Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

16 Film Terbaik Tentang Tragedi dan Kejadian Alam yang Tak Bosan Ditonton Berulang

Sudah siap untuk sesi movie marathon Anda selanjutnya?

16 Film Terbaik Tentang Tragedi dan Kejadian Alam yang Tak Bosan Ditonton Berulang

Di awal tahun 2021, tidak hanya masih harus berperang melawan pandemi coronavirus yang untungnya telah menemukan vaksin dan memasuki tahap pendistribusian, Indonesia telah “diserang” oleh berbagai peristiwa bencana alam yang terjadi di berbagai wilayah di Nusantara. 

Dengan hadirnya berbagai peristiwa yang telah terjadi ini, tentunya kita harus kembali siap siaga dan selalu berhati-hati terutama ketika menghadapi bencana alam. Untuk itu, di bawah ini Bazaar telah merangkum 16 judul film bertema bencana alam yang dapat Anda saksikan. 

1. Contagion


Ketika berbicara mengenai bencana dan juga kaitannya dengan pandemi coronavirus, maka rasanya tak ada film yang lebih tepat untuk menggambarkan kondisi yang sedang kita alami selain film arahan sutradara Steven Soderbergh yang rilis pada tahun 2011 silam berjudul Contagion. Bercerita tentang penyakit tak dikenal yang tiba-tiba menyerang seorang wanita bernama Beth Emhoff (Gwyneth Paltrow) setelah kembali dari perjalanan bisnis ke Hong Kong, penyebaran virus ini sangat cepat dan masif. 

2. World War Z


Diangkat dari novel karya Max Brooks, World War Z yang dibintangi oleh Brad Pitt mengangkat kisah mengenai karakter yang diperankan Brad dalam perjuangannya untuk menemukan solusi atas kiamat zombie yang melanda muka bumi dan menyebar secara cepat ke seluruh dunia hingga mengancam keberlanjutan umat manusia.

3. Pompeii


Diperankan oleh Kit Harington, Pompeii yang berlatar di era tahun 79 M, menceritakan kisah epik seorang budak yang berubah menjadi gladiator bernama Milo (Kit Harington) yang menemukan dirinya berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan cinta sejatinya Cassia (Emily Browning), putri cantik dari seorang pedagang kaya di tengah peristiwa meletusnya Gunung Vesuvius, ketegangan tentu dapat terlihat sepanjang film.

4. Geostorm 


Dirilis pada tahun 2017 dan dibintangi oleh Gerard Butler, Jim Sturgess, Ed Harris, dan Andy Garcia, Geostorm mengangkat kisah mengenai seorang perancang satelit yang mencoba untuk menyelamatkan dunia dari badai yang disebabkan oleh satelit pengontrol iklim yang tidak berfungsi.

5. The Day After Tomorrow


Bagaimana jadinya jika dunia memasuki zaman es baru yang membuat para penduduk dunia berbondong-bondong mengungsi ke iklim yang lebih hangat di selatan namun keluarga Anda terjebak di kota New York? Itulah yang dialami oleh seorang ahli paleoklimatologi, Jack Hall (Dennis Quad) ketika dirinya harus melakukan tindakan heroik untuk menyelamatkan putranya dari serangan gelombang ari besar dan suhu dingin yang dapat membekukan bahkan membunuh mereka.

6. Independence Day


Menghadirkan sederet nama-nama besar di industri hiburan dunia mulai dari Will Smith, Pill Pullman, hingga Jeff Goldblum, Independence Day mungkin dapat dikatakan sebagai salah satu film dengan tema bencana paling ikonis sepanjang masa. Ketegangan dari awal hingga akhir jalannya film juga dapat terasa terutama ketika melihat upaya kolaborasi antara kapten pilot  Steven Hiller (Will Smith), insinyur David Levinson (Jeff Goldblum), dan Presiden Amerika Serikat Thomas J. Whitmore yang juga seorang mantan pilot (Pill Pullman) berjuang untuk melawan invasi alien yang mengancam keamanan dan mencoba untuk mengambil alih bumi. 

7. 2012


Masih ingatkah Anda dengan ramalan yang mengatakan bahwa tahun 2012 akan terjadi kiamat? Berangkat dari berita inilah akhirnya film dengan judul 2012 dirilis pada tahun 2009 yang mengangkat kisah Dr. Adrian Helmsley yang merupakan bagian dari tim gabungan geofisika dari seluruh dunia menemukan adanya efek radiasi dari badai matahari yang belum pernah terjadi sebelumnya pada bumi dan bagaimana inti bumi sedang memanas dan berada dalam kondisi tidak stabil. Tidak hanya itu saja, keadaan pun semakin menegangkan ketika letusan gunung berapi dan gempa bumi dengan kekuatan yang belum pernah terjadi sebelumnya menimbulkan malapetaka di seluruh penjuru dunia. 

8. Titanic


Film yang berhasil mengantarkan dua pemeran utamanya, Leonardo Dicaprio dan Kate Winslet memang menjadi salah dua artis paling diperhitungkan di jagat Hollywood. Film klasik Titanic yang dirilis pada tahun 1997 dan diangkat dari sebuah tragedi nyata ini memang nyatanya tak boleh terlewatkan dari daftar ini!

9. The Impossible


Sebuah keluarga biasa yang terdiri dari Maria (Naomi Watts), Henry (Ewan McGregor) dan ketiga anak mereka (patut diantisipasi: penampilan Tom Holland muda jauh sebelum ia berhasil menyihir kita dengan kharismanya saat memerankan karakter Spiderman) sedang bepergian ke Thailand untuk menghabiskan libur Natal. Namun bagaimana jadinya jika sebuah liburan keluarga yang sempurna ini berubah menjadi sebuah malapetaka ketika sebuah tsunami menerjang dan memisahkan semua anggota keluarga? Siapa yang akan selamat, dan apa yang akan terjadi dengan mereka?

10. The Perfect Storm


Menampilkan kemampuan akting yang luar biasa dari  kolaborasi antara George Clooney dan Mark Wahlberg, The Perfect Storm yang dirilis 21 tahun yang lalu ini menceritakan tentang perjalanan enam nelayan yang harus terjebak dalam sebuah badai mematikan saat mereka berlayar ke Atlantik Utara. Lalu bagaimana mereka dapat bertahan melawan fenomena alam yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sebuah perahu nelayan yang hanya dilengkapi dengan peralatan sederhana?

11. San Andreas


Setelah membuktikan diri dengan kemampuan aktingnya dalam film-film bergenre aksi, kali ini mantan petarung profesional, Dwayne Johnson kembali beraksi lewat film bertema bencana alam ketika dirinya yang merupakan seorang pilot penyelamat untuk Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles berjuang menemukan putrinya, Blake (Alexandra Daddario), yang sedang berada di tengah kekacauan akibat  gempa bumi yang mengguncang seluruh negara bagian dan tercatat sebagai gempa bumi terbesar dalam sepanjang sejarah. Bersama dengan istrinya, Emma lihat bagaimana keduanya melakukan perjalanan untuk menyelamatkan putri mereka.

12. Ashfall


Diperankan oleh sederet nama ternama di industri hiburan Korea Selatan seperti Lee Byun Hun, Ha Jung Woo, Ma Dong Seok, dan Bae Suzy, Ashfall mengangkat kisah tentang sebuah gunung berapi Baekdu yang terletak di perbatasan China-Korea Utara. Dengan ancaman letusan besar yang akan terjadi, tim profesional terlatih dari Korea Selatan dan Utara bersatu. Bersama-sama, mereka harus bergabung dan berusaha mencegah bencana dahsyat tersebut mengancam Semenanjung Korea. 

13. Outbreak


Menjadi film lain hasil karya sutradara Wolfgang Petersen (The Perfect Storm), tak jauh berbeda dengan kisah Contagion, Outbreak menyoroti fenomena yang ditemukan oleh seorang dokter militer, Kolonel Dr. Sam Daniels (Dustin Hoffman)  yang sedang ditugaskan oleh atasannya Jenderal Billy Ford (Morgan Freeman) untuk menyelidiki munculnya penyakit mematikan di sebuah desa Afrika yang sayangnya berhasil masuk ke Amerika Serikat lewat sebuah monyet asal Afrika dan menyebar dengan waktu yang sangat cepat.  

14. Poseidon


Sedang menikmati momen malam tahun baru di sebuah kapal pesiar besar di Samudera Atlantik Utara, terdengar sangat menakjubkan bukan? Namun bagaimana jadinya jika kebahagiaan itu malah berbalik menjadi sebuah malapetaka? Itulah yang terjadi pada lebih dari 2000 penumpang dan kru dari kapal besar Poseidon ketika menemukan kenyataan bahwa kapal tersebut telah terbalik di laut lepas. Ikuti bagaimana perjalanan Dylan Johns yang adalah salah satu penumpang kapal ketika ia berjuang untuk mempertahankan hidupnya untuk bisa sampai ke dataran. 

15. Dante’s Peak


Menghadirkan kolaborasi menakjubkan antara wanita tangguh, Linda Hamilton yang kita kenal lewat perannya di film Terminator dengan mantan pemeran agen rahasia James Bond, Pierce Brosnan, film yang rilis pada tahun 1997 ini mengangkat kisah mengenai seorang ahli vulkanologi bernama Harry Dalton (Pierce) dan walikota Rachel Wando (Linda) dari kota Dante's Peak yang mencoba untuk meyakinkan dewan kota dan ahli vulkanologi lainnya bahwa gunung berapi yang berada tepat di atas puncak gunung Dante sudah dapat keadaan berbahaya dan dapat mengancam seluruh penduduk yang tinggal di daerah sekitarnya. 

16. Twister

Film yang dirilis pada tahun 1996 dan dibintangi oleh Bill Paxton, Helent Hunt, dan mendiang Philip Seymour Hoffman ini mengangkat kisah tentang seorang petugas cuaca TV bernama Bill Harding (Bill) yang bekerja sama dengan istrinya sang pemburu tornado dan tim stormchasers saat mereka mencoba memasukkan alat pengukur revolusioner ke jantung dari beberapa tornado yang sangat ganas. 

Dari 16 judul drama di atas, mana favorit Anda?

(Layout: Tevia Andriani; Foto: IMDb, Video: YouTube)