Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Segala Informasi yang Perlu Anda Tahu Tentang Oscar 2023

Lihat seluruh nominasi tahun ini, daftar tamu yang dinantikan, hingga bagaimana Anda dapat menontonnya.

Segala Informasi yang Perlu Anda Tahu Tentang Oscar 2023
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar US)

Academy Awards tahun lalu sukses menjadi acara viral, tetapi dari daftar nominasi yang diumumkan pada selasa malam kemarin, Oscar 2023 sudah berhasil membuat sejarah.

Baca juga: Ini adalah Seluruh Momen Kecantikan Terbaik dari Ajang Oscar ke-94

Penghargaan Akademi Tahunan ke-95 akan berlangsung pada hari Minggu, 12 Maret di Teater Dolby, Los Angeles. Di bawah ini lihat semua hal lain yang perlu diketahui tentang Oscar 2023, termasuk nominasi, daftar tamu yang dinantikan, hingga bagaimana Anda dapat menontonnya dari rumah.

Siapa yang akan menjadi pembawa acara?

Jimmy Kimmel Oscar 2023
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar US)

Jimmy Kimmel akan kembali ke panggung Oscar untuk ketiga kalinya sebagai pembawa acara, setelah penampilannya terakhirnya sebagai pembawa acara di tahun 2017 dan 2018.

Menurut pernyataan dari Academy CEO dan Presiden Bill Kramer dan Janet Yang, "Jimmy adalah pembawa acara yang sempurna untuk membantu kami memberi apresiasi pada seniman dan film luar biasa dari Oscar ke-95. Kecintaannya pada film, keahlian mengangkat suasana, hingga kemampuannya untuk terhubung dengan penonton global kami akan menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi jutaan penonton di seluruh dunia. Dengan perspektif baru Jimmy yang dipadu dengan Weiss dan Kirshner, Oscar akan merayakan sejarahnya yang kaya selama 95 tahun, sifat kolaboratif dari pembuatan film, dan keragaman, dinamika, serta sisi kreatif komunitas pembuat film."

"Diundang untuk menjadi pembawa acara Oscar untuk ketiga kalinya adalah suatu kehormatan besar atau jebakan," gurau Jimmy menanggapi berita tersebut. "Bagaimanapun, saya berterima kasih kepada Akademi karena meminta saya begitu cepat setelah semua orang baik mengatakan tidak."

Siapa pemenang yang dinantikan?

Michelle Yeoh Oscar 2023`
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar US)

Nominasi tahun ini telah menjadi terobosan di banyak bidang. Michelle Yeoh membuat sejarah Oscar sebagai orang Asia pertama yang dinominasikan untuk Aktris Terbaik dalam sebuah film (Everything Everywhere All at Once). "Bahkan hanya untuk dinominasikan saya sudah berarti validasi dan cinta dari rekan-rekan Anda," ujar aktris itu dalam sebuah wawancara. "Artinya bagi orang Asia lainnya di seluruh dunia dan tidak hanya di Amerika tetapi secara global ini menjadi pengakuan bahwa kita memiliki kursi di meja. Kami akhirnya memiliki kursi di meja. Kami dikenali dan dilihat."

Michelle sendiri akan bersaing dengan rekan sesama nominasi yang terdiri dari Ana de Armas (Blonde), Cate Blanchett (Tár), dan Michelle Williams (The Fabelmans).

Everything Everywhere All at Once  sekaligus memimpin nominasi film dengan total 11 nominasi termasuk untuk Best Picture, Original Score, Director, dan Screenplay. Film lain yang juga dinominasikan untuk Film Terbaik adalah Top Gun: Maverick, Avatar: The Way of Water, The Banshees of Iniherin, dan Elvis.

Dan, setelah kemenangan Golden Globe-nya untuk kategori Aktor Terbaik, Austin Butler menerima pengakuan dari Akademi untuk peran utamanya dalam film biografi Elvis Presley karya Baz Luhrmann yang mendapatkan euforia perhatian baru secara online sebagai tanggapan atas pidato penerimaan Golden Globes aktor yang sekarang viral. Nominasi Aktor Terbaik lainnya tahun ini termasuk Colin Farrell (The Banshees of Inisherin) Brendan Fraser (The Whale), Paul Mescal (Aftersun), dan Bill Highy (Living).

Siapa yang akan tampil?

Bazaar dapat mengharapkan persaingan ketat untuk kategori Lagu Asli Terbaik pada upacara tahun ini. Penyanyi yang dinominasikan tahun ini termasuk Rihanna, untuk "Lift Me Up" di Black Panther: Wakanda Forever; Lady Gaga untuk "Hold My Hand" di Top Gun: Maverick, dan Mitski untuk "This Is a Life" dalam Everything Everywhere All at Once.

View this post on Instagram

A post shared by Sofia Carson (@sofiacarson)

Sofia Carson juga diperkirakan akan memberikan penampilan langsung pada upacara tersebut.

Pada hari Selasa, penyanyi kelahiran Florida itu membagikan video di Instagram yang menampilkan reaksi real-time-nya terhadap pengumuman "Applause" karya Diane Warren yang ia nyanyikan sebagai bagian dari soundtrack drama aksi Silvia Carobbio, Tell It Like a Woman yang berhasil masuk dalam kategori Lagu Asli Terbaik.

"Kita akan pergi ke Oscar," tulisnya dalam kolom keterangan.

Bagaimana saya kita bisa menontonnya?

Acara akan ditayangkan di ABC dengan langganan kabel atau satelit dan juga dapat disaksikan di situs web atau aplikasi ABC setelah tersambung ke penyedia televisi Anda.

Platform streaming tambahan yang akan menayangkan acara termasuk YouTubeTV dengan langganan berbayar, serta Hulu Live TV.

Baca juga:

Begini Tanggapan Zoë Kravitz atas Insiden Penamparan yang Dilakukan oleh Will Smith di Oscar 2022

24 Penampilan Fashion Terbaik dari Berbagai Pesta selama Pekan Oscar 2022

(Penulis: Sabrina Park; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)