Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Kemeja Button-Down Untuk Anda Pakai Berulang Kali

Kemeja 'button-down', si pemain utama di lemari Anda!

10 Kemeja Button-Down Untuk Anda Pakai Berulang Kali
Courtesy of Bazaar US

Jika saya harus menulis satu surat cinta kepada satu pakaian yang saya miliki, maka itu untuk kemeja button-down. Tanya saja siapapun yang mengenal saya, mereka akan mengatakannya kepadamu bahwa saya 80 persen mengenakan kemeja ini setiap saat, sepanjang tahun.

BACA JUGA:  15 OOTD Para Selebriti Tanah Air dengan Kemeja Putih

Pada musim hangat, saya akan mengenakan ini diatas gaun musim panas tipis saya, atau memadankanya dengan celana pendek yang serasi, bahkan untuk pakaian penutup saat di pantai. Untuk musim dingin, kemeja ini merupakan layering piece yang sempurna, pakai diatas turtleneck tipis dan dibawah rompi yang rapi.

Atasan ini memuaskan dalam nyaris semua penampilan, dan sesuai untuk hampir semua acara yang dapat Anda pikirkan. Bahkan beberapa momen fashion favorit saya menampilkan kemeja button-down: Sharon Stone saat 1998 Academy Awards, Tom Cruise di Risky Business, Jenna Lyons di pernikahan Solange pada 2014, dan Zendaya saat Academy Awards, 2022. 

Dari penampilan kasual hingga fancy, kemeja button-down merupakan pemain utama dalam lemari Anda. Tetapi dengan banyaknya button-down di pasaran, yang manakah yang harus Anda beli?

Jessica Rawls, co-founder dari merek asal Brooklyn, Alice Pearl, dan pencipta kemeja linen putih yang paling sempurna, memberitahu kami bahwa "Itu semua bergantung pada bentuk dan bahannya".

Lalu, ia menjelaskan "Bertolak belakang dengan namanya, button-down tidak memiliki kesan dan tampilan layaknya kemeja berkancing. Kenyamanan adalah kunci, jadi ketahuilah jenis siluet apa yang Anda inginkan: slim atau oversized. Untuk siang hari, saya menyukai linen dan katun poplin. Kemudian untuk malam, saya lebih menyukai bahan yang lebih mewah seperti sutra dan material tipis lainnya."

Anda tak akan pernah merasa berlebihan dalam memiliki kemeja button-down. Dimulai dari kemeja putih klasik, sampai kemeja bergaris hingga kemeja dengan motif bunga, intip 10 gaya kemeja versatile yang Anda ingin pakai berulang kali. 

Kemeja Uniseks Santai Alice Pearl Joie

Courtesy of Alice Pearl

Dirancang oleh fashion editor berpengalaman, percayalah bahwa ini akan sempurna dipakai dengan cara apapun. Mengambil inspirasi dari menswear, dan bentuk oversized, ditambahkan kancing mother-of-peral sebagai sentuhan ekstra. 

Kemeja Button-down Co Patch Pocket

Courtesy of Bazaar US

Shade coklat memasuki era pemeran utama mereka, menangkap perhatian sebagai warna natural yang paling populer.

Lalu bagaiamana kalau mereka muncul dengan stripes? Itu bahkan lebih baik. Hue kaya akan warna coklat tampil menawan dengan perhiasan chunky dari emas. Kami rekomendasikan untuk tidak mengancing sampai atas, dan tambahkan beberapa lapisan kalung. 

Kemeja Flora Spell

Courtesy of SPELL

Kemeja sejuk dengan motif flora ini datang dari koleksi baru Spell, merek asal Australia, yang menarik bagi siapapun yang memiliki selera cottagecore dan boho.

Diciptakan dari material signature brand yakni 50/50 campuran antara Lenzing Ecovero viscose dan katun organik, diimbuh dengan detail lengan yang jatuh serta kancing yang diselimuti oleh kain. Perpaduan sempurna antara nuansa santai dan halus. Motif flora disini menampilkan flora dengan hue emas dikelilingi dengan bingkai persegi berwarna pink pastel menjadikannya motif kotak-kotak yang terlihat diseluruh koleksinya. 

Kemeja Frank & Eileen Frank Woven Button Up

Courtesy of Bazaar US

Lengan yang digulung dan kerah tegak adalah sentuhan akhir yang terbaik untuk kemeja bergaya button-down. Ketika kami katakan bahwa Anda membutuhkan kemeja dalam setiap warna, kami benar-benar memaknainya. Pakailah warna merah terang ini dengan rok maxi putih atau denim dalam bentuk apapun. 

Kemeja Slim Alémais Mirabella 

Courtesy of Bazaar US

Jika anda lemah terhadap pola dan motif yang kontras, kemeja dengan perpaduan flora dan garis-garis dari Alémais ini harus ada di keranjang belanja Anda. Unik dan indah, ini akan menjadi favorit anda sepanjang waktu.

Kemeja Sutra Gia Studios

Courtesy of Bazaar US

Untuk tampilan black-tie, tiru gaya Sharon Stone dan Zendaya melalui kemeja sutra dari Gia Studios ini. Dengan potongan garis panjang, Anda dengan mudah menyisipkannya kedalam rok sebagai hiasan, atau ikat di depannya dan jadikanlah crop-top

Blus Christine Alcalay Georgina

Courtesy of Christine Alcalay

Chic dan feminin, atasan berbahan chiffon sejuk dari desainer Brooklyn Christine Alcalay, ini merupakan pakaian elegan untuk Anda dari siang hingga malam. Anda akan menyukai detail yang penuh konsiderasi, kerah Peter Pan, lengan kembang, dengan serutan yang rapi pada bahu. Garis leher yang berbentuk, menjadikan anda telihat rapi, serta bentuk yang santai menjaga Anda tetap nyaman. 

Kemeja The Sheer Everyday Attersee

Courtesy of Attersee

Saat ini adalah momen pakaian tipis, dan bentuk terbaru dari bentuk tradisional button-down oleh Attersee adalah pakaian sempurna untuk melapisi lingerie atau dalaman lembut lainnya untuk mendapatkan penampilan daring. Anda akan menyukai lengan panjang yang dramatis. 

Kemeja Donni. Sandwash Sleeveless Shirt

Courtesy of Bazaar US

Jika Anda ingin tank top yang sedikit lebih segar, sedikit lebih sopan, maka kemeja button-down tanpa lengan adalah jawabanya. Anda bisa padukan desain lucu dari Donni. ini dengan apapun, tapi jika dipakai dengan celana yang serasi akan terkesan lebih chic. 

Kemeja By Malene Birger Barissa

Courtesy of Bazaar US

Dengan datangnya musim gugur, Anda akan ingin bahan yang lebih tebal. Maka setidaknya, kemeja kulit dari By Malene Birger masuk ke daftar must-buy Anda. Pakai ini sebagai jaket transisi, atau lapisi dengan kaos serta singlet favorit Anda untuk tampilan effortless. 

BACA JUGA: 
7 Rekomendasi Kemeja Santai yang Sekarang Sudah Dapat Anda Beli Secara Online
10 Kemeja Jaket atau Shacket Terbaik untuk Transisi Gaya

(Penulis: Minna Shim; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of Alice Pearl, Spell, Christine Alcalay, Attersee, dan Bazaar US)