Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Berikut Kosmetik yang Harus Anda Punya untuk Membuat Makeup Natural!

Tampil cantik merupakan impian semua wanita, terlebih bila tampil cantik secara effortless.

Berikut Kosmetik yang Harus Anda Punya untuk Membuat Makeup Natural!
Courtesy of ammentorp

Merupakan hal yang lumrah bila semua wanita ingin tampil cantik setiap saat, kapanpun dan dimanapun. Salah satu tren makeup yang diminati beberapa tahun belakangan ini merupakan gaya makeup dari Korea Selatan, rasanya sudah tidak asing dengan negara yang memelopori K-pop yang juga berkontribusi terhadap budaya populer dunia ini.

Makeup ala Korea berkarakteristik natural, sehingga riasan ini cocok digunakan setiap hari. Gaya makeup juga akan membuat Anda tampak cantik secara effortless tanpa terlihat menor saat mengaplikasikannya, selain itu, hasil akhirnya akan menampilkan wajah yang sehat dan juga dewy.

Meski terdengar sederhana, nyatanya makeup natural butuh ketelitian dan kehati-hatian saat memilih produknya, sebab bila salah memilih produk, Anda akan gagal mendapatkan look yang alami. Kali ini, Bazaar telah merangkum beberapa kosmetik yang dapat membantu Anda memperoleh penampilan natural yang sempurna. 


1. Moisturizer 

Courtesy of Kiehl's
Courtesy of Kiehl's

Kiehl’s / Rp. 370,000

Pelembap atau moisturizer merupakan kosmetik yang penting untuk menciptakan dasar yang tepat pada wajah sebelum mengaplikasikan makeup. Selain melembapkan, moisturizer biasanya kaya akan vitamin, hal ini akan membuat wajah Anda tampak lebih sehat dan juga membuat makeup melekat dengan sempurna.

Penggunaan moisturizer juga penting sekalipun kulit Anda tipe yang berminyak dan tipe kulit yang berbeda memerlukan kandungan pelembap yang berbeda pula. Bagi Anda yang memiliki kulit kering, disarankan untuk mencari moisturizer dengan kandungan hyaluronic acid, ceramide, dan glycerin. Sementara untuk kulit berminyak, Anda bisa memilih moisturizer dengan kandungan hyaluronic acid dan tea tree oil

2. Sunscreen

Courtesy of Sociolla
Courtesy of Sociolla

Shiseido / Rp. 655,000

Memang penting untuk tampil cantik, namun jangan lupakan bahwa Anda juga perlu menjaga kulit wajah Anda agar tetap aman dari paparan sinar matahari penyebab kusam untuk mempertahankan tampilan wajah yang segar. Pilihlah sunscreen yang mengandung minimal SPF pada angka 30. Adapun angka SPF ini mengacu pada level perlindungan terhadap paparan UVB. 


3. Concealer 

Courtesy of BLP Beauty, Sociolla
Courtesy of BLP Beauty, Sociolla

BLP Beauty / Rp. 129,000 

Concealer berfungsi untuk menyamarkan kekurangan pada wajah Anda, entah itu jerawat, lingkaran hitam di bawah mata dan juga vlek hitam. Anda harus memilih warna concealer yang selaras dengan warna kulit Anda untuk menghasilkan penampilan natural yang flawless. Sebaiknya Anda menggunakan brush saat hendak mengaplikasikan concealer untuk hasil yang lebih merata. 


4. Foundation

Courtesy of Cle de Peau
Courtesy of Cle de Peau

Cle de Peau Beaute / Rp. 1,840,000

Bila Anda menginginkan tampilan yang high coverage, Anda bisa memilih foundation. Namun untuk mencapai natural look, pilih foundation bertekstur ringan seperti powder foundation. Jangan lupa menyesuaikan warna foundation dengan warna kulit untuk mendapatkan penampilan effortless yang sempurna. Bila kulit Anda tidak membutuhkan coverage berlebih, Anda bisa memilih BB cream sebagai substitusi foundation


5. Bedak 

Courtesy of Dior
Courtesy of Dior

Dior / Rp. 985,000

Tidak lengkap rasanya bila makeup natural tanpa menggunakan bedak, penggunaannya juga sangat mudah. Anda cukup mengaplikasikan bedak pada area yang rawan berminyak seperti dahi, dagu dan hidung. Pengaplikasian dapat bedak dilakukan setelah foundation. Sama seperti hal lainnya, sebaiknya Anda memilih bedak yang seusai dengan warna kulit Anda. atau Anda juga bisa memilih bedak yang tidak berwarna seperti translucent powder untuk hasil natural yang lebih maksimal. 


6. Maskara Alis atau pensil alis

Courtesy of Dear Dahlia
Courtesy of Dear Dahlia

Dear Dahlia / Rp. 483,000

Pilihan terbaik untuk menonjolkan alis secara natural tentunya jatuh pada browcara berwarna bening yang mampu membuat alis Anda tampak lebih rapi, tebal dan juga panjang. Bila Anda merasa masih perlu efek alis lebat, Anda bisa mencoba menggunakan yang berwarna. Tidak harus browcara, Anda bisa menyesuaikannya dengan preferensi Anda, pilihlah pensil alis bila memang Anda merasa nyaman, namun pastikan untuk memilih warna berwarna yang senada dengan warna rambut. 


7. Eyeshadow 

Courtesy of Chanel
Courtesy of Chanel

Chanel / Rp. 1,027,000

Untuk memperindah mata dengan sentuhan segar, eyeshadow merupakan salah satu kosmetik wajib punya. Pilihlah warna eyeshadow berwarna cokelat yang satu atau dua tone lebih gelap dari kulit Anda. hindari memilih warna yang terlalu terang atau gelap karena hal itu justru akan membuat makeup Anda keluar dari ranah natural. 


8. Maskara

Courtesy of Revlon, Watsons
Courtesy of Revlon, Watsons

Revlon / Rp. 129,000 

Mata akan tampak lebih menawan serta segar bila bulu mata Anda lebat dan juga lentik. Namun, tidak semua orang memiliki bulu mata panjang dan lentik yang natural, oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan bantuan maskara. Kosmetik yang satu ini mampu melentikkan bulu mata, memanjangkannya dan jgua membuatnya tampak lebih bervolume. Bila Anda suah memiliki bulu mata yang lebat, Anda bisa memilih maskara bening untuk merapikan serta melentikkan bulu mata Anda. 

9. Blusher

Courtesy of Benefit, Sociolla
Courtesy of Benefit, Sociolla

Benefit Cosmetics / Rp. 290,000  

Sebagai pemanis wajah yang mampu memberi imbuhan segar, blushon juga merupakan hal yang tidak boleh Anda lewatkan. Pilihlah warna yang warna natural seperti pink dan coral untuk kulit wajah terang atau oranye untuk kulit wajah sawo matang. 


10. Lip tint 

Courtesy of YSL
Courtesy of YSL Beauty

YSL / Rp. 540,000

Pewarna bibir asal Korea ini sangat cocok untuk menunjang tampilan yang natural. Biasanya, lip tint membuat bibir Anda tampil lebih berwarna dan juga fresh tanpa membuat bibir Anda tampak kering.

Biasanya lip tint terdiri atas dua jenis, yakni yang bertekstur padat dan juga cair. Lip tint padat biasanya berbahan dasar minyak. Sementara itu, lip tint cair menggunakan bahan dasar air sebagai pewarnanya.

Karena itu, lip tint tipe cair lebih mudah diaplikasikan pada permukaan bibir. Pilihlah warna seperti nude, pink dan juga peach agar tidak terlalu dramatis. Pilihlah lip tint berefek glossy untuk hasil bibir yang lebih lembap. Anda juga bisa menggunakan lip gloss bila Anda sudah percaya diri tanpa pewarna tambahan. 


Baca juga : 

Tren Aksesori yang Akan Naik Daun dari Akhir Tahun 2021 sampai 2022

7 Hal yang Dapat Anda Lakukan untuk Menghilangkan Blackhead di Wajah


(Penulis : Jeslin L. Tang, Foto : Courtesy of 123rf/ ammentorp, Sociolla, Chanel, YSL Beauty, Dear Dahlia, Sephora, Kiehl's)