Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Kisah Nyata Percintaan Tragis JFK Jr dan Carolyn Bessette yang Dibuat Menjadi American Love Story

Pasangan emas tahun '90-an ini memiliki pernikahan yang berumur pendek secara tragis.

Kisah Nyata Percintaan Tragis JFK Jr dan Carolyn Bessette yang Dibuat Menjadi American Love Story
Courtesy of Bazaar UK

Ryan Murphy memperluas serial American Crime Story-nya untuk memasukkan kisah-kisah cinta tunggal yang memikat dunia, menampilkan pandangannya tentang pernikahan tragis yang singkat, JFK Jr dan Carolyn Bessette.

Baca juga: Konsep Pernikahan Regency Diprediksi Akan Populer Tahun Depan

Serial antologi terkenal Ryan (The People vs OJ Simpson, The Assassination of Gianni Versace dan yang segera mendatang, Impeachment) telah menjelajahi momen budaya dalam sejarah modern dan ikon yang mereka miliki, melihat dari sisi melampaui berita utama dan liputan media untuk membedakan fakta dari mitos tabloid , untuk memanusiakan rakyatnya. Meskipun eksterior dan estetika pertunjukannya sering kali soapy (drama), extravagant, dan glossy, karakternya sama sekali tidak lemah atau datar.

Serialnya yang didedikasikan untuk John F. Kennedy Jr dan Carolyn Bessette yang penuh teka-teki, yang masa pacaran, hubungan, dan pernikahannya diselimuti kerahasiaan, serta akan memeriksa perlakuan tabloid terhadap pasangan terkenal yang secara sembrono mereka juluki "si cowok dan madunya".

"Apa yang dimulai sebagai persatuan yang indah untuk pasangan muda, yang secara luas dianggap sebagai bangsawan Amerika, mulai berantakan di bawah tekanan tanpa henti dan tatapan fokus mendalam dari media tabloid," sebuah pernyataan pers untuk acara itu berbunyi. "Tekanan karier mereka dan perselisihan keluarga yang dikabarkan berakhir dengan kematian tragis mereka ketika pesawat pribadinya jatuh ke laut pada malam musim panas yang berkabut di Pantai Massachusetts..."

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Siapa itu Carolyn Bestette?

Lahir pada tahun 1966 di New York's White Plains, Carolyn adalah putri insinyur William J. Bessette, dan Ann Messina, seorang administrator di sistem sekolah umum Kota New York. Ia memiliki dua kakak perempuan, kembar Lauren dan Lisa. Setelah perceraian orang tuanya, ia dibesarkan oleh ibu dan ayah tirinya, seorang ahli bedah ortopedi bernama Richard Freeman.

Setelah menerima gelar pendidikan dasar, Carolyn mencoba karier modeling sebelum bekerja sebagai pramuniaga untuk Calvin Klein dan menaiki tangga karier untuk menjadi direktur publisitas sebuah toko utama perusahaan di Manhattan.

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Dikenal karena keanggunannya yang tak lekang oleh waktu dan gayanya yang bersahaja, yang sama kekiniannya dengan lebih dari dua dekade lalu, Carolyn juga melayani sebagai shopper pribadi untuk klien-klien kelas atas Calvin, dan menjadi inspirasi gaya bagi Calvin Klein sendiri. Ia juga dikreditkan telah memperkuat karier Kate Moss, mendorong Kate untuk membintangi kampanye ikonik Calvin Klein 1992 melawan Mark Wahlberg.

Secara keseluruhan, Carolyn digambarkan oleh teman, kolega, anggota keluarga, dan pengagumnya sebagai sosok yang menawan, cerdas, dan lucu. Ralph Lauren sangat tertarik dengannya sehingga ia memberi tahu timnya, "setiap kali Anda mendesain sesuatu, pikirkan Carolyn Bessette".

Hubungan romansa keduanya

Carolyn bertemu John Kennedy Jr, putra Presiden ke-35 John F. Kennedy dan mantan Ibu Negara Jackie Kennedy, pada tahun 1992 ketika ia masih bekerja untuk Calvin Klein, dan John berkencan dengan aktris Daryl Hannah. Mereka berhubungan beberapa tahun kemudian pada tahun 1994, pada saat ia telah melepaskan pekerjaannya dan sedang bersiap untuk memulai kariernya sebagai pemimpin redaksi majalah George, sebuah publikasi gaya hidup yang menghubungkan selebritas dan politisi. Tidak lama kemudian, mereka bertunangan, yang awalnya mereka rahasiakan, untuk menghindari pers.

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Tak lama media turun langsung memantau pasangan emas itu, bahkan merekam pertengkaran hebat mereka yang terjadi di Washington Square Park dan berlanjut di dekat apartemen mereka.

"Carolyn, lebih dari siapa pun yang pernah bersama John, akan menentangnya, dan menghadapinya, dan saya pikir John sampai batas tertentu membutuhkan itu," sejarawan Steven M. Gillon, teman sekelas John di Brown University yang merupakan editor yang berkontribusi di George, mengatakan kepada InStyle pada tahun 2019.

Tapi Ia begitu menolak perhatian publik dan pers, tidak ada rekaman, ia tidak pernah berbicara di depan umum, serta tidak melakukan satu wawancara pun. Hanya ada gambar dirinya yang ditangkap di acara-acara, atau oleh paparazzi yang menguntitnya tanpa henti. Liputan tabloid begitu intens sehingga Carolyn pernah terlihat di halaman depan surat kabar yang mengumpulkan kotoran anjing (pasangan itu memiliki seekor anjing bernama Friday).

Atas permintaan Carolyn, pasangan itu menikah dalam upacara rahasia di sebuah pulau kecil di pantai Georgia pada September 1996, dengan hanya dihadiri oleh teman-teman terdekat dan anggota keluarga mereka. Carolyn mengenakan gaun slip sutra crepe yang dibuat oleh mantan desainer Calvin Klein, Narciso Rodriguez.

Tak lama setelah pernikahan mereka, mereka melakukan debut sebagai suami dan istri di tangga apartemen mereka di Tribeca, dengan JFK Jr memohon kepada pers untuk memberi mereka privasi. Bagaimanapun juga, Carolyn adalah warga negara private, dan ingin tetap seperti itu. Tetapi pengawasan media semakin intensif, dengan paparazzi berkemah di luar rumah mereka, menyebabkan Carolyn mundur dari kehidupan publik.

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Ketidakhadirannya hanya memicu spekulasi tentang keadaan hubungannya dengan John, dengan tabloid menuduh bahwa John selingkuh, Carolyn selingkuh, ia menggunakan narkoba, ia tidak ingin memulai sebuah keluarga, hingga berasumsi bahwa pernikahan mereka dalam krisis. Mereka memanggilnya dengan sebutan ratu es tanpa humor, istri yang cemberut dan menyedihkan, semua kiasan stereotip gender yang terlalu sering dikaitkan dengan wanita di mata publik.

Kemudian diklaim bahwa Carolyn mencari dukungan emosional dari mantan pacar dan model Calvin Klein, Michael Bergin, yang pada tahun 2004 menulis The Other Man: A Love Story, di mana ia menentang bahwa mereka berselingkuh setelah ia menikah dengan JFK Jr.

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Dilaporkan juga bahwa Carolyn merasa seperti orang luar di antara kehadiran keluarga John yang menindas, dan tidak ingin menghabiskan waktu bersama mereka. Ia akhirnya setuju untuk menghadiri pernikahan sepupu JFK Jr, Rory Kennedy, di Port Hyannis, jika adiknya Lauren, seorang bankir sukses di Morgan Stanley, ikut dengan mereka. Rencananya, John akan menerbangkan mereka dan menurunkan Lauren di Vineyard Martha, tempat ia bergabung dengan teman-temannya untuk akhir pekan.

Pada hari penerbangan mereka pada 16 Juli 1999, John masih belum pulih dari patah pergelangan kaki, dan akan terbang tanpa instrukturnya. Kemungkinan besar, pertama kalinya ia melakukan perjalanan sendirian di pesawat barunya. Jarak pandang penglihatan terbatas malam itu, dan pilot lain memutuskan untuk tidak terbang.

Laporan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional tentang kecelakaan itu menyatakan kemungkinan penyebab kecelakaan itu adalah "kegagalan pilot untuk mempertahankan kendali pesawat saat turun di atas air pada malam hari, yang merupakan akibat dari disorientasi spasial". Itu juga menyoroti kurangnya pengalamannya tanpa instruktur dan bahwa ia tidak "dinilai instrumen (ahli)", yang harusnya dapat membantunya menavigasi dalam kondisi mendung.

Anggota keluarga Carole Radziwill, yang suaminya mendiang Anthony Radziwill adalah sepupu dan sahabat terdekat John Kennedy Jr, sebelumnya merenungkan di mana pasangan itu sekarang seandainya tragedi itu entah bagaimana dapat dihindari (melalui Town & Country). "Saya berpikir John dan Carolyn akan memiliki banyak anak," katanya.

"Saya tahu mereka berdua menginginkan itu. Saya membayangkan tabloid pada akhirnya akan bosan dengan mereka dan membiarkan mereka hidup dalam damai. Majalah John, George, akan menjadi kisah sukses yang spektakuler. Tapi itulah hal tentang kematian muda, Anda tidak hanya meratapi apa yang terjadi, kamu juga meratapi apa yang bisa terjadi."

Lauren berusia 34 tahun, Carolyn berusia 33 tahun, dan John Kennedy Jr berusia 38 tahun.

Keluarga Carolyn belum membicarakan tragedi itu secara terbuka, selain pernyataan ibu Carolyn dan Lauren, Ann Freeman, yang dirilis melalui pengacaranya tak lama setelah kecelakaan itu, "Hilangnya tiga orang muda yang sangat kami cintai ini telah mengubah hidup kami selamanya. Kami terus berjuang dengan kesedihan kami, dan kami memilih untuk mempertahankan apa yang tersisa dari privasi kami."

Kisah cinta JFK Jr dan Carolyn Bessette akan ditampilkan di American Love Story.

Baca juga:

Inilah Foto Langka Para Selebriti Dunia Saat Bertemu Ratu Elizabeth II

Jennifer Lopez dan Ben Affleck Dilaporkan Benar-Benar Sedang Dimabuk Cinta

(Penulis: Naomi Gordon; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Gracia Sharon; Foto: Courtesy of Bazaar UK)