Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Hal Berbeda Datang Dari Alexander McQueen untuk Kampanye Terbarunya, Apa Itu?

Alexander McQueen merilis video kampanye yang tidak biasa.

Hal Berbeda Datang Dari Alexander McQueen untuk Kampanye Terbarunya, Apa Itu?
Courtesy of Alexander McQueen

Sesuatu yang dulunya dipandang sebagai tindakan vandalisme telah berevolusi menjadi seni yang digemari. Ya, dulunya, graffiti merupakan bentuk ekspresi artistik yang biasanya diwujudkan melalui spidol atau cat semprot pada dinding.

Biasanya berbentuk tulisan yang sederhana ataupun coretan yang rumit. Beberapa tahun terakhir ini, banyak label mode yang mengambil graffiti sebagai konsep artistik untuk koleksi kapsul mereka, baru-baru ini, label busana asal Inggris, Alexander McQueen juga mengusung konsep graffiti pada koleksinya untuk putaran musim Fall/Winter 2021.

Bertajuk McQueen Graffiti, rumah mode yang didirikan oleh desainer Alexander McQueen tersebut menginjeksi estetika seni ekspresi diri ini pada rangkaian koleksi klasiknya seperti atasan balloon, rok berdetail lipitan, coat, T-shirt, hingga aksesori seperti kacamata dan tas yang unik serta bernuansa punk dengan imbuhan logo rumah mode tersebut yang diberi aksen bold khas coretan graffiti. 

Courtesy of Alexander McQueen
Courtesy of Alexander McQueen

Courtesy of Alexander McQueen
Courtesy of Alexander McQueen

Courtesy of Alexander McQueen
Courtesy of Alexander McQueen 

Seiringan dengan peluncuran kapsul ini, rumah mode yang didirikan pada tahun 1992 itu turut merilis video kampanye untuk semakin menggoda para peminatnya. Namun ada hal yang berbeda dari kampanye kali ini.

Bukannya bernuansa glamor dengan jajaran model yang telah dipoles sedemikian rupa, video ini justru mengusung konsep guerilla di mana interaksi yang ada pada kampanye tersebut bersifat nonkonvensional dan penuh dengan kejutan.

Berkonsep hitam putih dengan latar tempat di New York, London, Paris hingga Milan. Rumah mode tersebut sukses mengambil rasa kagum dari peminatnya dengan menyulap romansa kota-kota besar tersebut seolah-olah menjadi milik mereka dengan polesan monogram segar dari McQueen pada jalanan, bus, taxi, bangunan hingga tram di luar Duomo. 


Meski masih tergolong cukup baru dengan seni ekspresi diri ini, pihak dari Alexander McQueen menyatakan bahwa mereka masih akan terus bereksperimen dengan graffiti untuk musim-musim yang akan datang. Nantikan segera koleksi ini di butik Alexander McQueen terdekat!

Baca juga : 

Adele Bergaya Punk dengan Rok Mini Kotak-Kotak Merah Muda

Harmoni antara Seni dan Fashion dalam Koleksi Kolaborasi Louis Vuitton & Fornasetti untuk Musim Fall/Winter 2021

(Penulis : Jeslin L Tang, Foto : Courtesy of Alexander McQueen, Video : Courtesy of Instagram @alexandermcqueen)