Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Begini Cara Ratu Elizabeth akan Merayakan 70 Tahun Dirinya Bertakhta

Istana Buckingham telah mengumumkan hari libur nasional selama empat hari di Inggris yang akan menampilkan parade, konser besar, dan bahkan kompetisi membuat kue.

Begini Cara Ratu Elizabeth akan Merayakan 70 Tahun Dirinya Bertakhta

Ketika Anda telah menghabiskan lebih banyak tahun di atas takhta daripada penguasa Inggris lainnya, sudah sepantasnya pencapaian itu ditandai dengan lebih dari satu perayaa, itulah sebabnya Istana Buckingham telah mengumumkan daftar panjang acara peringatan dan inisiatif untuk Platinum Jubilee sang ratu yang akan jatuh di bulan Juni ini. 70 tahun pelayanan Yang Mulia untuk Inggris dan Persemakmuran akan dirayakan selama akhir pekan libur nasional empat hari khusus mulai tanggal 2 Juni.

Baca juga: Ratu Elizabeth Menganugerahi Duchess Camilla Salah Satu Penghargaan Tertinggi di Inggris

Dalam catatan operasional terbaru yang dibagikan kepada Bazaar.com, buku harian Yobel resmi mengungkapkan sejumlah acara besar untuk menghormati sosok berusia 95 tahun tersebut, termasuk konser Platinum Party at the Palace yang menampilkan bintang dan artis dari seluruh Persemakmuran untuk “merayakan beberapa momen paling penting dari masa pemerintahan Ratu.” Pada tanggal 4 Juni, Istana Buckingham yang spektakuler bahkan akan dibuka untuk umum (dengan catatan para tamu memenangkan salah satu dari ribuan tiket yang disediakan melalui peluncuran surat suara khusus di bulan Februari).

Hari berikutnya, di tanggal 5 Juni, akan ada pesta besar lainnya yang berlangsung, dengan Platinum Jubilee Pageant resmi tersedia jalan-jalan London, menampilkan pertunjukan, penari, dan bahkan pasukan militer Inggris datang bersama untuk menceritakan kisah pemerintahan ratu menggunakan “kemegahan dan upacara, seni jalanan, teater, musik, sirkus, kostum serta teknologi visual mutakhir,” bunyi pernyataan itu. Anak-anak sekolah dari seluruh negeri juga didorong untuk membantu membuat dua ratus bendera sutra untuk diarak di The Mall London "seperti sungai yang bergerak" yang menampilkan pesan untuk masa depan tentang perubahan iklim.

Meski belum ada daftar resminya, seharusnya semua anggota keluarga kerajaan diperkirakan akan ikut ambil bagian dalam kegiatan jubilee, antara lain Pangeran William dan Duchess Kate, Pangeran Charles dan Duchess Camilla, Putri Anne, Pangeran Edward, dan Countess Sophie, serta masih banyak lagi. Bahkan Pangeran Harry dan Duchess Meghan dikabarkan akan kembali ke Inggris untuk acara tersebut, namun tergantung pada pembatasan Covid-19 pada saat itu.

“Hari libur [umum] akan memberikan kesempatan bagi komunitas dan orang-orang di seluruh Inggris untuk berkumpul bersama merayakan momen bersejarah itu,” ujar juru bicara Istana Buckingham. "Empat hari perayaan akan mencakup acara publik dan kegiatan komunitas, serta momen refleksi nasional tentang 70 tahun pelayanan ratu."

Hanya waktu yang akan memberi tahu apakah ada anggota keluarga yang ambil bagian dalam kompetisi membuat kue nasional yang diluncurkan untuk mendedikasikan makanan penutup baru bagi sang ratu. Penduduk Inggris yang berusia di atas delapan tahun didorong untuk membuat “resep Puding Platinum yang sempurna” untuk Mary Berry dari The Great British Bake Off. Kepala koki Istana Buckingham, Mark Flanagan; dan koki asal Selandia Baru Monica Galetti akan hadir sebagai juri. Hidangan pemenang akan disajikan di Makan Siang Jubilee Besar selama akhir pekan Yobel dan, istana berharap, akan menjadi hidangan favorit baru bagi rakyat Inggris untuk generasi yang akan datang.

Perayaan akan berlanjut di luar liburan akhir pekan juga. Pameran khusus yang menandai peristiwa penting dalam pemerintahan ratu akan dipentaskan di kediaman kerajaan mulai bulan Juli. Perhiasan pribadi yang dikenakannya untuk potret resmi dari tahun 1950-an tak absen akan dipamerkan di State Rooms Istana Buckingham, gaun penobatan resminya tahun 1953 juga akan dipajang di Kastil Windsor, dan busana dari lemari pakaian kerajaannya  akan tersedia untuk dilihat di Istana Holyroodhouse, Scotland.

Meskipun acara Yobel akan berlangsung selama musim panas ini, 6 Februari adalah tanggal resmi ke-70 tahun sang ratu memerintah di atas takhta. The Queen's Green Canopy adalah salah satu inisiatif Yobel pertama yang diluncurkan tahun lalu. Lebih dari 60.000 pohon telah ditanam di seluruh Inggris, dan akan terus ditanam hingga Maret 2023. Selain menandai kesempatan tersebut, diharapkan pohon muda yang terekam di peta digital pada akhirnya akan menjadi hutan dan menjadi kawasan hijau perkotaan untuk dinikmati oleh generasi mendatang.

Acara penting lainnya yang diumumkan hari ini termasuk Layanan Thanksgiving untuk pemerintahan ratu di Katedral St. Paul di London dan parade ulang tahun resminya pada 2 Juni atau yang lebih dikenal dengan nama Trooping the Colour. Seperti tradisi, parade militer akan berlangsung hanya beberapa langkah dari Istana Buckingham, di mana acara tersebut akan memperlihatkan ratu dan anggota keluarga berkumpul di balkonnya yang terkenal untuk menonton atraksi Royal Air Force flyover.

(Foto: Courtesy of Instagram @royalmintuk)
(Foto: Courtesy of Instagram @royalmintuk)

(Foto: Courtesy of Instagram @royalmintuk)
(Foto: Courtesy of Instagram @royalmintuk)

(Foto: Courtesy of Instagram @royalmintuk)
(Foto: Courtesy of Instagram @royalmintuk)

(Foto: Courtesy of Instagram @royalmintuk)
(Foto: Courtesy of Instagram @royalmintuk)

Pekan lalu, Royal Mint meluncurkan koin baru untuk memperingati acara Platinum Jubilee yang menampilkan lencana ratu, jumlah tahun yang dirayakan, dan gambar ratu menunggang kuda.

Baca juga:

Ratu Elizabeth II Berikan Penghormatan kepada Pangeran Philip Saat Mendesak Aksi Iklim dalam Video Terbaru

Ratu Elizabeth Berbicara Secara Publik tentang Pangeran Philip Untuk Pertama Kalinya Sejak Kematiannya

(Penulis: Omid Scobie; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)