Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Gadis Kretek Masuk Dalam Empat Nominasi di Asia Contents Awards & Global OTT Awards 2024

Asia Contents Awards & Global OTT Awards 2024 umumkan 11 nominasi kompetitif dan dewan juri.

Gadis Kretek Masuk Dalam Empat Nominasi di Asia Contents Awards & Global OTT Awards 2024

Asia Contents Awards & Global OTT Awards (ACA & G.OTT Awards) 2024, yang akan digelar pada 6 Oktober di BIFF Theater, Busan Cinema Center, telah mengumumkan daftar nominasi untuk 11 kategori kompetitif serta dewan juri yang akan menentukan para pemenang.

BACA JUGA: Gadis Kretek dalam Premiere Global di Busan International Film Festival ke-28

ACA & G.OTT Awards 2024 menandai tahun keenamnya sejak diluncurkan pada 2019 untuk mendorong pertumbuhan industri konten Asia. Pada tahun 2023, ACA & G.OTT Awards memperluas cakupannya melampaui Asia untuk mengakui keunggulan konten global di semua platform media, termasuk TV, OTT, dan online. Tahun ini, penghargaan tersebut menerima total 201 pengajuan dari 16 negara. Setelah evaluasi menyeluruh oleh 12 juri pendahuluan dari seluruh dunia, 41 karya dari 10 negara telah terpilih sebagai nominasi akhir dalam 11 kategori kompetitif. Pemenang akhir akan ditentukan oleh tujuh juri internasional, yang semakin meningkatkan antisipasi terhadap hasil penghargaan tersebut.

Api dari serial yang diadaptasi dari novel karya Ratih Kumala itu tak henti menuai kesuksesan sejak penayangannya. "Gadis Kretek" atau Cigarette Girl serial Netflix Original pertama dari Indonesia, berhasil meraih empat nominasi. Antara lain:

  • Best Creative untuk Kamila Andini & Ifa Ifansyah
  • Best Director untuk Kamila Andini & Ifa Ifansyah
  • Best Lead Actor (Female) untuk Dian Sastrowardoyo
  • Best Supporting Actor (Male) untuk Arya Saloka

Serial ini bersaing dengan karya-karya lain seperti "Blossoms Shanghai" dari sutradara Wong Kar Wai, serial Jepang "VIVANT" dengan jajaran aktor ternama, dan serial Thailand populer "ENIGMA".

Dian Sastrowardoyo, yang dikenal luas berkat perannya dalam film "Ada Apa Dengan Cinta?", akan bersaing dengan aktris-aktris berbakat lainnya seperti Park Bo-young "Daily Dose of Sunshine", Nikaido Fumi "Eye Love You", Ariel Lin "Imperfect Us", Zhou Xun "Imperfect Victim", dan Kim Hyeyoon "Lovely Runner" dalam kategori Best Lead Actor (Female).

Selain itu, semua nominasi dalam kategori akting juga memenuhi syarat untuk People's Choice Awards, sebuah penghargaan baru yang memungkinkan penonton memilih favorit mereka. Pemungutan suara global akan dimulai pada 9 September pukul 15:00 KST melalui aplikasi seluler dan situs web Kinolights.

ACA & G.OTT Awards 2024 juga memperkenalkan kategori Best Original Song yang menampilkan lagu-lagu yang berkesan bagi penonton, serta kategori Best Reality & Variety yang beragam seperti tahun-tahun sebelumnya.

Courtesy of BIFF

Tujuh juri ACA & G.OTT Awards 2024, termasuk aktor Jepang Nishijima Hidetoshi yang dikenal lewat perannya dalam "Drive My Car" (2021), serial Apple TV+ "Sunny" (2024) dan pemenang Golden Bell Awards Alice Ko, akan menentukan para pemenang dalam 11 kategori kompetitif. Mereka akan bergabung dengan Baek Mi-kyoung (penulis "Strong Girl Bong-soon"), An Eunmi (CEO Pollux Studio), Matsuba Naohiko (produser eksekutif di TV Man Union), Max Michael (Head of Asian Business Development di United Talent Agency), dan Ellen Y.D. Kim (direktur Asian Contents & Film Market).

ACA & G.OTT Awards 2024 akan diselenggarakan pada 6 Oktober pukul 18:00 KST di BIFF Theater, Busan Cinema Center. Selain para nominasi dan juri, berbagai talenta kreatif dari industri ini juga akan hadir, semakin meningkatkan status acara ini sebagai pusat global untuk konten OTT.

BACA JUGA: 
Rahasia Arti Busana Dasiyah di Serial Netflix Gadis Kretek
7 Karya Indonesia yang Akan Tayang di Waktu Netflix Indonesia

(Penulis: Matthew De Jano; Layout oleh Kania Ivanka Ardania)