Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Sorotan di New York Fashion Week untuk Koleksi Spring/Summer 2023

Ikuti semua koleksi terbaru dari New York Fashion Week.

Sorotan di New York Fashion Week untuk Koleksi Spring/Summer 2023

Season terbaru pergelaran busana akhirnya tiba, dari New York, London, Milan, hingga Paris, untuk koleksi-koleksi spring/summer 2023 yang akan datang. 

Baca juga: Gigi dan Bella Hadid Berjalan Bersama di Runway Mengenakan Gaun Disko yang Menakjubkan

Setelah dua tahun terakhir terinterupsi oleh pandemi, kami kini siap untuk menyambut bulan yang relatif normal penuh dengan pergelaran busana. Kecuali London, yang bertepatan dengan periode resmi berkabung nasional, setelah kematian Yang Mulia Ratu Elizabeth II. Meski beberapa pertunjukkan seperti Harris Reed, Erdem, dan Christopher Kane sepertinya akan tetap diadakan, beberapa pergelaran harus disesuaikan ulang karena adanya penutupan jalan di ibu kota, terutama di hari pemakaman. 

Di New York, Fendi merayakan ulang tahun tas ikonis Baguette mereka ke-25, bersama koleksi terbaru dari Michael Kors, Tommy Hilfiger, dan Tom Ford. Sementara itu, kami masih menantikan pertunjukan new season dari Versace, Prada, dan Giorgio Armani di Milan, dan Dior, Chanel dan Louis Vuitton di Paris.

Di bawah ini, terdapat highlights dari koleksi spring/summer 2023 sejauh ini:

1. Tom Ford

Seperti yang diharapkan, pergelaran Tom Ford penuh dengan kemewahan, dengan koleksi yang penuh kilau untuk closing New York Fashion Week.

Terdapat jahitan metalik dan penekanan pada lace underpinnings, gaun-gaun bernuansa disko yang berkilau di pergelaran. Kakak beradik Hadid menutup acara dengan tampilan payet dari ujung kepala hingga kaki, dengan rambut yang ditata tinggi, hak tinggi besar, dan anting yang lebih besar lagi. 

Trend takeaway: penuh kilau

2. Michael Kors

Michael Kors membawa para tamu barisan depan ke gerbang liburan mewah untuk pertunjukan 'urban resort' spring/summer 2023, koleksi bergaya kota yang ramping, didampingi dengan latar belakang tanaman hijau.

Urban Resort bagi saya adalah yang terbaik dari kedua dunia, penuh dengan keanggunan kehidupan kota dengan kemewahan yang dapat ditemukan di resor-resor terbaik,” jelaskan Michael Kors. “Koleksi ini menggunakan banyak elemen yang biasanya Anda temukan saat berlibur, banyak warna putih, banyak desain terbuka, bahan-bahan kaftan lembut, sandal strappy, semua yang dibuat dengan jahitan rapi, seperti yang dibutuhkan saat di lingkungan kota."

Terdapat juga penekanan pada gerakan dan cahaya, dengan kain berkilau dan berpayet yang memberikan kesan glamor, khas gaya yang membuat rumah mode ini terkenal, dirancang untuk dikenakan saat liburan luks Anda berikutnya.

Trend takeaway: liburan penuh romansa

3. Gabriela Hearst

Gabriela Hearst terinspirasi oleh karya penyair Yunani kuno, Sappho, untuk koleksi spring/summer 2023. Seorang tastemaker legendaris yang karyanya dipuja oleh orang-orang Yunani dan Romawi, namun sebagian besar karyanya telah menghilang dengan seiringnya waktu, dan sekarang hanya ada dalam bentuk fragmen-fragmen.

Gabriela memberikan penghormatan kepada semangat artistik Sappho (yang “melampaui waktu”) melalui koleksi yang berbasis monokrom dengan sentuhan emas metalik.

Ketika ia mulai mendalami Sappho, Gabriela menjelaskan bagaimana "bayangan pakaian mulai muncul dibenaknya, dan saya akan menggambar atau melukisnya di buku catatan". "Coret-coretan yang saya gambar dengan penuh gairah, direpresentasikan dalam sulaman dan rajutan warna-warni. Baru-baru ini saya menyadari bahwa mereka sebenarnya mewakili gerakan angin dan udara."

Trend takeaway: sentuhan emas

4. Fendi 

Fendi membuka New York Fashion Week musim ini dengan sebuah pertunjukan yang merayakan ulang tahun tas Baguette ke-25 – dan direktur kreatif, Kim Jones, bersama dengan Silvia Venturini Fendi, menggandeng banyak kolaborator yang mengesankan untuk acara tersebut: Marc Jacobs, Sarah Jessica Parker dan Tiffany & Co.

"Saya tidak ingin membuat 'koleksi' tradisional untuk anniversary, melainkan sebuah perayaan waktu, saat Baguette menjadi terkenal," tutur Kim. "Saya menghubungkan waktu itu dengan rasa kebebasan yang berlebihan, dan kesenangan, kedua kualitas yang dimiliki Baguette."

Hasilnya adalah penghargaan yang menggembirakan untuk karya ikonis ini, sebagaimana ditafsirkan oleh masing-masing kolaborator kreatif, mencakup pakaian dan aksesori: dari tas tangan klasik hingga clutch kecil, gelang, pin, dan bahkan perhiasan.

Trend takeaway: nostalgia tas it-bags 

5. Tory Burch

"Koleksi spring/summer 2023 ditentukan oleh naluri yang berlawanan: untuk bereksperimen secara bebas dan mengembalikan semuanya," jelaskan Tory Burch, tentang inspirasi pertunjukannya dari gaya tahun '90-an yang mengutamakan material dan siluet.

Model-model termasuk Emily Ratajkowski berjalan di pergelaran dengan mengenakan kain mewah yang dirancang untuk bergerak mengikuti tubuh dalam "eksplorasi bentuk", dengan rajutan yang sangat halus, sporty separates, jahitan berstruktur, dan lapisan bahan tembus pandang, semuanya ditekankan oleh potongan yang bersih dan warna block. "Koleksi ini bersifat pribadi dan intuitif, menggambarkan ingatan saya tentang tahun '90-an ketika saya pindah ke New York," lanjut sang desainer. "Saya ingin melihat gaya khas saya dengan perspektif baru, mencerminkan apa yang terasa modern sekarang."

Trend takeaway: bahan-bahan menerawang

6. Carolina Herrera

Karya klasik Frances Hodgson, sebuah buku tercinta dari masa kecilnya, The Secret Garden, adalah titik awal untuk koleksi terbaru Wes Gordon, dengan penggambaran romantis tentang alam dan keindahannya.

"Sebuah taman penuh visual, koleksi ini sangat romantis, dari lengan balon besar berdetail lukisan tangan teh mawar dan peony hingga aksesori yang serasi dari ujung kepala hingga ujung kaki," tulis catatan acara tersebut. Memang, motif bunga memainkan peran sentral di seluruh koleksi, mulai dari mawar 3D dan motif cerah, hingga sculptural hemlines "yang mengambil kehidupan mereka sendiri dalam gerakan, seperti barisan bunga yang mekar dan berlimpah".

Trend takeaway: bunga-bunga romantis

7. Tommy Hilfiger

Tommy Hilfiger kembali ke NYFW musim ini dengan pengalaman multiverse Tommy Factory, menampilkan pergelaran yang bertabur bintang bersama Ashley Graham, Lila Moss, Winnie Harlow, Julia Fox, dan di barisan depan, Kate Moss, Kris Jenner, dan John Legend.

Pertunjukan, yang "menggabungkan dunia IRL (nyata) dan URL (web)", terinspirasi oleh warisan dan dampak budaya Andy Warhol. Dengan landasan pacu basah, disertai dengan streaming avatar virtual. Koleksi ini "menggabungkan kode tradisional Americana dengan sentuhan kontemporer yang terinspirasi dari streetwear", dan menampilkan segalanya, mulai dari monogram TH terbaru, yang dibuat dalam kemitraan dengan ilustrator dan desainer grafis Fergus Purcell, hingga potongan dari kolaborasi terbaru mereka dengan favorit London Fashion Week, Richard Quinn.

Trend takeaway: sporty streetwear

8. Jason Wu

Koleksi terbaru Jason Wu merayakan kegembiraan dalam dressing up dan kelahiran kembali ibu kota mode Amerika pasca-pandemi, New York City, tempat yang disebut sebagai rumah oleh sang desainer selama 22 tahun.

Dalam penghormatan kepada desainer-desainer hebat Amerika, tampilan-tampilan tersebut dirancang untuk menonjolkan keindahan interior setiap pakaian melalui konstruksi luar-dalam, menciptakan detail penting yang menjadi benang merah di seluruh koleksi. "Orang-orang mulai berdandan dan sekarang setiap momen adalah sebuah momen spesial, mengapa tidak?" tutur Jason. "Jika dua tahun terakhir ini telah mengajari kita sesuatu, itulah momen-momen ini berlalu begitu saja, dan setiap detik harus dirayakan."

Trend takeaway: konstruksi luar-dalam

9. Proenza Schouler

Jack McColough dan Lazaro Hernandez terinspirasi oleh air "sebagai simbol kehidupan" untuk pertunjukan spring/summer 2023 mereka, dengan koleksi yang juga sangat dipengaruhi oleh sejarah pribadi mereka.

"Kualitas sensual dan berapi-api dari akar Latin Lazaro ditambah dengan pragmatisme dan ketabahan campuran pengalaman Amerika Jack untuk menciptakan narasi yang sekaligus riang dan urban," tulis catatan acara tersebut. Pakaian tersebut menonjolkan lekuk tubuh, dengan pakaian rajut yang menarik, ruffles untuk menambah volume, dan fringing untuk menonjolkan gerakan.

Baca juga: 

Presentasi Kate Spade New York Koleksi Spring 2023 Bernuansa Sentimental Namun Optimistis

Simak 13 Penampilan After-Party dari Ajang Emmy 2022

(Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Aimee Mihardja; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)