Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Safari Terbaik untuk Dicoba pada Tahun 2024

Perjalanan penuh nyali ke alam liar, berjalan bersama gajah di Zambia, tidur di bawah bintang-bintang di Afrika Selatan, dan menjelajahi hutan India.

Safari Terbaik untuk Dicoba pada Tahun 2024
Courtesy of Bazaar UK

Apakah Anda mengikuti Big Five, singa, macan tutul, gajah, kerbau, dan badak. Dengan kendaraan roda empat di Afrika Selatan, tidur di bawah bintang-bintang selama safari berjalan di Zambia, berpapasan dengan harimau dan beruang kungkang di India, atau melihat beberapa hewan paling langka di dunia di Madagaskar, safari merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pelancong yang bernyali besar.

BACA JUGA:  20 Hotel Mewah dengan Pemandangan Terbaik di Dunia

Mulailah petualangan daftar keinginan utama dengan pilihan rencana perjalanan dan perkemahan kami yang paling menarik tahun ini, di mana Anda dapat melihat hewan berkeliaran bebas di habitat alami mereka.

1. India

Courtesy of Bazaar UK

Jelajahi daerah-daerah yang spektakuler serta beragam di India tengah, dimulai dengan tidur tiga malam di rumah pohon di hutan Bandhavgarh, mengikuti harimau Benggala, dan beruang kungkang dalam perjalanan berburu. 

Kemudian, ikuti perjalanan berkelok-kelok ke utara menuju Pench Tiger Reserve. Taman yang menginspirasi novel The Jungle Book karya Rudyard Kipling. Di mana Anda akan menemukan Jamtara Wilderness Camp yang ramah lingkungan dan terdiri dari 10 tenda. Terletak di bawah rimbunnya dahan pohon beringin, perkemahan ini merupakan tempat terbaik untuk mengamati kupu-kupu yang beterbangan, serigala yang berlarian, dan monyet yang melompat dari satu dahan ke dahan lainnya. Perhentian terakhir Anda adalah Reni Pani Jungle Lodge yang terpencil di Taman Nasional Satpura, yang belum terjamah oleh wisatawan dan dipenuhi jurang, hutan, dan pegunungan.

Safari selama dua minggu bersama Scott Dunn, mulai dari £8.000 per orang (atau sekitar 159 juta Rupiah).

2. Madagaskar

Courtesy of Bazaar UK

Madagaskar adalah rumah bagi tanaman dan hewan yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia, termasuk beberapa spesies lemur, yang dapat Anda lihat di Taman Nasional Andasibe, serta kura-kura, tokek, dan bunglon yang langka. Berjalan-jalanlah di hutan hujan Ifotaka di malam hari dengan dipandu untuk melihat burung aye-ayes di malam hari dan melihat fossa yang mirip kucing berkeliaran; di siang hari, naiklah sampan melintasi hutan bakau, dan temui anggota suku Antandroy Malagasi di hutan suci mereka.

Safari 'Classic Madagascar' selama 13 malam dengan Abercrombie & Kent, mulai dari £6.375 per orang (atau sekitar 127 juta Rupiah).

3. Afrika Selatan

Courtesy of Bazaar UK

Kelompok nirlaba di balik Lepogo Lodges di bagian utara Afrika Selatan mengimbangi dampak lingkungan dari setiap tamunya, mulai dari saat mereka meninggalkan rumah, dan semua hasilnya diinvestasikan kembali ke masyarakat atau digunakan untuk proyek-proyek konservasi. Noka Camp di cagar alam seluas 120.000 hektar di Provinsi Limpopo dapat dengan mudah dijangkau dari Johannesburg, dan memberikan banyak kesempatan untuk melihat Big Five. 

Perkemahan di luar jaringan listrik ini, yang terdiri dari empat vila di tepi tebing di atas Sungai Palala dan padang semak di sekitarnya, menghasilkan seluruh energinya dengan jalan setapak tenaga surya sepanjang 250 meter. Bersamaan dengan perjalanan berburu yang biasa, Anda dapat mengunjungi permukiman Zaman Besi dan melihat lukisan prasejarah karya suku pedalaman, membantu upaya konservasi, dan bagi yang berjiwa pemberani, merasakan pengalaman tak terlupakan dengan tidur di tengah hutan semak.

Noka Camp di Lepogo Lodges, mulai dari £770 per orang per malam, sudah termasuk semua (atau sekitar 15 juta Rupiah).

4. Sri Lanka

Courtesy of Bazaar UK

Awali petualangan Anda di perkebunan kelapa yang berjarak satu jam berkendara dari bandara, dan akhiri di Weligama, di pantai berpasir di pesisir selatan pulau ini. Di sela-sela itu, kunjungi reruntuhan Polonnaruwa, temukan arsitektur Galle yang mengesankan, bermalamlah di salah satu perkebunan terbaik di negeri teh ini, dan jelajahi benteng-benteng kuno serta taman nasional, seperti Minneriya (tempat Anda dapat menjumpai gajah Asia yang terancam punah) dan Yala, tempat jelajah macan tutul Sri Lanka yang sudah pensiun. Di tempat yang terakhir, Resplendent Ceylon's Wild Coast Lodge yang megah, yang dirancang untuk meniru batu-batu besar di pantai dan cakar macan tutul, akan menjadi tempat menginap Anda. Di sepanjang perjalanan, Anda mungkin juga akan melihat lumba-lumba, paus, kera, dan lutung.

Safari Sri Lanka selama 10 malam dengan AndBeyond, mulai dari £5,195 per orang (atau sekitar 103 juta Rupiah).

5. Tanzania

Courtesy of Bazaar UK

Dengan konsentrasi hewan terbesar di Afrika, taman dan suaka margasatwa di Tanzania merupakan rumah bagi 120.000 gajah, 160.000 kerbau, dan 2.000 badak. Rencana perjalanan Travelbag akan membawa Anda dari pegunungan berbatu ke padang rumput Serengeti, dengan menggunakan kendaraan 4WD atau balon udara. Anda dapat menyesuaikan perjalanan Anda sesuai keinginan Anda. Baik bepergian secara mandiri maupun dengan pemandu ahli. Akhiri perjalanan Anda dengan beristirahat di pulau Zanzibar yang terletak di dekatnya, yang pantainya yang hangat merupakan tempat yang ideal untuk bersantai.

Safari Tanzania dan Zanzibar selama 13 malam dengan Travelbag, mulai dari £6.899 per orang, termasuk penerbangan (atau sekitar 137 juta Rupiah).

6. Zambia

Courtesy of Bazaar UK

Setelah satu jam penerbangan dari ibu kota Zambia, Lusaka, berkendaralah melewati kota Mfuwe yang semarak, melewati pasar buah dan sayur yang ramai, menuju Taman Nasional Luangwa Selatan yang masih alami. Terkenal dengan safari berjalannya, tempat ini merupakan hutan belantara yang spektakuler untuk dijelajahi dari dekat, penuh dengan pohon asam, eboni, dan baobab, tempat macan tutul bertengger serta babon yang bermain-main. 

Di Mchenja, perkemahan Time + Tide dengan lima kamar di tepi Sungai Luangwa, dengkuran kuda nil bergema dari laguna di sekitarnya, tempat buaya berjemur, dan kawanan gajah menyantap polong biji yang mereka lewati. Para stafnya sangat ramah, menyambut Anda dengan nama Anda dengan handuk dingin yang menyegarkan dan selalu siap sedia untuk berbagi pengetahuan mereka tentang daerah setempat. Serta, lima persen dari setiap masa inap akan disumbangkan untuk upaya konservasi dan dukungan masyarakat setempat melalui yayasannya.

Mulailah berjalan kaki di pagi hari yang sejuk bersama pemandu ahli, menuju kicauan fajar lebih dari 450 spesies burung asli, dan saksikan impala, zebra, rusa kutub, dan jerapah yang sedang merumput, saat Anda berjalan menuju hutan sekitar tempat singa dan cheetah beristirahat di siang hari yang terik. 

Di malam hari, tidurlah di bawah sinar bulan di tenda-tenda jaring Time + Tide yang mewah, yang didirikan di lembah pasir yang luas di sekitar api unggun, di mana langit yang cerah memungkinkan Anda untuk melihat Bimasakti sembari mendengarkan kelelawar buah yang menukik, hyena yang berseru, dan kucing-kucing besar yang berkeliaran di kejauhan. Di pagi hari, Anda akan terbangun dengan aroma sarapan yang mendesis di atas wajan, siap memberi Anda energi untuk menjalani hari yang penuh petualangan.

Safari lima malam dengan Time + Tide, melalui Ultimate Travel Company, mulai dari £6.160 per orang (atau sekitar 122 juta Rupiah).

7. Zimbabwe

Courtesy of Bazaar UK

Hanya satu jam berkendara dari Air Terjun Victoria, di sebelah barat Taman Nasional Zambezi, Batoka Zambezi Sands yang baru dibuka ini memiliki 10 tenda yang luas dan penuh gaya, yang dibuat oleh perancang Afrika Selatan, Yvonne O'Brien, yang masing-masing dilengkapi dengan kolam berendam. Singa, kuda nil, dan gajah berjalan-jalan di dataran sekitarnya, menjadikannya tempat yang ideal untuk melihat satwa liar dengan berkendara dengan mobil berburu dan berpesiar dengan perahu sungai. Batoka adalah penginapan safari pertama di Afrika yang dimiliki oleh wanita kulit hitam, dan sebagian keuntungannya disumbangkan ke badan amal, Tesse Fund, yang mendukung masyarakat setempat.

Batoka Zambezi Sands, mulai dari £540 per orang per malam (atau sekitar 10 juta Rupiah).

BACA JUGA:
 Rayakan Musim Kebahagiaan Natal dan Akhir Tahun di Four Seasons Hotel Jakarta
Hotel dengan Spa Terbaik di Eropa

(Penulis: Harper's Bazaar Staff; Artikel ini disadur dari: BAZAAR UK; Alih bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)