Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Kumpulan Rekomendasi Hotel di Pantai Amalfi untuk Tahun 2024

Nikmati la dolce vita di hotel-hotel ini di garis pantai paling romantis di Italia.

Kumpulan Rekomendasi Hotel di Pantai Amalfi untuk Tahun 2024
Courtesy of Bazaar UK

When life gives you lemons, make sure they’re Amalfi Coast ones. La dolce vita tidak lebih manis daripada buah jeruk sitrus raksasa di semenanjung selatan dan tempat tinggal yang bergaya Italia yang telah kami rangkum dalam daftar hotel mewah di Pantai Amalfi.

BACA JUGA: Hotel Langganan Para Selebriti di Cannes

Pantai yang berkilau, menjadi tempat tujuan liburan bagi kerajaan Hollywood, desa-desa medieval di puncak bukit, dan tikungan jalan yang menegangkan, telah lama menjadi destinasi pilihan selebriti di musim panas. Tidak butuh waktu lama bagi Anda untuk menyadari mengapa bahkan UNESCO setuju (bahwa pantai ini menjadi warisan dunia sejak tahun 1997).

Mengemudi di jalan-jalan yang bersinar di sepanjang pantai, menjelajahi kota-kota beraroma jeruk yang menghiasi tebing-tebing curam: Ravello, dengan taman bertingkat dan vila bersejarahnya; desa nelayan yang jarang dikunjungi, Praiano; dan Positano, yang hotel-hotel warisannya dan bangunan berwarna-warni lainnya menuruni tebing ke air biru muda dan teluk-teluk yang tenang.

Temukan sejarah Amalfi sebagai republik maritim, jelajahi arsitektur abad pertengahan dan katedral Byzantine. Singgahlah di Sorrento, tempat lahirnya limoncello, meskipun secara teknis berada di semenanjung yang berbeda, tetapi dianggap sebagai gerbang tidak resmi ke pantai yang glamor di sisi lain pegunungan.

Meskipun berbeda dengan kehidupan yang ramai, Napoli juga merupakan titik awal yang sangat baik untuk mengunjungi Pantai Amalfi, terutama jika Anda menyukai piza karena ibukota selatan adalah tempat kelahiran eksportir paling terkenal Italia. Berhentilah sejenak di Pompeii, yang juga merupakan kunjungan yang wajib, dan reruntuhan Romawi di Herculaneum juga sama menariknya (dan kemungkinan jauh lebih sepi).

Daftar hotel mewah Pantai Amalfi kami mencakup favorit John Steinbeck, Le Sirenuse, bekas biara di pinggir tebing Monastero Santa Rosa, dan Villa Cimbrone, yang dahulu merupakan kediaman Lord Inggris di Ravello. Kami juga telah memilih secara langsung hotel favorit kami di pulau yang paling glamor, Capri.

Baca terus untuk pilihan Bazaar dari hotel terbaik di Pantai Amalfi untuk ditempati musim panas ini...

Le Sirenuse, Positano

Courtesy of Bazaar UK

Yang sering dikunjungi oleh John Steinbeck, tidak berbohong ketika menulis bahwa "Positano cuts deep", Le Sirenuse adalah salah satu hotel paling terkenal di dunia. Dimiliki dan diurus oleh keluarga Sersales sejak mereka membuka rumah mereka untuk dunia pada tahun 1951, hotel ini menjadi salah satu destinasi paling ikonis di seluruh Pantai Amalfi. Sangat fotogenik, Le Sirenuse sering dikunjungi oleh banyak orang, bahkan jika anggaran mereka hanya mencukupi untuk menikmati koktail di teras, (yang pasti akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan). Tidak mengherankan bahwa hotel ini menjadi tempat yang populer untuk lamaran.

Positano dianggap oleh penduduk setempat sebagai kota vertikal, dengan naik dan turun sebagai satu-satunya cara untuk menjelajahnya. Hal ini tercermin dengan indah di Le Sirenuse, yang bangunannya berwarna-warni melekat pada tebing, dan terasnya menawarkan beberapa pemandangan terbaik di kota. John melanjutkan dengan menggambarkan, "Ini adalah tempat impian yang tidak sepenuhnya nyata ketika Anda berada di sana dan menjadi sangat nyata setelah Anda pergi." Untungnya bagi para tamu, Le Sirenuse benar-benar hadir, menjadi pengalaman tak terlupakan di Pantai Amalfi.

Hotel Santa Caterina, Amalfi

Courtesy of Bazaar UK

Di Hotel Santa Caterina yang klasik dekat Amalfi, kursi berjemur direntangkan di sepanjang pantai di dasar tebing tinggi untuk berenang di laut yang berkilau. Alternatifnya, jika Anda lebih suka berenang di kolam air laut yang dipanaskan di beach club hotel, dapat dicapai baik melalui tangga curam atau dengan lift yang dipahat ke batu.

Vila yang bergaya abad ke-19, dibangun dalam gaya Liberty (interpretasi Italia tentang art nouveau), menyajikan keindahan hortikultura regional yang menakjubkan. Bougainvillea merenda bangunan, dan kebun zaitun melingkari tanah dengan pesona yang khas. Tempat tinggal tepi pantai ini juga menawarkan fasilitas unik, termasuk restoran bintang Michelin, teras untuk makan siang yang santai, dan kamar-kamar dengan tempat tidur empat tiang, lantai majolica yang dicat tangan, serta balkon yang menghadirkan pemandangan laut yang menakjubkan.

Hotel ini memiliki sejarah panjang, dijalankan oleh keluarga Gambardella selama lebih dari empat generasi. Belakangan ini, mereka memperoleh kediaman tepi pantai yang tetangga dengan seorang marchesa. Beberapa suite baru dari kediaman ini kini tersedia untuk dipesan, dan sayap ini dapat disewa secara keseluruhan, memberikan pengalaman penginapan yang eksklusif, sempurna untuk keluarga atau kelompok teman.

Monastero Santa Rosa, Conca dei Marini

Courtesy of Bazaar UK

Monastero Santa Rosa dapat dianggap sebagai istana kesehatan yang terletak di surga. Biara Dominikan abad ke-17 ini mendominasi garis pantai berbatu Amalfi dan menjadi incaran pengusaha hotel di seluruh pantai berkat taman berundaknya yang menampilkan kolam renang tak terbatas yang menghadap ke Laut Tyrrhenian.

Meskipun memiliki ukuran yang besar, tempat ini hanya menawarkan 20 kamar yang terbagi di atas dua lantai yang tinggi. Kamar-kamar terbaik dilengkapi dengan teras, dan setiap kamar dihiasi dengan campuran barang-barang koleksi, barang-barang unik, barang antik, dan karya seni yang dikumpulkan oleh pemilik hotel yang telah menjelajahi Amerika. Makan malam di teras restoran atau koki dengan bintang Michelin, dengan memesan hidangan seperti ravioli sea-bass, adalah suatu keharusan.

Selain itu, berjalan-jalan melalui taman yang sangat rapi juga disarankan. Namun, salah satu daya tarik utama adalah spa yang megah dan tak terlupakan, menciptakan pengalaman yang mengagumkan. Spa ini dilengkapi dengan gua-gua yang mengeluarkan cahaya alami, kaca patri yang indah, dan gua es yang dipenuhi dengan produk kecantikan Santa Maria Novella yang cantik.

Hotel Villa Cimbrone, Ravello

Courtesy of Bazaar UK

Dengan nama yang mengingatkan pada estate paling terkenal di Italia, Villa Cimbrone di Ravello memiliki warisan yang sebanding: dulunya merupakan rumah Lord Grimthorpe, seorang yang menekuni horologi dari Britania Raya. Bangunan yang bergaya abad pertengahan ini pernah menjadi tuan rumah politisi, seniman, dan anggota Bloomsbury Group. Saat ini, properti ini tetap mempertahankan pesonanya yang unik, dengan langit-langit bergaya dan lantai berlapis majolica yang diwarnai semuanya tetap terjaga dengan sempurna.

Taman-taman ini, yang diubah desainnya oleh Vita Sackville-West pada awal abad ke-20, dianggap sebagai contoh penting dari lanskap dan botani Inggris di selatan Eropa. Mereka masih menjadi rumah bagi serangkaian patung terkenal yang disusun di sepanjang tepi tebing.

Restoran hotel, Il Flauto di Pan, membanggakan hidangan bintang Michelin, dengan menyajikan banyak hidangan ikan segar dan beberapa bahan organik yang dipetik langsung dari kebun villa.

Caruso, A Belmond Hotel, Ravello

Courtesy of Bazaar UK

Seperti kebanyakan orang yang mengunjungi hotel Caruso milik Belmond, Anda akan langsung terpesona oleh kemegahan infinity pool yang seperti kartu pos. Bangunan aslinya, yang tumbuh kembali hingga abad ke-11 dengan tanaman menjalar, menjadi hotel pada akhir abad ke-19. Pada waktu itu, Pantaleone Caruso menjalankannya sebagai seorang pensiunan, menarik tokoh-tokoh terkenal seperti Virginia Woolf, Jackie Kennedy, Humphrey Bogart, dan Greta Garbo.

Hampir semua kamar memiliki teras atau taman pribadi, dan lukisan dinding asli serta langit-langit berkubah menambah kesan kemegahan Renaissance yang sesungguhnya. Nikmati pengalaman bersantap dengan latar belakang pemandangan matahari terbenam yang sangat romantis: hidangan lezat seperti ikan segar, pasta rumit, dan lobster, disertai dengan seleksi anggur yang sangat baik. Dan untuk pengalaman minuman keras, jangan lewatkan jam aperitivo di Il Loggiato, di mana Anda dapat menikmati koktail sambil menikmati pemandangan panorama yang menginspirasi.

Palazzo Avino, Ravello

Courtesy of Bazaar UK

Villa medieval lain yang dibangun untuk kaum bangsawan beberapa abad yang lalu dan kini menjadi hotel bagi tamu modern beruntung, Palazzo Alvino terletak tinggi di tebing Ravello dengan pemandangan indah desa nelayan tercantik di pantai.

Sebagaimana layaknya tempat liburan para kaya dan terkenal, hotel ini, yang tidak hanya puas dengan memiliki restoran bintang Michelin, juga memiliki bar lobster dan martini, di mana tidak kurang dari 100 variasi minuman favorit James Bond disajikan. Tidak ada hotel di Pantai Amalfi yang patut dihormati tanpa teras yang memukau, dan di Terrazza Belvedere, pemandangan luar biasa dari garis pantai disertai dengan sajian kecil yang istimewa dan pasta segar.

Retret bintang lima ini, yang telah menjadi hotel sejak tahun 1997, juga memiliki klub pantai yang gratis untuk para tamu, beserta layanan antar-jemput untuk membawa Anda bolak-balik (lokasinya hanya sejauh perjalanan singkat di kawasan pantai Marmorata).

Casa Angelina, Praiano

Courtesy of Bazaar UK

Jika Anda mencari pemandangan yang memukau, inilah tempat yang ingin Anda kunjungi dan dilihat. Struktur kubus putih mengkilap dari tahun 1970-an yang membentuk Casa Angelina menikmati salah satu lokasi paling menakjubkan di Praiano, dengan pemandangan sepanjang pantai hingga ke benteng-benteng batu Capri.

Bagian dalamnya tidak kalah mengesankan: ruangan-ruangan yang sepenuhnya berwarna putih dilengkapi dengan patung kaca Murano yang tidak biasa; lantai kayu keras yang dipanaskan akan menginspirasi pembaruan besar-besaran untuk rumah Anda selanjutnya; dan kamar-kamar tidur diharumkan dengan aroma buatan sendiri yang terbuat dari buah jeruk lokal dan kayu cendana. Untuk privasi mutlak dan perasaan eksklusivitas, pesan salah satu dari empat kamar Eaudesea Experience, yang berada di dalam pondok nelayan yang direnovasi, 250 anak tangga di bawah, tepat di atas Pantai La Gavitella.

Punta Tragara, Capri

Courtesy of Bazaar UK

Ini adalah hotel klasik, menjulang tinggi di atas puncak Faraglioni yang ikonis sehingga Anda hampir dapat menjangkau dan menyentuhnya. Punta Tragara, bintang lima adalah mahakarya dengan pemandangan jutaan dolar dan kecanggihan art deco tahun 1920-an. Insinyur Italia Enrico Vismara memilih tempat ini di atas batu untuk membangun vila yang dulunya merupakan vila pribadi dan meminta arsitek terkenal Prancis-Swiss Le Corbusier untuk menyusun rencananya. Hasilnya? Keajaiban modernis yang mencerminkan era yang ditandai oleh kemewahan aristokratik dan kemewahan pulau total.

Para tamu bersantai di sekitar dua kolam air tawar pada siang hari, dan saat malam tiba, menuju ke restoran Mammà yang berbintang Michelin di kota Capri, berpakaian rapi dalam pakaian terbaik mereka. Kamar-kamar dan suite tersebar di labirin yang menawan di tiga tingkat. Tidak ada dua kamar yang sama: beberapa memiliki kamar mandi marmer yang mewah dan yang lain memiliki pemandangan paling luar biasa yang dapat Anda bayangkan, tetapi untungnya semua dilengkapi dengan balkon, teras, atau patio, menghadap ke taman atau ke laut biru yang dalam.

Il San Pietro di Positano, Positano

Courtesy of Bazaar UK

Salah satu hotel mewah terkenal di Pantai Amalfi, Il San Pietro terletak di tempat liburan yang indah, yaitu Positano. Restoran di hotel ini mencakup Zass yang berbintang Michelin dan teras pantai yang sejuk, Carlino, keduanya memanfaatkan hasil bumi organik dari taman-taman, yang mencakup setengah dari properti dan tersebar di 10 tingkat, dan hasilnya begitu baik sehingga koki telah berada di pekerjaannya selama dua dekade.

Jika Anda tidak ingin meninggalkan rutinitas latihan Anda selama liburan, fasilitas kebugaran di Il San Pietro akan menyenangkan Anda: bagian dari pusat kebugaran berada di luar di bawah kebun lemon, dan kelas yoga dan Pilates berlangsung di atas rumput yang menghadap ke laut.

Hotel Positano ini memiliki akses langsung ke teluk pribadi, dapat dicapai dengan memasuki lift di lobi yang dengan praktis dipahat dari tebing. Klub pantai ini hanya untuk penggunaan eksklusif tamu hotel dan Anda mungkin ingin menyimpannya sebagai rahasia.

Bellevue Syrene, Sorrento

Courtesy of Bazaar UK

Meskipun secara ketat merupakan bagian dari Semenanjung Sorrentine, Sorrento adalah anggota kehormatan kota favorit Pantai Amalfi, dan sangat layak untuk dikunjungi untuk mengumpulkan segala hal mulai dari limoncello hingga renda.

Salah satu hotel mewah di Sorrento adalah Bellevue Syrene, di mana lorong-lorong marmer, langit-langit berbentuk kubah, barang-barang kaca Murano, dan keramik (hal lain yang dapat Anda beli di kota pantai yang menawan ini) semuanya menonjol. Interior berwarna putih cerahnya juga dilengkapi dengan jendela yang menghadap ke laut yang menciptakan tempat peristirahatan yang tenang dan menyegarkan, serta memiliki dermaga untuk melompat dan merasakan kesegaran setelah itu di laut.

Dibangun di atas sisa-sisa villa Romawi, tempat tinggal saat ini dibangun pada tahun 1750, dibuka sebagai hotel pada tahun 1820, dan menyajikan makan malam dengan pemandangan Vesuvius sejak itu. Terdapat suite dengan hot tub di luar ruangan, yang ditempatkan dengan sempurna untuk sekilas Teluk Napoli saat Anda berendam.

Teras adalah spot romantis yang mustahil di sepanjang pantai ini yang cocok untuk bulan madu, dengan meja-meja yang disusun di bawah pergola yang rimbun dan pemandangan air yang memikat.

Borgo Santandrea, Amalfi

Courtesy of Bazaar UK

Sang pendatang baru di blok Amalfi telah menciptakan kehebohan. Bukan karena menjadi hotel pertama yang membuka pintu baru yang mewah dalam 15 tahun, melainkan karena keunikannya yang baru: benteng modern berbentuk kubus yang menjulang 90 meter di atas kastil kuno yang terjun ke laut biru mendalam. Diciptakan oleh sang karismatik Ischian Maurizio Orlacchio, hotel ini dengan 29 kamar dan 16 suite lengkap dengan tiga restoran pertama di wilayah ini yang dikuratori oleh chef eksekutif Crescenzo Scott; bar mewah dengan teras; kolam batu; dan, yang tidak lazim untuk Pantai Amalfi, akses ke pantai pribadinya sendiri.

Momen-momen menarik lainnya datang dari spa yang menghadap ke laut, dilengkapi dengan shower sensorik dan teras outdoor panorama yang menghadap ke Conca dei Marini. Perayaan desain Italia menjadi pusat perhatian, terutama di semua tempat bersama, di mana semua orang mulai dari pengrajin Rubelli hingga emporium desain furnitur buatan Tosconova dan Lisar menakjubkan di bawah lampu kaca Venesia, bersama dengan meja kopi yang ditumpuk dengan setiap judul Assouline di bawah matahari. Kamar terbaik untuk dipesan? Suite dengan kolam renang yang siap menyambut matahari terbit.

Capri Tiberio Palace, Capri

Courtesy of Bazaar UK

Jika Anda mencari sedikit kemewahan Capri, Tiberio Palace memiliki segalanya: kursi berlengan vintage berwarna-warni, seni pop, barang antik eklektik, dan tumpukan buku meja kopi di luar sana. Terletak jauh dari keramaian, tetapi tidak terlalu jauh dari tempat semua aksi berlangsung di Via Botteghe yang dipenuhi butik di Capri. Lokasi yang terpencil ini juga dilengkapi dengan keuntungan tambahan, mulai dari kemewahan merasa sedikit lebih eksklusif hingga pagi yang tenang jauh dari kerumunan.

Kamar-kamar yang didesain oleh Gianpiero Panepinto telah dirancang dengan indah. Tidak ada dua kamar yang sama, dan setiap kamar dilengkapi dengan buku-buku klasik, foto bintang Hollywood, lampu patung, dan ornamen yang dipilih secara khusus dari seluruh dunia. Nuansa putih dan biru mendominasi, dan jika Anda cukup beruntung untuk menginap di suite, teras besar dilengkapi dengan ubin Italianate yang indah, hammock, tanaman hijau, dan kursi berjemur. Di tempat lain, spa mewah memiliki sauna, ruang uap, dan pancuran multi-sensorik, dan restoran hotel adalah tempat yang baik untuk menikmati beberapa hidangan lokal favorit, mulai dari pasta tinta cumi hingga fillet babi, dimasak dengan gaya Capri.

BACA JUGA:

20 Hotel Mewah dengan Pemandangan Terbaik di Dunia

Hotel dengan Spa Terbaik di Eropa

(Penulis: Clara Strunck; Artikel ini disadur dari: BAZAAR UK; Alih bahasa: Riza Arya; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)