Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Enak dan Menyegarkan! Ini Manfaat Green Juice untuk Kesehatan

Bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung hingga mengurangi tanda-tanda penuaan kulit

Enak dan Menyegarkan! Ini Manfaat Green Juice untuk Kesehatan

Beberapa tahun terakhir, green juice kembali menjadi salah satu tren kesehatan dan kebugaran yang cukup populer. Minuman ini diklaim menawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan pencernaan, mengurangi peradangan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Benarkah demikian? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasannya!

Apa itu green juice?

Pada dasarnya, green juice adalah minuman dari berbagai sayuran hijau. Tidak ada resep khusus, tetapi beberapa sayuran hijau ini umum digunakan termasuk seledri, kangkung, Swiss chard, bayam, selada air, mentimun, peterseli, dan mint.

Mengingat bahwa green juice cenderung memiliki rasa yang pahit, sebagian besar resep green juice menambahkan sejumlah kecil buah, bisa berwarna hijau atau tidak, untuk memberikan rasa manis. Pilihan buah yang umum digunakan termasuk apel, beri, kiwi, pisang, mangga, lemon, jeruk, dan jeruk bali.

Anda dapat membuat green juice sendiri di rumah, atau membeli green juice kemasan. Tetapi sayangnya beberapa green juice kemasan mengandung pemanis buatan, yang dapat mengurangi kepadatan nutrisi dan bisa memberikan beberapa efek kesehatan yang merugikan. Selain itu, banyak green juice kemasan yang dipasteurisasi, proses untuk membunuh bakteri berbahaya dan memperpanjang umur simpan, tetapi dapat merusak beberapa nutrisi dan senyawa tanaman yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, jika Anda membeli green juice kemasan pastikan tidak mengandung pemanis buatan dan pilih green juice yang fresh

Potensial manfaat kesehatan dari green juice

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Green juice adalah sumber yang sangat baik dari beberapa vitamin esensial, mineral, dan senyawa tanaman yang bermanfaat. Berdasarkan penelitian tahun 2016 menunjukan bahwa, mengonsumsi sayuran hijau dapat membantu mengurangi peradangan, risiko penyakit jantung, dan risiko penurunan mental terkait usia. 
Penelitian lain yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences menyimpulkan bahwa green juice dapat meningkatkan kesehatan jantung, termasuk menurunkan tekanan darah. 

Tekanan darah tinggi dapat memicu penumpukan plak yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Jadi, minum green juice bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Sebuah penelitian menunjukan bahwa minum green juice yang fresh dapat membantu mendukung pertumbuhan bakteri menguntungkan yang hidup di saluran pencernaan Anda, yang pada gilirannya dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. 

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat lain dari green juice adalah dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Ini karena, banyak sayuran berdaun hijau mengandung antioksidan dan fitonutrien, yakni senyawa tanaman yang bekerja di dalam tubuh untuk mengurangi kerusakan akibat radikal bebas yang bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah. 

4. Mendukung proses detoksifikasi alami di dalam tubuh

Seringkali green juice dipromosikan dapat membantu mendetoksifikasi tubuh. Pada kenyataannya, green juice tidak dapat langsung mengeluarkan seluruh racun dalam tubuh Anda, tetapi green juice memberikan nutrisi yang mendukung tubuh Anda saat melakukan proses detoksifikasi alaminya sendiri.

Dilansir dari salah satu majalah lifestyle, menurut dr. Chris Norris, seorang psikiater dan ahli saraf, mengatakan bahwa green juice dapat meningkatkan kesehatan hati. Misalnya, penelitian telah menemukan bahwa sayuran hijau (termasuk bahan umum dalam green juice seperti kangkung, bayam, dan selada air), dapat mendukung detoksifikasi fase II di hati. Ini berarti hati Anda akan lebih efisien dalam mengeluarkan racun dengan cepat dari tubuh Anda. 

5. Mengurangi penuaan

Menurut dr. Chris Norris, green juice cenderung memiliki sifat menghidrasi dan mengandung antioksidan, berasal dari sayuran hijau,  yang dapat menjaga kulit Anda tetap sehat dan glowing. Selain itu, antioksidan dalam green juice dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan oksidatif, yang berkontribusi terhadap penuaan. 

Resep green juice

1. Simple green juice

  • Cuci dan siapkan beberapa bahan, seperti 1 ikat kangkung (sekitar 5 ons), 1 inchi jahe segar yang sudah dikupas, 1 buah apel, 5 batang seledri yang sudah dipotong ujungnya, mentimun, dan sedikit peterseli segar, potong menjadi potongan yang lebih kecil.
  • Masukan bahan-bahan ke dalam blender atau juicer
    Saring jus menggunakan saringan mesh halus, dan gunakan bagian belakang sendok, tekan ampas ke dalam saringan untuk mengekstrak cairan sebanyak mungkin.
  • Tuangkan green juice yang sudah disaring ke dalam gelas, dan siap dinikmati!

2. Green detox juice

  • Cuci dan siapkan bahan-bahan, seperti baby spinach, baby kale, seledri cincang, 1 buah apel, 1 buah pisang, 1 cup almond milk, 1 sendok makan jahe parut segar, 1 sendok makan chia seed, dan 1 sendok makan madu.
  • Campurkan semua bahan-bahan ke dalam blender atau juicer. Blender hingga halus
  • Tuangkan ke dalam gelas, dan green detox juice siap untuk dinikmati

3. Citrus green juice

  • Cuci dan siapkan bahan-bahan, seperti bayam segar, irisan mentimun, daun parsley, irisan seledri, dan jus jeruk segar.
  • Campurkan semua bahan-bahan ke dalam blender atau juicer. Kemudian blender hingga halus,
  • Tuangkan ke dalam gelas, dan citrus green juice siap untuk dinikmati

(Foto: [email protected])