Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ciptakan Rambut yang Sehat dengan 8 Kebiasaan ini!

Sejumlah kebiasaan yang direkomendasikan oleh pakar rambut dan kulit kepala!

Ciptakan Rambut yang Sehat dengan 8 Kebiasaan ini!
Courtesy of Bazaar UK

Rambut sehat adalah holy grail kecantikan, yang sangat diidamkan oleh sebagian besar dari kita, namun jarang sekali kita rasakan. 

BACA JUGA: 10 Manfaat Memakai Serum Rambut

Serta itu terjadi bukannya karena tidak mau mencoba layanan dan produk profesional. Misalnya, penata rambut terbaik tentu saja membantu, seperti halnya sampo terbaik untuk jenis rambut Anda, masker deep conditioning, dan tonik kulit kepala untuk mengatasi masalah. 

Namun sering kali, kebiasaan sehari-hari yang akumulatif, yang tidak memerlukan biaya, yang mampu membentuk good day hair secara konsisten. 

"Langkah-langkah kecil akan membuahkan hasil yang besar," kata Anabel Kingsley, konsultan trichologist, dan Brand President Philip Kingsley yang terkenal, kepada Bazaar. "Ada begitu banyak hal kecil yang benar-benar dapat meningkatkan kesehatan rambut Anda."

Di bawah ini, sang ahli berbagi delapan tip untuk mendapatkan rambut indah yang dapat dengan mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Courtesy of Bazaar UK

1. Peras dan tepuk-tepuk rambut Anda saat mengeringkan dengan handuk. "Jangan menggosok sehingga membuatnya kasar. Hal ini tidak hanya dapat menyebabkan kekusutan tetapi juga membuat kutikula rambut menjadi kasar, yang berdampak pada kehalusan helai rambut Anda."

2. Hindari menumpuk rambut Anda di atas kepala saat keramas. "Sekali lagi, hal ini dapat menyebabkan kekusutan yang tidak perlu. Sebagai gantinya, pusatkan perhatian untuk membersihkan kulit kepala Anda dengan pijatan kulit kepala yang baik. Busa-busa tersebut akan mengalir dan membersihkan helaian rambut Anda."

3. Lepaskan ikatan rambut sebelum Anda mencuci rambut. "Ini berarti lebih sedikit waktu yang dibutuhkan untuk mengurai rambut saat basah - yaitu saat rambut Anda berada pada kondisi terlemah."

4. Jangan pernah memetik ujung rambut yang bercabang. "Semakin jauh rambut bercabang menjalar ke batang rambut, semakin tipis dan rapuh rambut tersebut."

5. Tidak perlu menggunakan scalp massager kepala untuk memijat kulit kepala Anda. "Ujung jari Anda adalah alat terbaik. Sikat kulit kepala bisa menjadi agresif dan dapat merusak kulit kepala, serta membuat kulit kepala menjadi lebih kusut."

6. Jaga agar alat hairstyling dengan panas seminimal mungkin dan keringkan rambut Anda jika memungkinkan. "Panas menarik kelembapan dari helai rambut kita, yang menyebabkan rambut kering, yang dapat meningkatkan porositas rambut. Porositas rambut ialah kemampuannya untuk mempertahankan serta kehilangan kelembapan."

Courtesy of Bazaar UK

7. Jangan buang-buang uang untuk sampo yang menjanjikan untuk menghentikan kerontokan rambut. "Rambut rontok adalah istilah umum untuk semua jenis kerontokan rambut. Sampo rambut rontok tidak dapat, bahkan tidak akan, menghentikan kerontokan rambut berpola pada wanita atau pria, atau Teleogen Effluvium. Dikarenakan bahan aktif dalam formula pencuci diterapkan pada lingkungan yang encer dan tidak bertahan di kulit kepala untuk jangka waktu yang cukup lama untuk memberikan efek."

8. Jangan melewatkan sarapan. "Ini adalah salah satu waktu makan yang paling penting dalam sehari karena sel-sel rambut kita paling aktif di pagi hari. Pada semua waktu makan, pastikan Anda mendapatkan cukup protein karena protein adalah bahan pembangun rambut."

BACA JUGA:
Seberapa Sering Anda Harus Mencuci Rambut?
15 Shampoo Bebas Sulfat untuk Melindungi Rambut Anda

(Penulis: Bridget March Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of Bazaar UK)