Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Rekomendasi Restoran Khas Jepang di Jakarta

Berbagai restoran jepang, dari yang autentik hingga fusion.

10 Rekomendasi Restoran Khas Jepang di Jakarta
Courtesy of 3wisemonkeys_id

Tidak bisa dipungkiri Jepang berhasil menyebarkan berbagai macam produk kebudayaan mereka. Dimulai dari yang paling populer, anime dan manga, kemudian ada pula film seri seperti Alice in Borderland, bahkan hingga literatur karya Haruki Murakami atau Osamu Dazai. 

BACA JUGA: Simak Itinerary Seru Ilma Rineta dan Keluarga di Jepang

Selain media, Jepang juga membagikan selera kulinernya Lihat saja di sekitar Anda, betapa banyak restoran yang menyediakan menu dari negeri Sakura ini. Setidaknya, Anda menemukan satu restoran khas Jepang di shopping center yang ada di Jakarta. 

Banyaknya pilihan restoran mungkin membuat Anda kewalahan dalam memilihnya. Tetapi tenang saja, karena kali ini Bazaar menyusun 10 restoran khas Jepang di Jakarta, yang dapat Anda nikmati!

Restoran Autentik Jepang

Mulai dari restoran yang didirikan, dan dimasak asli dari orang Jepang. Tentu saja, restoran dalam bagian ini merupakan pilihan paling tepat jika Anda ingin mencicipi kuliner dengan rasa orisinal. Sekaligus bagi Anda yang ingin menikmati ambiance khas Jepang, tanpa ada perubahan sedikitpun.

1. Kikugawa

Courtesy of @Kikagawa_jkt

Restoran Jepang tertua di Jakarta, yang sudah berdiri sejak 1969. Restoran berlokasi di daerah Menteng ini, memiliki bangunan klasik Jepang. Didirikan langsung oleh pasangan Jepang-Indonesia, Terutake Kikuchi dan Amelia Paat. 

Nama restoran ini sendiri diambil dari nama pemilik ‘Kiku’, dan ‘Gawa’ yang berarti sungai dalam bahasa Indonesia. Dengan harapan restoran ini dapat mengalir terus seperti sungai walau sedang berada di masa-masa sulit. 

Sebagaimana restoran Jepang pada umumnya, restoran ini menyediakan berbagai menu dimulai dari menu set Yakiniku, hingga sashimi. 

Menu rekomendasi: Yakiniku set, Chicken Katsu Teriyaki Set, Sashimi Yakitori Set, Chicken Cutlet curry rice, Tempura, Yaki udon, Tempura Moriawase, Beef sukiyaki, Gyoza isi Salmon, Agedashi Tofu, dan es krim Ogura (kacang merah).

2. Kashiwa

Courtesy of @Izakayakashiwa

Jika berbicara tentang restoran autentik, kurang tepat sepertinya jika tidak menyinggung restoran ini. 

Berada di kawasan Little Tokyo, atau Blok M, Kashiwa berada di lantai dua sebuah bangunan di Jalan Melawai VIII. Anda harus menaiki anak tangga kayu kuno agar dapat mencapai restoran ini. Restoran yang menawarkan konsep Izakaya ini, memiliki Interior yang sangat kasual, disediakan berbagai macam manga, dan majalah Jepang yang dapat Anda baca. 

Restoran ini memiliki rentang harga menu yang cukup terjangkau, yakni dimulai dari 30.000 Rupiah. Dengan harga yang terjangkau, dan makanan yang enak, restoran ini selalu ramai pengunjung. 

Menu rekomendasi: Chicken Nanban, Torikawa, Gyuniku Enomaki, Tako Wasabi. 

3. Daitokyo Sakaba

Courtesy of @Daitokyosakaba

Masih di Little Tokyo, dan masih mengusung konsep Izakaya, terdapat Daitokyo Sakaba. Restoran ini menyediakan dua jenis yakni Kaunta Seki (tempat duduk ala bar) dan Koshitsu (bilik makan pribadi). 

Walau terkenal dengan yakitori-nya, Daitokyo juga memiliki berbagai varian ramen yang menggugah selera. Salah satunya Tan Shio Garlic Butter, ramen yang terbuat dari lidah sapi gurih. 

Menu rekomendasi: Kawa, Hourenzo Butter, Tonkotsu Ramen, Yakitori, Tori Karaage, Tan Shio Garlic Butter.

4. Futago Ya

Courtesy of @Gofutago

Kali ini kita beranjak sebentar dari konsep Izakaya, dan Yakitori. Futago Ya didirikan oleh tiga bersaudara, Yuka, Yuki dan Kogi. Yang awalnya terinspirasi dari bento (bekal) buatan ibu mereka, dan pada saat itu hanya menyediakan Onigiri sebagai menu utama mereka.

Saat ini, restoran ini sudah sangat berkembang dan menyediakan berbagai macam menu lainnya khas Jepang. Menu paling andalannya adalah Creamy Miso Udon, sungguhan mie udon tesktur kenyal dengan siraman kuah miso yang creamy, dan taburan beef brisket sebagai topping menjadikannya menu yang patut anda coba di restoran ini.

Menu rekomendasi: Creamy Miso Udon, Brisket Don, Oyakudon, Gyoza Don, Onigiri. 

5. Yuki

Courtesy of @Yukimelawai

Nah, ini yang ditunggu-tunggu, restoran Jepang autentik yang didirikan chef dari Jepang langsung, Hiromitsu Harada. Restoran ini mengusung konsep kombinasi restoran, bar dan karaoke. 

Menu rekomendasi: Grilled Wagyu Aburi Yukhoe.

6. Ramen Sanpachi 38

Courtesy of @Ramen38official


Tidak puas rasanya jika tidak membahas ramen autentik Jepang, dan pastinya yang halal! Di Sanpachi Anda dapat memilih tingkat kematangan mie, dan jenis mienya. Menu yang paling populer adalah Jigoku Ramen, yakni ramen pedas yang memiliki tingkatan level. Dari 1 hingga level 5 yang paling pedas.

Menu rekomendasi: Jigoku Ramen.

Restoran Fusion Jepang

Jika Anda ingin variasi yang unik pada kuliner Jepang, maka restoran fusion adalah opsi paling tepat untuk Anda. Berikut adalah empat restoran Fusion Jepang pilihan Bazaar:

1. Ichisan Ramen

Courtesy of @Ichisanramen

Sesuai dengan namanya, restoran ini menyediakan ramen sebagai menu kuliner utama mereka. Ramen Ichisan didirikan dengan konsep bar, menyerupai gerai-gerai ramen pada umumnya di Jepang. 

Hal yang paling populer di ramen ini, adalah kaldunya. Sebab kaldunya sendiri dimasak pada suhu tinggi, dan memakan waktu setidaknya sepuluh jam. 

Sedangkan menu andalan mereka adalah Krabby Baby Ramen, yang tersusun dari mie, chasiu ayam, daging kepiting soka, baby kepiting, telur, jagung pipil dan jamur kuping.

Menu rekomendasi: Krabby Baby Ramen.

2. 3 Wise Monkeys

Courtesy of 3wisemonkeys_id

Saatnya kita masuk ke sushi! Restoran yang berada di Senopati ini terkenal sebab mengusung konsep All you can eat (AYCE) sushi. Dengan harga dimulai dari 250.000 Rupiah, anda dapat menikmati sushi selama 90 menit. 

Menu rekomendasi: Salmon Lava, Calamari, Kani Mayo.

3. Henshin Jakarta

Courtesy of @Henshinjakarta

Beralih ke fine dining, Henshin menyediakan masakan Nikkei. Masakan gabungan antara Jepang dan Peru, yang sudah menjadi tradisi sejak abad ke-19. 

Anda dapat menikmati kuliner menarik ini di lantai 67 - 68 hotel The Westin, menjadikannya restoran tertinggi di Jakarta. 

Menu rekomendasi: Lomi Saltodo, Asado, Ceviche Wasabi, Puplo Al Olivo, Pulpo Ala Basra, Suspiro Nikkei, Duck Gyoza, Chupe Udon dan Tuna Foie Gras.

4. Esina Yakiniku Garden

Courtesy of @Esinayakinikugarden

Sesuai dengan namanya, restoran ini menyediakan berbagai irisan daging khas Jepang, tetapi dengan sentuhan Korea di side dish mereka. Beberapa daging populer mereka diantaranya Jyo Karubi, Wagyu Karubi, dan Tan Shio. Mereka juga menyediakan Bibimbap dan Kimchi. 

Menu rekomendasi: Jyo Karubi, Wagyu Karubi, Tan Shio.

BACA JUGA:
10 Oleh-oleh Khas Jepang yang Wajib Anda Beli
Destinasi Berbelanja Busana Jepang di Ibu Kota

(Penulis: Angel Lawas; Foto: Courtesy of @Kikugawa_jkt, @Izakayakashiwa, @Daitokyosakaba, @Yukimelawai, @Ramen38_official, @Ichisanramen, @Henshinjakarta, @Gofutago, @3Wisemonkeys_id, @Esinayakinikugarden)