Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Gemerlap Kreativitas UMKM Indonesia di Panggung Digital Acara FEKDI x KKI 2024

Sebuah bentuk selebrasi dari pengembangan UMKM Indonesia yang didorong akan semangat menghadirkan inovasi yang memanfaatkan platform digital.

Gemerlap Kreativitas UMKM Indonesia di Panggung Digital Acara FEKDI x KKI 2024
Pembukaan acara FEKDI x KKI

Bank Indonesia bersama Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah serta Kementerian Perindustrian telah sukses menyelenggarakan pameran dan konferensi yang penuh inspirasi dengan tajuk "FEKDI x KKI 2024" dengan tema besar “Sinergi Memperkuat Ekonomi dan Keuangan Digital serta Inklusif untuk Pertumbuhan yang Berkelanjutan” pada tanggal 1-4 Agustus 2024 lalu di Jakarta Convention Center.

Joko Widodo, Presiden RI

BACA JUGA: KPP-RI Selenggara 'Rupa Karya' Sebagai Insentif Untuk Melestarikan Budaya Indonesia dan Mengajak Untuk Terus Berkreasi Di Masa Pandemi

Acara selama empat hari ini menjadi ajang strategis bukan hanya bagi pemerintah, industri terkait, tetapi juga masyarakat umum untuk bersama-sama memetakan masa depan sistem pembayaran digital yang semakin terintegrasi dan terjangkau bagi seluruh masyarakat di Indonesia.

Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo dalam sambutannya menyatakan bahwa kolaborasi lintas sektor menjadi kunci untuk mewujudkan ekosistem pembayaran digital yang inklusif. Melalui FEKDI x KKI 2024, pihaknya berharap dapat mendorong percepatan transformasi digital di bidang pembayaran dan mendukung pertumbuhan UMKM serta industri kreatif berbasis kearifan lokal. 

Biyan

Biyan

Menjadi salah satu acara utama pada hari pembukaannya, sebuah pagelaran diadakan untuk menampilkan adibusana yang diolah menggunakan wastra unggulan dari daerah Sumatera Bagian Utara. Hal ini merupakan sebuah kolaborasi dengan desainer ternama Tanah Air, Biyan Wanaatmadja di mana ia menghadirkan berbagai karya dengan Kain Ulos menggunakan motif khas Tumtuman. 

Biyan

Di hari berikutnya, Chitra Subyakto selaku Direktur Kreatif dan pendiri label Sejauh Mata Memandang membagikan cerita inspiratif mengenai sustainable fashion yang kemudian dilanjutkan dengan pagelaran karya desainer Toton Januar yang memperlihatkan Batik Gedog Tuban dan Batik Tulis Ciwaringin, serta Mel Ahyar yang menghadirkan Tenun Lombok.  

Toton Januar

Toton Januar

Mel Ahyar

Mel Ahyar

Selama empat hari penyelenggaraan, FEKDI x KKI 2024 menampilkan berbagai kegiatan menarik, mulai dari pameran teknologi dan layanan pembayaran digital, konferensi dan diskusi panel, serta pameran produk UMKM dari wastra, ready-to-wear, hingga kuliner dan camilan Nusantara. Melalui serangkaian kegiatan ini, FEKDI x KKI 2024 menjadi platform strategis bagi pemerintah, industri, dan masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan masa depan pembayaran digital yang seamless, efisien, dan inklusif di Indonesia.

Makanan dan camilan Nusantara

Wastra Indonesia

(Fotografer: Gustama Pandu)

BACA JUGA: Koleksi Bergaya Urban dari Wastra Nusantara Karya Denny Wirawan Untuk Wanita Masa Kini

Kolaborasi IKYK dan Toton Suguhkan Kesan 'Romantis' melalui Koleksi Ramadan dan Idul Fitri 2021