Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Paralimpiade 2024

Cara menonton, detail upacara pembukaan, dan banyak lagi.

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Paralimpiade 2024
Courtesy of BAZAAR US

Kabar baik bagi para penggemar olahraga, masih ada kompetisi internasional lainnya yang akan berlangsung setelah penutupan Olimpiade Paris 2024. Meskipun Olimpiade tersebut berakhir pada 11 Agustus, akan segera diikuti oleh Paralimpiade 2024, yang juga akan diselenggarakan di Paris.

BACA JUGA: Momen Paling Berkesan dari Upacara Penutupan Olimpiade 2024

Menampilkan 22 cabang olahraga dan 4.400 atlet dari seluruh dunia, Paralimpiade 2024 akan menyaksikan para atlet Paralimpiade berjuang untuk meraih medali emas dalam berbagai nomor perorangan dan beregu, dimulai pada 28 Agustus dan berlangsung hingga 8 September.

Ini adalah Paralimpiade Musim Panas pertama yang pernah diadakan di Kota Cahaya tersebut, dan Anda tidak ingin melewatkannya. Di bawah ini, temukan semua yang kami ketahui tentang Paralimpiade 2024, mulai dari cara menonton hingga cabang olahraga yang akan dipertandingkan, dan banyak lagi.

Anda dapat menonton Paralimpiade melalui streaming atau TV kabel.

Di Amerika Serikat, semua acara dari Paralimpiade Paris 2024 akan tersedia untuk streaming di aplikasi Peacock, sementara siaran langsung akan ditayangkan di NBC, CNBC, dan USA Network. Selain itu, Anda juga dapat mengikuti perkembangannya melalui kanal YouTube resmi Paralimpiade, serta situs web Komite Paralimpiade Internasional.

Tahun ini terbilang bersejarah dalam hal liputan Paralimpiade, karena untuk pertama kalinya, NBC akan menempatkan beberapa pembawa acara di lokasi untuk meliput acara secara langsung. Komentator olahraga Andrea Joyce dan atlet lari dan lapangan Paralimpiade 2016 Lacey Henderson akan menjadi pembawa acara siaran, sementara pembawa acara lainnya akan memberikan komentar dari studio di Amerika Serikat.

Sementara itu, menurut NBC Sports, Peacock akan bertindak sebagai "destinasi Paralimpiade terlengkap dalam sejarah media AS," dengan lebih dari 1.500 jam liputan langsung Paralimpiade.

Akan ada 22 cabang olahraga yang dipertandingkan di Paralimpiade.

Paralimpiade 2024 di Paris akan menampilkan 22 cabang olahraga, termasuk: para panahan, para atletik, para bulu tangkis, sepak bola tunanetra, boccia, para kano, para bersepeda, para berkuda, goalball, para judo, para angkat berat, para dayung, menembak para sport, bola voli duduk, para renang, para tenis meja, para taekwondo, para triathlon, bola basket kursi roda, anggar kursi roda, rugby kursi roda, dan tenis kursi roda.

Dua cabang olahraga di Paralimpiade yang tidak memiliki padanan di Olimpiade adalah boccia dan goalball. Dua cabang olahraga terbaru adalah bulu tangkis dan taekwondo, keduanya memulai debutnya di Paralimpiade 2020 di Tokyo.

Paris akan menyelenggarakan upacara pembukaan yang inovatif pada 28 Agustus.

Paralimpiade 2024 akan dimulai dengan upacara pembukaan pada 28 Agustus pukul 2:00 p.m. EST. Pertunjukan spektakuler ini akan diawali dengan parade populer di jalan ikonis Champs-Elysées, diikuti oleh parade resmi yang akan berlangsung di alun-alun publik Place de la Concorde. Acara ini akan terbuka untuk hingga 65.000 penonton.

Presiden Paralimpiade Paris 2024, Tony Estanguet, menyoroti pendekatan inovatif dalam upacara pembukaan ini, yang merupakan yang pertama dalam sejarah Paralimpiade yang diadakan di luar stadion (seperti halnya upacara pembukaan Olimpiade). "Untuk memastikan bahwa sorotan sepenuhnya tertuju pada prestasi para atlet Paralimpiade, nilai-nilai yang mereka anut, dan emosi yang mereka inspirasi dalam diri kita, Paris 2024 ingin menawarkan mereka panggung yang inovatif dengan menyelenggarakan upacara pembukaan Paralimpiade pertama di luar stadion," ujarnya. "Selain latar luar biasa yang ditawarkan untuk para atlet terkemuka dan penonton dari seluruh dunia, upacara ini di jantung kota adalah simbol kuat yang menggambarkan ambisi kami untuk memanfaatkan kesempatan negara kami menjadi tuan rumah Paralimpiade pertama kalinya untuk menempatkan isu inklusi bagi penyandang disabilitas di pusat masyarakat kami."

Proyek ini dipimpin oleh direktur artistik untuk upacara tersebut, Thomas Jolly.

Medali akan menampilkan potongan dari Menara Eiffel.

Untuk menghormati Paralimpiade pertama di Paris, Komite Paralimpiade Internasional memberikan sentuhan istimewa pada medali yang akan diberikan kepada para atlet. Ternyata, setiap medali akan berisi potongan kecil yang diambil dari Menara Eiffel.

Menurut situs daring resmi Paralimpiade, medali untuk Paralimpiade Paris 2024 akan menampilkan "potongan besi asli dari Menara Eiffel",  tepatnya 18 gram. Dan dalam upaya untuk menghormati keberagaman dan inklusi, medali-medali tersebut,  yang dirancang bekerja sama dengan perancang perhiasan Prancis Chaumet, dan  akan menampilkan ukiran fisik dan huruf braille.

Paralimpiade berawal 76 tahun yang lalu setelah Perang Dunia II.

Sebelum lahirnya Paralimpiade, para atlet penyandang disabilitas ikut serta dalam Olimpiade sejak awal abad ke-20. Namun, semua ini berubah selama Olimpiade London 1948.

Setelah Perang Dunia II, ada upaya untuk menghormati para veteran yang terluka selama perang, dan pada tahun 1944, pemerintah Inggris menugaskan Dr. Ludwig Guttmann untuk membuka pusat cedera tulang belakang bagi para veteran ini.

Empat tahun kemudian, pada hari upacara pembukaan Olimpiade di London, Dr. Guttmann memutuskan untuk menyelenggarakan kompetisi rekreasi di pusatnya, yang melibatkan 16 atlet kursi roda. Dia menamakannya Stoke Mandeville Games. Akhirnya, ini akan menjadi Paralimpiade, yang memulai debutnya di Roma pada tahun 1960.

Sejak saat itu, Paralimpiade diadakan setiap empat tahun, bertepatan dengan Olimpiade Musim Panas; pada tahun 1976, Paralimpiade Musim Dingin juga dimulai. Sejak 1988, telah menjadi tradisi bagi kedua Paralimpiade untuk diadakan di kota yang sama dengan Olimpiade, berkat kesepakatan antara Komite Paralimpiade Internasional (didirikan pada tahun 1989) dan Komite Olimpiade Internasional.

BACA JUGA:
Putri Kate Muncul Merayakan Olimpiade 2024 Lewat Video Langka
Kendall Jenner Memperlihatkan Dua Gaya Minidress Berbeda sebagai Ikon Mode di Paris