Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

49 Pernikahan Kerajaan Paling Menakjubkan di Seluruh Dunia

Dari Pangeran Inggris hingga Raja Bhutan, beginilah cara keluarga kerajaan mengatakan "Ya, saya bersedia." Termasuk ketiga putri Sampeyandalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan (S.I.S.K.S) Pakubuwono X.

49 Pernikahan Kerajaan Paling Menakjubkan di Seluruh Dunia
Courtesy of Bazaar US

Tahun 2020 menjadi tahun yang sulit bagi siapa saja yang berencana untuk menikah. Pandemi virus corona yang sedang berlangsung telah membuat banyak perayaan terhenti, dan keluarga kerajaan di seluruh dunia belum dibebaskan darinya.

Konon, imajinasi publik masih tetap terpikat ketika pernikahan kerajaan dirayakan dengan upacara besar, gaun yang rumit, dan tiara yang memesona, bahkan pernikahan kejutan. Putri Beatrice adalah anggota kerajaan terakhir yang menikah, menikahi Edoardo Mapelli Mozzi dengan upacara kecil di Royal Chapel of All Saints di Royal Lodge di Windsor.

Baca juga: Inilah Lokasi Pasangan Kerajaan Ketika Pergi Berbulan Madu

Dari pangeran yang digulingkan hingga raja yang berkuasa, setiap keluarga kerajaan memiliki adat dan tradisi berbeda yang semuanya penuh dengan keagungan. Di bawah ini, Anda akan menemukan pernikahan kerajaan terbaik dari seluruh dunia.

1. Queen Elizabeth dan Prince Phillip

Courtesy of Bazaar US

Ratu Inggris menikah dengan Pangeran Phillip di Westminster Abbey lebih dari 70 tahun yang lalu.

2. Shah Mohammad Reza Pahlavi dan Queen Soraya of Iran

Courtesy of Bazaar US

Soraya Esfandiary Bakhtiari menjadi Ratu Iran ketika ia menikahi Shah Mohammad Reza Pahlavi, dalam gaun pengantin Christian Dior seberat 44 pon atau sekitar 20 kg, yang disulam dengan mutiara, berlian, dan bulu. Pasangan itu bercerai tujuh tahun setelah pernikahan mereka pada tahun 1951.

Baca juga: 35 Arsitektur Rumah Paling Indah di Film dalam Sejarah Sinematik

3. Prince Rainier dan Grace Kelly

Courtesy of Bazaar US

Pernikahan itu adalah dongeng yang menjadi hidup ketika bintang film Amerika, Grace Kelly, menikahi Pangeran Rainier dan menjadi Putri Monako pada tahun 1956. Meskipun Grace meninggal dalam kecelakaan mobil yang tragis pada tahun 1982 dan Pangeran Rainier meninggal pada tahun 2005. Ketiga anak dan 11 cucu mereka meneruskan garis keturunan Grimaldi.

4. Shah Mohammad Reza Pahlavi dan Empress Farah Pahlavi of Iran

Courtesy of Bazaar US

Shah menikahi istri ketiganya, Farah Diba di Golestan Placae di Teheran pada tahun 1959. Pengantin wanita mengenakan gaun Yves Saint Laurent dan tiara Noor-ol-Ain, yang menampilkan salah satu berlian merah muda terbesar di dunia. Farah telah diberi gelar Empress sebelum pasangan itu terpaksa meninggalkan negara itu selama revolusi Iran.

5. Princess Margaret dan Antony Armstrong-Jones

Courtesy of Bazaar US

Putri Margaret dan fotografer Antony Armstrong-Jones menikah di Westminster Abbey pada tahun 1960, menjadikannya "orang biasa" pertama yang menikahi putri Raja dalam 400 tahun. Keduanya menikah selama hampir 20 tahun sampai skandal perceraian mereka pada tahun 1978.

6. Princess Anne dan Mark Phillips

Courtesy of Bazaar US

Putri Anne dan Kapten Mark Phillips menikah pada tahun 1973 di Westminster Abbey. Keduanya kemudian memiliki dua anak bersama, tetapi akhirnya bercerai setelah 19 tahun menikah.

7. Prince Charles dan Princess Diana

Courtesy of Bazaar US

Dalam apa yang dijuluki pernikahan abad ini, Pangeran Charles menikahi Lady Diana Spencer di Katedral St. Paul pada tahun 1981.

Baca juga: 30 Kutipan Inspiratif Putri Diana Tentang Kehidupan, Keluarga, dan Kerajaan

8. Prince Andrew dan Sarah Ferguson 1986

Courtesy of Bazaar US

Anak ketiga sang ratu, Pangeran Andrew menikahi Sarah Ferguson, yang dikenalkannya melalui Putri Diana, di Westminster Abbey pada 1986.

9. Lady Helen of Windsor dan Tim Taylor

Courtesy of Bazaar US

Pada tahun 1992 putri Duke dan Duchess of Kent, Lady Helen Windsor, menikah dengan dealer seni terhormat Tim Taylor dalam gaun pengantin Catherine Walker di Kapel St George di Kastil Windsor.

10. King Abdullah II dan Queen Rania of Jordan

Courtesy of Bazaar US

Setelah bertemu di sebuah pesta makan malam, Raja Abdullah II dari Yordania dan Rania menikah di Istana Zahran pada tahun 1993.

11. Prince Naruhito dan Princess Masako of Japan

Courtesy of Bazaar US

Tahun ini menandai ulang tahun pernikahan ke-25 Putra Mahkota Naruhito dan Putri Masako dari Jepang. Pasangan tersebut sedang bersiap untuk naik takhta sebagai Kaisar dan Empress Jepang tahun depan.

12. Crown Prince Pavlos of Greece dan Marie-Chantal Miller

Courtesy of Bazaar US

Pernikahan Putra Mahkota Yunani yang diasingkan dan pewaris Marie-Chantal Miller menarik kaum bangsawan dari seluruh Eropa ke gereja Ortodoks Yunani London, Katedral St. Sophia.

13. Prince Edward dan Sophie Rhys-Jones

Courtesy of Bazaar US

Putra bungsu Ratu Elizabeth, Pangeran Edward, menikah dengan eksekutif hubungan masyarakat, Sophie Rhys-Jones di Kapel St. George di Kastil Windsor pada tahun 1999, menganugerahkan kepada mereka gelar Earl dan Countess of Wessex.

14. Prince Haakon of Norway dan Princess Mette-Marit

Courtesy of Bazaar US

Putra Mahkota Norwegia menikah dengan Mette-Marit Tjessem Høiby pada Agustus 2001 di Katedral Oslo. Setelah pertunangan yang memalukan, karena masa lalu gadis pesta Mette-Marit, Pangeran memutuskan untuk mengantar pengantinnya menyusuri lorong sebagai tanda dukungan.

15. Princess Martha-Louise dan Ari Behn of Norway

Courtesy of Bazaar US

Pada tahun 2002, putri tunggal Raja Harald V dari Norwegia, Putri Martha-Louise menikah dengan teman lama dan penulis, Ari Behn, di Katedral Nidaros di Trondheim, Norwegia. Setelah 14 tahun menikah, pasangan itu bercerai pada 2016.

16. Prince Friso of Orange-Nassau dan Mabel Wisse Smit

Courtesy of Bazaar US

Adik Pangeran Willem-Alexander, Pangeran Friso, menikahi Mabel pada 2004 setelah melepaskan gelar Pangeran Belanda. Pasangan itu memiliki dua putri bersama tetapi sayangnya setelah kecelakaan ski pada tahun 2012, Pangeran meninggal.

17. Bruneian Crown Prince Al-Muhtadee Billah dan Bolkiah Sarah Salleh

Courtesy of Bazaar US

Putra Mahkota Brunei menikah dengan Sarah Salleh pada tahun 2004 setelah serangkaian upacara adat di Bandar Seri Begawan.

18. Lady Davina Windsor dan Gary Lewis

Courtesy of Bazaar US

Putri Pangeran Richard Duke of Gloucester menikah dengan Gary Lewis di Istana Kensington pada tahun 2004.

19. King Felipe dan Queen Letizia of Spain

Courtesy of Bazaar US

Pasangan itu, yang sejak itu dinobatkan sebagai Raja dan Ratu Spanyol, menikah pada tahun 2004 di Catedral de Santa María la Real de la Almudena di Madrid. Mereka memiliki dua anak perempuan.

20. Crown Prince Frederik dan Mary Donaldson of Denmark

Courtesy of Bazaar US

Putra Mahkota Frederik, menikah dengan Mary Donaldson kelahiran Tasmania di Kopenhagen, Denmark pada tahun 2004.

21. Prince Charles dan Camilla Parker-Bowles

Courtesy of Bazaar US

Pangeran Charles menikahi istri keduanya, Camilla Parker-Bowles, yang sekarang Duchess of Cornwall, pada tahun 2005. Pasangan itu menikah secara resmi dalam upacara sipil kecil di Windsor Guildhall diikuti dengan pemberkatan pernikahan di Kapel St. George dan resepsi di dalam Kastil Windsor.

22. Peter Phillips dan Autumn Kelly

Courtesy of Bazaar US

Cucu Ratu Elizabeth, Peter Phillips menikah dengan Autumn Kelly seorang wanita kelahiran Kanada, pada tahun 2008 di Kapel St. George. Pasangan itu memiliki dua putri bersama dan meskipun mereka tidak dianggap 'bangsawan yang bekerja', mereka menghadiri acara-acara bersama keluarga besar mereka seperti Trooping the Color Parade dan Natal di Sandringham setiap tahun.

23. Prince Joachim dan Princess Marie of Denmark

Courtesy of Bazaar US

Pada tahun 2008, Pangeran Joachim dari Denmark menikahi istri keduanya, Marie Cavallier (yang sekarang menjadi Putri Marie dari Denmark). Pasangan itu mengadakan upacara di gereja Møgeltønder diikuti dengan resepsi di Kastil Schackenborg.

24. Prince Joel Dawit Makonnen dan Ariana Austin

Courtesy of Bazaar US

Ariana Austin, seorang penulis dan manajer seni kelahiran Washington DC, menikah dengan Pangeran Joel Dawit Makonnen, cicit dari Kaisar Ethiopia terakhir, pada tahun 2017. Pernikahan mereka terdiri dari perayaan selama seminggu dan upacara yang sesuai dengan agama Ortodoks Ethiopia milik Pangeran.

25. Prince Nikolaos of Greece dan Tatiana Blatnik

Courtesy of Bazaar US

Putra ketiga Raja Konstantinus dari Yunani yang digulingkan, Pangeran Nikolaos, menikah dengan Tatiana Blatnik, mantan perancang acara untuk Diane von Furstenberg, di pulau Spetses Yunani pada 2010.

26. Princess Victoria dan Prince Daniel of Sweden

Courtesy of Bazaar US

Pada 2010, Putri Mahkota Swedia Victoria menikah dengan Daniel Westling di Stockholm. Pasangan itu sekarang menjadi orang tua yang bangga dari Putri Estelle dan Pangeran Oscar.

27. Prince William dan Kate Middleton

Courtesy of Bazaar US

Pangeran William mengikat komitmen dengan pacar lamanya Kate Middleton di Westminster Abbey dalam upacara akbar, cocok untuk Raja Inggris masa depan, diikuti dengan resepsi di Istana Buckingham. Pangeran mengenakan seragam militer sementara gaun pengantin Kate dirancang oleh Sarah Burton di Alexander McQueen.

Baca juga: Gaun Pengantin Kate Middleton dan Meghan Markle Masuk dalam Daftar Terpopuler Sebuah Studi

28. King Jigme Khesar Namgyel Wangchuck dan Queen Jetsun Pema of Bhutan

Courtesy of Bazaar US

Raja Bhutan menikahi siswa berusia 21 tahun, Jetsun Pema, dalam sebuah upacara mewah di sebuah benteng abad ke-17 di ibu kota negara, Changlimithang di Thimpu.

29. Prince Albert dan Princess Charlene of Monaco

Courtesy of Bazaar US

Pada tahun 2011, playboy terkenal dan putra mendiang Grace Kelly, Pangeran Albert dari Monaco menikah dengan perenang Olimpiade Afrika Selatan, Charlene Wittstock di Monte Carlo. Sesuai tradisi, pasangan itu menikah dalam pelayanan sipil diikuti dengan kebaktian gereja pada hari berikutnya.

30. Zara Phillips dan Mike Tindall

Courtesy of Bazaar US

Putri Putri Anne, Zara Phillips menikah dengan mantan pemain rugby, Mike Tindall dalam sebuah upacara pribadi di Edinburgh pada tahun 2011. Zara mengenakan gaun pengantin oleh Stewart Parvin disertai dengan tiara Meander Putri Andrew dari koleksi Putri Anne.

31. Prince Guillaume dan Princess Stephanie of Luxembourg

Courtesy of Bazaar US

Pernikahan pusaka Grand Duke of Luxembourg dan Countess Stéphanie Marie Claudine Christine de Lannoy berlangsung di Luxembourg City pada tahun 2012.

32. Princess Maria Carolina Christina of Bourbon-Parma dan Albert Alphons Ludgerus Brenninkmeijer

Courtesy of Bazaar US

Putri Carolina, anak perempuan dari Putri Irene Belanda dan mendiang Carlos Hugo, Duke of Parma, menikah dengan Albert Brenninkmeijer pada tahun 2012. Pasangan ini telah menikah secara resmi di Belanda beberapa bulan sebelumnya, tetapi disatukan dalam sebuah upacara keagamaan di San Miniato al Monte, Florence, Italia.

33. Prince Félix dan Princess Claire of Luxembourg

Courtesy of Bazaar US

Pada tahun 2013 Pangeran Félix dari Luksemburg dan Claire Lademacher, putri seorang jutawan telekomunikasi Jerman, menikah dalam upacara sipil pribadi di Villa Rothschild Kempinksi di Königstein im Taunus, Jerman. Empat hari kemudian pasangan itu menikah dalam upacara keagamaan di Prancis Selatan.

34. Princess Madeleine dan Christopher O'Neill of Sweden

Courtesy of Bazaar US

Setelah bertemu di New York City, Putri Madeleine dari Swedia menikahi ahli keungan Amerika-Inggris, Christopher O'Neill, di Kapel Kerajaan Istana Stockholm pada 2013.

35. Pierre Casiraghi of Monaco dan Beatrice Borromeo

Courtesy of Bazaar US

Cucu Grace Kelly, Pierre Casiraghi menikahi pacar lamanya, bangsawan Italia Beatrice Borromeo dalam layanan sipil di Monako diikuti dengan upacara keagamaan dan resepsi pribadi di pulau Italia milik keluarga pengantin wanita. Kedua pasangan sejak itu memiliki dua putra, Stefano dan Francesco.

36. Prince Carl Phillip dan Princess Sofia of Sweden

Courtesy of Bazaar US

Pangeran Swedia, Carl Phillip menikah dengan mantan bintang reality show, Sofia Hellqvist di Istana Kerajaan Stockholm pada tahun 2015.

37. Lady Charlotte Wellesley dan Alejandro Santo Domingo

Courtesy of Bazaar US

Lady Charlotte Wellesley, putri Duke of Wellington, menikah dengan miliarder Alejandro Santo Domingo mengenakan gaun Emilia Wickstead di llora, Spanyol.

38. Prince Ernst August Jr. of Hanover dan Ekaterina Malysheva

Courtesy of Bazaar US

Pangeran Ernst August Jr. dari Hanover menikah dengan perancang busana Rusia, Ekaterina Malysheva, dalam upacara kerajaan di Gereja pasar Hanover diikuti dengan resepsi di Kastil Marienburg. Ayah sang pangeran menentang pernikahan itu dan baik ia maupun istrinya Putri Caroline dari Hanover tidak menghadiri acara tersebut. Pasangan itu menyambut seorang bayi perempuan, Putri Elisabeth, pada tahun 2018.

39. Pippa Middleton dan James Matthews

Courtesy of Bazaar US

Adik ipar Pangeran William, Pippa Middleton menikahi kekasih lamanya, James Matthews pada 2017 dalam sebuah upacara pribadi di gereja St. Mark di Englefield, Berkshire. Tentu saja keponakannya yang menggemaskan, Putri Charlotte dan Pangeran George berperan sebagai pengiring pengantin dan page boy untuk pernikahan tersebut. Meskipun koneksi kerajaan Pippa berasal dari saudara iparnya, Pangeran William, melalui pernikahannya sendiri ia akan mewarisi gelarnya sendiri sebagai Lady of Glen Affric.

40. Prince Christian of Hanover dan Alessandra de Osma

Courtesy of Bazaar US

Pada tahun 2018, Pangeran Christian dari Hanover dan Alessandra de Osma menikah di Basilika San Pedro di Lima, Peru, negara asal pengantin wanita dan tempat pasangan itu bertemu pada tahun 2005.

41. Princess Eugenie dan Jack Brooksbank

Courtesy of Bazaar US

Pada Oktober 2018, cucu Ratu, Putri Eugenie, menikah dengan Jack Brooksbank di Kapel St. George di Kastil Windsor. Pengantin wanita tampak cantik berjalan menyusuri pelaminan dengan mengenakan gaun pengantin Peter Pilotto, yang kini akan dipajang di Kastil Windsor, dan tiara Greville sebagai tuan rumah tamu selebriti dan bangsawan, serta seluruh keluarga kerajaan.

42. Duchess Sophie of Württemberg of Germany dan Count Maximilian of Andigné

Courtesy of Bazaar US

Pada tahun 2018, Duchess Sophie dari Württemberg, putri Pangeran Philip dari Württemberg, menikahi bangsawan Prancis Maximilien dari Andigné dalam sebuah upacara kecil di Kastil Tegernsee di Pegunungan Alpen Bavaria Jerman.

43. Celia McCorquodale dan George Woodhouse

Courtesy of Bazaar US

Keponakan Putri Diana, Celia McCorquodale mengenakan tiara Spencer yang terkenal untuk pernikahannya tahun 2018 dengan George Woodhouse di Stoke Rochfod, Lincolnshire pada tahun 2018.

44. Princess Ayako of Japan dan Kei Moriya

Courtesy of Bazaar US

Pada tahun 2018, Putri Ayako dari Jepang melepaskan gelar kerajaannya untuk menikahi rakyat biasa Kei Moriya. Pasangan itu menikah dalam upacara pribadi dan tradisional di Tokyo.

45. Prince Harry dan Meghan Markle

Courtesy of Bazaar US

Pangeran Harry menarik perhatian dunia ketika ia menikahi aktris Amerika, Meghan Markle pada Mei 2018. Dari gaun pengantin Givency yang elegan dan tiara pita berlian Ratu Mary, hingga buketnya untuk menghormati mendiang Putri Diana, itu adalah hari bersejarah bagi Inggris. Dengan lebih banyak kegembiraan, pengantin baru kerajaan mengharapkan bayi kedua mereka musim semi ini.

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan Markle Dikabarkan "Bangga" dengan Keputusan Mereka untuk Meninggalkan Kehidupan Kerajaan

46. Ivar Mounbatten dan James Coyle

Courtesy of Bazaar US

Sepupu ketiga Ratu yang telah dihapus, Ivar Mounbatten membuat sejarah pada tahun 2018 sebagai anggota pertama dari keluarga kerajaan Inggris yang menikahi pasangan sesama jenis. Ia menikahi pasangan lamanya, James Coyle dalam sebuah upacara kecil di Devon.

47. Prince Konstantin of Bavaria dan Princess Deniz

Courtesy of Bazaar US

Pada tahun 2018, Pangeran Konstantin dari Bavaria menikah dengan Deniz Kaya di gereja Eglise au Bois di St. Moritz, Swiss.

48. Princess Beatrice dan Edoardo Mapelli Mozzi

Courtesy of Bazaar US

Setelah pandemi virus corona mengubah rencana pernikahan awal mereka, sebuah upacara di St. James's Palace London diikuti dengan resepsi di taman Istana Buckingham, dihentikan sementara. Pasangan itu mengikat komitmen dengan upacara yang intim dan tanpa pemberitahuan sebelumnya di Royal Chapel of All Saints di Royal Lodge, Windsor Great Park. Mereka bergabung dengan kakek nenek pengantin wanita, Ratu Elizabeth dan Duke of Edinburgh, dan kerabat dekat lainnya. Putra muda Edoardo, Wolfie dari hubungan sebelumnya, menjabat sebagai best man dan page boy.

49. Pernikahan 3 Putri S.I.S.K.S. Pakubuwono X

Courtesy of Instagram @kasunananmangkunaga

Sedangkan ini adalah salah satu foto pernikahan bangsawan dari Indonesia, yakni pernikahan ketiga putri Sampeyandalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan (S.I.S.K.S) Pakubuwono X, Gusti Raden Ayu Wiryodiningrat, putri ke-30, Gusti Raden Ayu Sosronagoro, putri ke-33 dan Gusti Raden Ayu Sosrodiningrat, putri ke-31 (dari kiri ke kanan), yang diambil sekitar tahun 1920. 

Mana favorit Anda?

Baca juga: Pelajaran dari Kisah Monica Lewinsky Tentang Mempermalukan Wanita di Muka Umum

(Penulis: Charlotte Chilton; Artikel ini disadur dari Bazaar US dan ada sedikit penambahan; Alih Bahasa: Gracia Sharon; Foto: Courtesy of Bazaar US, Instagram @kasunananmangkunaga)