Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Kembalinya Tas Jenis Tote Berpesan Ironis

Mengapa banyak orang mulai memberikan sentuhan personal pada tas L.L.Bean dengan yang lainnya selain monogram nama mereka.

Kembalinya Tas Jenis Tote Berpesan Ironis
L.L.Bean

Ketika Anda melihat salah satu tas L.L.Bean Boat and Tote di luar, dilihat dikenakan di antrian toko, bertengger di atas handuk pantai, ada sebuah harapan tertentu tentang apa yang dibordir di sisi tas. Bukanlah teks dalam tulisan Baroque atau penuh dengan huruf kapital yang besar. Selama kurang lebih 80 tahun, tas kanvas L.L. Bean sebagian besar diberikan sentuhan personal dengan monogram preppy dan kalimat tertentu, tetapi dengan adanya gerakan media sosial yang berkembang, hal tersebut telah membawa sulaman klasik ke arah yang lebih lucu. 

L.L.Bean
@cammy.allsup via @ironicboatandtote

Dijuluki "Ironic Boat and Tote," tas ini jarang menggunakan monogram sederhana, dari frasa sarkastik atau referensi budaya pop. Semakin tidak terduga, semakin baik.

Editor media sosial Air Mail yang penggemar "seumur hidup" tas Boat and Tote, Gracie Wiener membuat katalog cara orang mengenakan tas tersebut untuk audiens 25,6 ribu pengikutnya di Instagram (@ironicboatandtote) dan 25,3K lainnya di TikTok (@graciewiener). Di aplikasi obrolan grup yang berbasis di Jenewa, ia juga mengelola diskusi Boat and Tote yang berjalan selama 24 jam setiap harinya, dengan 544 anggota dan terus bertambah. Di luar profilnya, tas jinjing itu juga pernah diliput oleh sejumlah kreator TikTok termasuk @oldloserinbrooklyn dan @glowupu.

Unggahan Ironic Boat and Tote ada dalam beragam style, ada beberapa utas yang menarik perhatian Anda lebih dari yang lain. Ada kata sifat egois, sedikit meresahkan, dan berpusat pada diri sendiri, seperti unhinged, unwell, dan psycho, ada juga referensi fashion luxury yang secara hukum pasti tidak berlisensi, seperti Birkin, Gucci, dan Prada, atau pun anggukan pada budaya pop, Gone Girl, Owl Theory, dan EGOTing

L.L.Bean
@graciewiener via @ironicboatandtote

L.L.Bean
@katie.major via @ironicboatandtote

Salah satu unggahan baru-baru ini menampilkan tas yang dibordir dengan slogan komersial dan item menu Taco Bell. Gracie juga mengatakan bagaimana ia juga mempunyai beberapa foto yang belum dibagikan ke publik, yang mereferensikan Twilight. "Beberapa yang menjadi favorit saya adalah yang mencela diri sendiri atau menunjukkan apa yang mungkin menjadi kekurangan atau sesuatu yang tidak akan Anda iklankan, tetapi kemudian dilakukannya saja," tutur Gracia. "Lihat saja, Xanax."

Pelacakan tas berpesan ironis ini sudah menjadi proyek menyenangkan dan pekerjaan kedua untuk Gracie. Koleksinya dimulai dengan tas jinjing "psycho" yang dibuat untuk dirinya dan temannya, dan telah berkembang hingga mencakup "fake heiress" sebagai anggukan untuk Anna Delvy (nama alias Anna Sorokin saat berpura-pura menjadi pewaris kaya dari Jerman). Gracie memulai akun Instagram-nya pada bulan Februari lalu sebagai lelucon personal, tetapi setelah ditemukan orang lain dari pemasaran kata dari mulut ke mulut, sekarang ribuan pengikutnya ikut tertawa bersamanya. 

L.L.Bean
Gracie Wiener, pendiri akun Instagram @ironicboatandtote, dengan salah satu tas pertama yang dibagikan ke akunnya pada bulan Februari lalu.

"Ini sangat menarik bagi saya karena begitu banyak orang sekarang menemukan barang abadi ini," Gracie menjelaskan kepada Bazaar US. "Aku selalu teringat tentang tas ibuku yang selalu ia bawa dari aku kecil. Jika kamu tidak memilikinya, kamu pasti tahu seseorang atau ibunya seseorang yang memilikinya." Namun kini, tas tersebut hadir dengan sentuhan modern. "Dari pada monogram inisial, sekarang ada pilihan yang sarkastik dan lebih mengejek," tutur Gracie. 

L.L.Bean
@graciewiener via @ironicboatandtote

Gracie dan pengikutnya bukanlah orang-orang pertama yang menguji batas costumized tas L.L.Bean ini, atau mengelak sepenuhnya. Alat monogramnya yang hanya $8 memblokir beberapa frase yang tidak pantas, alhasil membuat para pembeli untuk mencari toko independen atau mengeluarkan mesin jahit mereka sendiri. Tas "psycho" miliknya terinspirasi oleh tas seorang wanita dari tahun 2021 yang difoto oleh stylist, Juliana Salazar, di Instagram-nya.

Sebelum itu, pembeli seperti jurnalis mode Faran Krentcil dengan nakal menghiasi tas L.L.Bean tersebut dengan logo desainer lain. Pada tahun 2003, Faran menyulam label Dior ke tas jinjing kuliahnyaa yang akhirnya diberi ke teman keluarganya. Pada tahun 2018, ia menjahit logo Gucci ke tas jinjing lainnya, dan juga logo Balenciaga pada ransel merah. 

L.L.Bean
Tas jinjing L.L. Bean "Gucci" Faran Krentcil (@farankrentcil) yang telah ia bawa sejak 2018, dengan bros dari Coach, Miffy the Bunny, Chrome Hearts, dan SCAD.

Kedua tas masih dalam koleksi Faran. "Kualitas barang-barang L.L.Bean luar biasa, dan menurut saya sangat keren untuk menggunakan pakaian dan aksesoris Anda untuk selama mungkin." Faran tidak ingat bagaimana ia menemukan akun Gracie tentang kiriman kata-kata baru ke untuk disulam di tas Boat and Tote. "Saya ingin mengikuti akun tersebut karena lucu, dan karena itu membuktikan kecurigaan saya bahwa saya bukanlah satu-satunya yang mengirim kata-kata gila ke departemen monogram L.L.Bean, sambil melihat apa lagi yang saya dapat lakukan," Faran menjelaskan.

Video TikTok Gracie-lah yang memperkenalkan penulis freelance dan pemimpin redaksi Fashionista, Tyler McCall, ke tas jinjing ironis ini. "Sepertinya algoritmanya tahu saya bisa dibujuk, karena setelah itu, saya terus mendapatkan contoh-contoh yang sangat baik," katanya kepada Bazaar melalui email.  

L.L.Bean
Tyler McCall (@eiffeltyler) membawa tas isonis Boat dan Tote-nya bulan lalu.

Tas itu menjawab kebutuhan Tyler yang sedang mencari tas jinjing sehari-hari yang dapat bertahan lama, dan trennya tampak seru, dijalankannya. "Butuh beberapa saat bagi saya untuk memutuskan apa yang harus disulam. (Mengutip Antoni, tas ironis Boat and Tote ini adalah sesuatu yang dapat menjadi sangat pribadi.)" Akhirnya memilih untuk menggunakan kata 'unhinged' (saya sering menggunakan kata tersebut sebagai deskriptor, dan saya merasa itu menjelaskan kepribadian saya sangat tepat"), dan ia mengatakan bagaimana keputusannya itu telah meyakinkan beberapa temannya bahwa mereka juga membutuhkan tas jinjing ironis ini untuk diri sendiri.

L.L.Bean
@s_capella via @ironicboatandtote

Semua orang yang diajak bicara setuju bahwa aksesibilitas berperan besar dalam naik daunnya tas ironis Boat and Tote ke item status yang sederhana. Sementara, di satu sisi Tiktok yang sedang membuka kotak pertama Birkin mereka, sisi satunya dapat memamerkan tas jinjing yang dibuka dengan harga $30, dan untuk kebanyakan penggemar mode, kedua sisi ini terjadi secara bersamaan. 

L.L.Bean
@nikdreamsofsushi via @ironicboatandtote

"Akun tas jinjing ini membuat semua orang merasa pintar, tidak sopan, dan menjadi bagian dari lelucon yang sama," Faran berkata. "Selain itu, sangat menyenangkan untuk melihat tulisan apa yang ada di tas orang lain! Ini menjadi seperti plat nomor meja rias, bahkan jika Anda tidak terinspirasi, Anda tidak akan pernah bosan."

Apa pun yang menarik pembeli ke tas Boat and Tote, dari nostalgia, aksesibilitas, takut terlambat dalam lelucon ini, mereka membeli dengan berbondong-bondong. Banyak warna saat ini sedang dipesan dan baru tiba di akhir Agustus.

Seorang juru bicara dari L.L.Bean mengatakan "daya tarik dan kegunaan yang tak lekang oleh waktu" dari tas tersebut yang menyebabkan melonjaknya popularitas yang konsisten di setiap dekadenya, menambahkan, "penjualan selama spring dan summer adalah yang tertinggi yang pernah kami lihat dalam satu dekade, setara dengan apa yang biasanya kami lihat selama puncak liburan kami, dan dikaitkan pula dengan meningkatnya popularitas di antara pelanggan baru L.L.Bean, terutama pembeli muda yang ingin mengikuti tren monogram yang kami lihat di media sosial." Sebuah cara diplomatis untuk menunjukkan bagaimana momen ini telah membuat dampak. 

L.L.Bean
@sy_lim via @ironicboatandtote

Para karyawan juga memperhatikan kebangkitan merek mereka. Gracie, pengguna setia L.L.Bean sudah tahu cara meminta karakter bordir tambahan untuk tas jinjingnya. Pada panggilan yang baru-baru ini terjadi, "Pria yang di sisi satunya telepon bertanya, 'Apakah Anda melakukan ini karena hal yang di TikTok itu?' Dan saya berkata, 'Saya adalah orang TikTok itu."

Saat pengikut baru datang ke markas Ironic Boat and Tote, mereka akan menemukan pesan dari Gracie yang tersimpan di sorotan Instagram stories-nya, dengan judul, "Read". Ditulis sebuah permohonan lembut, meminta para pengikut untuk tidak menyulam tas demi photo op atau mengikuti momen media sosial ini. 

Sulit untuk mengetahui apakah ada yang berhenti. Gracie memiliki sekitar 1,100 kiriman untuk dibagikan ke akunnya. Kecepatan proyek sampingannya di media sosial terasa "pahit", katanya kepada Halie Lesavage, penulis artikel ini. "Membuat saya sedih mengetahui ini hanya sebuah blip dalam siklus tren, saya berharap, karena tas ini sangat praktis, orang akan terus menggunakannya untuk selamanya. Ini bukan sesuatu dari Zara. bukanlah dari Shein yang menjadi viral. Ini adalah tas dengan kualitas bagus yang dibuat di Maine, sesuatu yang sangat istimewa saat ini."

L.L.Bean
@julianasalazar via @ironicboatandtote

Sudah, beberapa penggemar Ironic Boat and Tote telah mengambil gerakan ini sebagai tanda untuk menggunakan kembali tas-tas lama, dari pada membeli yang baru. Satu orang mengirim pesan ke Gracie bagaimana akunnya telah menginspirasinya untuk membuang inisial mantan suaminya dari tas Boat and Tote dia yang selama ini hanya mengumpulkan debu di lemarinya. 

Ternyata, ketika kata "psycho" atau "Twihard" sudah tidak lagi menjadi kata yang Anda inginkan untuk memperkenalkan diri, Anda dapat melepaskan jahitannya dan memulai lagi dari awal. Mungkin kali ini, dengan inisial Anda. 

Baca juga: 

10 Tren Makeup Wajah Terbaik 2022 Sejauh Ini

Parfum dengan Aroma Bunga yang Perlu Anda Ketahui

(Penulis: Halie Lesavage; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Aimee Mihardja; Foto: Courtesy of BAZAAR US)