Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ini 10 Jam Tangan Termahal di Dunia

Intip koleksi jam tangan paling mahal di dunia yang menjadi simbol kemewahan dan prestise tertinggi.

Ini 10 Jam Tangan Termahal di Dunia
Layout: Kania Ardania

Jam tangan bukan hanya alat penunjuk waktu, tetapi juga simbol status dan kemewahan yang tak lekang oleh waktu. Dari kreasi yang dihiasi berlian hingga karya mekanis yang luar biasa rumit, beberapa jam tangan telah mencapai harga yang mengejutkan, menjadi incaran para kolektor dan pencinta horology. Ingin tahu jam tangan mana saja yang masuk dalam daftar paling mahal di dunia? Simak temuan Bazaar. 

BACA JUGA: Melihat Lebih Dekat Dua Koleksi Jam Tangan Terbaru dari Richard Mille

1. Patek Philippe Grandmaster Chime Ref. 6300A-010

Courtesy of Patek Philippe

Patek Philippe Grandmaster Chime Ref. 6300A-010 menjadi salah satu jam tangan termahal yang pernah terjual. Dibuat untuk merayakan ulang tahun ke-175 Patek Philippe, jam ini menampilkan 20 komplikasi pada dua dial, termasuk grande sonnerie pertama dari Patek dan pengulang tanggal unik. Butuh waktu tujuh tahun dan lebih dari 100.000 jam untuk menciptakan jam ini, yang juga dilengkapi mekanisme berpaten yang memungkinkan case dua sisi ini berputar dan terkunci, menampilkan dial emas mawar bertuliskan "The Only One" atau dial kalender abadi berwarna hitam ebony.

Harga sekitar Rp. Rp 476.956.700.000,00

2. Jacob and Co. Billionaire Timeless Treasure 

Courtesy of Jacob & Co.

Lahir dari passion yang dimiliki Jacob Arabo dan keinginannya untuk menggabungkan berlian dan jam tangan, panggilan hati itu akhirnya terwujud pada tahun 2016 dengan peluncuran jam tangan skeleton, tourbillon, yang hanya ada satu di dunia, yang seluruhnya dihiasi berlian berukuran sangat besar yaitu Billionaire Timeless Treasure. Jam tangan ini seluruhnya terbuat dari berlian kuning alami, 425 berlian kuning berpotongan Asscher, IF hingga VVS dan 57 berlian kuning berpotongan baguette yang dipasang pada mesin skeleton tourbillon. Total 482 berlian kuning memiliki berat 216,9 ct. yang luar biasa, menciptakan cahaya luar biasa untuk jam tangan abadi yang unik.

Harga sekitar Rp. 309.848.000.000,00

3. Louis Moinet Meteorite Watches 

Courtesy of Louis Moinet

Les Ateliers Louis Moinet menggabungkan potongan meteorit dari bulan, Mars, dan asteroid ke dalam koleksi jam tangan mereka, menciptakan karya seni yang menyingkap rahasia luar angkasa. Meteorit-meteorit ini, yang telah melintasi milyaran mil di alam semesta dan menyimpan kisah sejarah kosmik, kini menjadi bagian dari jam tangan Louis Moinet. Beberapa di antaranya bahkan lebih tua dari Bumi dan menyimpan jejak awal kehidupan manusia, menjadikan mereka saksi bisu dari perjalanan panjang di alam semesta.

Harga sekitar Rp. 71.173.716.660,00

4. Franck Muller Aeternitas

Courtesy of Franck Muller

Label Franck Muller memperkenalkan jam tangan paling rumit yang pernah diproduksi, yakni Aeternitas Mega. Dengan 36 komplikasi dan 1.483 komponen, jam ini menunjukkan kehebatan mikro-mekanika. Dibuat seluruhnya di dalam pabrik, desainnya memadukan tradisi klasik Vallée de Joux. Nama Aeternitas, yang berarti keabadian, mengacu pada kalender abadi yang berjalan dalam siklus 1.000 tahun tanpa akhir.

Harga sekitar Rp. 39.946.119.102,00

5. Richard Mille RM 56-02 Sapphire 

Courtesy of Richard Mille

Terinspirasi dari mekanisme suspensi kabel RM 27-01 Rafael Nadal, jam tangan ini merupakan puncak desain transparan dalam pembuatan jam. Edisi terbatas ini memiliki gerakan tourbillon manual yang menunjukkan waktu dan indikator ketegangan. Richard Mille menambahkan inovasi dengan menggunakan jembatan barrel, tourbillon, dan jembatan tengah dari safir. 

Harga sekitar Rp. 34.037.180.980,00

6. Audemars Piguet Royal Oak Grande Complication 

Courtesy of Audemars Piguet

Menghadirkan kemewahan dan kompleksitas dalam satu paket, Royal Oak Grand Complication dari Audemars Piguet merupakan sebuah mahakarya langka yang hanya tersedia dalam edisi terbatas. Model Offshore ini, berukuran 44mm dengan ketebalan 15,70mm dan desain semi terbuka, menampilkan keindahan skeleton yang memukau. Jam tangan ini menggabungkan fitur-fitur canggih seperti kalender abadi, fase bulan, indikator tahun kabisat, chronograph split-second, dan minute repeater, menjadikannya salah satu karya paling menonjol dalam koleksi mereka.

Harga sekitar Rp. 25,327,782,421

7. Richard Mille 53-01 Tourbillon 

Courtesy of Richard Mille

Next on the list adalah RM 53-01, hasil kolaborasi Richard Mille dengan pemain polo ternama Pablo Mac Donough. Dirancang setelah solusi armoured pertama yang dibuat khusus untuk Mac Donough, RM 53-01 Tourbillon lahir dari penelitian dan pengembangan intensif. Jam tangan ini menggabungkan ketahanan luar biasa terhadap guncangan—penting dalam dunia polo—dengan estetika yang segar. Laminated sapphire glass pada jam tangan ini merupakan inovasi pertama dalam dunia arloji, menjadikannya salah satu pencapaian teknis paling impresif. 

Harga sekitar Rp. 18.576.656.520,00

8. Patek Philippe Grand Complications 5208R-001

Courtesy of Patek Philippe

Patek Philippe memberikan sentuhan baru pada Reference 5208 Grand Complication dengan menghadirkannya dalam casing rose-gold untuk pertama kalinya, lengkap dengan dial hitam ebony sunburst. Mekanisme jam ini, terdiri dari 719 komponen, menggabungkan minute repeater, chronograph monopusher, dan kalender abadi dengan tampilan aperture, menjadi salah satu kaliber paling rumit yang berfungsi otomatis. Keindahan teknologinya dapat dilihat melalui bagian belakang case yang terbuat dari kristal safir.

Harga sekitar Rp. 16.895.530.272,50

9. Jacob & Co. Astronomia Tourbillon Baguette

Courtesy of Jacob & Co.

Astronomia Tourbillon Baguette dari Jacob & Co. menggabungkan keajaiban astrofisika dengan seni pembuatan jam, menghadirkan sistem tata surya mini yang terus bergerak. Desainnya menyerupai observatorium dengan kubah safir besar dan pelat dasar aventurine yang berkilauan seperti langit malam. Jam tangan mewah ini juga dilengkapi ratusan permata baguette-cut yang disusun tanpa celah. 

Harga sekitar Rp. 15.482.584.400,00

10. Breguet Classique Grande Complication

Courtesy of Breguet

Last but not least merupakan Classique Grande Complication dari Breguet. Jam tangan ini dibalut emas putih 18 karat serta dilengkapi tourbillon dengan detik yang berputar pada porosnya. Pegas keseimbangan Breguet overcoil menambah ketepatan gerakan. Keanggunan desainnya diperkuat dengan 134 berlian baguette-cut menghiasi bezel, lugs, dan case band, serta 356 berlian kecil pada dial emas berlapis perak yang diukir dengan tangan. 

Harga sekitar Rp. 4.696.064.695,00

BACA JUGA:

Mark Ronson Menjadi Brand Ambassador Terbaru Jam Tangan Audemars Piguet

Ini Wujud Jam Tangan Kolaborasi Patek Philippe dan Tiffany & Co. yang Saat Pelelangan Terjual 6.5 Juta Dollar Amerika Serikat