Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Fendace: Ketika Fendi & Versace Menyatukan Ide & Kekuatan dan Merilis Koleksi Kolaborasi

Sejarah baru berhasil ditorehkan oleh dua label mode ikonis ini.

Fendace: Ketika Fendi & Versace Menyatukan Ide & Kekuatan dan Merilis Koleksi Kolaborasi
(Foto: Courtesy of Fendi & Versace)

Memang dunia fashion tak pernah berhenti membuat kita terpana, rasanya selalu ada hal yang baru yang dihadirkan oleh industri kreatif ini, dan di tahun 2021 ini suatu dobrakan besar kembali berhasil disajikan oleh dua rumah mode ikonis, Fendi dan Versace.

Baca juga: Dua Lipa Lakukan Debut Runway di Versace Milan Fashion Week

Bagaimana tidak, mempresentasikan koleksi teranyarnya di Milan Fashion Week, untuk pertama kalinya dalam sepanjang sejarah Donatella Versace dan Silvia Venturini Fendi menyatukan kekuatan dengan menjelajah arsip masing-masing rumah mode untuk merilis koleksi kolaborasi lintas label yang diberi tajuk Versace by Fendi - Fendi by Versace.

(Koleksi Versace by Fendi)
(Koleksi Versace by Fendi)

Terinspirasi oleh era pertengahan hingga akhir tahun ‘90-an, koleksi Versace by Fendi mencoba untuk mengeksplorasi dan menerapkan konsep dualitas, yang paling jelas terlihat dalam perpaduan antara monogram khas Fendi dengan motif kunci Yunani yang merupakan ikon dari sang rumah mode, Versace. Pada koleksi teranyar rancangan Kim Jones dan Silvia Venturini Fendi, kita juga dapat melihat pakaian seolah bermetamorfosis, mulai dari hadirnya metode pakaian reversible, hingga chainmail yang dibuat dari bahan kulit juga terlihat tak absen diaplikasikan, yang semuanya dibuat dengan craftmanship kelas atas oleh Fendi atelier. 

(Koleksi Fendi by Versace)
(Koleksi Fendi by Versace)

Beralih ke koleksi Fendi by Versace, inovasi yang sama juga terlihat dihadirkan oleh Donatella Versace, berbeda dengan Fendi yang mencoba untuk menghadirkan elemen dualitas, Versace justru memilih pendekatan multigenerasi dengan menghadirkan koleksi yang lebih beraliran punk rock. Seperti contoh, peniti khas sang label tampak tak ketinggalan dihadirkan pada koleksi lintas label ini, namun dengan sedikit modifikasi. 

Berbicara mengenai “perkawinan” antara dua label ini, Donatella Versace selaku Chief Creative Officer Versace turut angkat suara. “Ini adalah yang pertama dalam sepanjang sejarah mode: dua desainer memiliki dialog kreatif sejati yang berangkat dari rasa hormat dan persahabatan. Itu membawa kami bertukar peran untuk membuat dua koleksi ini,” ceritanya.

Untuk momen bersejarah ini, sejumlah selebriti dan supermodel papan atas pun seolah tak mau ketinggalan untuk menjadi saksi dengan beberapa persona tampak hadir atau bahkan melaju di runway seperti Dua Lipa, Demi Moore, Winnie Harlow, Gigi Hadid, Kate Moss, Emily Ratajkowski dan banyak lainnya.

(Dua Lipa)
(Dua Lipa)

(Demi Moore)
(Demi Moore)

(Winnie Harlow)
(Winnie Harlow)

(Cole Sprouse)
(Cole Sprouse)

(Zoey Deutch)
(Zoey Deutch)

Baca juga: 

Fendi Luncurkan Koleksi Koper Mewah Bersama Rimowa

Inilah Koleksi Fendi Couture Musim Gugur/Dingin 2021

(Foto: Courtesy of Fendi & Versace)