Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Lila Moss, Anak Kate Moss yang Diabetes Tampil di Runway Fendi x Versace dengan Pompa Insulin

"Terima kasih untuk tidak menyembunyikan diabetesmu".

Lila Moss, Anak Kate Moss yang Diabetes Tampil di Runway Fendi x Versace dengan Pompa Insulin
Courtesy of Bazaar UK

Supermodel Kate Moss dan putrinya Lila Moss muncul di catwalk yang sama untuk pertama kalinya selama Milan fashion Week, dengan keduanya tampil dalam pertunjukan kolaborasi khusus Fendi x Versace. Tapi Lila secara khusus menjadi perhatian dan berita utama karena menampilkan "aksesori" penting yaitu pompa insulinnya.

Baca juga: Putri Kandung Kate Moss Membintangi Kampanye Pertamanya

Lila, 18 tahun, memiliki pompa insulin Omnipod untuk diabetes tipe 1 yang terlihat jelas di paha atasnya, saat ia berjalan di runway dengan pakaian one-piece berpotongan tinggi. Lila kemudian mengunggah tentang pertunjukan di Instagram dan, sementara ia tidak membahas pompanya, tetapi banyak orang lain melakukannya.

Courtesy of Instagram @lilamoss
Courtesy of Instagram @lilamoss

“Terima kasih karena tidak menyembunyikan diabetesmu!! Anda cantik!” tulis satu orang di komentar. "Terima kasih telah memakai pompa Insulin Anda dengan sangat bangga," kata yang lain. “T1D🙌 cintai pod Anda dan teladan yang Anda buat!” orang lain menimpali.

Orang-orang juga memuji remaja itu di Twitter.

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Diabetes tipe 1 adalah kondisi kronis di mana pankreas menghasilkan sedikit atau tidak ada insulin, menurut Mayo Clinic. Insulin, jika Anda tidak terbiasa dengannya, adalah hormon yang dibutuhkan tubuh Anda untuk memungkinkan asupan gula (glukosa) masuk ke sel Anda untuk memberikan Anda energi.

Tidak ada obat untuk diabetes tipe 1, tetapi pengobatan berfokus pada pengelolaan kadar gula darah Anda dengan insulin, diet, dan gaya hidup, patut dilakukan untuk mencegah komplikasi. Beberapa pasien dengan diabetes tipe 1 akan melakukan suntikan insulin secara teratur untuk mengelola gula darah mereka, tetapi banyak yang akan menggunakan pompa seperti Lila, yang diprogram untuk mengeluarkan insulin dalam jumlah tertentu secara otomatis.

Diabetes tipe 1 tidak biasa ditemukan seperti diabetes tipe 2, tetapi 1,3 juta orang di AS memiliki kondisi tersebut, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Lila belum banyak membahas mengenai diabetes tipe 1-nya, tetapi ia menyebutkannya dalam wawancara tahun 2020 dengan The Kit. “Saya pikir tidak banyak orang yang tahu bahwa saya menderita diabetes,” katanya. “Itu tidak terlihat dari luar, jadi tidak ada yang benar-benar tahu hanya dengan melihatmu. Saya memiliki tipe 1.”

Lila juga mengungkapkan bahwa ia ingin menjadi advokat bagi penderita diabetes tipe 1. “Saya pasti ingin mencoba dan membantu sebanyak yang saya bisa,” katanya. “Ada banyak hal yang ingin saya coba dan bantu.”

Baca juga:

Fendi Luncurkan Koleksi Koper Mewah Bersama Rimowa

Dua Lipa Lakukan Debut Runway di Versace Milan Fashion Week

(Penulis: Korin Miller; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Gracia Sharon; Foto: Courtesy of Bazaar UK)