Bloke Core: Gaya Streetwear yang Menjadi Simbol Kekinian

Dimana semangat sepak bola klasik bertemu dengan gaya kontemporer untuk penggemar streetwear modern.

Courtesy of @peggygou_, @officialasroma, and @hejiraa on Instagram


Jersey sepak bola rupanya tidak lagi hanya dipakai oleh laki-laki di lapangan olahraga.

"Bloke Core" adalah istilah untuk tren fashion kekinian yang menggabungkan pakaian kasual sehari-hari dengan estetika khas yang terinspirasi dari sepak bola. Tren tersebut dimulai dari para penggemar sepak bola (terutama dari Inggris) yang memadukan jersey tim sepak bola favorit dengan selera gaya busana mereka sehari-hari. Tren fashion Bloke Core secara effortless menggabung kenyamanan dengan gaya, menjadikannya pilihan ideal laki-laki maupun perempuan untuk dipakai sehari-hari.

BACA JUGA: Tampilan Koleksi Sepatu Puma di Kaki Jefri Nichol

Courtesy of @audra.a on Instagram

Mengapa jersey sepak bola tiba-tiba booming di dunia streetwear? Salah satu alasannya adalah perpaduan antara kenyamanan dari bahan poliester dan berbagai detail unik dalam desain yang ditawarkan. Jersey sepak bola dibuat dari bahan yang ringan, breathable, dan dirancang untuk mobilitas sehingga membuatnya sempurna untuk dipakai sehari-hari. Selain itu, kombinasi warna yang seru dari sebuah jersey juga membuatnya mudah dipadukan dengan bawahan apapun.

Selain aspek desain dari jersey yang kontemporer, jersey sepak bola juga memiliki nilai simbolis. Memakai jersey dengan nomor pemain idola atau logo tim favorit bisa menjadi bentuk ekspresi diri, kebanggaan, dan solidaritas terhadap komunitas. Tambahan daya tarik emosional itulah yang membuat jersey menjadi pakaian timeless yang semakin digemari di dunia streetwear.

Courtesy of @raisa6690 on Instagram

Untuk perempuan, banyak fashion icons di seluruh dunia yang berhasil mix and match pakaian jersey mereka sehingga ada sentuhan feminim. Banyak yang menggunakan jersey mereka dengan rok maxi, heels, atau aksesoris bold favoritnya sehingga membuat tampilan mereka seimbang antara playful dan modern chic.

Courtesy of @peggygou_ on Instagram

Courtesy of Puma

Untuk selebriti stylish seperti Peggy Gou atau Dua Lipa, koleksi jersey mereka yang menghasilkan tampilan outfit streetwear keren tidak harus dipertanyakan.

Mencari jersey favorit Anda merupakan hal yang tidak sulit. Banyak brand olahraga seperti Adidas, Nike, dan butik resmi club olahraga favorit Anda yang menjual jersey untuk laki-laki dan perempuan dalam banyak warna dan desain resmi (seperti yang digunakan para pemain on-field atau off-field).

Courtesy of Gimme

Namun, jika Anda sedang menjadi jersey non-club yang unik, banyak brand luar dan lokal ternama turut mengadopsi elemen-elemen jersey sepak bola ke dalam koleksi streetwear mereka, dengan nuansa warna, tulisan grafik, dan detail patching yang baru.

Untuk Anda yang ingin bereksperimentasi dengan Bloke Core, Bazaar mencatat rekomendasi merek sekaligus inspirasi outfit Jersey non-club yang stylish.

  1. Gimme (Sekitar IDR 550,000 di e-commerce resmi)
    Courtesy of Gimme

  2. Ballers Club Studio (Sekitar IDR 700,000 di web resmi)
    Courtesy of Ballers Club Studio

  3. Baara Studio (Sekitar IDR 650,000 di web resmi)
    Courtesy of Baara

  4. Pièces (Sekitar IDR 2,994,000 di web resmi)
    Courtesy of Pièces

  5. Casablanca (Sekitar IDR 7,200,000 di Ssense.com)
    Courtesy of Casablanca

  6. Wales Bonner (Sekitar IDR 5,520,000 di Ssense,com)
    Courtesy of SSENSE and Wales Bonner

BACA JUGA:
10 Fakta Menarik Tentang Diptyque, Brand Wewangian Mewah dari Paris
10 Rekomendasi Jam Tangan Kasual yang Wajib Anda Punya