Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Mengenal Kakadu Plum yang Katanya Lebih Ampuh dari Vitamin C

Digadang-gadang jauh lebih hebat dari Vitamin C, mari simak berbagai manfaat baik yang ditawarkan oleh buah asal Australia ini.

Mengenal Kakadu Plum yang Katanya Lebih Ampuh dari Vitamin C
(Foto: Courtesy of kiraliffe©123RF.com)

Tak dapat dipungkiri, setiap kali kita menjelajah dunia maya, selalu ada saja hal baru yang ditawarkan oleh dunia kecantikan, entah keberhasilannya dalam menemukan kandungan baru ataupun sekadar rilis produk teranyar yang berkat kemahiran iklan pada brand membuat kita  seolah tak sabar untuk segera membeli produk tersebut untuk melengkapi rangkaian perawatan kecantikan.

Dan di tengah “kehausan” manusia untuk terus menggali serta mencari kandungan maupun bahan baku untuk memuaskan kebutuhan manusia dalam misi menyempurnakan penampilannya, terkuaklah salah satu bahan asal daerah Australia bernama kakadu plum yang tampaknya akan membuat pamor dari kandungan vitamin C runtuh seketika akibat segudang manfaat baik yang terkandung melampaui apa yang selama ini ditawarkan oleh vitamin C. 

Anda mulai penasaran mengenai apa itu kakadu plum dan seberapa hebat kemampuannya dalam dunia kecantikan? Mari simak pemaparan lengkapnya di bawah ini:

Apa itu kakadu plum?

Dilaporkan pertama kali ditemukan di kawasan Australia, kakadu plum merupakan buah  berwarna kuning-hijau dengan ukuran sebesar buah zaitun atau ceri yang tinggi nutrisi.

Dilaporkan merupakan salah satu makanan tradisional suku Aborigin, buah kakadu plum memiliki rasa yang sedikit asam, oleh sebab itu kebanyakan orang mengonsumsinya setelah diolah menjadi selai, minuman, atau sebagai makanan penutup.

(Foto: Courtesy of Instagram @melbournebushfood)
(Foto: Courtesy of Instagram @melbournebushfood)

Sekarang mari kita bahan mengenai keistimewaan dari kakadu plum...

Pertanyaan seperti: lalu apa yang membuat buah kakadu plum yang notabene sebelumnya tak pernah terdengar namanya akhirnya mendapat sorotan terutama oleh dunia kecantikan? Dan jawaban sekaligus rahasia besarnya adalah karena kandungan nutrisinya yang luar biasa.

Diketahui tak hanya kaya akan antioksidan dan potasium, kakadu plum juga memiliki kadar vitamin C yang sangat tinggi bahkan paling tinggi dari bahan alami mana pun yang ada di Bumi (tepatnya 55 kali lipat lebih banyak dari jumlah vitamin C yang terkandung dalam jeruk!)

Lalu apa manfaat yang ditawarkan oleh kakadu plum ketika diolah menjadi produk kecantikan?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kakadu plum telah menjadi bagian dari kehidupan para suku Aborigin di Australia selama berabad-abad dan digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit mulai dari flu, hingga diolah menjadi balsem antiseptik yang menenangkan, kini kakadu plum juga mulai dilirik oleh industri kecantikan berkat deretan manfaat yang ditawarkan, beberapa manfaatnya yang telah berhasil teridentifikasi seperti:

  • Sebagai anti-aging

Dengan ekstrak buah plum kakadu yang dilaporkan kaya akan Vitamin C dan E, asam folat serta karotenoid, formula ini akan membantu memerangi efek radikal bebas dan juga mengurangi tanda-tanda penuaan. Selain itu, ekstrak kakadu plum juga diklaim mampu membantu mengurangi tampilan lingkaran hitam dan bengkak di area bawah mata. 

  • Mengatasi masalah jerawat & mencerahkan kulit wajah

Berkat kandungan Vitamin C yang sangat tinggi yang terkandung dalam kakadu plum, ini membuatnya menjadi obat jerawat yang sangat efektif karena dapat membersihkan bakteri yang bertanggung jawab menyebabkan jerawat di wajah sekaligus mencegah munculnya jerawat di masa depan. Kemudian, tak hanya mampu mengatasi masalah jerawat, ekstrak kakadu plum juga  akan membantu menyamarkan noda, menghaluskan, meratakan warna kulit yang tidak rata, serta mencerahkan kulit.

  • Mencegah peradangan

Berkat tingkat antioksidannya yang tinggi, kakadu plum dapat menjadi alat sempurna dalam memerangi masalah tampilan kulit kemerahan dan juga peradangan. Cocok untuk digunakan pada segala jenis kulit, kakadu plum juga sangat dianjurkan bagi Anda yang memiliki kondisi kulit eczema.

  • Menyembuhkan infeksi kulit

Tak hanya ekstrak dari kakadu plum saja yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit yang diderita, nyatanya bagian kulit dalam kakadu plum juga menyimpan khasiat yang diketahui dapat menyembuhkan berbagai permasalahan infeksi kulit. Selain itu, kulit batangnya juga sangat efektif dalam mengobati bisul, serta berbagai infeksi jamur.

  • Meningkatkan hidrasi kulit

Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan rutin Vitamin C dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit. Jika Anda pemilik tipe kulit kering, maka Anda sangat dianjurkan untuk memasukkan serum wajah yang kaya akan kandungan vitamin C dalam rangkaian perawatan wajah Anda.

  • Mengurangi efek bahaya dari paparan sinar matahari

Siapa yang tak suka dengan kegiatan berjemur di pantai? Namun dapat dipastikan tak ada yang suka dengan konsekuensi yang akan diterima ketika selesai menikmati berjemur yaitu bergelut dengan masalah sunburn. Namun sekarang Anda tak perlu ragu lagi jika ingin melakukan sesi berjemur di pantai karena kakadu plum siap menjadi sahabat terbaik Anda.

Berkat resistansi yang luar biasa dan evolusi untuk dapat bertahan hidup di lingkungan yang begitu keras, kakadu plum telah berhasil mengembangkan ketahanan alami yang luar biasa terhadap efek keras matahari yang kabar baiknya dapat dimanfaatkan untuk kulit Anda.


Mengandung ellagic acid aktif, kandungan ini dapat membantu menghambat melanogenesis (yang merupakan proses pembentukan melanin pada sel) untuk mengurangi pigmentasi yang memungkinkan warna kulit merata.

  • Mengatasi masalah stres

Stres yang secara tak langsung kita hadirkan pada tubuh kita setiap hari mulai dari kurang tidur, mengonsumsi makanan yang tak sehat, minum alkohol, merokok, dan kurangnya air putih dapat memberikan dampak pada sistem kekebalan tubuh. Oleh sebab itu penting menghadirkan vitamin C dalam kakadu plum yang dapat mendukung sistem kekebalan alami tubuh dan membantu memperbaiki efek stres pada kulit kita.

  • Membantu melawan kanker

Lewat penelitian yang tanpa lelah, kakadu plum diketahui memiliki kemampuan untuk melawan kanker berkat kandungan asam galat (bersifat anti-jamur, anti-tumor, dan anti-inflamasi), serta ellagic acid (yang adalah anti-karsinogenik, zat yang dapat membatasi dan mencegah pertumbuhan kanker) yang dikandungnya.

Setelah mengetahui deretan manfaat yang ditawarkan oleh kandungan kakadu plum, sudah siap mencoba produk kecantikan yang didukung dengan kandungan kakadu plum untuk digunakan dan melengkapi rutinitas kecantikan Anda?

(Foto: Courtesy of kiraliffe©123RF.com, Instagram @melbournebushfood)