Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Perwakilan dari Indonesia untuk Ajang Kompetisi Global Style and Colour Trophy 2022

Untuk kesembilan kalinya, Indonesia menjadi satu dari 38 negara yang berpartisipasi di salah satu kontes tata rambut internasional terbesar di dunia.

Perwakilan dari Indonesia untuk Ajang Kompetisi Global Style and Colour Trophy 2022
(Foto: Courtesy of L'Oréal Professionnel Paris)

Ajang Style and Colour Trophy yang diselenggarakan oleh L’Oréal Professionnel Paris merupakan salah satu pergelaran kompetisi seni tata rambut terbesar di dunia yang sudah berlangsung lebih dari 65 kali. Untuk kesembilan kalinya, Indonesia akan kembali berpartisipasi.

Kali ini, “French Edito” menjadi tema keseluruhan kompetisi. Para kontestan ditantang untuk menciptakan tampilan tata rambut editorial yang menggunakan teknik pewarnaan rambut French balayage, atau French glossing.  

“Selama dua tahun terakhir, kami terus memberikan edukasi kepada para hair pro seputar teknik French coloring sehingga National Winner sudah punya persiapan matang untuk mewakili Indonesia dalam berkompetisi dengan para hairdresser dunia di tahap internasional,” tutur Indra Tanudarma, sebagai Head of Education L’Oréal Professionnel.

Judges
(Foto: Courtesy of L’Oréal Professionnel Paris)

Lebih dari 100 kontestan mengikuti ajang National Style and Colour Trophy di Indonesia di tahun ini.

Melalui proses seleksi yang panjang dengan tantangan teknis dan kreatif masing-masing, tiga juri dari lintas disiplin seperti pengarah gaya, Yoland Handoko, Editor in Chief Bazaar Indonesia, Ria Lirungan, serta celebrity hairstylist, Kiefer Lippens, memilih 6 semifinalis yang kemudian beradu untuk predikat pemenang tahap nasional.

Winners
(Foto: Courtesy of L’Oréal Professionnel Paris)

Dengan kerja keras dan dedikasi yang penuh, dua hairdresser profesional dari Irwan Team Hairdesign Salon, Riki dan Tavin, berhasil memenangkan National Style and Colour Trophy di Indonesia, dan akan lanjut mewakili Indonesia sebagai kontestan di babak semifinal internasional September ini, dan jika lolos, maka akan berlanjut ke Grand Finale.

“Memenangkan kompetisi bergengsi dan berkesempatan mewakili Indonesia ke tahapan internasional adalah sebuah kehormatan besar. Melalui kompetisi L’Oréal Professionnel Style & Colour Trophy, kami sangat senang bisa memperdalam teknik penataan dan pewarnaan rambut, dan menunjukkan keahlian dan karya kreasi kami ke masyarakat luas, ke semua hair lovers Indonesia dan dunia internasional," jelas Riki & Tavin.

Style Color Trophy
(Foto: Courtesy of L’Oréal Professionnel Paris)

Persembahan mereka memiliki tajuk “The Eclectic French” yang terinspirasi oleh sosok wanita Prancis yang penuh tekad dan rebellious. Hal ini pun terpampang bukan hanya dari segi tata rambut, melainkan keseluruhan padu padan busana dan pengarahan gaya sang model. Nyatanya, unsur styling eklektik dan narasi moodboard untuk persembahan kedua hairdresser ini lah yang paling berkesan untuk ketiga juri.

Untuk tampilan rambut, Riki dan Tavin menggunakan French Balayage untuk menciptakan tampilan rambut natural dan seamless yang diyakini akan semakin mendorong tren serta menjadi inspirasi warna rambut perempuan Indonesia. Mereka mengaplikasikan teknik original painting balayage yang merupakan akar dari teknik balayage yang ada saat ini dan cukup jarang digunakan oleh hairdresser di Indonesia.

Simak juga hasil karya-karya runner up kompetisi National Style and Colour Trophy tahun 2022 berikut.

Style Color Trophy
"Imperfect Perfection" oleh 1st Runner Up Nasional SCT 2022 Deden Rustandi & Rolly (Haircode Salon)

Style Color Trophy
"The Impression" oleh 2nd Runner Up Nasional SCT 2022 Amin & Wiwid (Lie Kuang & Co Salon)

Style Color Trophy
Hasil karya pemenang Audience Award Nasional SCT 2022 Purwanto & Dwi (Alfons Group Salon)

Bazaar mengucapkan selamat kepada tim pemenang, para runner up, serta setiap kontestan Style and Colour Trophy 2022 untuk keberhasilan ini yang senantiasa mengharumkan nama bangsa melalui karya-karya spektakuler mereka di dunia tata rambut.

Untuk selengkapnya, saksikan keseruan ajang National Style and Colour Trophy Indonesia 2022 di video berikut!

(Penulis: Hans Hambali, Foto dan video: Courtesy of L’Oréal Professionnel Paris)