Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

14 Manfaat Tea Tree Oil untuk Kebutuhan Anda

Ternyata tea tree oil dapat membantu kondisi psoriasis lho!

14 Manfaat Tea Tree Oil untuk Kebutuhan Anda
Courtesy of [email protected]

Membicarakan mengenai perawatan wajah tidak akan jauh dari pembahasan mengenai serum, moisturizer, dan juga minyak esensial. Minyak esensial merupakan minyak alami yang biasanya diperoleh dengan proses penyulingan dan memiliki aroma khas tanaman atau sumber lain dari mana dirinya diekstraksi. Salah satu yang paling dikenal di dunia kecantikan ialah tea tree oil atau minyak pohon teh. Kegunaannya untuk merawat jerawat sudah sangat terkenal, namun ternyata tea tree oil tidak hanya bisa digunakan untuk hal tersebut. 

Sebelum mengetahui apa saja manfaat dari tea tree oil, ada baiknya jika Anda paham sedikit mengenai apa itu sebenarnya tea tree oil. Tanpa lebih lama lagi, langsung saja simak pembahasan di bawah ini yang telah Bazaar kurasi tentang tea tree oil dan kegunaannya.

APA ITU TEA TREE OIL

Tea tree oil merupakan minyak esensial yang berasal dari daun Melaleuca Alternifolia, pohon asli dari Queensland dan New South Wales, Australia. Minyak ini sudah banyak sekali digunakan sebagai obat tradisional oleh suku Aborigin selama berabad-abad. Penduduk asli Australia ini menghancurkan daun pohon teh untuk mengekstrak minyaknya, yang kemudian dihirup untuk mengobati batuk dan pilek atau dioleskan langsung ke kulit untuk penyembuhan.

Senyawa yang ada di dalamnya telah terbukti dapat membunuh bakteri, virus, kuman, dan jamur tertentu. Sifatnya yang dapat melawan semua kuman, menjadikan tea tree oil sebagai obat alami yang berharga bagi kebanyakan orang sekarang ini. 

KENALI JENIS KULIT ANDA TERLEBIH DAHULU

Tetapi sayang sekali, menurut tinjauan dr. Tania Savitri, seorang dokter umum lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Anda harus berhati-hati saat pemakaian jika miliki kulit yang sensitif. Karena minyak ini mungkin akan membuat kulit Anda terasa kering, gatal, menyengat, atau bahkan terbakar. Jika saat pemakaian pertama Anda sudah merasakan gejala tersebut, sebaiknya hentikan penggunaan pada tubuh Anda. Namun, setelah beberapa hari Anda diperbolehkan untuk mencobanya lagi, dengan menerapkan instruksi yang sama.

Courtesy of Instagram @thebodyshopindo
Courtesy of Instagram @thebodyshopindo

MANFAAT TEA TREE OIL

1. Mengobati jerawat

Ini merupakan salah satu manfaat yang paling melekat dengan tea tree oil. Bahkan sudah banyak terbukti dengan penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, salah satunya penelitian berjudul A Comparative Study of Tea-Tree Oil Versus Benzoylperoxide in The Treatment of Acne. Dalam penelitian tersebut telah terbukti bahwa tea tree oil memiliki kandungan yang sama efektifnya dengan bahan yang biasanya terdapat dalam produk obat jerawat yaitu benzoil peroksida. Tidak heran, jika tea tree oil memang ampuh dalam merawat dan mengobati jerawat Anda.  

2. Mengurangi produksi minyak berlebih

Dengan sifatnya yang dapat membantu mengobati jerawat, secara langsung Anda akan mengetahui bahwa tea tree oil juga dapat mengurangi produksi minyak berlebih. Jerawat muncul bisa dikarenakan oleh minyak, sehingga jerawat bisa hilang juga karena kurangnya penyumbatan minyak. Penelitian Development and Preliminary Cosmetic Potential Evaluation of Melaleuca alternifolia cheel (Myrtaceae) Oil and Resveratrol for Oily Skin, menungkapkan bahwa ini merupakan produk dermatologi multiguna, yang terdiri dari fotoproteksi, pengurangan acne vulgaris, dan sifat berminyak.

3. Meringankan kulit kering dan eksim

Menurut Joanna Wallengren, peneliti Tea Tree Oil Attenuates Experimental Contact Dermatitis, minyak pohon teh dapat lebih efektif menyembuhkan kondisi eksim pada kulit dibandingkan krim-krim yang biasanya dianjurkan. Penggunaannya, Anda dapat mencampurkan tetesan tea tree oil kepada pelembap, minyak esensial lain, ataupun toner

4. Mengatasi gatal pada kulit

Terkadang kulit Anda secara tiba-tiba bisa mengalami gatal yang tidak diketahui penyebabnya. Namun jangan khawatir, karena dengan tea tree oil Anda dapat langsung menemukan solusi kulit gatal Anda. Minyak ini miliki kandungan penenang, sehingga ampuh dalam meredakan dan menenangkan kulit yang gatal, sekaligus meringankan infeksi yang disebabkan oleh gatal pada kulit. 

5. Sanitasi tangan

Tea tree oil dapat digunakan sebagai pembersih tangan alami yang ideal. Penelitian telah menunjukkan bahwa itu membunuh beberapa bakteri dan virus umum yang menyebabkan penyakit, termasuk E. coli, S. pneumoniae dan H. influenzae. Selain itu, sebuah penelitian yang menguji beberapa jenis cuci tangan menunjukkan bahwa, menambahkan minyak pohon teh ke dalam pembersih meningkatkan efektivitasnya terhadap E. coli. 

6. Antiseptik

Cedera yang mengakibatkan kulit pecah-pecah memudahkan kuman masuk ke aliran darah Anda, yang dapat menyebabkan infeksi. Tea tree oil dapat digunakan untuk mengobati dan mendisinfeksi luka kecil dan lecet dengan membunuh kuman dan bakteri lain yang dapat menyebabkan infeksi pada luka terbuka. 

Bersihkan luka secara menyeluruh dengan sabun biasa dan air, campurkan satu tetes minyak pohon teh dengan satu sendok teh minyak kelapa. Lalu oleskan sedikit campuran ke luka dan tutup dengan perban, dan ulangi proses ini sekali atau dua kali sehari sampai keropeng terbentuk.

7. Mempercepat penyembuhan luka

Selain mencegah infeksi pada luka dan lecet, tea tree oil juga dapat mendorong penyembuhan luka. Minyak pohon teh membantu mengurangi peradangan dan memicu aktivitas sel darah putih yang berperan dalam proses penyembuhan.

8. Menenangkan peradangan kulit

Berikutnya adalah mengatasi peradangan, kemerahan, pembengkakan, dan iritasi pada kulit. Menurut penelitian Reduction of Nickel-Induced Contact Hypersensitivity Reactions by Topical Tea Tree Oil in Humans, tea tree oil terbukti mampu mengurangi peradangan kulit yang sensitif terhadap nikel. Nikel merupakan logam yang seringkali digunakan untuk menjadi bahan koin, baterai, kawat, dan lainnya yang cukup berdampak besar jika Anda memiliki alergi terhadapnya. Maka dari itu, jika tea tree oil dapat menyembuhkan peradangan akibat nikel, seharusnya minyak tersebut juga mampu membantu peradangan lainnya.

9. Mengontrol produksi ketombe

Tak hanya merawat kulit, tea tree oil juga berfungsi untuk menghilangkan ketombe dan sel kulit mati pada rambut. Walau mungkin tidak semua akan cocok dengannya, Anda dapat mencoba mencampurkannya pada masker rambut, sampo, atau minyak rambut pilihan Anda. Pastikan untuk memijat produk tersebut saat pengaplikasian, lalu tunggu beberapa menit seperti menggunakan kondisioner.

Baca juga: Simak Cara Memakai Kondisioner yang Benar untuk Mendapatkan Rambut Sehat dan Berkilau

10. Membersihkan buah dan sayuran

Produk makanan segar memang sangat lezat dan sehat jika hanya dilihat dari luarnya saja. Sayangnya, produk makanan segar juga rentan terhadap pertumbuhan jamur, terutama di iklim hangat dan lembap. Akan tetapi, tea tree oil dapat membantu Anda untuk mengatasinya karena kandungan cineole yang dimiliki. Anda dapat mencampurkan secukupnya ke dalam air yang akan digunakan untuk mencuci buah dan sayur.

11. Mengatasi kutu air

Beberapa penelitian termasuk Tea Tree Oil in The Treatment of Tinea Pedis, menyatakan bahwa tea tree oil dapat menjadi alternatif pengobatan kutu air yang efektif. Dengan melibatkan 158 orang, 72 persen dari kelompok peserta yang menggunakan minyak pohon teh mengalami perbaikan kondisi yang signifikan, dibandingkan dengan 39 persen kelompok obat plasebo. 

12. Meringankan gejala psoriasis

Psoriasis adalah kondisi autoimun yang ditandai dengan pecahnya kulit merah, gatal, bersisik. Meskipun ada obat yang dapat memperbaiki gejala, kondisi itu sendiri kronis dan tidak ada obat yang diketahui. Minyak pohon teh mengandung senyawa anti-inflamasi, menurut bukti yang ada, dapat membantu meredakan gejala psoriasis. Teteskan 10-15 minyak pohon teh dengan dua sendok makan minyak kelapa cair. Terapkan ini ke daerah yang terkena 2-3 kali per hari, sesuai kebutuhan.

13. Merelaksasi tubuh

Selain digunakan secara kontak langsung dengan kulit, tea tree oil juga biasanya dijadikan sebagai aroma terapi. Entah itu di tempat spa, ataupun untuk di kamar tidur Anda. 

14. Menghilangkan jamur pada kuku

Para penggemar kutek, simak baik-baik! Infeksi jamur kuku memang cukup umum. Meskipun mereka tidak berbahaya, mereka bisa tidak enak untuk dipandang. Ada obat yang dapat mengobati jamur kuku, meskipun beberapa orang mungkin lebih menyukai pendekatan yang lebih alami. Tea tree oil menjadi salah satu pilihan alami yang dapat Anda coba. Dalam sebuah penelitian, orang dengan jamur kuku yang menggunakan minyak pohon teh atau obat antijamur diuji selama enam bulan. Di akhir penelitian, sekitar 60% orang di setiap kelompok mengalami resolusi jamur sebagian atau seluruhnya.

(Penulis: Gracia Sharon, Foto: belchonock@123RF, Instagram @thebodyshopindo)