Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Panduan Utama untuk Membeli Barang Vintage dan Pre-Loved Seperti Tas Chanel Vintage

Ditambah dengan sejarah singkat tentang aksesori ikonis ini.

Panduan Utama untuk Membeli Barang Vintage dan Pre-Loved Seperti Tas Chanel Vintage
Courtesy of BAZAAR UK

Dicintai oleh semua orang, mulai dari Jackie O dan Brigitte Bardot, hingga Alexa Chung dan Katie Holmes, tas Chanel klasik adalah salah satu aksesori paling ikonis di dunia.

Terlebih, tas ini sangatlah berharga. Itulah sebabnya ada banyak ketertarikan untuk tas Chanel yang vintage dan pre-loved, sehingga membuat pasar berkembang: dengan penelusuran global untuk 'tas Chanel vintage' meningkat sampai dua kali lipat dalam setahun terakhir ini.

Baca juga: 10 Tas Desainer Yang Harus Anda Miliki dan Dapat Dijadikan Investasi

Statistik itu tidak mengejutkan karena menurut Handbag Chic, terdapat peningkatan recommended retail price (RRP) telah meningkat sebesar 71 persen sejak masa pra-pandemi. Tidak hanya itu, belakangan ini, industri fashion telah menjadi lebih peduli tentang keberlanjutan. Meski banyak rumah mode telah mengeluarkan koleksi yang lebih sadar lingkungan dan sustainable, para ahli menekankan bahwa barang yang paling sustainable adalah barang yang Anda sudah miliki. Dan jika Anda masih mendambakan hormon dopamin yang didapatkan dengan berbelanja, Anda dapat membeli barang-barang bekas, dan 'Secondhand September' adalah waktu yang tepat untuk memulai.

Courtesy of BAZAAR UK

Jadi, bila Anda sedang mempertimbangkan sebuah pembelian besar, seperti tas tangan untuk investasi, ada baiknya untuk mempertimbangkan barang-barang vintage sebagai gantinya. Ada sesuatu yang tenang tentang tas bekas, dijiwai dengan cerita pemilik masa lalu, dan sudah sedikit usang dan melunak dengan bertambahnya usia. Terlebih, dengan melewati rasa membuka barang baru, Anda dapat mengurangi jejak karbon Anda, menenangkan hati nurani Anda, dan menghemat uang.

Courtesy of BAZAAR UK

Ini bukan berarti tas Chanel yang sebelumnya sudah pernah menjadi milik orang itu murah. Seperti Birkin yang selalu dihargai dan naik harga, nilai yang dipertahankan setiap barang cenderung menjadi penanda keabadian barang tersebut, hal ini membuatnya semakin penting untuk membeli tas yang tepat. Untungnya, kebangkitan e-commerce telah membuat semuanya lebih mudah; karena seromantis apapun thrifting dan menyortir barang di toko-toko vintage dan pasar loak, tetaplah ada risiko. Tetapi, sekarang setelah situs second seperti Lampoo dan Vestiaire Collective ada, dan e-tailer mewah seperti Selfridges dan Farfetch yang menyediakan barang-barang bekas, membeli tas vintage asli semakin mudah.

Namun, tetap saja, ada baiknya untuk mengetahui beberapa hal agar membantu Anda mendapatkan penawaran terbaik (dan membedakan barang-barang palsu). Kami telah merangkai sebuah panduan bermanfaat dalam membeli tas Chanel vintage.

Courtesy of BAZAAR UK

Sejarah singkat tentang tas Chanel flap bag

Saat Anda berbelanja tas Chanel vintage secara online, selayaknya Anda mengetahui apa yang sedang dilihat. Anda mungkin tahu 2.55 sebagai tas Chanel yang paling ikonis, tetapi tahukah Anda berapa banyak iterasi yang dimilikinya?

Tas 2.55 diperkenalkan pada tahun 1955. Inilah salah satu tas pertama yang dilengkapi dengan tali selempang agar memungkinkan wanita untuk tidak menggegam tas mereka, berbeda dari desain top handle tas framed bag atau pouch. Sering terinspirasi oleh pakaian pria yang ia sering mengenakan, Coco Chanel membuat sebuah fenomena dengan desainnya yang bebas repot. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, pakaian wanita dibuat dengan kantong, terbuat dari bahan yang nyaman seperti jersey, dan tidak menggunakan kawat tulang dan petticoats. Tas 2.55 sangat chic dan membebaskan, alhasil, tidak mengherankan jika itu menjadi ikon secara instan.

Aksesori tas kulit diamond-quilted ini disertai dengan tali rantai (Chanel sering menggunakan jahitan chainsstitch di ujung jaket dan rok untuk mempertahankan jatuhnya bahan yang sempurna) yang menggantung ditengah-tengah dua cincin, sehingga dapat dikenakan di bahu atau diselempang untuk tampilan cross-body yang lebih panjang. Interior burgundy tasnya memiliki sekatan yang praktis, serta kompartemen ritsleting rahasia, dan ada saku selip di bagian belakang untuk menyimpan uang tunai atau lipstik. Karena detail-detail ini, beberapa orang menggambarkan 2,55 sebagai tas 'memberontak', siapa yang tahu tempat penyimpanan dapat menjadi penanda wanita kosmopolitan abad pertengahan yang mandiri?

Kunci tas adalah taruhan terbaik Anda untuk menentukan kapan 2.55 Anda dibuat, karena itulah salah satu hal pertama yang diubah Karl Lagerfeld ketika ia menjadi direktur kreatif rumah mode tersebut pada tahun 1983. Ia mengganti kunci lonjong 'Mademoiselle' yang asli menjadi kunci ganda' C' yang kita semua kenal dan cintai, menyerah pada era logo mania pada masa itu (yang, tentu saja, terbukti berhasil). Ia juga menetapkan rantai anyaman kulit, yang terkadang digunakan untuk pegangan tas saat bahan menipis, sebagai fitur permanen. Detail bagian atas kulit sering menggunakan motif diamond, namun gaya matelassé dan chevron segera menyusul, jadi ada baiknya untuk berpikiran terbuka saat membahas detail ini. Penerbitan ulang ini sering disebut sebagai 11.12, atau hanya tas Chanel flap bag.

Courtesy of BAZAAR UK

Karl juga memperkenalkan iterasi baru dari aksesori ini selama berkerja di rumah mode Prancis ini. Desainnya yang paling terkenal adalah Diana, dibuat pada tahun 1989 untuk Diana, Princess of Wales, dan tas Boy, yang dinamai atas kekasih pertama Gabrielle Chanel, Arthur "Boy" Capel. Ia juga mengubah metode produksi tas Chanel.

Seorang pemimpin dari bagian penilaian merek di Lampoo, Erika Vecchiatti, mengatakan kepada kami: "Sebelum 2008, hardware tas penutup terbuat dari emas 24 karat, dengan ciri khas yang menunjukkan jenis logam." Detail penting seperti inilah yang membuat penelitian menjadi penting untuk pembelian investasi, dan dapat mempengaruhi Anda untuk membeli tas Chanel vintage daripada desain yang disukai sebelumnya.

Cara menemukan tas Chanel vintage (dan cara menemukan yang palsu)

Tak perlu dikatakan bahwa untuk mencari Chanel vintage, hanya gunakan supplier terkemuka yang menyediakan barang-arang autentik. Meskipun mungkin tampak jelas, industri barang palsu, yang sangat menguntungkan, telah berkembang pesat selama setengah abad belakangan ini. Begitu banyak supplier telah menguasai seni imitasi.

Beberapa detail mudah untuk dibedakan, seperti jahitan matelassé dan quilting jahitan yang bertemu, atau logo juga merupakan indikator yang baik, tutur Erika. "Itu harus diembos langsung ke bagian dalam tas atau kulit dan tertelus 'Made in Italy' atau 'Made in France'." Selalu ada baiknya untuk melihat kualitas bagian dalam (seharusnya tidak ada gelembung) dan cap merek di dalam tas. "Ini harus memiliki warna yang sama dengan hardware tas," tambahnya. "Tetapi pada Chanel asli, lapisan logam dapat terhapus, berubah warna, ataupun hilang seluruhnya, dengan tanda penggunaan yang kuat."

Namun, ada juga beberapa tanda perbedaan yang mungkin kurang jelas. Tina Lipfriend, pendiri situs persewaan, Bag Butler, membagikan nasihat terbaiknya di sini:

  • Gunakan akal sehat Anda: jika barang tersebut tampak terlalu terjangkau, mungkin barang tersebut tidak asli.
  • Quilting Chanel harus montok dan penuh, meski quilting sudah kempes, tas tetap bisa autentik, tetapi hal itu tidak sepadan dengan harganya.
  • Potongan vintage harus memiliki aroma yang pas dan khas, dengan kata lain, seharusnya tidak berbau baru.

Tim di Vestiaire Collective juga memperingatkan modifikasi atau tanda-tanda pakai yang dapat membingungkan proses otentikasi. "Jika Anda membeli tas Chanel bekas, tas itu dapat saja sudah diperbaiki atau dimodifikasi oleh pemiliknya. Oleh karena itu, penting untuk mendasarkan penilaian Anda terutama pada kualitas kulit dan lapisan dalam, pada berat hardware dan tali strap-nya."

Untungnya, jika Anda membeli melalui toko-toko seperti Lampoo, Vestiaire Collective, Selfridges ReSell, Farfetch atau Cocoon, mereka memiliki ahli yang akan melakukan ini untuk Anda.

Apakah tas Chanel vintage lebih sustainable?

Dengan kata lain, membeli barang bekas selalu menjadi pilihan yang lebih sustainable. Selain pengiriman, Anda secara otomatis memotong karbon yang dihasilkan dari produksi dengan membeli sesuatu yang sudah ada.

"Chanel merupakan tampak depan dari apa itu kemewahan, oleh karena itu, karya-karyanya sering ditiru," tutur Tina, pendiri dari Bag Butler. Ia juga menjelaskan dampak yang lebih luas terhadap planet ini. "Sangat penting untuk memastikan bahwa Anda membayar untuk barang asli, tetapi tidak hanya agar tidak tertipu, namun untuk mencegah lebih banyak beredarnya barang palsu. Hal ini akan lebih baik untuk lingkungan, secara barang palsu pasti akan berakhir di tempat pembuangan sampah. Tas Chanel tidak. "

Tina juga merekomendasikan untuk membeli warna-warna yang tak lekang waktu untuk memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari investasi Anda. "Hitam akan selalu diinginkan dan tidak akan pernah terlihat kuno," katanya.

Courtesy of BAZAAR UK

Tempat membeli tas Chanel vintage:

Dulu hanya Vestiaire Collective yang benar-benar akan kami percayai dengan pembelian besar seperti tas Chanel. Namun dalam beberapa tahun terakhir, e-tailer mewah seperti Farfetch dan Selfridges telah meluncurkan departemen yang pre-loved-nya; dan pada tahun 2022, eBay memperkenalkan Jaminan Keasliannya. Tahun ini, situs penjualan ulang Italia, Lampoo, bahkan meluncurkan toko fisik di King's Road di London, di mana pelanggan dapat menelusuri untuk membeli atau mengotentikasikan barang-barang yang mereka sudah tidak inginkan untuk dijual kembali. 

Terlebih, perlu dicatat bahwa situs penjualan barang bekas yang memiliki reputasi baik tidak selalu sempurna untuk dilihat. Sebagian besar bisnis barang bekas bekerja dengan pihak ketiga – hanya masuk dalam proses otentikasi dan pengiriman, sehingga pengambilan gambar produk belum tentu profesional. Namun, ada juga situs penyewaan dan re-sale, seperti Cocoon, yang membeli stok secara langsung dan menyimpannya di dalam perusahaan, seperti halnya yang dilakukan Lampoo juga. Di sini, temukan situs penjualan kembali barang mewah favorit kami, dan semua yang kami ketahui tentang proses autentikasi mereka.

1990s belt bag

Vintage Chanel dari Farfetch

Flap quilted bag

Vintage Chanel dari Vestiaire Collective

Red camera bag

Vintage Chanel dari Vestiaire Collective

Diana 1994-6

Vintage Chanel dari Cocoon

Belanja tas Chanel pre-loved:

Jika Anda tidak mencari tas Chanel vintage yang spesifik, terdapat pilihan tas yang luas yang Anda dapat ditelusuri untuk diinvestasikan. Apa pun yang berusia 20 tahun atau lebih secara resmi akan digolongkan sebagai vintage. Jadi, tas-tas yang dibuat dai tahun 2000 dan seterusnya cenderung ditandai sebagai pre-loved, alias, second-hand. Akan tetapi, keduanya tetap lebih sustainable dibanding membeli yang baru, karena Anda mengurangi jejak karbon dan memperpanjang umur dari barang luks tersebut. 

Navy flag bag

Chanel dari Lampoo

White leather 19

Chanel dari Lampoo

Chainmail 2.55 re-issue

Chanel dari Lampoo

Boy bag

Chanel dari Lampoo

Patent 2.55

Chanel dari Vestiaire Collective

Silk classique bag 2016

Chanel dari Vestiaire Collective

Orange leather Classique

Chanel dari Vestiaire Collective

Red camera bag

Chanel dari Selfridges

Sewa tas Chanel vintage:

Di Bazaar, kami selalu berpikir untuk menyewa tas impian Anda terlebih dahulu sebelum berinvestasi sangat bijaksana. Dengan seperti ini, Anda dapat melihat apakah desainnya sesuai dengan gaya hidup Anda. Apakah ukurannya memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari? Apakah resleting dan kantongnya mudah diakses? Apakah terlalu berat untuk berpergian?

Hal yang sama berlaku untuk tas Chanel vintage. Mungkin ada baiknya jika menyewa terlebih untuk acara-acara khusus sebelum mengambil risiko dan di beberapa situs, Anda mungkin dapat mengajukan penawaran untuk sewa jika menyukainya. Cocoon memiliki beragam tas Chanel, semuanya dalam kondisi sempurna, untuk dipilih. Dan setiap barang pasti akan terus mempunyai nilai investasi, karena pencarian Chanel telah mencakup lebih dari 25 persen dari semua pencarian merek di situs webnya hanya dalam tiga bulan terakhir.


Diana bag 1994-6

Vintage Chanel dari Cocoon

Classic Double Flap Bag 1991-4

Vintage Chanel dari Cocoon

Single Flap Single Chain 1997-9

Vintage Chanel dari Cocoon

Patent tote 1989-1991

Vintage Chanel dari BagButler

Baca juga: 

Museum Victoria & Albert di Britania Raya akan Menggelar Pameran Megah Coco Chanel

Melihat Busana Chanel untuk Pre-Collection Spring/Summer 2022 yang Dipakai Penyanyi Prancis, Izia Higelin

(Penulis: Abigail Southan; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Aimee Mihardja; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)