Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Tips Menggunakan Bandana Sebagai Benda Fashion Serta Rekomendasi Model Terbarunya!

Kain yang terlihat biasa ini ternyata punya beragam kegunaan.

Tips Menggunakan Bandana Sebagai Benda Fashion Serta Rekomendasi Model Terbarunya!
Layout by Sophie El Fasya

Kembalinya tren Y2K membawa serta Bandana untuk kembali unjuk diri dalam dunia mode. Bandana merupakan sebuah kain besar, kata bandana sendiri berasal dari bahasa Hindi, bāṅdhnū yang berarti untuk diikat, sesuai dengan penggunaannya.

Sekilas, bandana memang hanya terlihat sebagai sebuah kain biasa, namun aksesori yang populer pada era ‘90an hingga awal 2000an ini disebut-sebut sebagai sebuah item fashion yang hyper-versatile. Sebutan itu cocok disematkan untuknya lantaran ornamen ini memiliki sangat banyak cara pengaplikasiannya. Sebelum kita beranjak ke rekomendasi bandana, Bazaar akan terlebih dahulu mendemonstrasikan berbagai cara agar Anda bisa tampil super stylish dengan bandana ala runway dan juga para figur publik dunia. 


Penghias leher

Courtesy of Instagram @hermes
Courtesy of Instagram @hermes

Cara paling mudah untuk menggunakan ornamen ini adalah dengan mengikatkannya ke leher, dan ini berlaku untuk pada semua jenis ukuran bandana, tentunya bandana dengan ukuran dan ikatan berbeda akan menghasilkan tampilan yang berbeda pula. Anda akan mendapatkan tampilan kasual dan santai bila mengikatkan bandana yang telah dilipat dalam bentuk segitiga, namun bila Anda menggunakan bandana yang dilipat kecil dan mengikatnya di bagian samping leher, Anda akan memiliki tampilan glamor layaknya Audrey Hepburn. 

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb


Penghias kepala

Courtesy of Instagram @bellahadid
Courtesy of Instagram @bellahadid

Salah satu cara klasik menggunakan bandana adalah dengan mengikatkannya di kepala Anda, tergantung dengan look apa yang Anda inginkan. Bila Anda ingin tampilan ala Y2K, mengikat bandana berukuran kecil di depan kepala atau sebagai pembungkus kepala merupakan cara yang tepat. Anda akan terlihat kasual dengan mengikatnya seperti bando biasa. 

Courtesy of Instagram @dior
Courtesy of Instagram @dior


Hiasan pergelangan tangan

Courtesy of Instagram @hermes
Courtesy of Instagram @hermes

Perlakukan bandana Anda layaknya gelang bila Anda ingin sentuhan yang lebih fresh dari bandana. 


Ikat pinggang

Courtesy of Dior
Courtesy of Dior

Bandana ini juga bisa menjadi pengganti tali pinggang lho, sembari menjalankan fungsinya sebagai tali pinggang yang simpel, bandana juga menambahkan kesan yang fun pada OOTD Anda. 


Aksesori tas

Courtesy of Dior
Courtesy of Dior

Sedang tidak mood untuk mengikatkannya ke tubuh Anda? Tidak apa-apa, Anda juga bisa mengikatkannya kepada tas Anda untuk mempermanis kompartemen penyimpanan Anda yang akan memberikan kesan serupa pada Anda. 


Atasan 

Courtesy of Instagram @aimeesong
Courtesy of Instagram @aimeesong

Bila sudah bosan dengan isi lemari Anda, Anda bisa mencoba mengikatkan bandana berukuran besar ini ke tubuh Anda untuk mendapatkan gaya khas 2000-an seperti penampilan ikonis Beyonce dengan atasan bandana merahnya. 


Berikut merupakan rekomendasi bandana dari Bazaar agar Anda bisa segera mengaplikasikannya ke tampilan Anda!


H&M / Rp. 79,900

Courtesy of H&M
Courtesy of H&M

Dikemas dengan monogram Blackpink, salah satu ikon pop culture di Asia. Bandana ini mampu membuat Anda tetap eksis dalam gaya, bisa digunakan untuk mengikat rambut ataupun sampiran di leher. Poin plus bila Anda juga merupakan seorang BLINK!

Pull & Bear / Rp. 139,900

Courtesy of Pull n Bear
Courtesy of Pull & Bear

Memiliki corak paisley, sebuah corak bandana klasik ini jelas tidak boleh dilewatkan bila Anda merupakan pemula yang baru ingin mencoba bergaya dengan bandana. 

Uniqlo / Rp. 199,000 

Courtesy of Uniqlo
Courtesy of Uniqlo

Kolaborasi antara model veteran asal Prancis,  Inès de La Fressange dengan retail pakaian asal Jepang menghadirkan rangkaian koleksi yang mampu membuat Anda tampak seperti Parisian chic, jadi bagi Anda penggemar estetika yang satu ini, bandana lansiran Uniqlo ini adalah pilihan yang tepat. 

Stradivarius / Rp. 229,900

Courtesy of Stradivarius
Courtesy of Stradivarius

Motif marble dan bunga dari set bandana ini akan mempermanis gaya Anda. Set bandana ini juga dapat memudahkan Anda bila ingin tampil kompak dengan sahabat. 

Zara / Rp. 249,900

Courtesy of Zara
Courtesy of Zara

Sematkan bandana ini di tas Anda bila Anda ingin membanggakan kompartemen favorit Anda. Paduan warna kuning dalam ornamen yang satu ini juga mampu menonjolkan penampilan Anda. Aksesoris ini juga berlabel Join Life dari Zara yang berarti penggunaan bahan-bahannya tidak akan merugikan lingkungan. 

Liunic On Things / Rp. 299,000 

Courtesy of Liunic On Things
Courtesy of Liunic On Things

Bila Anda pencinta seni yang unik, produk dari Liunic On Things ini akan membuat Anda merasa lebih ceria dalam padu padan, terlebih, brand ini merupakan karya anak bangsa, loh!

Sejauh Mata Memandang / Rp. 475,000

Courtesy of Bobobobo
Courtesy of Bobobobo

Masih dengan brand lokal, merk Sejauh Mata Memandang merupakan salah satu brand yang selalu menyuarakan kecintaannya pada lingkungan dan juga tanah air dengan semua produknya yang bernafaskan budaya Indonesia, misalnya seperti penggunaan tekstil tradisional atau motif ayam jago yang identik dengan mangkok bakso. Selain sebagai mengelevasi gaya, Anda turut bisa menyuarakan kecintaan Anda pada tanah air dan lingkungan. 

Mango / Rp. 479,000

Courtesy of Mango
Courtesy of Mango

Ingin keluar dari ‘zona biasa’ bandana yang kebanyakan berbahan sutra dan katun? Anda bisa mencoba bandana berbahan faux leather ini. Tenang saja, bahan yang digunakan juga ramah lingkungan!


Christian Dior / Price upon request

Courtesy of Dior
Courtesy of Dior

Berhiaskan rasi bintang dan zodiak, aksesoris ini menyimpan kisah kecintaan Christian Dior akan astrologi. Dikemas dengan kecakapan yang tinggi di atas sutra berwarna biru gelap dan dilengkapi dengan hiasan berwarna putih yang menciptakan kontras yang elegan. Ikatkan kepada leher, kepala, atau tangan Anda untuk melengkapi penampilan ala Chez Moi dari Dior. 

Versace / Price upon request

Courtesy of Versace
Courtesy of Versace

Selain dapat menyenangkan dan menyegarkan dengan elemen aquatic-nya, scarf ini juga memiliki detail jacquard (tenun). Penyuka atribut distingtif tentu tidak ingin kehilangan kesempatannya untuk bergaya dengan aksesoris dari Versace ini. 

Hermes / Price upon request 

Courtesy of Hermes
Courtesy of Hermes

Jin Kwon, seniman asal Korea memvisualisasikan ide tentang dua belas macan tutul yang tengah beristirahat di hutan ke dalam scarf Hermes dan membuat aksesori yang kaya akan injeksi eksotis dan kesan meriah ini menjadi salah satu bandana yang wajib dimiliki para kolektor!

(Penulis : Jeslin L Tang, Layout by : Sophie El Fasya, Foto : Courtesy of Instagram @bellahadid, @aimeesong, @dior, @hermes, Stradivarius, Pull&Bear, Mango, Bobobobo, Versace, Dior, Mango, Liunic on Things, Zara, Uniqlo, H&M, Hermes)