Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

11 Langkah Mudah Melakukan Pedikur Sendiri di Rumah

Raih kaki indah dengan perawatan mudah namun tetap terasa mewah!

11 Langkah Mudah Melakukan Pedikur Sendiri di Rumah

Anda mungkin memiliki kuku tangan yang rapi, mengilat, dan tampak memesona, tapi apakah kuku-kuku kaki Anda sudah mendapatkan perlakuan yang sama? Kegiatan sehari-hari seperti contohnya pekerjaan kantor yang terkadang menuntut Anda untuk acap kali berada di ruangan ber-AC bisa membuat kulit, mulai dari kepala hingga ujung kaki, dehidrasi.

Namun ironisnya, kesibukan tersebut kerap menyita begitu banyak waktu hingga akhirnya Anda pun tak sempat memberikan perhatian lebih terhadap perawatan tubuh terutama area kaki. Padahal, kecantikan yang terjaga secara menyeluruh pun sangat penting untuk menaikkan kepercayaan diri pribadi.

Tak sempat ke salon? Jangan khawatir! Anda sebetulnya bisa melakukan pedikur sendiri di rumah dengan cara simpel dan bahan-bahan yang tidak sulit untuk didapatkan, tetapi dengan hasil layaknya spa di hotel bintang lima. Selain dapat dilakukan dengan harga terjangkau, pedikur di rumah juga relatif lebih higienis karena Anda tak harus menggunakan peralatan salon yang sebelumnya telah dipakai oleh orang lain dan mungkin saja tidak melalui proses sanitasi ideal.

Lalu, bagaimana cara memulai pedikur sendiri ini? Simak langkah-langkah sederhananya.

1. Pastikan kuku Anda sudah bersih dari kuteks, aplikasi stiker, nail art, dan lain sebagainya. Kikir kuku untuk membentuknya sesuai keinginan. 

2. Dengan bantuan gunting kuku, rapikan ujung-ujung kuku yang sudah terlihat terlampau panjang. Bentuk tepiannya dengan lurus saja supaya kuku kaki Anda tidak tumbuh ke dalam nantinya.

Jika Anda ingin agar sudut-sudutnya melengkung atau membundar, gunakanlah alat pengikir kuku. Ingat, jangan sampai Anda memotongnya terlalu pendek! Setelah itu, bersihkan bagian bawahnya secara perlahan-lahan dengan memakai manicure stick atau yang sering disebut pula orange stick.

3. Rendam kaki Anda di dalam baskom atau bak kecil berisikan air hangat yang telah dicampur kira-kira delapan sendok makan garam Epsom. Garam ini terbukti berkhasiat untuk meredakan pegal-pegal dan nyeri otot sekaligus melancarkan sirkulasi darah.

Pada wadah yang sama, tambahkan potongan jeruk lemon dan juga daun mint demi efek yang lebih menyegarkan. Untuk permukaan kaki yang lebih halus, Anda juga bisa menuangkan beberapa sendok makan soda kue yang berfungsi untuk melembutkan permukaan kulit.

4. Diamkan sampai kira-kira 20 menit atau lebih sambil membaca majalah kesayangan Anda maupun mendengarkan musik yang bisa mendukung relaksasi.

5. Kemudian, gosok bagian kaki yang terasa kapalan dengan mengenakan pumice. Ingat, jangan tergiur untuk memakai silet hanya demi menipiskan kulit di area tumit jika tak ingin memperbesar risiko infeksi. 

6. Untuk mengatasi kaki yang tampak kusam, gosokkan scrub favorit Anda sebagai upaya guna mengenyahkan sel-sel mati sekaligus mempercepat regenerasi kulit baru demi tampilan yang lebih mulus hanya dalam sekejap mata. Ingin scrub yang alami? Anda bisa mencampur madu dan gula pasir hingga membentuk pasta kental sebelum dibalurkan ke kulit.

7. Basuh sisa-sisa kotoran yang sudah terangkat hingga bersih kesat.

8. Lap kaki dengan menggunakan handuk kering. 

9. Kenakan masker khusus kaki yang berfungsi untuk memberikan hidrasi secara menyeluruh. Bahkan, kini ada pula foot mask yang mampu memicu eksfoliasi dan menjanjikan kaki Anda sehalus sutra hanya dalam satu kali pemakaian!

10. Oles cuticle oil atau petroleum jelly pada kutikula Anda. Bagaimana pun, bagian ini sangat penting untuk melindungi kuku Anda dari serangan infeksi. Jadi, hindari memotong ataupun mendorongnya secara paksa agar kuman-kuman tak masuk ke dalam. 

11. Jangan lupa untuk melembapkan kaki dengan losion atau krim kesayangan Anda. Supaya hasilnya semakin optimal, usapkan pelembap berformulasi shea butter ataupun minyak kelapa seraya memijat kaki dengan sedikit menekan-nekan area yang terasa pegal.

Namun untuk sensasi yang berbeda, Anda bisa menambahkan beberapa tetes essential oil berekstrak pepermin guna menutupi kemungkinan munculnya bau kaki. Atau, baurkan minyak esensial dengan sari lavender demi semakin menambah kelembutannya.  

(Foto:  Maksim Marchanka©123rf.com)