Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Jangan Gunakan Tretinoin Sebelum Membaca Ini!

Mengapa powerhouse anti-aging, anti-acne, ini menjadi viral.

Jangan Gunakan Tretinoin Sebelum Membaca Ini!
Courtesy of BAZAAR UK

Saat retinol pertama kali muncul di dunia kecantikan, hal itu menjadi sebuah dilema dalam perawatan kulit, dengan kelompok yang benar-benar mencintai atau membencinya, sama seperti Marmite, semacam selai gurih dari Inggris. Meski beberapa memuji hasil efektif dari produk ini dan tidak keberatan melalui fase 'retinol uglies', yang beberapa lainnya yang tertinggal dengan kulit kering dan teriritasi.

Terlebih, bagi Anda berada di kelompok yang pertama, Anda akan menyukai kakak perempuan dari retinol yang lebih kuat lagi – tretinoin. 

Baca juga: Ternyata, Tidak Semua Orang Membutuhkan Retinol untuk Perawatan Wajah

Lebih terkonsentrasi daripada retinol, dan menjanjikan hasil yang meregenerasi ulang sel kulit wajah (hal ini akan dijelaskan lebih nanti), tretinoin belakangan ini sedang naik daun apalagi di antara para ahli dan label kecantikan. Meskipun bahan ini bukanlah penemuan baru (pertama kali digunakan pada tahun 1962 dan disetujui sebagai obat jerawat pada tahun 1971), produk ini sedang mengalami sebuah kebangkitan, dengan lebih dari 320 juta tampilan di TikTok, dan pencarian Google yang berlipat ganda dari tahun lalunya. Meskipun alasan dari peningkatan popularitasnya yang sangat tiba-tiba ini, tidak diketahui, para ahli percaya kenaikan ini karena orang-orang sedang mencari sesuatu yang lebih kuat lagi untuk kulit kita, dibanding retinol (dan beberapa formula yang sudah diracik agar lebih halus di kulit).

Tergoda? Kami telah bertanya para ahli bagaimana menggunakannya.

Apa itu tretinoin?

"Tretinoin adalah bahan aktif di krim yang berbasis retinoid," Dr. Charlotte Woodward, dokter estetika medis di River Aesthetics, menjelaskan. "Ini bukan turunan alami vitamin A (seperti retinol), tetapi dibuat secara sintetis oleh ingredient developers di laboratorium tempat para produk skincare dibuat." Di bawah naungan vitamin A, ada berbagai formula yang semuanya berbeda satu sama lain, dalam struktur kimia dan molekulnya, serta reseptor yang diikat bersama selnya. Akibatnya, mereka semua melakukan hal yang berbeda dan terprovokasi reaksi yang berbeda di kulit. "Tretinoin adalah nama generik untuk beberapa bentuk vitamin A sintetis bermerek, seperti Atralin dan Retin-A," tutur Dr Charlotte. 

Apa manfaat dari menggunakan tretinoin?

Meskipun tretinoin pertama kalinya dibuat untuk mengobati jerawat, tidak lama kemudian, para ahli mulai membahas efek samping menguntungkan lainnya dari produk ini. Meskipun istilah 'anti-aging' sekarang sudah sering digunakan di dunia stratosfer kecantikan, bukti ilmiah menunjukkan bahwa tretinoin benar-benar dapat memutar balik waktu pada kulit kita. "Produk-produk ini benar-benar memperbaiki penyebab penuaan dengan mencegah dan memulihkan kerusakan kulit," Dr. Charlotte menjelaskan. "Itu berarti kulit tidak sekedar terlihat lebih mudah — namun, sebenarnya menjadi lebih mudah, di tingkat sel. Dengan mempercepat pergantian sel, ini mendorong sel-sel kulit mati dan sekarat untuk mengelupas dari permukaan kulit lebih cepat, alhasil menyebabkan pertumbuhan sel baru yang dibawahnya terungkap lebih cepat dari biasanya." 

Lebih kuat dari produk-produk retinol, Anda dapat mengharapkan hasilnya untuk mencerminkan potensinya – baik dan buruk. "Tretinoin adalah bentuk asam retinoat, oleh karena itu, tidak perlu dipecahkan lagi oleh enzim di kulit Anda sebelum dapat digunakan. Ini berarti bahwa produk ini kurang lebih 100 kali lebih kuat daripada krim retinol pada umumnya yang dapat Anda beli di toko-toko. Kekuatan ini menawarkan hasil yang luar biasa dan cepat – noda bekas jerawat berkurang, warna kulit dan bagian penuaan yang lebih merata, fine lines yang dihaluskan, pengurangan kerutan, dan peningkatan elastisitas kulit untuk tampilan yang lebih bersinar."

Siapa yang paling cocok menggunakan tretinoin?

Pecandu retinol, bersukacitalah – jika Anda telah melihat peningkatan yang nyata dengan menggunakan vitamin A, Anda akan menyukai tretinoin sebagai tahap selanjutnya dalam perjalanan perawatan kulit Anda. Tetapi, bagi mereka yang memiliki kebutuhan yang lebih spesifik seperti mengobati jerawat dan bekas luka, ini bisa menjadi cara yang efektif untuk meregenerasikan kulit.

"Ketika sel-sel mati dan sekarat dibersihkan dari kulit dengan lebih cepat, pori-pori yang tersumbat akan ikut dibersihkan," tutur Dr. Victoria Manning, dokter estetika medis lainnya di River Aesthetics. "Tretinoin menjaga sel-sel kulit mati agar tidak saling menempel dan menyumbat pori-pori, berarti jerawat yang sudah ada akan hilang dengan lebih cepat, dan jerawat baru dicegah karena kemampuan produk untuk mengeksfoliasi kulit secara konsisten."

Anti-acne treatment cream dari Skin + Me (Courtesy of BAZAAR UK)

Tidak disarankan untuk para pemula retinol yang berada di antara kita, ada alasan mengapa tretinoin hanya tersedia melalui resep dokter di Inggris. Namun, berkat dari layanan seperti Skin + Me, layanan perawatan kulit preskriptif online dengan dokter kulit, produk ini jauh lebih mudah diakses. Dimulai dengan konsultasi online sederhana dan beranjak ke serangkai pertanyaan, Anda kemudian akan diminta untuk mengunggah gambaran singkat tentang kulit Anda untuk diperiksa oleh para tim ahli.

Hasilnya? Sebuah tindakan personalisasi dan dosis tretinoin yang sudah dipesan terlebih dahulu untuk dikirim ke rumah Anda. "Langkah-langkah wajar yang diambil seseorang sebelum menggunakan produk ini sangat penting karena kekuatannya," Dr. Victoria memperingatkan. "Ini dapat menyebabkan gatal, bersisik, terbakar, mengelupas, dan kemerahan di awal-awal penggunaan, dan perlu dicatat bahwa Anda mungkin juga melihat peningkatan jerawat sementara jika Anda menggunakan produk ini untuk mengobati masalah kulit. Namun, gejala akan hilang dalam beberapa minggu dan sebagian besar pengguna akan melihat sebuah kemajuan. Retinol kurang efektif dan cenderung bekerja lebih lambat, tetapi obat jerawat yang mengandung retinol sebagai bahan aktifnya, dapat menjadi pilihan bagi mereka yang merasa kulitnya tidak bereaksi baik terhadap tretinoin." 

Bagaimana cara menggunakan tretinoin?

Sama halnya dengan bahan perawatan kulit aktif lainnya, Dr. Victoria menekankan pentingnya untuk bekerja secara perlahan agar kulit Anda dapat beradaptasi. Ia menyarankan untuk mulai dengan jumlah kecil, kurang lebih seukuran kacang, setiap tiga hari, yang diaplikasikan di kulit bersih, dan diikuti dengan pelembab setelah kulit sudah benar-benar kering (kulit lembap terkadang dapat mengganggu dan menyebabkan iritasi). "Kemudian, Anda dapat mulai meningkatkan frekuensi pakai jika Anda tidak mengalami masalah apa pun," tuturnya.

"Anda dapat mengaplikasikan di bawah mata, tapi hindari area kelopak mata. Ini juga disarankan untuk digunakan sebagai bagian rutinitas malam Anda karena sinar matahari menonaktifkan bahan asam retinoat. Setelah 20 menit berlalu, Anda dapat menggunakan serum-serum Anda seperti biasa, pastikan Anda menghindari menggunakan produk-produk yang menargetkan jerawat – apa pun yang mengandung benzoil peroksida, yang dapat menonaktifkan retinoid atau asam salisilat, bahan yang memperburuk pengelupasan kulit, sehingga meningkat kemerahan dan nyeri."

Jika Anda pernah mengalami efek negatif dari retinol, Anda akan tahu bahwa bahan-bahan menghidrasi dan menenangkan yang digunakan dalam rangkaian perawatan kulit Anda adalah kunci untuk mendukung fungsi dari skin barrier. Belum lagi, memungkinkan Anda untuk meninggalkan rumah dengan wajah yang utuh dan terlihat terawat!

Baca juga: 

Mengenal Bakuchiol, Kandungan Skincare Alternatif Retinol

Jenis Antioksidan yang Dapat Anda Gunakan untuk Kulit

(Penulis: Jessica Harris; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Aimee Mihardja; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)