Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

5 Tips Rambut "Liburan" dari Seorang Ahli Rambut dan Kulit Kepala

Bagaimana menangani tantangan yang disebabkan oleh kelembapan, panas, dan perubahan kualitas air.

5 Tips Rambut "Liburan" dari Seorang Ahli Rambut dan Kulit Kepala

Angkat tangan jika rambut Anda juga merasakan holiday blues. Kita semua telah kembali ke rumah dari liburan musim panas, dengan warna rambut yang sedikit memudar, kulit kepala yang terkelupas, atau ujung rambut yang letih. Tetapi, perlu diketahui, bukan hanya panas yang mengganggu kondisi rambut kita saat liburan, ada juga kolam yang mengandung klorin dan juga perubahan kualitas air di kamar mandi. 

Untuk menghindari masalah umum ini, kami telah meminta ahli rambut dan kulit kepala, Sally-Ann Tarver dari The Cotswold Trichology Center and Theradome GB untuk memberikan tip terbaiknya agar rambut terus terawat saat liburan. Berikut adalah beberapa nasihat yang patut dicoba pada musim panas ini:

1. Kelola kualitas air saat bepergian

5 holiday hair tips from a trichologist
JVN Complete Hydration Kit

"Area soft water akan membuat rambut Anda terasa halus dan lembut, namun jika Anda memiliki rambut yang tidak bereaksi dengan baik terhadap hidrasi yang berlebihan, air yang halus dapat membuat rambut Anda menjadi sebuah mimpi buruk. Bawalah produk rambut penambah volume untuk mengimbangi efek dari soft water.

Namun, dalam kondisi air yang keras, rambut dapat menjadi kering dan dehidrasi, karena tidak dapat diatur saat terpapar ke panas, matahari, klorin, dan garam laut. Pastikan Anda membawa produk pelembap dan penghidrasi rambut extra agar rambut Anda mudah diatur. 

Perlengkapan liburan yang ideal untuk dibawa pergi yang menangani kedua masalah adalah sampo deep conditioning dan kondisioner, minyak rambut, dan sampo yang ringan atau bebas silikon. Anda kemudian dapat menyesuaikan dengan kualitas air ketika telah tiba di tempat tujuan liburan Anda."

2. Lindungi rambut Anda

"Oleskan minyak rambut yang kaya dengan nutrisi di pagi hari sebelum Anda pergi ke pantai atau hanya untuk melindungi rambut Anda dari sinar matahari, garam laut, dan klorin, lalu bilas saat Anda kembali di sore hari. Saya merekomendasikan Scented Organic Hair Oil dari Tabitha James Kraan. Produk itu mengandung minyak alami yang dapat menembus kutikula rambut daripada melapisinya, dan satu pompa pada umumnya sudah cukup."

3. Lindungi kulit kepala Anda

5 holiday hair tips from a trichologist
GANNI Logo-Embroidered Recycled-Polyester Bucket Hat

"Sangat penting untuk mengenakan topi atau menutupi kepala Anda saat berada di bawah sinar matahari. Ini tidak hanya membantu mencegah sengatan panas, tetapi juga mencegah sinar matahari memutihkan rambut Anda dan menyebabkan kulit terbakar. Kepala Anda adalah bagian tubuh yang paling mudah terbakar sinar matahari, terutama jika rambut Anda tidak terlalu tebal. Tidak hanya menyakitkan, tetapi kulit kepala Anda akan mulai mengelupas jika Anda mengalami sengatan matahari di kulit kepala Anda. Dan jika ini terjadi, saya sarankan untuk mengoleskan gel lidah buaya untuk membantu menenangkan kulit kepala.

Jika kulit kepala Anda masih mengelupas setelah sampai di rumah, coba gunakan minyak kelapa. Gosokkan ke kulit kepala dan biarkan selama satu jam atau lebih. Saat Anda mencuci rambut, kerak akan terangkat. Keramas rambut Anda dua kali untuk menghilangkan semua minyak dan membersihkan kulit kepala Anda dari serpihan kerak. Sisirlah kondisioner Anda sebelum dan selama membilas untuk membantu menghilangkan serpihan dari rambut Anda.”

4. Bawa pengering rambut Anda sendiri

5 holiday hair tips from a trichologist
Dyson Supersonic Hair Dryer Iron/Fuschia

“Untuk menghindari kerusakan akibat pengering rambut yang berkualitas buruk, bawahlah hairdryer sendiri. Jika Anda pergi ke tempat tujuan yang memiliki listrik 240 voltase, semua peralatan Anda akan bekerja seperti di rumah. Jika Anda pergi ke negara dengan voltase 120, belilah pengering rambut khusus untuk perjalanan dengan voltase yang dapat diganti atau pengering rambut biasa Anda tetapi kuatnya hanya akan bekerja dengan setengah dayanya.”

5. Tinggalkan catokan pelurus rambut Anda di rumah

“Dalam udara yang lembap, menjaga rambut tetap lurus bisa menjadi tantangan pada sendirinya. Ketika Anda melangkah keluar dari kamar ke udara lembap itu, rambut Anda akan mulai membengkak atau berkerut lagi. Bantulah rambut Anda dan berikannya liburan jauh dari panas yang menyengat dengan meninggalkan catokan pelurus rambut dan alat panas lainnya di rumah.”

Baca juga:
Sunscreen Terbaik yang Bisa Anda Coba Sekarang

10 Rekomendasi Warna Lipstik Natural untuk Anda!

(Penulis: Bridget March; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Aimee Mihardja; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)