Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Empat Langkah Haircare untuk Rambut Rontok

Kali ini Bazaar, akan membantu Anda mengatasi masalah crown jewel kepala Anda.

Empat Langkah Haircare untuk Rambut Rontok
Courtesy of Sachajuan

Siapa yang tidak pernah mengalami rambut rontok? Masalah rambut satu ini dapat dialami oleh siapa saja, dimulai dari yang muda hingga yang lanjut usia. Jika tidak diatasi, rambut rontok dapat menimbulkan kebotakan, baik bersifat sementara maupun permanen. Sebelum masuk ke cara penyembuhan, alangkah baiknya kita memahami apa itu kerontokan, hingga haircare untuk rambut rontok.

BACA JUGA: 10 Manfaat Memakai Serum Rambut

Kapan Anda terkena rambut rontok? Umumnya rambut normal akan rontok sekitar 50-100 helai setiap harinya. Jika rambut Anda rontok melebihi rentang ini, maka Anda menderita ‘rambut rontok’.

Apa saja penyebab rambut rontok? Rambut rontok umumnya disebabkan oleh gaya hidup. Beberapa di antaranya berupa: penggunaan produk rambut yang bersifat keras, mengikat rambut terlalu ketat, tidak memiliki nutrisi yang cukup pada rambut, overtreating rambut, dan stres. Selain ini, faktor genetika dan kondisi kesehatan keseluruhan juga dapat memicu rambut rontok.

Untuk mengatasi ini, Bazaar berikan empat langkah haircare untuk rambut rontok yang praktis, serta dapat kamu terapkan di rumah!

Courtesy of OUAI

Pijat kulit kepala Anda

Kelebihan: Terjangkau dan mudah dilakukan.
Kekurangan: Tidak dapat bekerja pada rambut rontok yang disebabkan oleh kondisi kesehatan. 

Ini merupakan haircare untuk rambut rontok yang paling terjangkau. Bahkan Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Caranya? Ketika keramas, gunakan jari Anda ke kulit kepala, dan pijatlah seperti biasa. Jika Anda ingin pijatannya lebih terasa, Anda dapat membeli scalp massager. 

Menggunakan essential oils

Kelebihan: Efektif, dan mudah didapatkan. 
Kekurangan: Kemungkinan dapat menimbulkan reaksi alergi.

Essential oils adalah cairan yang berasal dari tumbuhan tertentu. Umumnya digunakan sebagai aromaterapi, ataupun obat alternatif lainnya. Pada rambut rontok, direkomendasikan untuk menggunakan lavender oil dengan gabungan rosemary dan thyme. 

Untuk penggunaannya, Anda hanya perlu meneteskan essential oils langsung ke kulit kepala Anda. Gunakan ini sesudah mandi dan sebelum menyisir rambut, serta saat tidur.

Sampo khusus rambut rontok

Kelebihan: Dapat dipadukan pijatan kulit kepala, dan beberapa produk lainnya.
Kekurangan: Bagi sebagian individu, ini belum cukup dan masih harus membutuhkan resep dokter.

Sampo anti rontok bekerja dengan dua cara, yang pertama ia memberikan volume pada rambut Anda sehingga terlihat lebat, sekaligus menghentikan rambut rontok. Sampo ini juga dilengkapi dengan vitamin yang mampu menyehatkan rambut Anda.

Mengonsumsi suplemen

Kelebihan: Dapat mengatasi rambut rontok akibat kekurangan nutrisi.
Kekurangan: Dapat berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.

Rambut yang sehat sangat bergantung dengan kesehatan jasmani Anda secara keseluruhan. Pada beberapa kasus seperti malnutrisi, atau eating disorder, menyebabkan folikel gagal menumbuhkan helai rambut. 

Adapun beberapa nutrisi yang sangat diperlukan rambut berupa zat besi, zinc, dan folic acid. Carilah suplemen yang mengandung ketiga unsur tersebut.

BACA JUGA: 
Apa itu Perawatan Rambut "Dermaplaning"?
Seberapa Sering Anda Harus Mencuci Rambut?

(Penulis: Angel Lawas; Foto: Courtesy of OUAI dan Sachajuan)