6 Tren Tas Paling Populer untuk Musim Gugur 2024

Ada banyak warna yang memukau dan sedikit sentuhan kekacauan.

Courtesy of BAZAAR US


Memanfaatkan tas Anda sepenuhnya dengan benar-benar menggunakannya — adalah tren tas yang paling diminati untuk musim gugur ini. Hari-hari di mana orang enggan menaruh tas mereka di trotoar atau lantai kereta bawah tanah kini telah berlalu. Noda anggur seperti yang dikenakan oleh Olsen — gaya yang mereka populerkan dengan tas Balenciaga city yang sudah terlihat usang di tahun 2010-an — bahkan kini dianggap lebih menarik. Tas mewah tidak lagi harus diperlakukan seperti barang berharga yang terlalu dijaga. Cukup lihat bagaimana orang-orang menambah aksesori pada tas mereka dengan gantungan kunci berbulu dan gelang persahabatan yang penuh warna. Sekarang, tas-tas ini lebih menyenangkan — tidak lagi kaku dan formal.

BACA JUGA: 10 Tas Anyaman untuk Tampilan Pantai dan Keseharian Anda

Di atas panggung runway Fall 2024, para model membawa tas yang penuh dengan berbagai barang, seperti sepasang sepatu cadangan atau pakaian tambahan, seperti yang ditampilkan di Miu Miu. Atau tas-tas besar yang sengaja dibuat kusut, seperti di Prada dan Balenciaga. Tas-tas yang menjadi incaran saat ini adalah tas yang terlihat seperti telah menjalani berbagai momen hidup bersama Anda, lengkap dengan tanda-tanda dan keunikan yang menceritakan kisahnya.

Ini bisa dibilang sebagai tren tas terbaik yang muncul dalam beberapa musim terakhir, karena Anda dijamin akan mendapatkan nilai maksimal dari setiap kali pemakaiannya. Tas-tas dari panggung Fall/Winter 2024–25 bukanlah jenis yang hanya dipakai selama satu musim — ini adalah tas yang akan Anda bawa berulang kali, musim demi musim.

Berikut adalah enam tren tas terbesar untuk musim gugur yang akan datang.

Bags in Split-Pea Green

Gucci FW 2024

Fendi FW 2024

Burberry FW 2024

Shop Green Bags

Gucci Diana Small Tote Bag

Bottega Veneta Mini Arco Tote Bag

JW Anderson Corner Leather Bucket Bag

Miu Miu Nappa Shoulder Bag

Staud Croc-Embossed Leather Shoulder Bag

Merah masih menjadi bintang di runway sebagai warna aksen favorit, namun ada warna hijau baru yang mulai mencuri perhatian. Dalam beberapa musim terakhir, Prada dan Miu Miu menghadirkan tas dengan warna hijau kacang yang unik dan menarik. Meski mungkin bukan warna yang biasanya diasosiasikan dengan tas desainer yang berkelas, namun seperti yang terlihat di runway Gucci dan Fendi, hijau ini memberikan energi yang tak kalah dengan semburat merah atau maroon. Bahkan, warna ini menambahkan sentuhan eksentrik yang membuat setiap tampilan terasa segar dan penuh kejutan.

The Return of the Bucket Bag

Gucci FW 2024

Ulla Johnson FW24

Schiaparelli FW24

Shop Bucket Bags

Reformation Small Silvana Bucket Bag

Saint Laurent Panier Small Leather-Trimmed Raffia Tote

Loewe Mini Pebble Bucket

Prada Suede Mini Bucket Bag

Miu Miu Leather Bucket Bag

Di tengah dominasi tas berukuran besar, tas mikro kini terasa seperti kenangan masa lalu di dunia mode. Namun, tas bucket — yang populer di pertengahan 2010-an — kini kembali hadir dengan ukuran yang lebih kecil. Di peragaan Ulla Johnson, para model memamerkan tas bucket suede yang digantung di dua jari saat mereka berjalan di atas runway. Sementara di Gucci, tren ini tampil dalam bentuk yang sedikit berbeda, lebih mirip dengan tas makeup vintage. Keunikan tas ini adalah bahwa Anda tidak bisa hanya meletakkannya di bahu — Anda harus benar-benar memperhatikannya saat menggunakannya. Tas ini memerlukan perhatian penuh, baik dari Anda sendiri maupun orang-orang di sekitar Anda.

Bags Made to Have and to Hold

Miu Miu FW 2024

Burberry FW24

Bottega Veneta FW24

Shop Carryall Bags

Prada Large Leather Handbag

Alaïa Le Teckel Textured-Leather Shoulder Bag

Métier Perriand City Medium Tote

Savette Symmetry Pochette Leather Tote

Toteme T-Lock Textured-Leather Shoulder Bag

Di Miu Miu musim ini, setiap model tampak seperti gadis yang baru saja membongkar lemari ibunya yang lebih trendi. Mutiara menghiasi kerah yang dibiarkan terbuka, sementara tas-tas besar dipegang dengan sarung tangan yang nyaris berlebihan. Bentuk tas ini menggabungkan elemen tas bowling dan tas dokter, dan para model memeluknya erat seperti peti harta karun yang dipenuhi dengan kebahagiaan kecil sehari-hari.

A Little Ladylike Pocketbook

Sandy Liang FW 2024

Chanel FW24

Anna Sui FW24

Shop Ladylike Bags

Sandy Liang Secure Bag

Vivienne Westwood Belle Heart Mini Bag

Mango Double Strap Bag

Madewell Medium Crossbody Bag

The Row ’90s Small Leather Shoulder Bag

Apa yang terjadi dengan tas kecil? Istilah ini hampir tidak digunakan lagi untuk menyebut tas tangan, karena sebagian besar model terbaru kehilangan pesona feminin yang lembut sampai sekarang. Dalam pertunjukan terbarunya, Anna Sui menghadirkan tas vintage dengan tenunan dan brokat chenille. Di Sandy Liang, para model memamerkan tas kecil yang dihiasi pita dengan kedua tangan bersarung tangan. Penampilan ini membangkitkan nostalgia akan masa-masa sederhana ketika Anda hanya perlu membawa buku kecil alih-alih ponsel.

Bags That Make You (Literally) Feel Something

Prada FW 2024

Simone Rocha FW24

Molly Goddard FW24

Shop Textured Bags

Khaite Lilith Faux Fur-Trimmed Leather Tote

Dries Van Noten Leather-Trimmed Tote Bag

Loewe Mini Squeeze Bag in Beaded Leather

PUBLISHED BY Stone Cloud Metallic Shoulder Bag

Blumarine rhinestone-logo faux-fur Tote Bag

Di Simone Rocha, para model membawa tas yang tampaknya adalah mainan berbulu dengan mata merah yang mencolok. Ternyata, makhluk ini terinspirasi oleh church grim, sosok penjaga dalam folklore Inggris yang melindungi tanah suci dari kejahatan. Meskipun “aksesori berbentuk mainan anak-anak yang terinspirasi oleh legenda gelap” bukan tren umum di runway, tas dengan tekstur berbulu memang menjadi favorit. Di Prada, tas-tas tersebut dihiasi dengan bulu cerah. Di Loewe, tas squeeze yang populer dihias dengan manik-manik rumit, seperti lukisan bunga pada kulit. Bahkan di Tory Burch, tas-tas tampak kurang ramping dari biasanya, dengan tali yang membungkus tas flap seperti keranjang kecil. Saat ini, orang tidak hanya mencari tas untuk dibawa, tetapi juga untuk dirasakan.

Oversize Bags Overflowing With Life

Balenciaga FW24

Coach FW24

Miu Miu FW24

Shop Big Bags

Sardine Hobo

Loewe Puzzle Fold XL Convertible Leather Tote

Aventure nappa leather bag

Maison Margiela

Isabel Marant Isabel Marant Wardy Bag Black One Size

Tas besar telah menjadi tren selama beberapa musim terakhir. Namun, cara mereka dipadukan telah mengalami perubahan. Awalnya, tas-tas tersebut besar namun tertutup rapat — solusi ideal untuk membawa semua barang dalam sehari. Namun, di pertunjukan Musim Semi 2024 Miu Miu, Miuccia Prada menampilkan keindahan dalam tas yang terlalu penuh, dengan pakaian dan sepatu yang menjulur dari samping. Seperti yang saya tulis dalam ulasan saya, “Nyonya Prada memahami bahwa menjadi wanita terkadang berarti membawa perubahan pakaian di dalam tas Anda, memungkinkan Anda berubah menjadi versi diri Anda yang diharapkan.”

Sekarang, ide ini tersebar luas. Tas-tas tidak lagi hanya mencerminkan pemisahan kehidupan, tetapi juga kesibukannya. Seolah-olah tas memberi izin kepada Anda untuk menunjukkan diri Anda yang penuh dan berantakan. Di Prada, tas-tas dilengkapi dengan tas kecil yang diikat pada pegangan. Di Tory Burch, tali-tali dibiarkan terlepas, membuat flap terjuntai di runway. Dan di Coach, aksesori berkarakter unik menggantung dari tas, menambah kepribadian pada setiap tas.

BACA JUGA:

Pilihan Tas Malam Terbaik Musim Ini

Gaya Parisian Chic dengan Koleksi Baru Longchamp

(Penulis: Tara Gonzalez; Artikel ini disadur dari: BAZAAR US; Alih bahasa: Vanesa Novelia; Foto: Courtesy of BAZAAR US)