda. OPPO Art Jakarta Virtual 2020 akan berlangsung selama 2 bulan, dari 19 Oktober hingga 15 Desember 2020.

SULLIVAN+STRUMPF - Eko Nugroho - Build Hopes with Tenderness, as with Hardness (2020) -embroidered painting - 284x315cm

Oppo Art Jakarta Virtual 2020 adalah jawaban dari pekerja kesenian Indonesia terhadap tantangan di masa pandemi. Art Jakarta sebagai bagian terpadu dalam ekosistem seni rupa Indonesia dan regional di Asia Tenggara telah membuktikan bahwa kerja sama dan kebersamaan pelaku seni rupa adalah bagian dari kekuatan dan keberadaannya. Hal yang senada turut disampaikan oleh Enin Supriyanto, Direktur Artistik Art Jakarta. 

 

CAN'S GALLERY - Eddie Hara - I Think of you in my silent hours (2020) - acrylic on canvas, 200 x 300 cm

Dengan segala keterbatasan pandemi global, telah terbukti bahwa masyarakat dengan cepat beradaptasi dan memanfaatkan berbagai cara untuk menjaga jaringan komunikasi dan solidaritas via internet. “Sebagai penyelenggara international art fair, Art Jakarta memiliki jaringan kerja sama yang memungkinkan karya-karya seniman kita tampil ke hadapan publik yang luas. Dengan bantuan teknologi komunikasi digital berbasis internet, Art Jakarta dapat tetap menjalankan peran ini. Inilah alasan terselenggaranya OPPO Art Jakarta Virtual 2020,” jelas Maulana Indraguna Sutowo, CEO MRA Group.

Ruci Art Space - Radhinal Indra -Berpura-pura Berputar-putar (2020)- 206x113cm

Program Art Jakarta tahun ini menampilkan beragam karya seni dari 38 galeri seni rupa, yang terdiri dari 27 galeri Indonesia dan 11 galeri internasional. Di samping itu, Oppo Art Jakarta Virtual memperoleh berbagai dukungan penuh dari pihak swasta dan pemerintah, seperti Direktorat Jenderal Kebnudayaan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Oppo Indonesia, dan Ninja Xpress.

NADI GALLERY - Agung Santosa - Lika-Liku Silaturahmi - Rukun Tetangga

OPPO Indonesia juga bekerja sama dengan 10 seniman ternama Indonesia yaitu Aditya Novali, Agan Harahap, Agugn Prabowo, Arin Dwihartanto Sunaryo, Heri Dono, Mella Jaarsma, Naufal Abshar, R. E. Hartanto, Syagini Ratna Wulan, dan Uji “Hahan” Handoko melalui OPPO Find Art. Dalam ruang pameran virtual ini akan menampilkan karya seni mereka dalam bentuk satu set karya orisinal dan ukiran di perangkat OPPO Find X2 yang akan dilelang untuk donasi ke komunitas seniman, serta karya digital edisi terbatas yang dapat dibeli langsung oleh pengunjung OPPO Art Jakarta Virtual 2020.

 

Mari kunjungi dan nikmati beragam karya seni rupa di www.artjakarta.com

 

(Foto: Courtesy of Agus Suwage, Agung Santosa, Nadi Gallery, Eddie Hara, Can's Gallery, Eko Nugroho, Sullivan+Strumpf, Radhinal Indra, Ruci Art Space, Oppo Art Jakarta Virtual 2020)