Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cara Memilih Parfum Beraroma Lembut yang Tidak Menyengat dan Rekomendasinya

Bagi penyuka wewangian lembut, ini solusinya!

Cara Memilih Parfum Beraroma Lembut yang Tidak Menyengat dan Rekomendasinya

Mengenakan parfum merupakan salah satu cara untuk bisa mengekpresikan suasana hati atau karakteristik Anda. Walau tidak semua orang menggunakan parfum secara rutin, secara tidak sadar pasti setiap hari ada saja wewangian yang akan Anda hirup. Entah itu pewangi baju, ruangan, aroma bunga segar, atau mungkin rekan kerja yang suka memakai parfum dengan berlebihan (yang bukan menjadi masalah). Namun, tidak semua orang juga menyukai aroma yang sama, banyak sekali semerbak wewangian yang dapat dipilih sesuai selera.

Ada yang menyukai aroma buah-buahan, bunga, kayu-kayuan, dan lainnya. Secara penglihatan dari kaca mata orang yang tidak mempelajari parfum, semuanya mungkin dengan mudah dapat dikategorikan dengan aroma yang kencang atau menyengat dan lembut atau tidak menyengat. Dalam pembahasan kali ini, Bazaar akan membahas bagaimana Anda dapat memilih parfum yang cocok untuk penggemar aroma lembut. Simak caranya di bawah ini:

1. Kenali selera Anda tahui

Dalam kehidupan Anda pastinya semua dimulai dari apa yang menjadi minat, sebelum akhirnya dijalani, termasuk juga dengan memilih aroma parfum. Menurut seorang ahli taksonomi dan pakar wewangian asal Nyasaland, memiliki teori dalam membagi parfum pada empat kategori yang disebut Fragrance Wheel dalam bukunya Michael Edwards Fragrances of the World. 4 kategorinya meliputi floral, oriental, woody, dan fresh, yang masing-masing memiliki sub-kategorinya sendiri.

Courtesy of www.fragrancesoftheworld.com
Courtesy of www.fragrancesoftheworld.com
  • Floral: Floral, Soft Floral, Floral Oriental (atau Floral Amber)
  • Oriental: Soft Oriental (atau Soft Amber), Oriental (atau Amber), Woody Oriental (atau Woody Amber)
  • Woody: Woods, Mossy Woods, Dry Woods, Aromatic Fougère
  • Fresh: Citrus, Fruity, Green, Water 

Ketahuilah aroma favorit Anda terlebih dahulu dari mempelajari gambaran roda tersebut baru lanjut ke langkah berikutnya.

Baca juga: 16 Rekomendasi Belanja Kuteks Kuku di E-Commerce

2. Tubuh Anda juga punya aroma sendiri

Tidak banyak diketahui orang bahwa aroma tubuh alami Anda, memengaruhi. Tidak semua orang akan memiliki aroma yang persis sama, sekalipun memakai merek parfum yang sama. Memang akan tercium mirip jika dalam pemakaian jangka pendek, namun tidak ketika telah digunakan dalam jangka waktu lama. Hal tersebut dapat terjadi karena setiap tubuh memiliki jenis kulit, suhu tubuh, tingkat keasaman, dan termasuk aroma alami yang berbeda. 

3. Mencoba tester atau ketahui bahannya

Tidak ada cara lain untuk benar-benar mengetahui aromanya selain mencoba, biasanya tester akan disediakan di toko. Namun, bila tidak bisa melakukan itu, Anda juga dapat mempelajari dan melihat dengan saksama pada deskripsi yang tertulis di situs resmi atau media sosial merek yang dipilih.

Ketahui top notes, middle notes, dan base notes, dari parfumnya. Istilah top notes merupakan kesan utama dari sebuah wewangian ketika disemprotkan, cenderung lebih kuat, dan lebih mudah menguap. Middle notes, biasa disebut heart notes, baru akan tercium saat 10 menit penggunaan setelah top notes. Sedangkan base notes, aroma yang akan paling lama bertahan hinga berjam-jam kemudian.

4. Mencoba aroma spesifik

Mungkin hanya dengan mempelajari notes yang ada pada parfum, Anda akan tetap bingung. Oleh karena itu, inilah daftar bahan aroma parfum yang biasa digolongkan lembut:

1. Vanila

Dijadikan makanan saja enak, sudah pasti enak juga untuk aroma wewangian. Vanila menjadi salah satu aroma yang cukup diminati wanita ataupun pria (saat pasangannya menggunakannya). Wangi yang cukup seksi, sensual, manis, dan creamy, bercampur menjadi satu untuk membuat Anda mengeluarkan aura feminin yang maksimal. 

Rekomendasi:

Tom Ford Tobacco Vanille

tomford.com

Courtesy of Tom Ford
Courtesy of Tom Ford

Versace Atelier Versace Vanille Rouge

versace.com

Courtesy of Versace
Courtesy of Versace

2. Lavender

Aroma lavender, mungkin masih sedikit parfum yang memiliki wangi ini (jika dibandingkan yang lain). Padahal lavender merupakan memberikan kesan keromantisan tinggi dan juga menenangkan suasana hati. Seringkali digunakan untuk wewangian aromaterapi, seperti di tempat spa, klinik kecantikan, ataupun di rumah sendiri.

Rekomendasi:

Libre Eau de Parfum

yslbeautyus.com

Courtesy of Yves Saint Laurent
Courtesy of Yves Saint Laurent

Terre de Lumière Eau de Parfum

id.loccitane.com

Courtesy of L'Occitane
Courtesy of L'Occitane

3. Mawar

Kesan segar dan elegan? Pilih aroma ini! Aroma mawar salah satu jenis wangi yang sudah umum mudah ditemukan. Bagi Anda pencinta bunga, mawar tidak akan pernah menjadi pilihan yang salah untuk penciuman dari pada pilihan floral lainnya.

Rekomendasi:

Chloé Eau de Parfum

chloe.com

Courtesy of Chloé
Courtesy of Chloé

Moschino Pink Fresh Couture Eau De Toilette

zalora.co.id

Courtesy of Moschino
Courtesy of Moschino

4. Powder

Menurut kami, powder termasuk dalam daftar aroma yang lembut. Apakah Anda terbayang wangi bedak yang bikin nyaman di wajah, ada pada tubuh Anda seharian? Tentu saja akan membuat memori hari-hari yang indah.

Rekomendasi:

Narciso Eau de Parfum Poudrée

narcisorodriguez.com

Courtesy of Narciso Rodriguez
Courtesy of Narciso Rodriguez

5. Citrus

Jika Anda ingin aroma yang lembut namun lebih ke arah segar, citrus akan menjadi solusinya. Selain dapat memancarkan keceriaan, citrus cocok sekali untuk hari sibuk Anda. Karena cenderung memiliki wangi yang tahan lama, dan akan memberikan kesan segar sepanjang hari. Citrus di sini bisa lemon ataupun oranye.

Rekomendasi:

Chanel No 5 L'eau

chanel.com

Courtesy of Chanel
Courtesy of Chanel

Dolce & Gabbana The One

dolceandgabbanabeauty.com

Courtesy of Dolce & Gabbana
Courtesy of Dolce & Gabbana

6. Anggrek

Aroma yang sangat menggoda, namun tetap ringan. Dapat dikatakan wanginya sekilas mirip vanila, walaupun tidak masuk akal jika dipikirkan. Selain itu, anggrek akan memancarkan sisi anggun seorang wanita yang lama telah terkunci.

Rekomendasi:

Calvin Klein Euphoria

calvinklein.us

Courtesy of Tom Ford
Courtesy of Calvin Klein

7. Sandalwood

Hangat, seksi, dan romantis, tiga kata yang dapat menggambarkan aroma sandalwood atau cendana. Sedikit perpaduan dari bahan ini, akan meningkatkan sensualitas pada yang menghirupnya. Masuk ke dalam kategori woody, yang berati sedikit lebih kuat aromanya.

Rekomendasi:

Hermés Twilly d'Hermes Eau de Parfum

hermes.com

Courtesy of Hermès
Courtesy of Hermès

Guerlain Mon Guerlain

guerlain.com

Courtesy of Guerlain
Courtesy of Guerlain

8. Lily of the Valley

Nama dari aroma bunga satu ini mungkin akan terdengar cukup asing. Jenis aroma lily of the valley dapat dikatakan sangat lembut, yang akan mencerminkan sosok wanita feminin. 

Rekomendasi:

Dior Miss Dior

dior.com

Courtesy of Dior
Courtesy of Dior

Marc Jacobs Decadence Eau So Decadent

marcjacobsfragrances.com

Courtesy of Marc Jacobs
Courtesy of Marc Jacobs

9. Jasmine

Bunga satu ini pastinya sudah banyak yang tahu pastinya, yaitu jasmine atau melati. Memiliki aroma khas yang mudah dikenali, dan memberikan Anda kesan elegan dan berkelas. Melati juga dapat menggambarkan sosok wanita yang misterius bagi setiap orang yang memakainya.

Rekomendasi:

Gucci Flora Gorgeous Gardenia

gucci.com

Courtesy of Gucci
Courtesy of Gucci

10. Patchouli

Aroma yang cukup maskulin namun tetap bisa digunakan secara lembut, hanya dengan mengaplikasikan ke beberapa titik tubuh saja. Tidak semua orang menggemarinya, namun tidak ada salahnya mencoba untuk kesan independen dan berani.

Rekomendasi:

Givenchy L'Interdit Eau de Parfum Intense

givenchybeauty.com

Courtesy of Givenchy
Courtesy of Givenchy

Baca juga:

Rekomendasi 12 Blush-On untuk Kulit Sawo Matang serta Cara Mengetahui Tone Kulit Anda

Tips Menggunakan Bandana Sebagai Benda Fashion Serta Rekomendasi Model Terbarunya!

(Penulis: Gracia Sharon, Layout: Sophie El Fasya, Foto: Courtesy of Chanel, Dior, Tom Ford, Marc Jacobs, Versace, Narcisco Rodriguez, Gucci, Dolce & Gabbana, Yves Saint Laurent, Chloé, Hermès, Guerlain, Moschino, Givenchy, L'Occitane)