Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

23 Original Soundtrack Film Terbaik Sepanjang Masa

Origanal soundtrack terbaik sepanjang masa yang akan selalu terngiang.

23 Original Soundtrack Film Terbaik Sepanjang Masa

Musik jadi salah satu unsur penting dalam sebuah film. Bagaimana tidak, musik dapat membantu menempatkan Anda untuk berada dalam situasi film ketika sedang dimainkan. Juga, musik digunakan untuk membantu mengungkapkan dan menekankan emosi karakter film. 

Musik dapat menciptakan suasana yang meyakinkan untuk sebuah situasi film, dan dapat mengubah film yang bagus menjadi film yang hebat.

Setiap tahunnya, Academy Awards, atau disebut juga Oscars, selalu memberikan penghargaan dalam katagori Best Original Song untuk mengapresiasi lagu orisinal terbaik dalam sebuah film. 

Bazaar pun telah merangkum 23 original soundtrack (OST) terbaik sepanjang masa yang memenangkan Oscar. Simaklah daftar berikut!

1. You'll Be in My Heart (Tarzan) - Phil Collins, 2000

Lagu You'll Be in My Heart awalnya ditulis Phil Collins untuk putri kecilnya, Lily Collins, yang saat itu berusia 10 tahun sebagai lagu pengantar tidur untuknya. Dalam film, lagu ini dimainkan ketika gorila Kala, ibu angkat Tarzan, bernyanyi untuk menghibur bayinya yang menangis, “Come stop your crying. It will be alright. Cause you'll be in my heart.”

Lagu ini berbicara tentang meyakinkan orang yang dicintai bahwa Anda akan selalu ada untuk mereka dalam suka maupun duka.

2. Things Have Changed (Wonder Boys) - Bob Dylan, 2001

(@bobdylan on Instagram)

Lagu "Things Have Changed" merupakan lagu yang ditulis dan dinyanyikan oleh sang musisi ikonis dengan vokalnya yang khas dan alunan suara gitarnya yang menakjubkan, Bob Dylan, untuk film Wonder Boys. 

Lagu ini tidak hanya memenangkan Academy Award untuk Best Original Song, tetapi juga Golden Globe Award untuk Best Original Song pada tahun yang sama. 

3. If I Didn't Have You (Monster Inc.) - Randy Newman, 2002

If I Didn't Have You muncul dalam dua versi di film Monster Inc.; Satu dinyanyikan oleh Billy Crystal dan John Goodman, yang mengisi suara karakter utama, Mike dan Sulley, dan satu lagi dinyanyikan oleh Randy Newman yang dimainkan selama opening credit

4. Lose Yourself (8 MILE) - Eminem, 2003

(@eminembr on Twitter)

Lirik lagu Lose Yourself milik Eminem ini secara eksplisit merangkum latar belakang karakter Eminem di film 8 Mile, B-Rabbit. 

Eminem mengatakan bahwa lirik lagu Lose Yourself ditulisnya di lokasi syuting film 8 Mile selama waktu senggang yang dimilikinya. Lembar coretan lirik lagu ini muncul di film dalam sebuah adegan di mana B-Rabbit sedang mencoba menulis lirik sambil mendengarkan lagu di dalam bus. Ini merupakan salah satu karya Eminem paling populer, dan menjadi lagu hip-hop pertama yang memenangkan penghargaan Oscar.

5. Into the West (The Lord of the Rings: The Return of the King) - Fran Walsh, Howard Shore, dan Annie Lennox, 2004

Into the West adalah lagu yang dibawakan oleh Annie Lennox, yang diputar selama closing credit film The Lord of the Rings: The Return of the King rilisan tahun 2003. Meskipun versi musik instrumental dari lagu ini diputar di dalam film. 

Lagu ini telah membawa pulang banyak penghargaan di berbagai ajang bergengsi. 

6. Al otro lado del río (The Motorcycle Diaries) - Jorge Drexler, 2005

Lagu Al Otro Lado Del Río, atau dalam bahasa Inggris On the Other Side of the River, adalah sebuah lagu yang ditulis dan dibawakan oleh penyanyi asal Uruguay, Jorge Drexler, untuk film The Motorcycle Diaries. Ini menjadi lagu pertama dalam bahasa Spanyol dan yang kedua dalam bahasa asing, yang menerima penghargaan pada kategori Best Original Song. Saat ceremony Oscar, lagu ini pernah dinyanyikan oleh Carlos Santana dan Antonio Banderas. 

7. It's Hard Out Here For A Pimp (Hustle & Flow) - Three 6 Mafia, 2006

Three 6 Mafia menjadi grup hip-hop pertama yang memenangkan Oscar untuk kategori Best Orginal Song berkat lagu It's Hard Out Here For A Pimp, yang menjadi soundtrack film Hustle & Flow. Di dalam film, lagu ini dinyanyikan oleh DJay (Terrence Howard) dan Shug (Taraji P. Henson). Ini menjadi salah satu soundtrack film yang paling sukses dan populer. 

8. I Need to Wake Up (An Inconvenient Truth) - Melissa Etheridge, 2007

I Need to Wake Up merupakan soundtrack film dokumenter, An Inconvenient Truth, rilisan tahun 2006 yang dinyanyikan oleh Melissa Etheridge. Lagu ini menjadi lagu pertama dari film dokumenter yang memenangkan Oscar kategori Best Origanal Song, mengalahkan nominasi lagu lainnya. 

9. Falling Slowly (Once) - Glen Hansard dan Marketa Irglova, 2008

Once adalah sebuah film musical romance yang mengisahkan tentang perjuangan dua musisi di Dublin. Film ini mendapatkan sambutan baik dan pujian dari banyak kritikus film. Bahkan, mendapatkan penghargaan untuk kategori Best Foreign Film di Independent Spirit Award. Lagu Falling Slowly yang dinyanyikan oleh Hansard dan Irglova berhasil membawa piala Oscar untuk kategori Best Original Song, dan juga dinominasikan untuk Grammy Award. 

Di depan toko Waltons Music di seberang George's Street Arcade di Dublin, Guy (Hansard) & Girl (Irglova), dua musisi asal Dublin, memainkan lagu tersebut dengan vokalnya yang memukau ditambah alunan gitar dan piano. 

10. Jai Ho (Slumdog Millionaire) - A.R. Rahman dan Gulzar, 2009

Film ​​Slumdog Millionaire arahan Denny Boyle ini mempersembahkan kisah tentang perubahan nasib seseorang hingga menjadi kaya raya dengan cara yang unik. Jai Ho menjadi lagu pengiring tarian di akhir film dan membantu mengenalkan musik India ke masyarakat Barat. 

Banyak kritikus musik yang menyebutkan bahwa Jai Ho adalah original soundtrak terbaik untuk film Slumdog Millionaire. Juga, lagu ini memenangkan Grammy Award untuk kategori Best Song Written for a Motion Picture, Television or Other Visual Media.

Lagunya yang kemudian populer membuat The Pussycat Dolls merilisnya dengan versi mereka sendiri.

11. The Weary Kind (Crazy Heart) - Ryan Bingham dan T Bone Burnett, 2010

Sementara Colin Farrell dan Jeff Bridges membawakan lagu The Weary Kind di film Crazy Heart, versi resmi dari lagu ini dibawakan oleh Ryan Bingham, yang liriknya ditulis Bingham bersama dengan T Bone Burnett. 

12. We Belong Together (Toy Story 3) - Randy Newman, 2011

We Belong Together mungkin akan tetap terngiang di kepala Anda setelah menonton Toy Story 3 yang dirilis tahun 2010. Lagu ini menjadi lagu kedua dari Randy Newman yang memenangkan penghargaan Oscar untuk kategori Best Original Song, dengan yang pertama lagu If I Didn't Have You dari film Monsters, Inc. 

13. Man Or Muppet (The Muppets) - Bret McKenzie, 2012

Dalam film The Muppets, lagu Man or Muppet dibawakan oleh Gary (Jason Segel), Walter (Peter Linz), bentuk Muppet dari Gary (Bill Barretta), dan bentuk manusia Walter (Jim Parsons). Lagu ini merefleksikan pertanyaan Gary dan Walter mengenai identitas mereka yang sebenarnya.

14. Skyfall (Skyfall) - Adele, 2013

Skyfall adalah lagu yang dibawakan secara apik oleh Adele dan menampilkan orkestrasi oleh J. A. C. Redford, untuk film James Bond dengan judul yang sama. Lagu ini benar-benar menggambarkan plot film James Bond: Skyfall. 

Lagu Skyfall menerima berbagai penghargaan, termasuk Oscar untuk Best Original Song, Brit Award untuk British Single, Critics' Choice Movie Award untuk Best Song, Golden Globe Award untuk Best Original Song, dan Grammy Award untuk Best Song Writing for Visual Media, sehingga menjadikannya lagu dari film James Bond pertama yang memenangkan semua penghargaan tersebut.

15. Let It Go (Frozen) - Idina Menzel, 2014

Lagu ini sudah sering sekali diputar di radio, sehingga Anda mungkin sudah sangat familiar terutama pada bagian chorus-nya. Let It Go dibawakan dalam versi film maupun originalnya oleh Idina Menzel dalam peran vokalnya sebagai Queen Elsa. 

Juga, lagu ini diubah menjadi versi pop yang disederhanakan (dengan lirik yang lebih pendek dan background chorus) yang dibawakan oleh Demi Lovato, yang dimainkan ketika closing credit

Let It Go adalah lagu kontemporer Disney yang bercerita tentang kebebasan, kekuatan perempuan, serta penyemangat untuk mengukir jalan hidup Anda sendiri.

16. Glory (Selma) - Common and John Legend, 2015

Film yang berlatar belakang peristiwa gerakan masyarakat dari Selma ke Montgomery di tahun 1965 yang dipimpin oleh Martin Luther King Jr., James Bevel, Hosea Williams, dan John Lewis untuk memperjuangkan hak sipil. Dan, lagu Glory terinspirasi dari peristiwa gerakan tersebut. 

17. Writing’s On The Wall (Spectre) - Sam Smith, 2016

(@samsmithworld on Twitter)

Dengan vokal Sam Smith yang merdu dan khas, lagu ini tentu cukup dramatis untuk sebuah film Bond, Spectre, yang dirilis tahun 2015. Lagu ini menjadi soundtrack film Bond kedua setelah Skyfall yang membawa pulang piala Oscar untuk kategori Best Original Song

18. City of Stars (La La Land) - Ryan Gosling and Emma Stone, 2017


(@laland on Instagram)

Dalam film La La Land, City of Stars dinyanyikan sambil menari oleh Sebastian (Ryan Gosling) di Dermaga Pantai Hermosa. Kemudian dalam film, lagu ini juga dinyanyikan duet oleh Sebastian dan Mia (Emma Stone) selama bersiap-siap untuk tur dengan band Keith, dan ketika Mia sendiri ketika berhenti dari pekerjaannya di kedai kopi. 

Lebih dari sekedar unsur penting dalam film La La Land, lagu tersebut juga menjadi salah satu lagu yang mampu menggambarkan kisah cinta menyedihkan, mengekspresikan perasaan bahagia sekaligus duka setelah semuanya berakhir.

19. Remember Me (Coco) - Benjamin Bratt, 2018

Coco adalah film animasi yang menggambarkan perayaan dan makna Dia de los Muertos di Mexico dengan sangat menarik. Film ini menyajikan cerita tentang bagaimana cara mengenang orang yang dicintai melalui memori. Itulah yang menjadi inspirasi lagu Remember Me. Dalam film, lagu ini dimainkan beberapa kali dengan beberapa versi, termasuk dibawakan  dalam versi mariachi (musik khas Mexico), versi Lullaby, dan versi pop. Apa pun versinya, lagu ini akan selalu menarik dan teringang di kepala Anda. 

20. Shallow (A Star is Born) - Lady Gaga dan Bradley Cooper, 2019

Duet Lady Gaga dan Bradley Cooper untuk lagu Shallow dalam film A Star is Born akan selalu terpatri di hati kita semua. Bradley dan Lady Gaga mempersembahkan penampilan spesial membawakan lagu Shallow di atas panggung Oscar 2019. Lebih dari sekadar lagu dalam film, Shallow menjadi lagu hit yang kerap di putar di radio.

21. (I'm Gonna) Love Me Again (Rocketman) - Elton John dan Taron Egerton, 2020

(@eltonofficial on Twitter)

(I'm Gonna) Love Me Again adalah sebuah lagu dari film biografi Rocketman yang dirilis tahun 2019. Lagu ini terdengar di kredit akhir film. (I'm Gonna) Love Me Again dibawakan oleh John dan Taron Egerton, yang memerankan John dalam film tersebut.

22. Fight for You (Judas and the Black Messiah) - H.E.R, 2021

Fight for You adalah lagu dari H.E.R. untuk film Judas and the Black Messiah, sebuah film biografi tentang bagaimana William O'Neal mengkhianati Fred Hampton, ketua Partai Black Panther cabang Illinois pada akhir 1960-an. H.E.R menyajikan lagu kontemporer dengan gema tahun 1968 melalui Fight for You

23. No Time To Die (No Time To Die) - Billie Eilish, FINNEAS

 

(@billieeilish on Instagram)

Lagi..lagi..dari film Bond. Lagu No Time To Die untuk film Bond dengan judul yang sama berhasil membawa pulang piala Academy Awards 2022 untuk kategori Best Original Song. Dengan begitu, ini menjadi lagu ketiga setelah Skyfall dan Writing’s On The Wall yang memenangkan kategori ini. Lirik lagu ini cukup mencerimkan film Bond, No Time To Die, itu sendiri. 

(Teaser: Photo by Alex Green on Pexels)